10 Tips Jitu Tetap Semangat Kerja di Kantor Saat Sedang Berpuasa

Bulan Ramadhan segera datang, bulan tersebut adalah bulan suci yang penuh berkah yang sangat ditunggu oleh seluruh umat islam di seluruh dunia.

Bulan Ramadahan juga sering disebut dengan bulan ibadah karena apa yang kita kerjakan selain berpuasa juga bernilai pahala.

Seluruh umat islam di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa dari waktu fajar sampai terbenamnya matahari. Karena itu aktivitas dan rutinitas di bulan ini juga akan terasa bebeda, terutama dalam hal jam makan.

Walaupun begitu, biasanya aktivitas pekerjaan tidak ada yang berubah. Anda tetap bekerja seperti biasa dengan target-target yang boleh jadi leboh banyak lagi.

Di awal Ramadhan, boleh jadi Anda tidak akan terbiasa melakukannya. Tetapi, Anda harus tetap bersemangat bekerja.

Nah, agar tetap bersemangat dalam bekerja, Anda perlu melakukan 10 tips berikut ini!

1. Tidak Berlebihan Ketika Makan Sahur dan Berbuka

Tips tetap semangat kerja saat puasa

Di bulan puasa, umat muslim diharuskan menahan lapar dan haus. Tentunya hal tersebut menjadi tantangan tersendiri ketika memang tidak terbiasa puasa.

Baca juga : 10 Cara Cerdas Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja di Kantor

Karena itu, banyak orang yang ‘’balas dendam’’ makan di waktu berbuka ataupun sahur. Padahal berlebihan ketika makan akan membuat perut menjadi sakit dan tidak baik untuk kesehatan.

Tentu saja hal bila Anda sakit karena hal tersebut membuat produktivitas Anda menurun termasuk dalam pekerjaan yang bisa membuat Anda menjadi tidak bersemangat.

Maka dari itu, agar tetap bersemangat dan sehat ketika sahur dan buka banyaklah memakan sayuran dan juga buah-buahan. Serta jangan lupa banyak minum air putih, madu, dan juga kurma agar bisa tetap fit dan bersemangat mengerjakan tugas-tugas kantor.

Jika Anda penggemar berat gorengan serta makanan lain yang terbuat dari tepung lebih baik dikurangi karena bisa mempengaruhi mood Anda.

2. Berolahraga Ringan

jaga kondisi tubuh dengan olah raga ringan

DI bulan puasa jangan dijadikan alasan untuk tidak berolahraga. Karena bagaimanapun juga olahraga bisa membuat Anda tetap fit dan bersemangat melakukan banyak pekerjaan.

Olahraga yang dilakoni pun tidak sulit dan tidak membuat Anda keluar banyak keringat. Maka dari itu, olahraga yang cocok Anda lakukan adalah jalan kaki di sekitaran rumah, jalan kaki dari rumah ke kantor jika memang dekat, plank, sit up, dan lain sebagainya.

Baca juga : 10 Tips menghilangkan kejenuhan dengan pekerjaan

Karena menurut ahli gizi, seseorang yang berjalan kaki tidak hanya bisa membakar kalori, tetapi bisa membuat tubuh seseorang menjadi lebih segar dan menghilangkan stress.

Waktu yang tepat untuk berolahraga sendiri bisa dimulai sehabis shalat subuh ketika udara masih sangat segar. Ataupun bisa sebelum menjelang buka puasa.

Dengan rutin menjalankan hal tersebut, maka akan mempengaruhi mood Anda dan bisa membuat Anda lebih bersemangat kembali dalam bekerja.

3. Gunakan Waktu Istirahat untuk Tidur Siang

Jika di bulan puasa waktu istirahat digunakan untuk makan siang, tentunya di bulan puasa tidak mungkin melakukan hal tersebut.

Nah, sebagi gantinya Anda bisa memanfaatkan istirahat untuk tidur siang selama 10-15 menit. Dengan waktu yang sebentar tersebut stamina Anda akan kembali fit.

Bahkan menurut penelitian, seseorang yang tidur siang selama 10-15 menit akan membuat Anda seseorang menjadi fokus.

Bila sudah begitu, Anda pun akan bersemangat mengerjakan tugas kantor. Dengan tidur siang pun selain menambah energi juga Anda tidak membuang energi dengan sia-sia. Dan pastinya, bisa menambah pahala di bulan Ramadhan.

