9 Tips Memilih Laptop Kerja yang Tepat

Tips Memilih Laptop Kerja yang Tepat

Bagi seorang  pekerja, terlebih pekerja kantoran laptop tentu  menjadi barang wajib yang harus dimiliki. Hal ini tentu dikarenakan hampir seluruh pekerjaan mereka harus dikerjakan dilaptop. Laptop juga lebih dipilih karena dirasa lebih efektif dibawa kesana-kemari karena mobilitas mereka yang sangat tinggi.

Dengan semakin banyaknya brand yang memproduksi laptop kerja, biasanya akan membuat anda merasa lebih bingung ketika baru akan membelinya. Saat ini, ada tiga brand yang paling populer bagi masyarakat Indonesia, yakni Asus, Lenovo dan Acer.

Jika anda masih merasa bingung dalam menentukan laptop kerja apa yang tepat, berikut sembilan tips untuk memilih laptop kerja yang akan membantu anda.

1. Menghitung dan menyiapkan budget

Siapa pun anda termasuk pekerja, menyiapkan alokasi dana terlebih dahulu memang sebaiknya harus dilakukan jika ingin membeli sebuah barang yang lumayan mahal harganya seperti laptop kerja. Sebelum memilih laptop mana yang akan dibeli, hitung dan siapkan terlebih dahulu alokasi dana khusus yang akan dibelikan sebuah  laptop.

2. Mulai mencari tahu dan mempertimbangkan spesifikasi laptop

Setiap seri dari brand yang mengeluarkan sebuah laptop biasanya sudah memiliki sasaran khusus laptop tersebut, hal ini bisa anda liat jelas dari spesifikasi yang diberikan. Beberapa bagian utama yang sebaiknya anda pertimbangkan ketika akan membeli laptop ialah baterai, memori, prosessor, hardisk dan juga koneksi. Beberapa spesifikasi tersebutlah yang sangat berpengaruh dengan pekerjaan anda.

Tips Memilih Laptop Kerja yang Tepat
Laptop Kerja

3. Mempertimbangkan ukuran layar

Saat ini, ukuran layar laptop yang bisa ditemui pada sebuah laptop ialah 11 hingga 17 inchi. Untuk laptop kerja sendiri, ukuran yang paling  ideal ialah 13 inch dan 14 inch. Mengapa bisa demikian? Karena pada ukuran tersebut pekerjaan mengetik dan membuat beberapa presentasi bisa dilakukan dengan sangat optimal. Selain itu, laptop kerja dengan  ukuran ini juga tidak akan  terasa terlalu berat ketika dibawa kesana kemari.

4. Memilih Touchpad ternyata juga penting

Bagian laptop yang selama ini sering dianggap tidak terlalu penting ternyata akan sangat mempengaruhi kinerja seseorang ialah touchpad. Ada beberapa seri laptop yang menempatkan touchpad terlalu dekat dengan keyboard sehingga tersentuh tidak sengaja, dan merusak halaman pekerjaan, dan beberapa masalah lainnya. Itu sebabnya, memilih dan mencoba touchpad pada laptop kerja juga sebaiknya tetap anda lakukan.

5. Jarak diantara tombol keyboard

Bagi seorang pekerja kantoran yang pekerjaannya tidak jauh-jauh dari mengetik, jarak yang ada pada masing-masing tombol juga menjadi hal panting yang harus diperhatikan. Untuk  itu, ketika memilih laptop kerja sesuaikanlah ukuran jari anda dengan jarak pada keyboard. Jangan sampai kecepatan mengetik anda berkurang hanya karena jarak keyboard yang tak sesuai dengan  jari anda.

6. Daya tahan hidup baterai

Bisa anda bayangkan bukan bagaimana ribetnya jika anda harus terlalu sering men-charge laptop ketika bekerja, terlebih jika harus melakukan pekerjaan di luar kantor atau melakukan meeting dengan klien ditempat-tempat yang tak terduga. Untuk pertimbangan inilah anda juga harus memperhatikan betul masa hidup laptop kerja yang akan dibeli nanti. Sekali lagi, jangan sampai pekerjaan anda terganggu hanya karena baterai laptop kerja yang tak bisa diandalkan.

7. Sistem Operasi Laptop

Di Indonesia sendiri, sistem operasi Windows masih menjadi yang paling populer karena setiap lapisan masyarakat masih paling sering menggunakan sistem operasi tersebut. Padahal masih ada beberapa sistem operasi yang juga tidak kalah bagusnya seperti Linux. Ketika akan membeli sebuah laptop kerja, jangan lupa juga untuk menanyakan sistem operasi apa yang sapling disarankan untuk laptop tersebut, karena sering kali sistem operasi mempengaruhi kecepatan kerja laptop dan kenyamanan anda sendiri sebagai pengguna.

