10 Tips Beradaptasi di Tempat Kerja Baru Agar Cepat Menyesuaikan Diri

Terkadang kamu memerlukan waktu lebih untuk bisa menghadapi suatu hal yang baru dikenal. Tak lain halnya dengan tempat kerja kamu di kantor. Kamu akan dituntut untuk cepat beradaptasi di tempat kerja baru.

Masalahnya adalah, banyak orang dengan kepribadian berbeda, lingkungan yang berbeda dengan keadaan rumah, dan lain sebagainya yang mungkin memberi tekanan untuk kamu dalam bekerja.

Tantangan lain yang mungkin akan kamu hadapi dalam tempat kerja adalah peraturan-peraturan yang berlaku di dalamnya. Intensitas tekanan dalam bekerja pasti akan terasa berat jika kamu tidak bisa beradaptasi secepat mungkin dengan itu.

Juga karakter pemimpin / bos yang akan kamu hadapi. Tidak semua pemimpin mampu memberikan semangat dan nasehat pada bawahan dengan sabar. Karena karakter setiap pemimpin berbeda-beda.

Untuk itu berikut tips yang tepat untuk kamu agar bisa beradaptasi cepat dengan tempat kerja :

1. Selalu bersikap ramah pada siapa pun dan bangun kekerabatan

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar bisa beradaptasi di tempat kerja adalah bersikap ramah pada orang sekitar. Selain berguna untuk kamu di saat membutuhkan bantuan pekerjaan, hal tersebut juga dapat membuat kamu memiliki jalinan pertemanan yang baik dengan teman kerja.

Kekerabatan tentu akan mendongkrak semangat kerja kamu di tempat kerja. Terdongkraknya semangat kerjamu itu juga akan berimbas pada hal positif lainnya di saat berada di temapt kerja. Dengan begitu langkah lain untuk beradaptasi bisa kamu jalankan tanpa was-was namun tetap dalam aturan.

2. Selalu terbuka jika mendapatkan pekerjaan baru

Tentunya dalam bekerja tidak selalu kita hanya mengerjakan apa yang menjadi kewajiban kita. Terkadang pekerjaan lain akan kamu terima dari senior atau atasan. Ingat, jangan pernah mengeluh jika mendapatkannya. Karena banyak hasil positif yang akan kamu terima dengan melakukan pekerjaan tersebut.

Salah satu contoh hasil positif yang akan kamu terima adalah kamu akan mendapatkan kepercayaan dari senior atau atasan. Dengan begitu tempat kerja bukan lagi menjadi momok yang menakutkan untuk kamu, karena senior atau atasan yang terkadang bisa saja mengintimidasi.

3. Selalu kreatif dan tunjukan inisiatif yang baik

Dalam bekerja kamu pasti mengharapkan tempat kerja yang nyaman, untuk mewujudkannya seharusnya dimulai dari dirimu sendiri. Caranya adalah dengan tunjukan kratifitasmu dalam pekerjaan agar bisa menunjang kredibilatas di dalam perusahaan.

Selain itu kamu juga harus bisa selalu memiliki inisiatif dalam memecahkan kebuntuan dalam bekerja. Inisiatif yang baik itu dilakukan dengan kepala dingin dengan pertimbangan semaksimal mungkin untuk mengurangi risiko yang terjadi. Tak akan susah untuk beradaptasi tentunya jika kamu memiliki kedua hal tersebut.

4. Jauhkan sifat dan sikap yang negatif selama bekerja

Banyak hal yang bersangkutan dengan hal tersebut, salah satu contoh kecil adalah kebiasaan menggosip atau membicarakan keburukan orang lain. Jika hal tersebut kamu miliki selama ini, sebaiknya segera singkirkan agar kamu bisa beradaptasi dengan baik di lingkungan kerja.

Lingkup lain yang termasuk dalam sifat dan sikap negatif adalah berbicara kurang sopan, berpakaian tidak sesuai tempatnya dan masih banyak lain sebagainya. Segera dan harus kamu buang jauh sifat dan sikap negatif seperti contoh diatas atau lainnya yang kamu punya.

5. Pelajari Etika dan Budaya Lingkungan Kerja

Tidak semua orang memiliki etika dan budaya yang sama dengan tempat lain. Hal tersebut tentunya menuntut anda untuk belajar lebih tentangnya. Untuk bisa berkembang dalam suatu perusahaan tentunya diperlukan kecekatan dalam beradaptasi.

Memiliki etika dan budaya yang baik memang dimulai dari lingkup keluarga, namun bukan berarti itu membuat kamu berpendirian keras. Karena kamu harus tetap bisa menyesuaikan diri dengan etika dan budaya diluar lingkungan keluargamu, yaitu dimana lagi kalau bukan di tempat kerja seperti yang sedang dibahas. Dengan kamu pandai menyesuaikan diri pada etika dan budaya di tempat kerja tentunya akan memudahkan kamu beradaptasi di dalamnya.

