10 Tips Agar Anda Tidak Telat Berangkat Kerja Ke Kantor

datang tepat waktu

Setiap orang yang bekerja di sebuah kantor harus memenuhi aturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Salah satu aturan yang harus dipenuhi tersebut adalah mengenai jam kerja karyawan.

Rata-rata setiap perusahaan akan memberlakukan jam masuk kerja yang dimulai pukul 07.00 ataupun 08.00 pagi sesuai dengan kebijakan perusahaan tersebut.

Menariknya, pemberlakukan jam kerja di pagi hari tersebut sering membuat para karyawan terlambat sehingga tak jarang harus berhadapan dengan pihak atasan atas kejadian tersebut.

Fenomena karyawan terlambat kerja tersebut bukanlah sesuatu yang baru karena dari penelitian yang ada, satu dari dari lima orang karyawan yang datang ke kantor selalu terlambat datang setiap harinya.

Jika datang terlambat ke kantor sudah menjadi sebuah “rutinitas” bagi seseorang, tentunya sudah masuk dalam kebiasaan yang tidak baik. Akan ada banyak kerugian yang didapatkannya seperti pengurangan gaji ataupun hilangnya kesempatan untuk menjadi karyawan teladan di perusahaan tersebut.

Namun, kebiasaan tersebut bukan berarti tidak bisa diubah karena sejatinya setiap orang bisa beribah ke arah yang lebih baik.

Termasuk dalam hal ini, akan dipaparkan mengenai 10 Tips Agar Anda Tidak Telat Berangkat Kerja di Pagi Hari. Seperti apakah tipsnya? Ini Dia Ulasannya!

Baca juga : 10 Kata Motivasi kerja untuk memompa semangat pagi

Tips Agar Tidak Telat Berangkat Kerja di Pagi Hari

1. Siapkan Segala Keperluan Kantor di Malam Hari

Salah satu penyebab datang terlambat ke kantor adalah karena belum menyiapkan keperluan kantor.

Keperluan kantor yang dimaksud pun beragam dimulai dari pakaian kerja yang belu disetrika, tas kantor yang tercecer, laptop atau berkas yang belum dibereskan dengan rapih, dan juga sarapan yang belum dibuat.

Jika Anda hidup sendiri mungkin masalah di atas bisa diatas dengan cepat. Beda halnya ketika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak tentunya waktu di pagi hari akan terasa “mencekam” sebelum beraktivitas.

Namun, tak perlu khawatir karena pekerjaan di atas bisa diatasi dengan cara menyiapkan segala sesuatunya di malam atau dini hari. Anda bisa menyiapkan pakaian untuk bekerja sebelum Anda tidur.

Dan untuk menyiapkan sarapan bisa dilakukan pukul 05.00 pagi sebelum Anda bersiap diri berangkat kerja.

Hal di atas, akan terasa ringan dikerjakan bila memang sudah terbiasa. Jika belum terbiasa diperlukan pengorbanan yang luar biasa untuk melakukannya.

2. Pasang Alarm

tips agar tidak telat berangkat ke kantor

Jika Anda sudah termasuk ke dalam karyawan yang sering telat, tentunya untuk memasang alarm sudah menjadi hal yang wajib untuk Anda pasang.

Bila hal tersebut sudah Anda lakukan namun belum berhasil untuk dilakukan, maka solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memasang alarm lebih dari dua buah.

Selain memasang alarm di gadget, Anda pun harus mengantisipasi hal tersebut dengan memasang alarm menggunakan jam weeker.

Fungsi memasang alarm lebih dari dua ini bisa membantu Anda untuk bisa bangun lebih cepat datang ke kantor.

Usahakan alarm tersebut diatur dengan waktu yang berbeda-beda dengan jarak 15 menit. Hal ini berfungsi agar ketika Anda tidur kembali dan mematikan alarm pertama, alarm kedua akan kembali mengingatkan Anda untuk bangun lebih awal.

Jika cara tersebut sudah berhasil, lakukanlah berulang-ulang hingga 30 sampai 40 hari. Karena biasanya sesudah melewati waktu tersebut, akan menjadi sebuah rutinitas tersendiri tanpa bantuan alarm.

3. Meminta Bantuan Kepada Keluarga atau Teman untuk Dibangunkan Lebih Awal

Jika memasang alarm belum membuat Anda berhasil untk datang ke kantor lebih awal, maka Anda memerlukan orang lain untuk membantu membangunkan Anda lebih awal.

Jangan segan untuk meminta bantuan kepada anggota keluarga ataupun teman kantor Anda untuk membangunkannya lebih awal.

Namun, jika Anda memerlukan bantuan teman Anda usahakan handphone yang Anda miliki dalam keadaan aktif agar mereka bisa menelopon Anda.

Mintalah untuk dibangunkan kepada seseorang yang memang sering bangun di awal agar “misi” Anda untuk bangun pagi bisa tercapai. Dan jangan lupa, untuk minta dibangunkan maksimal satu jam sebelum Anda pergi.

