6 Tips Hemat Membeli Rumah Bagi Pegawai Kantoran

Tips berhemat dalam membeli rumah bagi pegawai kantoran. Tumbuh menjadi manusia yang lebih dewasa secara otomatis membuat anda memiliki lebih banyak kebutuhan dan mimpi yang harus dicapai. Semakin dewasa, berbagai kebutuhan dan mimpi semakin banyak, sesuai dengan kapasitas dan kualitas pekerjaan  yang anda miliki sekarang.

Misalnya saja,

Anda yang saat ini sudah menjadi pegawai kantoran yang mapan, sudah bukan lagi menginginkan sekedar pakaian baru, namun sudah menginginkan hal yang lebih besar seperti kendaraan atau rumah. Ya, melihat besarnya harga rumah saat ini. Memiliki strategi membeli rumah harus anda terapkan, salah satunya dengan berhemat.

Besaran atau standar kata hemat tentu saja berbeda-beda sesuai dengan kemampuan finansial yang dimiliki oleh seseorang. Semakin besar penghasilan seseorang, biasanya akan semakin besar juga angka yang dijadikan standar hemat bagi mereka. Misalnya, bagi anda pegawai kantoran dengan gaji kisaran 5 hingga 10 juta, memiliki rumah minimalis dengan satu atau dua lantai sudah menjadi hal yang cukup wajar.

Untuk membeli sebuah rumah baru, biasanya membutuhkan usaha yang cukup besar. keinginan memiliki rumah mungkin akan dicapai tidak dalam waktu singkat. Ini sebabnya anda akan akrab sekali dengan kata menabung untuk merealisasikan membeli sebuah rumah impian.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai bagaimana tips hemat membeli rumah, ada baiknya anda tahu terlebih dahulu tentang cara terbaik menabung untuk membeli sebuah rumah.

Tips menabung untuk membeli rumah tersebut sebagai berikut.

#1. Tentukan jumlah yang harus Anda tabung

Menabung biasanya anda lakukan jika anda memiliki uang lebih setiap bulannya. Namun jika seperti itu bukan menabung namanya, namun hanya menyimpan sisa uang bulanan.

Pertama-tama, pastikan terlebih dahulu berapa jumlah uang yang harus anda tabung setiap bulannya. Jumlah ini tentu sudah anda pikirkan dan pertimbangkan terlebih dahulu, sesuai dengan berapa besar penghasilan yang anda terima.

Tips Hemat Membeli Rumah Untuk Pegawai Kantoran

Karena sudah memiliki jumlah yang harus anda tabung, maka secara otomatisa anda bisa mengerem diri dari membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan, atau kepentingan-kepentingan lainnya. Ya, cara ini menjadi standar tersendiri dalam mengatur keperluan bulanan yang unpredictable.

#2. Memiliki target tabungan yang tepat

Jika sudah memiliki nominal yang harus ditabung setiap bulannya, maka sudah pasti anda juga harus memiliki target tabungan yang tepat dalam jangka berapa bulan atau tahun. Dalam membeli rumah anda harus memiliki target jangka waktu berapa lama anda sudah mampu membeli rumah tersebut, atau paling tidak sebagai uang muka.

Anda bisa membuat target ini dalam waktu yang dianggap paling cocok bagi diri anda sendiri, bisa dalam waktu yang paling sedikit seperti mingguan, atau bisa juga dalam jangka waktu yang cukup longgar seperti tahunan.

Pastikan bahwa anda bisa mencapai target tersebut, dan uang tabungan anda terkumpul seperti yang seharusnya.

#3. Harus bisa hidup hemat

Anda memiliki kebiasaan untuk bertemu atau hang out bersama teman setiap minggunya?

Jika anda ingin membeli rumah dalam jangka waktu tertentu, jangan berharap anda bisa melakukan hang out lagi seperti sebelumnya. Menabung untuk membeli rumah juga mau tidak mau akan merubah sedikit gaya hidup anda.

Akan lebih baik lagi jika mulai sekarang anda sudah memiliki daftar belanja bulanan. Mulai mengurangi beberapa belanjaan yang dirasa tidak terlalu dibutuhkan dan tidak terlalu penting. Satu hal lain yang juga masih perlu anda ingat, anda juga bisa membedakan bagaimana hidup hemat dan hidup pelit. Jangan sampai anda sakit karena berhemat.

Baca artikel tips sebelumnya Tips menghemat uang belanja bulanan untuk karyawan, siapa tahu bermanfaat untuk ANda yang ingin berhemat.

Prioritaskan !

#4. Melunasi semua hutang

Menabung uang dalam jumlah yang cukup saja sudah menjadi PR berat tersendiri bagi anda, lalu bagaimana jika ternyata anda juga masih memiliki hutang dalam jumlah yang besar? Ini sebabnya, lunasi hutang terlebih dahulu lalu baru menabung untuk membeli rumah.

Menabung tanpa memikirkan hutang yang harus dibayar akan membuat anda merasa lebih tenang? Selain itu, proses menabung juga akan menjadi lebih mudah, karena anda tidak lagi perlu membagi-bagi uang yang seharusnya anda tabung untuk membayar hutang anda.