Jika tidak memungkinkan untuk tidur siang karena tempat kerja tidak mendukung, sebaiknya cari kesibukkan lain yang lebih bermanfaat. Seperti membaca buku, mengaji, mengikuti kajian yang biasanya selalu ada di kantor-kantor, ataupun mengobrol dengan rekan kerja Anda.

4. Tidur yang Cukup

Karena di waktu pagi hari digunakan untuk sahur, sebaiknya hindari untuk bergadang. Mengingat jam masuk kantor pun pagi hari, tentunya jika Anda bergadang akan mempengaruhi kesehatan dan juga mood Anda.

Maka dari itu, lebih baik atur ulang jadwal sehari-hari Anda agar bisa tidur dengan cukup. Sebaiknya setelah Anda tarawih, segera istirahat untuk bisa menyiapkan sahur di awal waktu.

Jika Anda sudah berkeluarga, sebaiknya komunikasikan sedari awal agar bisa tidur dengan cukup dan di esok hari bisa kembali fit bekerja.

Nah, Jika kondisi tidak memungkinkan untuk tidur sedari awal, maka Anda bisa melakukan poin ke tiga, dimana Anda bisa memanfaatkan waktu jam istirahat untuk tidur siang selama 10-15 menit.

5. Tarik Nafas Dalam-dalam

Jika sudah dirasa Lelah dan terasa lapar, cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam seperti ketika Anda akan menenangkan diri. Hal ini berfungsi untuk bisa memompa darah ke seluruh tubuh hingga bisa meningkatkan energi.

Karena itu, Jika Anda sering mengambil nafas dalam-dalam selain lebih tenang, oksigen yang dihasilkan tubuh pun bisa maksimal. Sehingga mempengaruhi tingkat kesehatan dan mood Anda untuk bekerja lebih maksimal di bulan puasa.

Lakukan hal tersebut secara wajar, artinya lakukanlah ketika memang dirasa badan Anda sudah terasa Lelah serta tidak bersemangat mengerjakan pekerjaan kantor.

6. Sibukkan Diri dengan Beragam Aktivitas

Agar tetap bersemangat di kantor, sebaiknya sibukkan diri dengan beragam aktivitas yang menyenangkan dan Anda sukai.

Bukan zamannya lagi, seseorang yang berpuasa menjadi lemah, lesu, dan juga tidak bersemangat.

Maka dari itu, Anda bisa menyibukkan diri dengan fokus pada pekerjaan yang dikerjakan sambil ditemani music dengan lirik yang penuh semangat pula.

Jika pekerjaan sudah selesai, Anda bisa menyibukkan diri dengan kegiatan lain seperti acara baksos, menghadiri kajian keilmuan tentang Ramadhan, silahturahmi, kontak teman lama untuk buka bersama, dan kegiatan positif lainnya yang bisa pula menambah pahala Anda di bulan puasa.

Jangan patah semangat pula bila tidak ada rekan kerja yang mau diajak bersama-sama untuk aktivitas di atas.

Justru, hal itu adalah kesempatan berharga untuk bisa menambah teman dan juga kerabat.

Dengan fokus pada aktivitas yang dikerjakan, maka Anda pun akan selalu bersemangat mengerjakan tugas-tugas kantor.

Tetapi, jangan sampai banyaknya aktivitas tersebut membuat Anda lesu dan tidak bersemangat. Maka dari itu, atur kembali jadwal aktivitas Anda selama sepekan. Kerjakan terlebih dahulu aktivitas prioritas yang harus dikerjakan.

7. Jangan Terlalu Sering Melihat Jam

Mungkin terdengar aneh, tetapi inilah kenyataannya. Banyak orang yang rajin melihat jam untuk menghitung berapa lama lagi buka puasa. Boleh jadi, ketika Anda membaca tips ini akan teringat masa-masa kecil dulu ketika baru belajar puasa.

Nah, situasi tersebut bisa pula terjadi ketika memang Anda sedang dikantor dan sedang banyak mengerjakan targetan pekerjaan.

Oleh karena itu, agar tetap bersemangat ketika di kantor sebaiknya jangan terlalu sering melihat jam. Karena jika Anda melihat jam dan tidak sesuai dengan harapan akan mempengaruhi mood Anda pada saat itu.

Tak hanya membuat tidak bersemangat dalam bekerja, tetapi bisa membuat Anda tidak fokus mengerjakan pekerjaan pada saat itu.

Agar tidak terlalu sering melihat jam, maka Anda bisa melakukan kembali kegiatan-kegiatan yang telah dipaparkan pada poin ke 4.