8. Laptop biasa atau hibrid?

Sejak beberapa tahun lalu, setiap brand berlomba meluncurkan kecanggihan yang seakan tiada batas pada setiap laptopnya, contohnya saja melalui fitur laptop hibrid dimana bentuknya bisa diubah-ubah. Yang harus selalu anda ingat, tidak semua pekerjaan membutuhkan laptop hibrid seperti ini, sehingga anda juga tidak perlu memaksakan membeli laptop kerja tersebut. Berbeda jika pekerjaan anda memang menuntut anda untuk memiliki laptop hibrid yang super canggih tersebut.

9. Merk Laptop

Terakhir untuk tips ketika akan membeli laptop kerja ialah merk. Setiap orang biasanya sudah memiliki pakem sendiri bahwa merk ini lebih bagus daripada merk lainnya, meskipun tidak selalu benar namun tidak sepenuhnya bisa disalahkan, karena biasanya mereka sudah membuktikan sendiri ketika menggunakan sebuah brand. Jika memang masih belum bisa menentukan merk mana yang akan dipilih, cobalah untuk masuk ke form-forum yang ada di internet yang sering membahas masalah ini.

Nah, dengan beberapa tips yang sudah dijelaskan tadi, seharusnya sudah tidak sulit lagi bagi pekerja seperti anda untuk mencari laptop yang pas. Untuk urusan merk sendiri, sepertinya Lenovo bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk laptop kerja anda. hal ini dikarenakan keyboard yang sangat nyaman ketika digunakan untuk mengetik, juga jaraknya yang sangat ideal untuk semua ukuran jari orang Indonesia.

Sedikit ulasan pribadi

Laptop Asus sendiri diminati oleh para pekerja atau karyawan karena harganya yang tidak terlalu tinggi dan memberikan garansi yang paling lama dibandingkan brand lainnya, yakni hingga 2 tahun lamanya.

Sayangnya, untuk beberapa seri laptop Asus dengan ukuran 12 inchi dimana ukuran tersebut dirasa paling ideal untuk para pekerja beberapa kali terjadi error touchpad, sehingga sering kali dikeluhkan oleh para penggunanya  karena sangat mengganggu pekerjaan mereka.

Sedangkan sebagian pekerja lain lebih memilih laptop kerja Lenovo karena selain harganya yang juga masih lumayan murah, termasuk bagi kantong para pekerja yang masih baru, untuk laptop kerja Lenovo dengan seri Thinkpad sudah benar-benar tahan air dan tahan banting. Sangat cocok hampir dengan segala bidang pekerjaan yang ada di Indonesia, bahkan yang ekstrim sekalipun.

Keyboard laptop ini juga sangat nyaman ketika dipakai mengetik. Hal yang sedikit disayangkan mengenai brand Lenovo ialah masih belum banyaknya servis center di Indonesia, sehingga akan sulit ketika anda membutuhkannya sewaktu-waktu.

Untuk urusan harga, Laptop Acer memang yang paling bersahabat dengan kantong siapa saja, tidak terkecuali dengan kantong para pekerja. Untuk anda yang bekerja di bidang media atau  life Style, laptop kerja Acer juga bisa dikatakan sebagai laptop yang akan sangat menunjang penampilan anda karena  memiliki banyak pilihan warna pada setiap serinya.

Sayangnya, casing dari laptop Acer biasanya memiliki daya tahan yang cukup lemah, belum lagi panel LCD dari laptop ini yang sedikit mudah retak. Kualitas dari keyboard Acer juga sedikit rendah sehingga mudah kali rusak.

Untuk urusan daya tahan, laptop kerja Lenovo juga tidak mungkin diragukan lagi. Hal ini juga ditunjang dengan fakta bahwa Lenovo merupakan vendor representatif dari pihak IBM, sebuah perusahaan komputer yang  sudah ada dan terbukti berpengalaman dari puluhan tahun yang lalu.

Baca ulasan laptop gaming terbaik, jika Anda berminat menggunakan laptop gaming dengan kemampuan gahar. ( on progress )

Jika anda sedang mencari laptop kerja sekaligus leptop gaming dengan spesifikasi mumpuni, Anda bisa membaca ulasan lengkap tentang laptop dengan kemampuan terbaik di laptop terbaik untuk kantor dan gaming.

Sekian dulu ulasan tentang tips memilih laptop kerja. Jadi, kapan anda akan membeli laptop baru untuk menunjang pekerjaan anda?

Scroll to Top