#5. Menabung dalam bentuk Emas, kenapa tidak?

Jenis tabungan yang cocok salah satunya adalah investasi emas. Jika anda memang  masih memiliki target waktu yang cukup panjang untuk membeli rumah tersebut, tidak ada salahnya untuk berinvestasi dalam bentuk emas.

Mengapa memilih Investasi emas?

Karena investasi emas tidak dipengaruhi oleh inflasi yang terjadi. Itu artinya, harga emas tidak akan mengalami penurunan yang drastis atau bisa dikatakan stabil.

Baca juga : Jenis investasi yang tepat untuk karyawan

Satu hal yang pasti, jika memang akan memilih emas sebagai investasi, maka anda sudah harus paham benar dengan seluk beluk emas yang akan anda pilih sebagai investasi.

#6. Melibatkan anggota keluarga

Rumah yang nyaman tentu saja bukan hanya impian anda sendiri, namun juga impian seluruh anggota keluarga bukan?, juga calon anggota keluarga baru nantinya, misalnya calon istri atau suami, anak dan lainya. Itu sebabnya, tidak adil rasanya jika hanya anda seorang yang memikirkan tabungan untuk membeli rumah, namun anggota keluarga lain harus memiliki andil dan peran.

Oleh sebab itu, sangat disarakan agar anda memasukan anggota keluarga anda dalam rencana menabung untuk membeli rumah, bahkan anggota keluarga yang masih kecil sekalipun. Tidak hanya akan mempercepat proses menabung anda, anda juga tidak akan merasa berjuang sendirian ketika akan membeli rumah, sehingga semua prosesnya bisa anda lewati dengan perasaan yang lebih gembira.

Nah, jika sudah memahami beberapa tips menabung untuk membeli rumah tadi, kini saatnya mengulas tips hemat membeli rumah, terlebih bagi anda yang berprofesi sebagai karyawan kantoran.

#1. Mencari lokasi yang strategis

Sebelumnya anda tentu sudah tahu bahwa lokasi menjadi salah satu penentu paling utama harga rumah. Lokasi yang strategis biasanya akan membuat satu unit rumah dipatok dengan harga yang lebih mahal, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, tips pertama ialah mencari lokasi yang paling tepat.

Baca juga : Investasi properti rumah

Bagaimana bisa menemukan lokasi yang tepat tersebut? Carilah rumah di wilayah-wilayah yang memang belum terlalu ramai sehingga belum bisa dikatakan sebagai lokasi yang sangat strategis, namun memiliki potensi berkembang yang cukup besar, sehingga bisa menjadi lokasi yang strategis seiring berjalannya waktu.

Namun, pastikan juga bahwa tips ini tidak akan membuat anda memaksakan diri, seperti mencari lokasi yang terlalu jauh dari tempat anda bekerja, dan lain sebagainya. Segala hal sudah sepatutnya anda pikirkan dengan matang dan baik terlebih dahulu, atau anda akan menyesal pada akhirnya.

#2. Mencari informasi yang jelas pada pihak marketing

Jika anda berkeinginan membeli satu unit rumah di perumahan, tentu saja anda tidak akan merasa asing dengan yang namanya marketing, merekalah yang turun ke orang-orang seperti anda untuk menawarkan rumah baru, dan mencari pembeli. Untuk tips hemat membeli rumah kedua ini, pastikan bahwa anda sudah  memiliki informasi yang lengkap tentang rumah yang akan anda beli.

Namun sebelumnya, pastikan juga bahwa anda sudah menemukan marketing yang tepat. Dimana marketing tersebut bisa anda ajak berdiskusi, juga tidak menawarkan harga yang terlalu mahal dalam kelasnya. Ya, ada beberapa marketing yang ingin mendapatkan keuntungan berlebih sehingga tidak jarang memberikan harga keterlaluan, sehingga bisa merugikan anda sebagai seorang calon pembeli.

#3. Memanfaatkan KPR

Untuk pegawai kantoran seperti ini, (Kredit Perumahan Rakyat) KPR tentu bukan lagi hal yang asing, karena inilah yang sering kali dijadikan senjata ketika ingin membeli rumah yang memiliki harga cukup mahal seperti. KPR juga akan sangat membantu anda dalam meyakinkan pihak penjual rumah, terlebih jika pihak tersebut merupakan agen real estate. Itu sebabnya, jangan lupakan tips hemat membeli rumah yang ketiga ini.

Jika anda ingin melakukan tawar menawar terlebih dahulu, pihak KPR juga secara otomatis akan menguatkan posisi anda, sehingga kemungkinan kegagalan dalam transaksi menjadi lebih kecil.

#4. Mengecek dan memeriksa harga rumah di pasaran

Masih belum banyak orang yang menyadari bahwa harga rumah juga bisa berubah sesuai dengan harga pasarnya, meskipun perbedaan harganya tidak terlalu jauh, namun tetap saja akan sangat berpengaruh bagi anda yang sudah menabung cukup lama untuk bisa membeli satu unit rumah.