4. Tidur Lebih Awal

datang tepat waktu

Tidur lebih awal tentunya akan membuat seseorang tidak kesulitan bangun lebih awal. Karena salah satu penyebab seseorang telah datang ke kantor adalah sulitnya bangun di pagi hari karena tidur malam yang terlalu larut.

Padahal berdasarkan riset yang dilakukan di Roehampton University London, seseorang yang bangun di pagi hari akan terhindar dari stres dan membuat seseorang tersebut lebih bahagia setiap harinya.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang cobalah untuk bisa mengatur jadwal tidur lebih awal. Untuk bisa tidur lebih awal tentunya hindari kegiatan yang tidak perlu sehingga membuat Anda sulit untuk tidur.

Akan lebih baik, jika hal tersebut diisi dengan berolahraga malam yang tidak terlalu berat serta melakukan aktivitas lainnya yang dapat merangsang Anda untuk bisa cepat tidur lebih awal.

5. Atur Posisi Tidur dengan Menghadap Ke Jendela atau Terkena Cahaya Matahari

Mengatur ruangan atau posisi tidur yang mengahadap ke jendela atau cahaya matahari sangatlah penting. Dengan begitu sinar matahari tersebut akan menjadi “alarm” alami untuk Anda agar bisa bangun lebih awal.

Karena itu, jika Anda sulit untuk bangun pagi jangan pernah tidur di ruangan yang memang gelap dan tidak ada cahaya matahari yang masuk.

Hal ini akan memberikan efek bahwa hari masih malam dan Anda akan semakin asyik untuk tidur.

6. Berangkat dari Rumah Lebih Awal

Agar tidak telat berangkat kerja

Berangkat kerja lebih awal sangatlah penting, mengingat jika Anda tinggal di wilayah megapolitan pada pagi hari adalah waktu yang sangat padat untuk melakukan aktivitas.

Jika hal tersebut tidak diatasi lebih awal, maka akan mengakibatkan datang terlambat ke kantor yang dikarenakan macet.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kemacetan tersebut Anda harus berangkat dari rumah lebih awal. Anda bisa menjadwalkan keberangkatan ke kantor satu jam sebelum masuk atau maksimal 30 menit sebelum masuk kerja.

Tentunya penjadwalan tersebut bisa berubah-ubah disesuaikan dengan jarak tempuh tempat tinggal Anda menuju tempat kantor.

Ketika Anda datang ke kantor lebih awal, tentunya banyak keuntungan yang bisa didapat. Salah satunya adalah, bisa sarapan terlebih dahulu apabila belum sempat untuk sarapan.

Selain itu bisa pula mempersiapkan atau mengecek bahan presentasi sedari awal, agar ketika rapat nanti Anda sudah siap untuk menghadapinya.

7. Gunakan Layanan Transportasi Online

Hampir di setiap kota-kota besar Indonesia sudah tersedia sebuah layanan transportasi online. Tentunya dengan layanan ini bisa mempermudah siapapun untuk berpergian.

Adanya layanan transportasi online pun mempermudah para karyawan untuk menggunakannya. Pasalnya, dengan adanya layanan tersebut mereka tak perlu repot-repot untuk menaiki kendaraan sendiri dan mencari parkir yang terkadang memakan waktu hingga setengah jam.

Selain itu, para karyawan pun tak perlu mengantri di terminal ataupun stasiun untuk menunggu angkutan umum yang terkadang sampai harus berdesak-desakan.

Oleh karenanya, semenjak adanya layanan transportasi online para karyawan merasa diuntungkan karena mereka bisa cepat dan mudah menjangkau tempat kerja.

Keuntungan lain menggunakan jasa ini adalah, ketika dalam perjalanan Anda pun mengecek atau

Memeriksa kembali pekerjaan yang akan Anda lakukan saat itu.

8. Tanamkan Dalam Diri untuk Bisa Menghargai Orang Lain

Ketika Anda sudah berkomitmen untuk menjadi karyawan, maka ada hal-hal tertentu yang harus Anda perhatikan salah satunya adalah tentang menghargai orang lain lewat sebuah waktu.

Tanamkan dan pahamkan pada diri Anda untuk bisa datang lebih awal atau tepat waktu untuk bisa menghargai orang lain.

Ingat! Setiap orang telah memiliki waktu dan kegiatannya tersendiri. Apabila hal tersebut tak dilaksankan dengan baik lambat laun Anda akan kehilangan sebuah kesempatan emas. Entah itu naik jabatan atau untuk mendapatkan klien baru.

Sehingga ketika hal tersebut sudah menjadi kebiasaan, Anda tak akan kehilangan sebuah kesempatan untuk bisa bekerja lebih baik lagi.

9. Hindari Tidur Kembali Setelah melaksanakan Ibadah Shalat Subuh

Jika Anda seorang muslim, pastinya tak akan melewatkan ibadah shalat subuh yang biasanya dimulai pukul 04.30.

