6 Tips Menjalankan Usaha Sampingan Bagi Pekerja Kantoran

Menjalani usaha sampingan bukan semata-mata hanya untuk menambah penghasilan dari pekerjaan  utama. Beberapa dari kita beralasan untuk menambah penghasilan,  beberapa orang lain karena hobi.

Terlepas dari alasan apapun, dalam artikel ini akan diulas 6 tips menjalankan usaha sampingan bagi Anda yang berprofesi utama sebagai karyawan kantoran.

Sebagai seorang karyawan yang setiap hari harus berangkat ke kantor, tentu akan mengalami kesulitan jika ingin fokus full memulai bisnis sendiri. Oleh karena itu, salah satu solusinya dengan memulai usaha dan bisnis sampingan yang bisa dikerjakan disela-sela pekerjaan utama.

Sebagai karyawan yang sambil berbisnis, Anda harus pintar-pintar menyusun strategi yang pas sehingga tidak mengurangi kualitas pekerjaan utama dan usaha sampingan yang sedang Anda jalankan.

Oke, berikut ada 6 tips agar bisnis sampingan Anda dapat berjalan lancar dan sukses tanpa mengorbankan pekerjaan utama Anda di kantor.

1. Buat sebuah jadwal yang ketat

buat jadwal yang ketat

Sebelum Anda memulai usaha sampingan, yang pertama harus Anda lakukan adalah mengatir jadwal sedemikian rupa. Hal ini akan sangat membantu Anda memprioritaskan setiap waktu yang dimiliki.

Jadwal yang ketat akan memisahkan dengan jelas waktu kapan Anda mengerjakan pekerjaan utama sebagai karyawan, dan kapan mengerjakan bisnis sampingan Anda.

Buat jadwal yang ketat, artinya jadwal ini harus anda lakukan sesuai deadline dan berdasarkan prioritas waktu, konsisten dan dan memiliki komitmen yang kuat.

2. Fokus saja pada satu bisnis

Fokus pada 1 usaha sampingan

Kita boleh saja menjalankan beberapa bisnis atau usaha sampingan, namun jika Anda masih baru dan belum berpengalaman dalam dunia bisnis, akan lebih baik fokus pada 1 bidang bisnis terlebih dahulu.

Kenapa?

Karena Anda masih memiliki tanggung jawab pekerjaan sebagai karyawan.  Dan anda harus tetap profesional dalam profesi utama Anda saat ini. Ingat, bisnis yang akan anda jalankan bersifat usaha sampingan.

Dari banyak ide bisnis, hendaknya pilih satu bisnis yang sekiranya mampu Anda jalankan dalam kapasitas Anda sebagai karyawan.

Baca juga : 49 ide usaha sampingan bagi karyawan kantoran

Sesuaikan jenis usaha sampingan dengan minat, kemampuan dan waktu yang Anda miliki. Jangan sampai menganggu profesi utama Anda sebagai karyawan di perusahaan.

3. Buat rencana bisnis dengan matang

Setelah Anda memutuskan akan berbisnis apa, tips selanjutnya adalah buatlah sebuah rencana usaha yang matang. Jika Anda ingin sukses menjalani usaha sampingan, Anda harus benar-benar merencanakan bisnis dengan membuat rencana bisnis yang jelas dan terukur.

Dengan rencana bisnis, Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis Anda nantinya. Rencana bisnis akan mempermudah kemajuan bisnis kedepan.

Baca : Profesi yang cocok untuk orang pendiam

Dalam rencana bisnis yang akan anda buat, hendaknya sesuaikan dengan kondisi Anda sekarang dan beberapa waktu kedepan. Misalnya, apakah bisnis ini akan mengurangi profesionalitas anda sebagai karyawan atau tidak?, perhitungkan dengan baik agar Anda bisa menjalankan 2 profesi sekaligus dan tidak mengorbankan salah satunya.

