10 Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Sesuai dengan Anda

Pilih perusahaan asuransi kesehatan terpercaya

Memilih asuransi kesehatan. Seperti yang diketahui bersama, biaya untuk berobat saat ini tidaklah murah. Baik rumah sakit milik pemerintah atau swasta pun menganggarkan biaya yang memang tidak semua orang bisa membayarnya.

Namun, hal tersebut bisa diatasi manakala Anda dan keluarga bisa mempersiapkannya. Bukan berarti mempersipkan untuk sakit, melainkan bersiap siaga untuk menabung biaya kesehatan layaknya Anda menabung biaya pendidikan.

Untuk menyiapkan biaya tersebut, tentunya Anda bisa memiliki dan memilih asuransi kesehatan. Dengan menggunakan asuransi tersebut, pihak perusahaan akan membantu Anda untuk memilih produk-produk yang terbaik yang bisa Anda gunakan.

Menyiapkan asuransi kesehatan ini sebaiknya dilakukan selagi muda dan juga sehat. Karena umur dan kesehatan adalah suatu hal yang misteri. Tak ada yang mengetahui kapan hal tersebut bisa terjadi.

Saat ini untuk memilih asuransi kesehatan di Indonesia pun sangat mudah. Beragamnya produk asuransi kesehatan kerap kali membuat bingung. Para nasabah bingung karena produk yang ditawarkan adalah produk yang terbaik dan juga bingung takut salah memilih asuransi kesehatan.

Jika Anda pernah mengalami hal tersebut, berikut akan dipaparkan mengenai 10 Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang sesuai dengan Anda. Lalu, seperti apakah pemaparannya? Ini Dia Ulasannya!

Langkah-Langkah Memilih Asuransi Kesehatan yang Sesuai

1. Memilih Perusahaan Asuransi yang Sudah Teruji Kredibilitasnya

Tips memilih asuransi kesehatan
Lindungi kesehatan dengan memilih asuransi terpercaya

Beragamnya perusahaan asuransi di Indonesia membuat Anda harus pintar memilih. Karena banyaknya asuransi tersebut belum tentu memiliki kredibiltas yang baik.

Adapun untuk mengetahui kredibilitas perusahaan tersebut bisa dilihat dari:

  • Terdaftar di OJK, kementrian hukum, dan juga kementrian keuangan
  • Tercatat sebagai perusahaan asuransi terbaik, salah satunya banyak nasabah yang memberikan testimoni yang baik dan positif.
  • Saudara, rekan, dan sahabat Anda menggunakan produk dari perusahaan tersebut serta telah merasakan manfaatnya.
  • Cari Jejak rekam asuransi lewat internet, apabila banyak netizen yang merekomendasikannya maka Anda boleh untuk mengambilnya.
  • Pilih Produk yang Sesuai dengan Kebutuhan

Pihak asuransi pastinya akan memberikan beragam jenis produk yang dimilikinya. Tentunya, sebagai warga negara yang bijak Anda harus bisa menentukan produk asuransi kesehatan yang sesuai.

Memilih asuransi kesehatan tersebut bisa dilakukan sesuai kebutuhan dan juga budget. Misalnya saja, Anda ingin mengambil produk untuk biaya rawat inap. Maka sesuaikan dengan kemampuan dan juga pilih yang benar-benar bisa untuk memberikan fasilitas dan layanan terbaik.

Selain itu bisa pula memilih asuransi kesehatan berdasarkan riwayat penyakit yang pernah atau sedang Anda derita. Dengan begitu, ketika akan melakukan pengobatan bisa diringankan dan tidak terlalu terbebani.

Ketika Anda sudah mendaftar dan memilih asuransi kesehatan, tidak bisa langsung diklaim. Karena biasanya perusahaan akan memberikan waktu satu tahun untuk bisa diklaim.

Oleh karena itu, itulah alasan mengapa Anda dan keluarga harus memilih jenis asuransi kesehatan dari jauh-jauh hari atau selagi Anda muda.

3. Buat Perbandingan Perusahaan Asuransi Satu dengan yang Lainnya

Pilih perusahaan asuransi kesehatan terpercaya

Tak ada salahnya bila Anda harus membandingkan produk perusahaan satu dengan lainnya. Karena dalam memilih asuransi kesehatan harus disesuaikan dengan kemampuan secara finansial, ketertarikan, dan juga efektivitas penggunaan produk itu sendiri.

Untuk lebih jelas dan adil dalam membandingkannya, Anda bisa menghubungi pihak agen yang menawari atau datang langsung ke perusahaan asuransi tersebut.

Jika sudah puas dalam hal berdiskusi dan mengetahui produk dari masing-masing perusahaan, maka Anda bisa segera untuk menentukan produk mana yang akan Anda ambil untuk perlindungan kesehatan.

