13 Tips Agar Karyawan Betah dan Nyaman Bekerja dengan Anda

Bagaimana Agar Karyawan Betah dan Nyaman Bekerja dengan Anda ? Seperti yang diketahui bersama, karyawan merupakan bagian terpenting dalam sebuah perusahaan. Bisa dibilang mereka adalah aset utama bagi perusahaan.

Karena itulah, setiap pemimpin wajib untuk membuat karyawan betah dan nyaman bekerja dengan Anda. Bila hal tersebut sudah dilakukan, maka kesolidan antara karyawan dan pemimpin akan membuat perusahaan semakin lebih baik lagi.

Silih bergantinya karyawan dalam waktu yang singkat tentunya akan menganggu kinerja perusahaan. Oleh karenanya, sebagai pemimpin harus peka terhadap situasi tersebut barangkali mereka tidak nyaman dengan situasi dan kondisi di perusahaan.

Sebagai pemimpin memang tidak memaksakan karyawannya untuk terus berada di perusahaan tersebut. Namun, setidaknya ketika Anda menjabat karyawan yang berada di bawah kepemimpinan Anda bisa betah dan nyaman bekerja.

Nah, dari pemaparan di atas berikut akan dipaparkan mengenai tips agar karyawan betah dan nyaman saat bekerja. Seperti apakah ulasannya?Ini Dia Pemaparannya!

1. Apresiasi Pekerjaan Karyawan Anda

tips agar karyawan nyaman

Selama 8 jam lamanya karyawan Anda bekerja dan mengerjakan sesuatu yang baik untuk perusahaan. Karena itu, jangan lupa untuk memberikan apresiasi sekecil apapun pada karyawan Anda.

Terlebih jika karyawan Anda mampu membuat sebuah prestasi yang sangat baik untuk perusahaan.

Besar atau kecilnya apresiasi tersebut akan memberikan efek merasa dihargai, betah dikantor, lebih percaya diri dan juga lebih semangat kembali untuk menorehkan prestasi terbaiknya di perusahaan Anda.

Apresiasi tersebut bisa lewat tulisan, ucapan, ataupun dalam bentuk hal lain yang pantas untuk diterimanya.

3. Penuhi Hak Karyawan dengan Baik

Bila karyawan Anda sudah mengerjakan kewajibannya dengan baik, maka wajib untuk seorang pemimpin memberikan hak karyawan dengan baik.

Hak disini biasanya berupa gaji intensif bulanan yang memang rutin diterima oleh karyawan setiap bulannya.

Hak tersebut jangan sampai telah untuk diberikan karena sejatinya mereka sangat membutuhkannya untuk keluarga ataupun dirinya sendiri.

Berikan pula hak tersebut sesuai dengan penilaian kinerja yang dilakukannya dan atas kesepakatan Anda dengan karyawan saat menandatangi kontrak.

Baca juga : 15 Tips negosiasi gaji saat wawancara

Jika ada perubahan pembagian hak atau perubahan nominal komunikasikanlah di awal. Jangan sampai mereka kecewa karena hak yang diberikan tidak sesuai dengan kesepakatan di awal.

Sesekali jika karyawan Anda bekerja dnegan baik, berilah bonus gaji yang memang layak. Dengan begitu karyawan Anda akan betah dan nyaman bekerja.

Pemberian bonus atau menaikkan gaji karyawan bukan untuk melenakan. Tetapi untuk membuat mereka semakin semangat dalam bekerja.

4. Buat Jenjang Karier yang Jelas untuk Karyawan

Adanya jenjang karier yang jelas di sebuah perusahaan, merupakan suatu cara tersendiri agar karyawan Anda betah dan nyaman bekerja.

Setiap orang yang bekerja tentunya ingin memiliki finansial dan jabatan yang lebih baik dari sebelumnya.

oleh karena itu, Anda sebagai pemimpin harus membuat sistem jenjang karier yang jelas agar para karyawan bisa berlomba-lomba dan juga semangat untuk mencapai karier tersebut.

Jenjang karier yang ditawarkan bisa dimulai dari supervisor, manajer cabang atau daerah, kepala marketing, SDM dan lain sebagainya yang sesuai dengan karyawan Anda.

5. Menjalin Hubungan yang Baik dengan Karyawan

tips agar karyawan betah dan nyaman

Banyak karyawan yang tidak betah di kantor dikarenakan pemimpin yang terlalu menjaga jarak dengan karyawan. Terlebih jika pemimpin tersebut sering emosional tanpa sebab yang jelas.

Oleh karenanya, agar tidak terjadi pergantian karyawan dengan cepat karena tidak betah dikantor maka seorang pemimpin harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan karyawan.