Ingat, dengan berpuasa tidak akan membuat Anda kelaparan. Justru disanalah letak pahala dan berkah untuk bisa Anda raih.

Jika dirasa sudah ‘’menganggu’’ aktivitas dan mood Anda, tidak ada salahnya untuk menonaktifkan atau menjauh terlebih dahulu dari jam tersebut.

8. Niatkan Bekerja Hanya untuk Beribadah

tips tetap semangat di kantor saat bulan ramadhan

Jika dirasa tidak bersemangat, coba cek kembali niat Anda bekerja di kantor apakah diniatkan untuk beribadah atau yang lainnya. Karena hal ini juga bisa mempengaruhi kinerja Anda untuk mengerjakan tugas-tugas di kantor.

Tentunya harus dipahami pula bahwa niat bekerja bukan hanya untuk diri sendiri tetapi, dibelakang Anda ada keluarga yang harus Anda nafkahi entah itu orang tua, istri, ataupun anak.

Nah, jika Anda sendiri tidak bersemangat ketika bekerja, lantas bagaimana akan mencapai keberkahan dalam bekerja?

Maka dari itu, periksa kembali niat Anda ketika bekerja. Jangan sampai niat tersebut mempengaruhi semangat Anda dalam mengerjakan tugas.

9. Ubah Ruangan Kerja

Berikutnya adalah mengubah ruangan kerja Anda agar tampak berbeda dan juga fresh. Mengubah ruangan juga sedikit banyaknya bisa mempengaruhi mood Anda dalam bekerja.

Baca juga : 15 cara jitu menata ruang kerja agar nyaman

Untuk mengubah ruangan sendiri tergantung selera dan izin dari pihak perusahaan. Entah itu, mengubah warna cat ruangan yang Anda kondisikan sebelum Ramadhan, mengubah tata letak meja dan aksesoris lainnya, atau jika memungkinkan Anda bisa pindah ruangan ke tempat yang lebih nyaman dan sangat mempengaruhi semangat Anda dalam bekerja.

Jangan lupa setelah ruangan diubah, pasang pula foto keluarga atau pasangan Anda agar menambah semangat untuk menyelesaikan tugas-tugas kantor.

Selalu pikirkan, jika Anda malas bekerja tentunya bukan saja merugikan diri sendiri tetapi juga orang lain terutama keluarga Anda.

Untuk mengubah tata ruangan ini, sebaiknya dikomunikasikan terlebih dhaulu dnegan pimpinan atau rekan kerja. Kecuali jika memang ruang kerja tersebut adalah milik Anda sendiri.

10. Buka Puasa Bersama Rekan Kerja, Sahabat, atau Keluarga

Langkah berikutnya agar Anda tetap bersemangat dalam bekerja adalah dengan merencanakan buka puasa bersama rekan kerja atau keluarga.

Berkumpul bersama orang-orang tersayang akan menambah energi Anda karena Anda pasti bahagia bertemu serta berkumpul bersama mereka.

Jika Anda ingin buka bersama rekan kerja, sebaiknya direncanakan jauh-jauh hari ketika pekerjaan Anda atau pekerjaan mereka telah selesai dikerjakan.

Beda halnya dengan keluarga, sebaiknya Anda lebih sering meluangkan waktu berbuak puasa bersama mereka untuk menjaga keharmonisan dan kehangatan dalam bekerja.

Nah, jika Anda buka puasa bersama sahabat sebaiknya atur waktu yang pas dan tempat yang menyenangkan agar silahturahmi Anda bisa lebih lama.

Sesekali, jangan lupa pula untuk berbuka puasa bersama anak yatim dan dhuafa. Karena senyum yang mereka torehkan bisa menambah energi baru untuk Anda.

Di bulan puasa wajib untuk sering bersedekah karena itu bisa membuat harta Anda berkah dan bisa mendapatkan pahala berlimpah.

Penutup

Bagaimanapun juga Bulan suci Ramadhan pasti akan Anda lewati. Bulan ini tentunya hanya ada sekali dalam setiap tahun. Layaknya seorang tamu agung, tentu setiap muslim harus bersuka cita menyambutnya.

Maka dari itu, ketika semangat. di kantor sudah mulai redup segera lakukan ke 10 tips diatas. Bulan puasa tentunya tidaka akan ‘’menyengsarakan’’ siapapun justru di bulan inilah saatnya Anda lebih mendekatkan diri pada Allah Subhanahu wata’ala.

Bagaimana sudah siap menyambut Ramadhan? Semoag sukses dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Scroll to Top