10 Tanda Karyawan Bahagia dengan Pekerjaannya

Tanda Karyawan Bahagia

Rasa bahagia baik pada seseorang tentunya akan memberikan hal yang positif baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Terlebih jika Anda seorang pekerja, rasa bahagia ini perlu dimiliki untuk bisa meningkatkan produktifitas dalam bekerja.

Bisa dibayangkan apabila seorang karyawan di sebuah perusahaan tidak bahagia, maka dia akan malas untuk mengerjakan segala sesuatunya. Rasa tidak bahagia ini biasanya dipicu oleh lingkungan kerja yang tidak nyaman, tekanan pekerjaan yang tinggi, dan lain sebagainya.

Perasaan bahagia ini adalah hak semua orang baik itu karyawan ataupun juga atasan. Untuk menciptakan rasa tersebut pun berbeda-beda, ada yang bisa mendapatkannya ketika seseorang berhasil untuk mencapai sesuatu yang diinginkannya. Tetapi hal tersebut memang tidak mutlak demikian.

Tanda Karyawan Bahagia

Lalu, apakah selama ini Anda sudah merasakan bahagia dengan pekerjaan yang Anda lakukan? Untuk bisa mengetahuinya, Anda bisa melihat 10 tanda karyawan bahagia di pembahasan berikut ini!

Mengenal Tanda-Tanda Karyawan Bahagia dengan Pekerjaannya

1. Datang ke Kantor Selalu lebih Pagi

Tanda yang pertama bahwa karyawan tersebut bahagia dengan pekerjaannya adalah karena selalu datang ke kantor lebih pagi.

Boleh jadi Anda tidak setuju dengan pernyataan di atas karena memang ada perusahaan yang mengharuskan karyawannya untuk datang pagi agar tidak terkena denda.

Baca juga : 10 tips agar tidak terlambat datang ke kantor

Tetapi, pasti Anda mengetahui dan merasakan bagaimana rasanya menjadi karyawan yang bahagia dengan pekerjaan yang dilakoni. Tentunya, Anda akan melakukan hal yang sama pula bukan?

Mereka yang datang lebih pagi karena peduli dengan pekerjaannya sehingga akan mengetahui jadwal yang harus dilakukannya.

Beda halnya dengan karyawan yang tidak bahagia dengan pekerjaannya. Biasanya, mereka malas untuk datang pagi dan cenderung akan datang terlambat atau di saat “injury time”.

2. Selalu Terlihat Tersenyum dan Ramah

Tanda selanjutnya bahwa karyawan tersebut bahagia adalah karena karyawan tersebut adalah terlihat tersenyum dan juga ramah.

Tentunya senyum yang dimaksud adalah senyum yang masih tidak dipaksakan dan benar-benar tulus. Senyum yang dimaksud pun bukan hanya mencakup bibir yang tersungging sebagaiman mestinya.

Tetapi, memang bisa terlihat matanya berbinar yang menandakan bahwa Ia bahagia. Lihat pula sikapnya, apakah ramah terhadap orang-orang di sekitar dan juga kepada Anda sebagai atasannya?

Untuk bisa mengetahui hal tersebut, Anda bisa mengamati ataupun berinteraksi langsung dengan mereka.

Dari hasil pengamatan dan interaksi Anda cobalah simpulkan, apakah karyawan tersebut tersenyum dengan tulus atau dibuat-buat?

Bila Ia tersenyum palsu atau terkesan dibuat-buat boleh jadi Ia tidak bahagia. Dan sebagai atasannya, sebaiknya Anda perlu meluangkan waktu khusus dengannya.

Tujuannya agar Anda bisa mengetahui hal apa saja yang membuatnya tidak nyaman ataupun memiliki unek-unek lain yang membuatnya tidak bahagia.

Hal tersebut perlu dilakukan, agar bisa terdeteksi sejak dini dan tidak merugikan perusahaan juga dirinya sendiri.

3. Optimis Ketika Bekerja

Seperti yang diketahui bersama, dalam pekerjaan pasti banyak tantangan yang perlu diselesaikan.

Rekasi karyawan dari tantangan tersebut tentunya berbeda-beda. Ada yang menghadapinya dengan optimis dan juga pesimis.

Sikap optimis tersebut menandakan karyawan tersebut bahagia sehingga ia tidak akan mudah putus asa dan juga mengeluh.

Apapun tantangan yang dihadapinya akan dikerjakan dengan sepenuh hati dengan sikap optimis dan perasaan bahagia.

Bila ada banyak karyawan di kantor Anda yang memiliki sikap demikian, tentunya kreatifitas dan produktivitas tersebut akan berpengaruh terhadap target yang telah ditetapkan.