Menjalin hubungan yang baik tersebut bisa dengan mengadakan acara silahturahim sebulan sekali antara pemimpin dan karyawan.

Bisa pua dengan merencanakan liburan bersama, mengunjungi karyawan yang sedang sakit, atau menghadiri pernikahan karyawan, makan malam bersama, dan lain sebagainya.

Dengan terjalinnya hubungan baik tersebut, maka selain akan memperkuat tim Anda juga akan membuat karyawan merasa betah dan nyaman bekerja di perusahaan Anda.

6. Buat Suasana Kantor yang Kondusif

Langkah selanjutnya agar para karyawan merasa betah dan nyaman bekerja adalah dengan cara menciptakan suasana kantor yang kondusif.

Kondusif dalam hal ini adalah saling menghaormati antara karyawan dan juga divisi, buat komunikasi antara karyawan dan pemimpin dengan lancar. Redam emosi Anda sebagai pemimpin jangan sampai dicap sebagai pemimpin yang gampang marah.

Tentunya untuk menciptakan suasana kondusif tersebut harus dilakukan pertemuan rutin sebulan sekali dimana para pemimpin dan karyawan bisa saling membaur.

Selain itu, bisa pula mengadakan sebuah forum yang berisikan tentang penyampaian unek-unek karyawan kepada pemimpin atau perusahaan. Hal ini sangat bermanfaat untuk menciptakan suasana kantor yang kondusif dan juga nyaman.

Baca juga : 15 Tips sukses memimpin karyawan di perusahaan

7. Beri Ruang Kreativitas untuk Karyawan

Berikan kesempatan kepada karyawan Anda untuk memberikan saran atau ide-ide kreatif yang dimilikinya. Tentunya karyawan tersebut akan merasa senang untuk bisa bereksplorasi dan bisa untuk mengembangkan dirinya.

Ide yang dibuat karyawan pun tidak lain untuk kemajuan perusahaan Anda. Oleh karena itu, berikan mereka ruang untuk bisa berkreasi lewat ide-ide yang dimilikinya.

Jika memang tidak sesuai, jangan langsung untuk mematahkan ide tersebut. Namun, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menampung ide tersebut untuk bisa disempurnakan.

Hal ini dilakukan agar karyawan betah dan nyaman bekerja bersama Anda. Mereka juga memiliki andil besar untuk memajukkan perusahaan dari ide-ide kreatif yang dimilikinya.

8. Berikan Fasilitas yang Sesuai untuk Karyawan

Setiap karyawan yang bekerja layak untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Tentunya yang bisa menjamin hal tersebut adalah perusahaan tempat mereka bekerja.

Loading...

Oleh karena itu, selain harus dituntut bekerja sesuai target para karyawan pun berhak untuk mendapatkan fasilitas terbaik yang sesuai dengannya.

Fasilitas yang dimaksud bisa berupa tunjangan untuk hari raya, tunjangan kesehatan, makan, transport sampai kendaraan jika memang dibutuhkan.

Sama halnya dengan pemberian hak intensif yang diberikan setiap bulan, adanya fasilitas ini bukan untuk “memanjakan” karyawan namun untuk kemajuan perusahaan Anda sendiri.

Para karyawan akan merasa dihargai dan juga terjamin kehidupannya. Karena salah satu tujuan bekerja adalah memperoleh pendapatan yang layak untuk keberlangsungan hidup.

Selain fasilitas di atas sediakan pula kesempatan para karyawan untuk belajar kembali dibangku kuliah. Berikan kesempatan bagi mereka untuk bisa menimba ilmu yang lebih luas lagi agar bisa mengembangkan perusahaan lebih baik lagi.

Selain diberikan kesempatan untuk kuliah kembali, berikan pula fasilitas mengikuti training atau workshop yang berkaitan dengan divis yang ditugaskannya.

9. Memiliki Pemimpin yang Baik

tips agar karyawan betah bekerja

Sudah menjadi hal yang lumrah bahwa karyawan betah dan nyaman bekerja karena memiliki pemimpin yang baik. Pemimpin yang baik disini pun beragam dimulai dari sifat, cara memimpin, sampai interaksi dengan para karyawannya.

Baca juga : 13 Tips menjadi pemimpin yang baik dan disukai bawahan

Apabila salah satu kriteria terpenuhi, karyawan pun akan betah dan nyaman bekerja bersama Anda. Tentunya para karyawan sangat mengharapkan seorang pemimpin yang memang tak mudah emosional, mampu menjadi contoh yang baik, serta tak ada jarak dengan para karyawan.

