Ingin Memiliki Karir Baru? Berikut 7 Tips Memilih Karir yang Cocok

Ingin Memiliki Karir Baru di Tahun Baru? Lakukan Langkah-Langkah Berikut Ini !

Setiap orang yang memasuki tahun baru, biasanya memiliki resolusi atau keinginan yang berbeda-beda.

Ada yang ingin sukses dan membuat resolusi dalam hal percintaan, keuangan, kesehatan, dan juga karir.

Tentang masalah karir, boleh jadi diantara Anda ada yang ingin naik jabatan ataupun ingin memiliki karir baru yang lebih baik di tempat lain.

Jika Anda termasuk salah satu karyawan yang ingin meniti karir baru di tahun baru, berikut akan kami paparkan langkah-langkahnya di bawah ini!

Tips bagi yang ingin berganti karir atau pekerjaan

1. Manfaatkan Koneksi untuk Mencari Pekerjaan atau Karir Baru

Mencari pekerjaan itu tidak semudah membalikan telapak tangan. Seyogyanya, lowongan pekerjaan banyak bertebaran di media cetak maupun elektronik, tetapi pekerjaan yang sesuai dengan hati ataupun cocok sangat tidak mudah untuk menemukannya.

Mencari karyawan atau mencari pekerjaan pun memerlukan waktu yang tidak lama dan terkadang memerlukan biaya yang besar.

Tetapi, cara di atas bukanlah satu-satu cara untuk bisa dilakukan. Anda bisa melakukan cara lain yaitu dengan memanfaatkan koneksi yang ada untuk mencari pekerjaan atau karir baru.

Sekarang, coba ingat-ingat kembali teman-teman, saudara, atau kenalan Anda yang bekerja di tempat lain yang memang tempat bekerja yang Anda inginkan.

Cobalah untuk menjalin komunikasi dan bersilahturahmi dengan mereka dan menanyakan tentang posisi lowongan kerja yang sedang Anda cari.

Semakin banyak teman yang Anda miliki, maka kesempatan untuk bekerja di tempat lain pun terbuka dengan lebar.

Pada dasarnya, pihak perusahaan pun akan lebih memprioritaskan karyawan baru yang bekerja koneksi dari karyawan lama ataupun seseorang yang memiliki akses atau koneksi.

Hingga boleh jadi dengan koneksi yang ada, keinginan Anda untuk memiliki karir baru semakin mudah untuk diwujudkan.

Maka dari itu, sangat penting untuk bisa menjalin komunikasi yang baik dengan siapapun yang Anda kenal atau ketahui.

Boleh jadi, seseorang tersebut akan membantu Anda dikemudian hari untuk bisa mengembangkan karir ataupun hal lainnya.

2. Memanfaatkan Teknologi untuk Bisa Mencari Pekerjaan dengan Online

Tips ingin berganti karir atau pekerjaan

Jika koneksi Anda belum terlalu banyak atau kuat, cobalah untuk memanfaatkan teknologi yang ada agar bisa mendapatkan karir yang baru di tahun baru ini.

Mencari pekerjaan secara online pun tidak akan memakan biaya ataupun waktu yang banyak, asalkan memiliki perangkat dan koneksi interntet yang mumpuni.

Kabar baiknya, perusahaan-perusahaan yang ada pun sudah menggunakan layanan online dalam merekrut karyawan.

Adapun sistem yang biasa digunakan oleh pihak perusahaan adalah ATS (Applicant Tracking System).

Sistem tersebut akan menyimpan CV online para pelamar kemudian akan terfilter dengan langsung sesuai dengan kategori lowongan pekerjaan yang Anda isi sesuai jabatan yang dipilih.

Maka sangatlah penting, jika CV online Anda ingin selalu teratas atau mudah dicari oleh pihak perusahaan, maka harus mencantumkan keyword atau kata kunci yang sesuai dengan mesin pencaharian google.