4. Tercapainya Karir yang Diinginkan

Karyawan yang bahagia pastinya memiliki sikap optimis yang bisa memunculkan motivasi lebih untuk bekerja.

Tidak dipungkiri pula, karyawan yang senantiasa konsisten dengan sikap tersebut bisa mencapai karir atau jabatan yang diinginkannya.

Baca juga : 10 kriteria penting dalam memilih pekerjaan yang sesuai

Dan tentunya karir atau jabatan yang diraih tersebut bisa menimbulkan kepuasaannya dalam bekerja.

Hal ini sangat positif, karena di karir yang telah tercapai tersebut Ia bisa menularkan energi positif bagi sesama karyawannya dan juga kemajuan kantor tersebut.

Anda sebagai pimpinan di perusahaan tersebut yang perlu dilakukan adalah membuka kesempatan kenaikan jenjang karir tersebut secara berkala.

Karena dengan begitu, kerja keras mereka akan merasa sangat dihargai dan loyalitas mereka terhadap perusahaan pun tak perlu diragukan lagi.

5. Membangun Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja Lainnya

Tanda karyawan bahagia berikutnya adalah Ia bisa membangun hubungan baik dengan rekan kerja lainnya.

Mengapa demikian? Karena dia memiliki motivasi yang tinggi untuk membangun karier di tempat tersebut. Maka dari itu, Ia pun akan membangun hubungan baik dengan rekan kerjanya.

Baca juga : 10 cara komunikasi di tempat kerja yang efektif

Baik yang ada dalam satu divisi maupun divisi lainnya. Tetapi, jangan diartikan sebagai “sogokan” untuk bisa mencapai karir tersebut, Tidak demikian.

Lebih tepatnya karena ingin lebih lama membangun karir di tempat tersebut, maka Ia akan terlebih dahulu mengondisikan suasana yang nyaman salah satunya dengan membangun hubungan yang baik tersebut.

Mereka yang ingin membangun hubungan yang baik dengan sesama karyawan tentunya bukan hanya memiliki jiwa social yang tinggi, tetapi paham akan investasi yang akan dibangunnya, salah satunya lewat hubungan baik dengan karyawan.

6. Ikut Berpartisipasi dalam Kegiatan di Luar Kantor

Ketika perusahaan membuat kegiatan di luar jam kerja entah itu kegiatan social, liburan, dan lain-lain, maka hal tersebut adalah kesempatan yang berharga bagi HRD untuk melihat karyawan yang loyal dan juga bahagia.

Dari kegiatan tersebut pasti akan ada karyawan yang datang atau tidak. Memang hal tersebut tidak bisa dijadikan patokan utama, tetapi pasti Anda akan bisa menilainya ketika diadakan kegiatan beberapa kali.

Coba lihat karyawan mana saja yang selalu hadir ataupun sukarela untuk ikut di kegiatan tersebut.

Boleh jadi, mereka yang selalu hadir tersebut memang merasa bahagia berada di lingkungan tersebut sehingga rela menyisihkan waktunya di luar jam kantor.

7. Memiliki Perilaku yang Baik dan Positif

Ada sebuah cara sederhana yang cukup mudah dilakukan untuk bisa mengetahui apakah karyawan Anda bahagia atau tidak.

Cara yang bisa dilakukan adalah cobalah untuk mengadakan sebuah rapat bersama di antara karyawan.

Kemudian bertukar pikiran dan saling menguatarakan pendapat satu sama lain. Bisa tentang kemajuan perusahaan atau cara untuk memecahkan masalah yang sedang terjadi pada perusahaan tersebut.

Baca juga : 13 kiat menjadi karyawan teladan di kantor

Biasanya dalam sebuah rapat akan terlihat karyawan yang bersifat pesimis dan negatif yang bisa terindikasi bahwa ia tidak bahagia.

Sedangkan, seseorang yang bisa mengutarakan pendapat dengan optimis dan positif bisa dijadikan tolak ukur bahwa ia memang bahagia dengan pekerjaannya.

Seseorang yang memiliki sikap optimis tersebut bisa Anda pertahankan. Karena setidaknya Ia telah memikirkan solusi yang terbaik untuk kemajuan perusahaan.

Dan untuk bisa memajukan perusahaan tersebut memang diperlukan orang-orang yang optimis dimana ia bahagia dan juga mencintai pekerjaannya.

Perilaku positif itulah yang memang harus dimiliki oleh setiap karyawan di sebuah perusahaan.

8. Selalu Memberikan Ide dan Solusi yang Kreatif

Karyawan yang bahagia dengan pekerjaannya berarti Ia pun peduli akan kemajuan perusahaan tersebut.