10. Perusahaan yang Fleksibel dalam Waktu Bekerja

Jam kerja yang cukup monoton memang akan membuat karyawan menjadi jenuh dan tak betah. Oleh karena itu, Anda bisa menjadi perusahaan pelopor yang mengubah jam kerja menjadi lebih fleksibel.

Selain jam kerja yang dibuat fleksibel Anda pun bisa mengubah tempat kerja para karyawan agar tidak selalu di dalam ruangan.

Tentunya untuk mewujudkan hal ini diperlukan sebuah pengorbanan yang lebih besar. Namun semua itu akan kembali kepada keberhasilan perusahaan yang Anda pimpin.

Jika hal tersebut akan dilakukan, ada hal terpenting yang tak boleh Anda lewatkan yaitu tentang pencapaian target serta job deskripsi yang jelas untuk para karyawan.

11. Tidak Mencampurkan Politik dan Budaya Perusahaan

Tak jarang karena perbedaan pandangan politik di ruang lingkup pekerjaan membuat suasana kantor menjadi tidak kondusif.

Masing-masing karyawan yang memiliki pandangan politik yang berbeda-beda akan bersikukuh mempertahankan ideologinya.

Sehingga sangat rentan untuk terjadinya gesekan-gesekan antar karyawan yang membuat suasana kantor menjadi tidak nyaman.

Oleh karena itu, sebagai pemimpin untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan maka harus tegas memberikan batasan yang sesuai dengan budaya perusahaan.

Setiap perusahaan berhak untuk memberikan sebuah peraturan yang bisa menciptakan suasana yang kondusif.

12. Ingatkan Kembali akan Tujuan Mereka Bekerja

Biasanya rasa tidak betah dan tidak nyaman muncul karena diri sendiri. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi namun faktor yang terkuat dikarenakan malas dan juga jenuh dalam bekerja.

Oleh karena itu, bila Anda melihat tanda-tanda kemalasan pada karyawan Anda maka yang perlu dilakukan adalah mengingatnya kembali akan tujuan mereka bekerja.

Biasanya alasan mereka ingin bekerja di tempat Anda tersebut diucapkan ketika sesi wawancara kerja saat mereka melamar.

Biasanya karyawan yang telah lama bekerja akan lupa pada tujuan utama mereka bekerja. Perusahan harus mengingatkan kembali bila perlu mengajukan beberapa pertanyaan wawancara untuk melihat komitmen mereka di perusahaan.

Ingatkan mereka tentang tujuan yang pernah mereka utarakan serta kelebihan mereka sampai bisa diterima di perusahaan tersebut.

Biarkan mereka pun mengingat kembali dan merenungkan tujuan hidupnya. Bila diperlukan Anda pun bisa menjadi seorang motivator bagi mereka yang memang memerlukan.

Baca juga : 9 Jenis motivasi kerja yang karyawan harus miliki

13. Membangun Kepercayaan Antar Karyawan

Kepercayaan diibaratkan seperti kertas kosong yang belum pernah ditulisi apapun. bila sedikit ternoda tentunya akan sulit mengembalikan kertas tersebut menjadi seperti semula.

Begitula pula dengan sebuah kepercayaan, baik itu antar karyawan ataupun karyawan dengan atasan. Bila kepercayaan sudah tidak adal lagi maka suasana kantor pun akan berubah menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan.

Untuk menghindari hal tersebut, sebagai pemimpin harus bisa membangun kepercayaan tersebut.

Contohnya seperti Anda mempercayai karyawan Anda untuk memegang sebuah proyek besar. Ataupun Anda mempercayai karyawan untuk menemani Anda melakukan perjalanan bisnis yang cukup besar.

Dengan adanya rasa saling percaya tersebut, maka karyawan Anda pun akan merasa dihargai serta diakui keberadaannya. Jika sudah begitu, karyawan pun akan merasa betah dan nyaman dalam hal bekerja.

Baca juga : 12 tipe bos yang dibenci karyawan karena sikapnya

Penutup

Bagaiman sudah siapkah Anda memimpin perusahaan dengan membangun tim yang solid? Tentunya tim yang solid akan tercipta bila karyawan yang ada di perusahaan  betah dan nyaman bekerja bersama Anda.

Untuk menjalankan tips-tips di atas memang tak semerta-merta bisa dilaksanakan sekaligus. Namun, bisa Anda lakukan salah satu dan melaksanakannya dengan rutin.

Ingat! Karyawan adalah aset berharga yang sesungguhnya. Tanpa mereka perusahaan Anda tak akan berkembang dengan lebih baik lagi.

Begitu pula dengan perusahaan dan karyawan tak akan ada artinya bila tak ada pemimpin  yang mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Semoga informasi menegani 12 Tips Agar Karyawan Betah dan Nyaman bekerja ini bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait :

0 Shares
Loading...