Dengan rencana bisnis, meskipun ini adalah bisnis sampingan, bisnis Anda akan memiliki arah yang jelas dan memiliki pedoman yang harus Anda jalankan.

4. Manfaatkan internet dan offline untuk menjangkau konsumen

Manfaatkan perkembangan teknologi internet untuk menjangkau konsumen di seluruh dunia. Ada banyak kelebihan bisnis sampingan dengan cara online;

Loading...

Tidak perlu modal yang banyak,

Bisa dikerjakan jika Anda sempat,

Lebih praktis dan banyak lagi kelebihan bisnis sampingan secara online.

Syarat utama bisnis dengan memanfaatkan internet adalah anda tahu polanya. Kuasai salah satu strategi promosi online, misalnya memaksimalkan promosi melalui media sosial.

Jangan tinggalkan promosi offline. Promosi offline bagi usaha pemula akan meningkatkan kepercayaan konsumen kepada bisnis Anda.  Jadi alangkah lebih baik gunakan promosi melalui offline dan juga online untuk memaksimalkan jangkauan konsumen.

5. Perbanyak link dan jaringan pertemanan

Semakin banyak jaringan teman semakin mudah melakukan promosi.  Jika sebelumnya teman Anda hanya dari kantor tempat Anda bekerja, mulai saat ini perluas jaringan networking Anda.

Anda bisa melakukan dengan memperluas pertemanan di media sosial, atau memperluas jaringan pertemanan dengan mengikuti komunitas-komunitas tertentu disekitar Anda.

Jaringan pertemanan nantinya akan memudahkan Anda melakukan promosi, menentukan jenis bisnis, dan menentukan strategi promosi yang tepat.

Percaya deh, semakin banyak teman semakin banyak rejeki yang datang pada Anda.

Kesuksesan promosi biasanya dimulai dari obrolan dari mulut ke mulut, dari teman ke teman, dari teman ke orang lain, dan dari orang lain ke orang lain yang tidak kita kenal.

Jaringan pertemanan juga bukan semata tentang penjualan dalam bisnis, juga bermanfaat dalam mencari ilmu baru melalui saran-saran dari teman-teman Anda terkait bisnis sampingan yang sedang Anda jalankan.

6. Tetap prioritaskan pekerjaan kantor

Jalin jaringan pertemanan

Ingat, pekerjaan utama Anda adalah seorang karyawan. Jangan lupakan itu. Tapi Anda juga harus serius dalam bisnis sampingan yang sedang Anda jalankan.

Sulit memang fokus mengerjakan 2 pekerjaan yang berbeda. Dalam kondisi ini Anda dituntut bisa membagi dan mengatur skala prioritas.

Gunakan skala prioritas. Misalnya saat jam kerja kantor Anda harus fokus pada pekerjaan kantor. Dan sebisa mungkin pekerjaan kantor jangan di bawa kerumah. Sehingga selepas ngantor Anda bisa fokus mengerjakan usaha sampingan Anda.

Baca : 10 Kriteria memilih pekerjaan yang sesuai

Tetap tunjukan profesionalitas di tempat anda bekerja dan saat mengerjakan bisnis sampingan Anda.

Anda bisa menggunakan sele-sela waktu dihari libur untuk fokus pada usaha Anda, tetapi juga bisa memanfaatkan hari libur sebagai hari relaksasi dari berbagai rutinitas.

Penutup

Intinya, tetap bersikap profesional dalam 2 hal, profesional dalam profesi Anda sebagai karyawan dan profesional dalam mnekuni bisnis pribadi yang Anda jadikan sebagai usaha sampingan.

Jika Anda menjalankan hal tersebut dengan benar, maka akan menjadi kebiasaan dan Anda sudah tidak merasa terbebani lagi. Terlebih usaha sampingan yang Anda lakukan memang sesuai dengan minat Anda, saya jamin Anda tidak akan merasa bosan.

Artikel Terkait :