Maka, janganlah heran bila ia selalu memiliki ide dan solusi yang begitu kreatif. Boleh jadi ide dan solusi tersebut tidak pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya sehingga layak untuk digunakan.

Misalnya, perusahaan Anda sedang sepi dalam penjualan. Boleh jadi, karyawan Anda yang bahagia tersebut akan memberikan sebuah solusi untuk bisa menambah reseller dan distributor yang dibina langsung oleh perusahaan.

Bila mereka berhasil mencapai target yang ditetapkan perusahaan, maka berhak menerima rewards yang telah disediakan oleh perusahaan.

Hal tersebut adalah salah satu contoh yang boleh jadi pernah dilontarkan oleh karyawan Anda.

Dibalik solusi yang kreatif tersebut, setidaknya ia pun berharap ada kemajuan untuk karirnya di perusahaan tempat ia bekerja.

9. Selalu Bersemangat dalam Bekerja

Seorang karyawan yang tidak bahagia dalam pekerjaannya, manakala ia terlihat tidak bersemangat dalam bekerja.

Hal itu akan sangat mudah terlihat mengingat pekerjaan pasti akan dilakukan setiap harinya. Dan bila dia tidak bahagia, maka akan sulit untuk bisa menyelesaikan pekerjaannya.

Setiap orang yang bekerja pasti akan ada titik jenuh yang menghampirinya. Namun, bila rasa tidak semangat tersebut terasa terus-menerus maka akan mempengaruhi produktivitas dan efektivitas pekerjaannya.

Baca juga : 10 cara jitu menghilangkan jenuh saat bekerja

Jika Anda melihat karyawan yang selalu semangat bekerja, maka harus diapresiasi karena mereka telah menunjukkan rasa bahagia terhadap pekerjaanya yang dilakoninya.

10. Menghormati Pimpinannya

Seorang karyawan yang bahagia dengan pekerjaannya maka akan sangat menghormati pimpinannya.

Segala macam masukkan, arahan, saran, dan kritik pun akan ia terima dan dijadikan acuan untuk berubah dan berkembang ke ara yang lebih baik.

Perihal menghormati pimpinannya pasti tidak akan ada maksud dan tujuan yang terselubung. Ia akan senantiasa tulus dan ikhlas melakukan tersebut tanpa paksaan dan niat yang tidak baik.

Anda sebagai seorang pemimpin pun pasti bisa merasakan mana karyawan yang pura-pura dan juga yang tulus ikhlas melakukan hal tersebut, betul?

Baca juga : 13 tips menjadi pemimpin yang di sukai karyawannya

Tips Agar Anda atau karyawan Anda Bahagia dalam Pekerjaannya

Untuk Anda yang masih belum bisa menumbuhkan kebahagiaan ketika bekerja, mungkin perlu melakukan tips berikut ini agar Anda bisa mencapai karir sesuai dengan keinginan.

Adapun cara yang tepat dalam melakukannya adalah sebagai berikut:

1. Awali dengan Niat yang Benar dan Lurus

Ketika Anda memutuskan untuk bekerja d sebuah perusahaan pasti bukan hanya untuk mengisi waktu luang saja bukan? Serta pekerjaan tersebut pasti dengan susah payah Anda dapatkan bukan?

Nah, jika Anda mulai tidak bahagia dengan pekerjaan yang dilakoni cobalah untuk memperbaiki niat tersebut aagar benar dan lurus. Sehingga Anda bekerja memang untuk kebaikan diri sendiri dan juga orang lain bukan untuk orang lain.

2. Senantiasa Bersyukur

Ketika Anda bekerja, jangan lupa untuk bersyukur atas pekerjaan yang Anda dapat. Karena boleh jadi di luar sana banyak orang yang tidak atau belum mendapatkan seberuntung Anda saat ini.

Dengan bersyukur, maka Tuhan akan senantiasa menambah nikmat dan boleh jadi pekerjaan lain yang lebih baik akan datang menghampiri Anda.

Jadi, sudahkah hari ini bersyukur?

3. Jangan Pernah Berhenti Belajar

Pasti Anda pernah mendengar sebuah nasehat tentang belajarlah dari mulai buaian hingga liang lahat. Artinya belajar bukan hanya di bangku sekolah saja tetapi bisa dimanapun dan kapanpun.

Maka dari itu, jangan pernah Lelah belajar terlebih yang menyangkut dengan pekerjaan Anda saat ini. Karena hal itu bisa membuat Anda bahagia.

Penutup

Dari 10 tanda di atas adakah tanda yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini?

Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda.

Selamat bekerja dengan penuh kebahagiaan.

Scroll to Top