Ada beberapa kelebihan yang bisa dirasakan ketika Anda melamar dengan online, yaitu;

Selain kelebihannya, melamar secara online pun memiliki kekurangan yaitu kesempatan Anda untuk diterima sangat kecil jika didalam CV tidak dimuat kata kunci. Mengingat sistem yang digunakan akan langsung memfilter CV online yang masuk.

Agar mudah diterima, ada baiknya untuk mencantumkan kata kunci tersebut. Sebagai contoh,kemampuan Anda adalah dalam hal design grafis, kata kunci untuk profesi tersebut bisa dipastikan banyak bertebaran di dunia maya.

Oleh karenanya, Anda bisa menjelaskan dengan rinci posisi yang akan dilamar pada subjek email, misalnya ‘’Aplication for Design Graphic’’ kemudian tuliskan dengan rinci kemampuan Anda di cover letter dengan singkat dan jelas yang bisa melihat gambaran diri.

3. Berkarir di Bidang yang Baru

Jika Anda ingin berkarir di tahun baru dengan suasana yang berbeda, tidak ada salahnya untuk mengambil bidang yang baru yang lebih menantang.

Bagi sebagian orang, hal tersebut boleh jadi sesuatu yang menakutkan dan penuh resiko. Namun, akan terasa menyenangkan bila Anda sudah berhasil memilihnya dan menaklukannya.

Jika sudah siap dengan tantangannya, sudah siapkah Anda untuk memulai kembali karir tersebut dari awal?

Ketika pertanyaan di atas, sudah siap Anda jawab, maka carilah tempat kerja yang sesuai untuk mengembangkan potensi baru di bidang tersebut.

Untuk mencoba bidang baru, ada baiknya untuk mencoba dahulu sebagai seorang freelancer. Setelah mantap dan menyukai hal tersebut langkah selanjutnya adalah bisa mencoba menjadi karyawan tetap di perusahaan dengan bidang baru yang dipilih.

Ketika Anda memilih bidang baru, gunakan kesempatan tersebut untuk mengeksplor hal-hal yang belum diketahui.

Jangan malu untuk bertanya pada senior Anda di tempat kerja tersebut, tujuannya agar bisa mengerjakan pekerjaan dengan sebaik mungkin.

Siapapun yang mengerjakan hal baru, pasti akan membuat adrenalin Anda terpacu. Jangan sampai hal tersebut bisa membuat putus asa atau menyerah.

Apapun yang dipilih pasti memiliki konsekuensi tersendiri.

4. Berkarir di Tempat yang Baru

Jika berkarir di bidang yang baru tidaklah membuat Anda tertarik, cobalah untuk berkarir di tempat atau wilayah lain yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Bagi Anda yang berjiwa petualang, boleh jadi hal ini akan menjadi kesempatan emas untuk bisa diraih.

Apalagi jika Anda pindah dari tempat terpencil ke ibu kota atau wilayah yang menjanjikan biasanya akan membuka kesempatan karir Anda dengan baik.

Bekerja di tempat baru bukan saja harus beradaptasi dengan lingkungan kerja, melainkan harus siap beradaptasi dengan tempat tinggal Anda dan juga biaya hidup di kota tersebut.

Jangan lupa pula untuk bisa beradaptasi dengan budaya dan kebiasaan warga setempat. Tujuannya agar Anda bisa bertahan hidup di tempat tersebut serta bisa berbaur dengan masyarakat setempat.

Jika sudah cukup yakin dengan penyesuaian di atas, maka langkah berikutnya adalah membidik tempat kerja yang akan dituju.

Ada baiknya untuk memiliki koneksi atau teman yang sudah lama bekerja di tempat yang dituju. Jika belum, bisa mencarinya lewat situs terpercaya yang memuat profi perusahaan dengan tepat.

Selain mengecek dengan cara online, ada baiknya untuk mengecek kebenaran alamat perusahaan yang dituju dari masyarakat setempat atau orang-orang yang Anda percaya.