6. Sedetail mungkin kenali perusahaanmu

Suatu perusahaan dengan berbagai macam orang yang terdapat di dalamnya tentu menuntut kamu sebagai salah satunya untuk secepat mungkin beradaptasi. Bukan tanpa alasan kamu dituntut cepat beradaptasi, karena dengan bisa melakukan hal tersebut kamu akan bisa mendapatkan sesuatu yang membuat kenyamanan lebih dalam bekerja.

 

Detail perusahaan kamu kuasai, berarti membuka jalanmu untuk berkembang alias mendapatkan promosi jabatan lebih. Tentunya itu yang diharapkan dari setiap karyawan dalam suatu perusahaan. So, why don’t you start now?!!

7. Fokus pada tujuan anda bekerja

Alasan tiap orang untuk bekerja pastinya berbeda dan bisa saja sangat tidak dipikirkan oleh orang lain. Tapi mau apapun alasannya tetap saja seharusnya dilandasi prinsip yang kuat agar tidak goyah ke depannya.

Dengan kamu menjaga hal tersebut, pastinya akan berdampak pada kestabilan dalam bekerja. Bahkan hal seperti beradaptasi terus dengan perubahan di tempat kerja kamu bukanlah menjadi tantangan yang berat.

8. Pandai membuat tawa atau humoris

Yang satu ini berkaitan dengan point pertama tadi. Memiliki sifat humoris memang tidak semua orang bisa. Selain karena memang sudah ada sejak dahulu, sifat yang satu ini juga bisa kamu miliki dengan mempelajarinya. Dimana dengan kamu memiliki sifat humoris, orang lain pasti akan selalu merindukan candaan-candaanmu setiap waktu.

Pasti dan tidak terpungkiri hal tersebut sangat berimbas baik untuk kamu dalam beradaptasi di tempat kerja. Dengan begitu juga, hal positif akan selalu menghampiri hari-harimu ke depannya.

9. Berikhtiar atau Berusaha Selalu

Terkadang keputusasaan membuat kamu melalaikan segala usahamu dalam beradaptasi di lingkungan kerja. Entah dikarenakan suatu hal apapun yang dirasa berat pasti terkadang rasa putus asa tersebut muncul. Namun jangan pernah hal tersebut merasuk terlalu jauh di dalam diri kamu. Karena bisa-bisa jika terjadi, karir dan masa depan kamu akan sirna begitu saja.

Kuncinya selalu terapkan sifat hard working atau bekerja keras dalam hidupmu. Dengan kamu selalu memilikinya, percayalah hasil terbaik dalam bekerja akan mengikuti. Dan ikhtiarmu selama ini pasti akan terbayar tuntas dengan sesuatu yang manis, jika terus dijaga dengan komitmen pada diri sendiri.

10. Tips terakhir, Sebelum tidur renungkan apa yang kamu lakukan hari ini

Belajar sebelum tidur adalah kunci keberhasilan dalam menyesuaikan diri di tempat kerja baru. Renungkan apa saja yang sudah kamu lakukan hari ini, seperti kamu mengerjakan apa saja?, mengingat nama-nama rekan kerja, atau sekedar memotivasi diri untuk selalu bersemangat di hari esok.

Terapkan ke sepuluh tips diatas jika ingin cepat beradaptasi di tempat kerja kamu sekarang ini. Namun perlu diingat terkadang kesungguhan dalam suatu hal bisa tergoyahkan karena hasil yang berlebih setelahnya.

Ada beberapa hal yang bisa merusak semua usahamu dalam menyesuaikan diri di tempat kerja. Berikut beberapa contohnya :

Jauhi sifat sombong

Di saat kamu sudah merasa penting atau ditinggikan di dalam perusahaan, bukan berarti lantas kamu merasakan kesempurnaan dan bertindak sombong tanpa memandang usahamu selama ini. Hal tersebut benar-benar harus dibuang jauh dari dalam dirimu.

Mengacuhkan kepentingan orang lain demi kepentingan pribadi

Sangat tidak disarankan hal semacam ini kamu lakukan selama proses beradaptasi di tempat kerja. Karena justru hal semacam ini yang akan membawamu pada kegagalan dalam usahamu beradaptasi.

Dari beberapa contoh tindakan yang bisa merusak usahamu dalam beradaptasi di tempat kerja, tentunya segera kamu harus introspeksi dirimu. Jika memang dirasa ada hal-hal yang sekiranya akan berdampak negatif ke depannya, segerakan untuk membuangnya jauh-jauh.

Semoga Tips Beradaptasi di Tempat Kerja Baru diatas bisa membantu kamu ke depanya.

Terkait :