Sebaiknya ketika sudah mengerjakan shalat subuh hindari untuk tidur kembali agar Anda tidak terlambat untuk pergi ke kantor.

Untuk menghindari rasa kantuk, ada beberapa hal yang bisa Anda kerjakan seperti membaca buku, memeriksa perlengkapan kantor, memeriksa kelengkapan dokumen, menyiapkan sarapan, olaharga kecil di pagi hari, dan lain sebagainya.

Dengan membiasakan hal tersebut akan memberikan efek kesegaran pada tubuh Anda. Sehingga ketika Anda berangkat kerja Anda sudah siap untuk bekerja lebih baik lagi.

10. Pindah Rumah atau Kosan yang Lebih Dekat dengan Kantor

Tips terakhir tentunya pilihan terakhir yang bisa Anda lakukan. Karena tips terakhir ini akan memakan banyak biaya untuk bisa mewujudkannya.

Langkah ini memang harus dipersiapkan secara matang agar tidak menyesal di kemudian hari. Yang terpenting ketika Anda mewujudkannya adalah pertimbangkan baik buruknya untuk diri Anda sendiri maupun keluarga.

Biasanya langkah ini diambil ketika memang, Sudah tidak bisa lagi menjalankan solusi-solusi di atas. Pilihan untuk pindah rumah atau kosan bisa Anda pertimbangkan jika memang hal tersebut memungkinkan.

Selain pindah rumah atau kosan, Anda pun bisa resign dari tempat kerja yang lama. Kemudian mencari kembali tempat kerja baru yang lebih dekat dari rumah atau kosan.

Tentunya dengan memiliki akses yang dekat ke kantor, kebiasaan terlambat pun sedikit demi sedikit akan berkurang dengan sendirinya.

Kerugian Datang Terlambat Ke Kantor

Jika tips di atas belum berhasil Anda lakukan, maka ada beberapa kerugian yang bisa Anda rasakan dari kebiasaan tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Gaji Setiap Bulan akan Berkurang

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, setiap perusahaan ada yang memberlakukan pengurangan gaji apabila karyawan tersebut datang terlambat.

Pengurangan tersebut biasanya disesuaikan dengan keterlambatan yang dilakukan oleh karyawan. Biasanya berkurangnya gaji tersebut antara Rp 50,000- Rp 100,000/hari  tergantung kebijakan perusahaan.

2. Tidak Menghargai Orang Lain

Anda akan dicap sebagai orang yang tidak menghargai orang lain. perlu diingat bahwa setiap orang memiliki urusannya masing-masing. Setiap orang memiliki waktu untuk bisa digunakan sebaik mungkin.

Jika Anda meremehkan hal tersebut dengan seringnya datang terlambat ke kantor, maka mereka tak akan pernah mau lagi untuk bekerja sama dengan Anda.

3. Banyak Tertinggal

Dengan terlambatnya datang ke kantor, maka Anda telah melewatkan berbagai kesempatan yang bisa jadi kesempatan tersebut sangat cocok untuk Anda.

Oleh karena itu, jangan pernah menyesal atau berkecil hati jika atasan Anda tidak pernah mau untuk melibatkan Anda dalam setiap proyeknya.

4. Berkurangnya Kepercayaan Atasan kepada Anda

Saat Anda datang terlambat dengan rentang waktu yang cukup sering, maka bisa dipastikan bahwa atasan Anda tidak akan lagi mempercayai Anda.

Lambat laun, atasan Anda kan melibatkan orang lain untuk mengerjakan sebuah pekerjaan yang seharusnya bisa Anda kerjakan .

Mereka akan berpikir bahwa Anda bukanlah orang yang tepat untuk memegang sebuah proyek karena tidak pernah menghargai waktu.

5. Dicap Buruk

Jika atasan atau sesama karyawan sudah mencap Anda sebagai tukang telat dan berlabel buruk,  Maka perlu evaluasi diri untuk bisa mengubahnya.

Jangan sampai dengan kekurangan tersebut semua orang tahu bahwa Anda tidak bisa diandalkan dan selalu dianggap berlabel buruk.

Bila hal tersebut sudah terjadi, maka Anda pun akan mendapatkan kerugian yang begitu besar.

Penutup

Waktu sejatinya tak akan pernah bisa kembali dan tak akan pernah bisa untuk diputar. Karena itu manfaatkanlah setiap waktu yang ada untuk bisa berbuat lebih baik dan mengerjakan sesuatu yang berguna bagi diri sendiri maupun orang lain.

Jika waktu tak pernah dilakukan dengan sebaik mungkin, maka seseorang yang melakukannya akan mendapatkan kerugian yang teramat besar.

Oleh karena itu, jangan pernah menunda, hindari rasa malas, dan bergegaslah meraih kesuksesan dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Semoga informasi mengenai 10 Tips Agar Anda Tidak Telat Berangkat Kerja di Pagi Hari ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Scroll to Top