4. Pahami dan Kenali Produk dan Cari Tahu Tentang Proses Klaim

Ketika Anda ditawari sebuah produk dari perusahaan asuransi, maka yang harus diperhatikan adalah proses mengenali dan memahami produk tersebut. Karena setelah paham serta kenal dengan produk tersebut Anda pun pasti akan mengetahui tentang proses klaim dari produk tersebut.

Sudah menjadi rahasia umum, banyak orang yang “malas” untuk memilih asuransi karena prosenya yang ribet dan klaim yang tidak sesuai. Padahal hal tersebut telah tertuang dalam perjanjian yang telah disepakati di awal.

Maka dari itu, agar tidak terjadi masalah di kemudian hari Anda harus bersikap kritis terhadap produk tersebut terutama dalam hal mengklaim.

5. Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan Anda

Untuk membayar polis asuransi saat ini tidaklah murah. Karena hal tersebut disesuaikan dengan jangka waktu yang diambil nasabah serta rata-rata keperluan dari nasabah.

Banyak perusahaan asuransi yang maksimal mengikutinya selama 10 tahun. Karena itu jumlah biaya yang akan dibayarkan setiap bulannya pun menyesuaikan.

Jika hari ini Anda ingin memilih asuransi kesehatan, maka sesuaikan dengan kondisi keuangan. Dengan begitu, Anda bisa lancar setiap bulannya untuk membayarkan produk asuransi tersebut.

Pemilihan asuransi ini jangan dijadikan beban, karena sejatinya uang yang Anda bayarkan pun akan kembali kepada Anda di masa yang akan datang. Bila bukan Anda yang menanti, anak atau cucu Anda pun bisa jadi bisa untuk menikmatinya.

6. Pilih Perusahaan Asuransi yang Bisa Mengakses Rumah Sakit Langganan Anda

Setiap perusahaan asuransi pastinya memiliki rekanan rumah sakit yang tersebar di Indonesia maupun luar negeri.

Oleh karena itu, sebelum Anda menentukan pilihan pada sebuah perusahaan asuransi maka terlebih dahulu mencari tahu tentang rumah sakit mana saja yang menjadi rekanannya.
Akan lebih baik bila rumah sakit tersebut dekat dengan lokasi tinggal Anda. Jika Anda sering berpergian ke luar negeri akan lebih baik pula bila memilih asuransi kesehatan yang memang bisa mengakses rumah sakit di luar negeri.

7. Memilih Asuransi Kesehatan yang Menggunakan Sistem Pembayaran yang Jelas dan Mudah

Ketika Anda memilih asuransi kesehatan, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Selain kredibilitas dan produk dari asuransi, maka Anda pun harus mengetahui tentang sistem pembayaran yang digunakan.

Di Indonesia sendiri terdapat dua sistem pembayaran yang sering digunakan oleh perusahaan tersebut. Adapun sistem yang dimaksud adalah sebagai berikut :

• Sistem Reimbursement

Sistem reimbursement merupakan seistem pembayaran yang ditanggung terlebih dahulu oleh nasabah kepada pihak rumah sakit untuk pengobatan.

Setelah itu nasabah tersebut akan memberikan tagihan dengan disertai bukti pembayaran untuk diserahkan kepad pihak perusahaan asuransi.

• Sistem Cashless

Setiap nasabah yang berobat cukup dengan menunjukkan kartu anggota asuransi, maka proses pembayaran pun bisa langsung diproses tanpa mengeluarkan uang.

Walaupun begitu, Anda harus tetap mengetahui aturan dan batas pembyaran yang akan dilakukan oleh pihak asuransi. Jika melebihi aturan, maka Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk menutupinya.

Kedua sistem pembayaran tersebut, banyak digunakan oleh perusahaan asuransi. Jika Anda nyaman menggunakan yang pertama atau yang kedua, maka bisa dipertimbangkan untuk memilih asuransi kesehatan.

8. Pilih Polis Asuransi untuk Keluarga

Jika Anda sudah berkeluarga sangat baik untuk mengambil polis yang memang diperuntukkan untuk keluarga. Selain mendapatkan potongan harga yang terjangkau, Anda pun telah mengambil langkah yang tepat untuk melindungi kesehatan keluarga hari ini dan masa depan.

Tak ada batasan usia dalam memilih asuransi kesehatan. Bahkan anak Anda yang masih berusia 0 bulan pun bisa untuk diasuransikan. Untuk Anda yang belum menikah pun bisa pula memilih asuransi untuk keluarga, dimana peruntukkannya bisa digunakan untuk ayah, ibu, kakak, atau adik Anda.