Oleh sebab itu, jangan lupakan mengecek harga pasar terlebih dahulu. Jika memang anda merasa tidak memiliki terlalu banyak pengetahuan atau pengalaman untuk urusan yang satu ini, jangan merasa ragu untuk meminta bantuan dari kenalan anda yang memang memiliki pengalaman lebih dari pada anda.

#5. Tidak langsung tergiur dengan harga yang murah

Teliti terlebih dahulu setiap detail dari rumah tersebut, termasuk segala dokumennya.

Karena rumah yang dijual dengan harga lebih murah biasanya memiliki sebuah kekurangan tersendiri. Jangan sampai niat anda untuk bisa sedikit berhemat dalam membeli rumah malah akan membuat anda lebih boros daripada yang seharusnya.

Tanyakan dengan detail, apakah harga yang ditawarkan sudah mencakup beberapa administrasi lainnya, sebut saja PPN dan juga Biaya Sertifikat Hak Guna Bangunan. Anda juga sebaiknya sudah paham dengan “harga pengikatan.

#6. Tidak langsung melakukan renovasi dalam skala besar

Ada beberapa rumah misalnya saja rumah yang dibeli di perumahan yang memberikan garansi dalam jangka waktu tertentu, juga plus asuransinya. Namun garansi tersebut tidak lagi berlaku jika sudah terlalu banyak melakukan perubahan alias renovasi pada rumah tersebut.

Itu sebabnya, sebaiknya anda juga melakukan tips hemat membeli rumah keenam ini yakni tidak langsung melakukan renovasi dalam skala yang terlalu besar. Hal ini tentu saja utuk berjaga-jaga dari kemungkinan yang palung buruk yang bisa saja menimpa rumah yang baru saja anda beli.

Nah, itulah beberapa tips hemat membeli rumah yang bisa menjadi pertimbangan ketika akan membeli rumah. Mengingat biasanya seorang pegawai kantoran memiliki tipe atau kriteria ideal sendiri tentang rumah impian mereka, ada baiknya anda juga sudah tahu rumah seperti apa yang tepat bagi pegawai kantoran.

Jika memang masih belum memiliki gambaran yang cukup jelas, berikut beberapa kriteria atau model rumah yang sesuai dengan pegawai kantoran.

#1. Desain rumah minimalis

Orang kantoran saat ini bisa dikatakan sebagai orang yang cukup modern, sehingga akan sangat cocok dengan desain rumah yang minimalis. Ditambah lagi dengan trend yang berkembang saat ini memang trend-nya rumah minimalis.

Hal ini juga semakin dikuatkan dengan desain rumah minimalis yang tidak memiliki banyak detail, sehingga tidak akan membutuhkan terlalu banyak perawatan, di mana anda sebagai seorang pegawai kantoran tidak akan memiliki terlalu banyak waktu untuk bisa melakukan perawatan rumah secara khusus.

#2. Dekat dengan taman

Orang kantoran memiliki tingkatan stress yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang bekerja di bidang lainnya. Oleh karena itu, anda harus lebih sering datang ke taman atau tempat-tempat asri lainnya sehingga bisa menurunkan kadar stres anda.

Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih jika memiliki rumah yang letaknya berdekatan dengan taman.

#3. Memiliki setidaknya 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi

Tidak hanya orang kantoran saja, semua orang tentu saja akan berkeluarga nantinya. Sehingga sangat disarankan bagi anda yang akan membeli rumah dimana mencari rumah yang setidaknya memiliki 3 kamar tidur. Mengapa demikian? Hal ini tentu saja untuk menyediakan kamar bagi anak anda, bahkan juga kamar tamu yang akan lebih menyamankan tamu anda yang sedang berkunjung.

Sedangkan kamar mandi yang setidaknya ada 2 untuk memudahkan anda ketika akan bersiap ke kantor setiap paginya. Bukankah akan sangat menyebalkan jika anda harus berebut kamar mandi setiap paginya? Belum lagi anda dituntut untuk sampai ke kantor lebih pagi, sehingga bisa lebih cepat mengerjakan seluruh pekerjaan anda.

#4. Tidak jauh dari Jalan dan fasilitas umum

Anda yang memiliki mobilitas sangat tinggi tentu saja akan membutuhkan beberapa fasilitas umum setiap harinya, sebut saja tempat berbelanja dan tempat untuk bisa menyelesaikan pekerjaan anda meskipun tidak sedang bekerja dikantor.

Ini juga sebabnya mengapa perumahan-perumahan yang baru dibangun atau dibuka selalu menawarkan fasilitas co working space, sehingga penghuninya yang kebanyakan orang kantoran tetap bisa produktif bekerja meskipun sedang tidak bisa berangkat ke kantor.

Nah, dengan beberapa tips menabung dan tips hemat membeli rumah di atas bisa membantu anda mendapatkan hunian yang ideal. Satu hal lain yang tidak boleh anda lupakan ketika memilih rumah ialah bahwa rumah ini tidak hanya akan anda huni sendiri nantinya, maka anda juga harus memikirkan kenyamanan penghuni rumah yang ada di dalamnya.

Terkait :