Karena pada dasarnya, bekerja di luar kota penuh dengan resiko apalagi untuk memastikan perusahaan tersebut benar-benar ada atau tidak.

Baca juga : 13 Profesi yang cocok untuk orang pendiam

Ketika Anda memutuskan untuk bekerja di luar kota, pikirkan pula tentang pendapatan yang diterima dengan pembayaran uang sewa, akomodasi, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, jangan sampai pendapatan Anda dari pekerjaan lebih besar dari pengeluaran sehari-hari.

Jika sudah begitu, ada baiknya untuk menetap saja di kota kelahiran Anda sebelum benar-benar pasti menemukan pekerjaan dengan pendapatan yang mencukupi.

5. Mengerjakan Sesuatu dengan Terorganisir

Kesuksesan yang Anda raih, hanya bisa terwujud ketika Anda berani untuk mengerjakan sesuatu dari hal yang terkecil.

Jika saat ini Anda ingin memiliki karir yang baru, maka kerjakan sesuatu dari hal yang terkecil dan juga terorganisir.

Hal tersebut bila dilakukan dengan continue dan bersungguh-sungguh bisa menjadi suatu awal yang baik untuk meraih karir Anda di masa yang akan datang.

Bila ada pekerjaan untuk Anda, maka kerjakanlah dengan professional. Buatlah plan atau rencana-rencana yang tepat ketika memulai pengerjaannya.

Dengan rencana-rencana yang terorganisir tersebut, bisa menjadi pengingat atau reminder yang baik agar Anda bisa menyelesaikannya dengan mudah dan tepat.

6. Tingkatkan Kemampuan dalam Hal Berkomunikasi

Komunikasi merupakan suatu yang penting dalam setiap aspek terutama di dunia pekerjaan.

Seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, biasanya akan mudah untuk bisa meniti karir yang diinginkan.

Tanpa adanya komunikasi yang baik, tentunya akan kesulitan untuk bisa mencapai apa-apa yang Anda inginkan, termasuk dalam hal peningkatan karir Anda di masa yang akan datang.

Jika dirasa, kemampuan komunikasi Anda belum baik, saat ini sudah banyak lembaga, training, atau buku-buku untuk meningkatkan komunikasi atau lebih tepatnya agar percaya diri dalam hal berkomunikasi.

7. Melanjutkan Pendidikan Ke Jenjang yang Lebih Tinggi

Terkadang bila Anda ingin merintis karir baru, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah syarat jenjang Pendidikan.

Sebagai contoh, jika Anda ingin menjadi seorang dosen tentunya syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki jenjang strata 2 atau S2.

Begitupun dengan jenjang karir yang lain, biasanya ada syarat-syarat khusus dalam akademik yang harus dipenuhi.

Maka dari itu, untuk mewujudkan karir baru Anda di Tahun baru, mau tidak mau harus mengambil kembali jenjang akademik yang lebih tinggi dari jenjang sebelumnya.

Di beberapa kantor atau universitas, jika potensi Anda begitu kuat, biasanya akan memberikan sponsor untuk Anda ketika melanjutkan jenjang karir.

Dalam hal ini, pastikan jurusan yang Anda pilih sesuai dengan yang Anda atau pimpinan inginkan.

Anda juga bisa membaca artikel terkait public speaking yang baik disini.

Penutup

Meniti karir baru ke jenjang yang lebih tinggi memanglah tidak mudah. Ada beberapa rintangan yang harus dihadapi sesuai dengan peraturan ataupun keinginan pihak lain.

Jika kesempatan itu datang pada Anda, tentunya manfaatkan kesempatan tersebut untuk mencharge diri kearah yang lebih baik.

Jika Anda bingung harus memulai dari mana, tentunya bisa memulai dari 7 langkah di atas yang telah dibahas. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.