9. Pilih Asuransi yang Memberikan 3 Layanan Kesehatan Utama

Bila Anda ingin memilih asuransi kesehatan terbaik, maka bisa dipertimbangkan pula produk yang diberikannya. Biasanya setiap perusahaan asuransi memiliki 3 produk kesehatan utama, yaitu untuk pelayanan rumah sakit, jaminan kesehatan gigi, dan jaminan kesehatan mata.

Seperti yang diketahui bersama, kesehatan mata, gigi, dan biaya rawat inap paling sering untuk digunakan dan menjadi top produk dari setiap perusahaan asuransi. Para nasabah tidak ingin membayarnya secara reguler karena yang terkadang cukup besar.

Oleh karena itu, jika ada perusahaan yang memberikan 3 layanan tersebut Anda bisa langsung untuk mengambilnya. Dan sebaliknya, jika tidak ada maka bisa mencari dan memilih asuransi kesehatan lain yang memenuhi syarat tersebut.

10. Minta Bantuan Kepada Pihak Broker Asuransi

Bila Anda tidak ada waktu untuk mengunjungi tempat perusahaan asuransi, Anda bisa meminta bantuan kepada pihak broker asuransi. Biasanya pihak ini sering disebut dengan pihak ketiga yang biasa membantu para calon nasabah.

Mereka akan membantu Anda untuk memilihkan produk asuransi yang tepat sesuai anggran dan juga kebutuhan. Pihak broker ini biasanya bersedia untuk datang ke tempat Anda bekerja atau tempat lain yang ditentukan.

BPJS atau Asuransi Kesehatan Swasta?

Saat ini pihak pemerintah pun telah menjamin kesehatan masyarakat dengan membuat program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau lebih dikenal dengan BPJS.

BPJS pun sudah mulai bermitra dengan perusahaan yang ada di Indonesia, sehingga para karyawan pun bisa memanfaatkannya untuk pengobatan.

Tentu akan menjadi timbul pertanyaan sendiri dalam benak masyarakat apakah harus menggunakan BPJS atau menggunakan asuransi kesehatan swasta?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tentang BPJS maupun asuransi kesehatan swasta.

Pihak BPJS Kesehatan telah berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan yang baik bagi warganya. Adapun beberapa yang bisa ditanggung oleh pemerintah lewat BPJS adalah sebagai berikut:

  • Semua jenis penyakit baik ringan maupun berat. Seperti kecelakaan lalu lintas, cuci darah, jantung, stroke, dan lain sebagainya.
  • Penyakit kronis yang harus diobati seumur hidup, seperti Hipertensi, asma, epilepsi, lupus, skizofernia. Myasthenia, dan sirosis hepatis
  • TBC, HIV/AIDS, malaria, kusta, dan lain sebagainya
  • Kehamilan, pemeriksaan kehamilan, hingga melahirkan
  • Obat-obatan untuk semua penyakit.

Sama halnya dengan asuransi swasta, seseorang yang menggunakan BPJS berkewajiban untuk membayar tiap bulan di tempat yang telah ditentukan.

Pada dasarnya, perusahaan asuransi swasta pun bisa menanggung penyakit-penyakit tersebut. Hanya saja yang membedakan adalah, biasanya asuransi kesehatan swasta bisa dilakukan untuk pengobatan di luar negeri. Serta klaim yang diganti lebih besar daripada BPJS itu sendiri.

Baca juga : Cara dan Prosedur Pencairan iuran BPJS ketenagakerjaan yang benar

Ternyata penggunaan BPJS atau asuransi swasta pun sama-sama menguntungkan. Pasalnya, keduanya bisa bersinergi dan dipadu padankan.

Jadi, untuk Anda yang menggunakan keduanya bisa menggunakan program koordinasi manfaat yaitu menyatukan antara BPJS kesehatan dengan asuransi swasta dimana hal tersebut dinamakan dengan Coordination of Benefit.

Penutup

Tidak akan pernah ada yang tahu nasib kita semua di masa yang akan datang. Jika hari ini kita sehat, maka belum tentu pula di masa yang akan datang tubuh kita masih kuat untuk menopang kehidupan.

Ketika solusi itu hadir sekarang untuk menjawab akan masa depan Anda, maka ambil dan manfaatkan sebaik mungkin. Karena dengan merencanakan sesuatu untuk kebaikan di masa depan akan lebih baik dan tak menyesal dikemudian hari.

Maka, tunggu apalagi segera rencanakan asuransi kesehatan Anda dengan memilih perusahaan yang terbaik menurut Anda.

Asuransi memang bukan segalanya, namun tanpa asuransi kehidupan masa depan Anda bisa terencanakan dengan baik. Sayangi keluarga dengan melakukan yang terbaik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Scroll to Top