5 Situs Penyedia Lowongan Kerja Terpopuler Di Indonesia

5 Situs Penyedia Lowongan Kerja Terpopuler Di Indonesia – Angka pengangguran yang semakin bertambah setiap tahunnya disebabkan karena minimnya lapangan pekerjaan. Jika dulu orang mencari kerja dengan mendatangi perusahaan/ instansi lalu bertanya apakah ditempat itu tersedia lowongan apa tidak.

Tak hanya cara itu saja, ada sebagian orang yang mencari pekerjaan dengan membaca dari media cetak seperti koran misalnya. Ya, cara-cara tersebut dianggap konvensional dan cenderung tidak efektif di zaman sekarang ini.

Zaman sudah berkembang cara mencari kerja pun sudah bergeser. Dari cara-cara yang konvensional hingga mencari pekerjaan hanya melalui gadget saja. Cara ini terbilang mudah dan efektif. Karena tidak perlu capek-capek naik bus, angkot ataupun ojek untuk mencari lowongan pekerjaan. Hanya dengan membuka gadget kita bisa melihat lowongan pekerjaan yang terpampang nyata dan bahkan tertera juga berapa gajinya. Mudah bukan?

Sejak munculnya gadget yang berbasis Android, pengguna gadget pun semakin meningkat. Dan hal ini pun didukung oleh akses internet yang semakin cepat. Jadi manfaatkanlah gadget mu itu untuk mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan gaji yang diinginkan eh maksudnya untuk mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dg hati nurani dan idealisme.

Kalau tidak punya gadget canggih?

Tak usah berkecil hati, karena warnet  mengerti apa yang membuat kamu gundah. Ya, bagi yang tidak punya gadget canggih pergilah ke warnet lalu browsing mencari lowongan pekerjaan. Simpel kan?

Situs lowongan kerja online

Banyak orang yang bertanya-tanya situs manakah yang menyediakan lowongan pekerjaan yang terkini, terupdate, dan terhits saat ini. Jika Anda masih bingung mana situs yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan, maka kamu wajib membaca artikel ini dengan cermat dan resapi dengan hati.

Lalu apa sajakah situs yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan?

#1. Jobstreet.com

Jobstreet.com merupakan situs yang bermarkas di Malaysia. Didirikan pada tahun 1997 dan sekarang menjadi situs lowongan kerja yang paling popular di Indonesia. Tak hanya di Indonesia, situs ini juga bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Asia tenggara. Karena ini situs internasional maka tersedia bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Agar bisa menikmati layanan dari jobstreet kita perlu registrasi dahulu agar bisa melamar pekerjaan yang diinginkan. Salah satu syarat registrasi yaitu harus mempunyai email. Jika sudah terregistrasi maka setiap hari kita akan dikirimi informasi lowongan pekerjaan via email oleh mbak lina@jobstreet.com.

Buka situs jobstreet.com kemudian untuk mencari lowongan kerja, masukkan posisi atau keahlian yang kamu inginkan di kolom pencarian yang sudah disediakan. Setelah itu akan muncul daftar lowongan pekerjaan yang kamu cari. Informasi yang diberikan lengkap. Kalau kamu sudah terregister di jobstreet maka kamu bisa langsung apply lowongan pekerjaan yang kamu minati.

#2. JobsDB.com

JobsdDB.com berasal dari Hongkong. Situs lowongan kerja ini menguasi pasar Singapura, Thailand, Filipina, Indonesia, Cina, Hongkong dan Malaysia. Mereka mengklaim mempunyai ±45,000 perusahaan terbaik Indonesia yang sudah menjadi member. Ketika Anda membuka situs ini, anda langsung ditawarkan akan memilih pekerjaan dimana, jenis pekerjaan apa dan gaji per bulan atau per jam.

JobsDB salah satu situs pencari kerja terpercaya yang memiliki jaringan kerja internasional. Perusahaan-perusahaan yang ingin mencari tenaga kerja juga bermacam-macam. Mulai dari perusahaan manufacture, pertambangan, bahkan sekretaris kantor pun tersedia. Salah satu fitur yang dimiliki situs ini antara lain tampilan versi mobile dan pemberitahuan melalui SMS.

Berikut Cara Mendaftar di Situs JobsDB.com

  1. Langkah pertama anda perlu mengakses www.jobsdb.com, kemudian pilih negara “Indonesia”
  2. Kemudian Register dengan cara klik DAFTAR pada pojok kanan atas Home Page/ Beranda
  3. Setelah itu, isi data diri anda seperti nama depan, nama belakang, email dan passwordnya. Setelah diisi semua klik “Daftar dan lanjut”
  4. Lalu terdapat 2 pilihan membuat CV yaitu “Buat CV Online” dan “Unggah CV Saya”. Anda bisa menggunakan ke dua fitur ini.

Buat CV online = Anda akan menggunakan sistem CV kami untuk membuat resume. Anda hanya perlukan hanya mengisi kolom yang diminta.

Unggah CV Saya = Jika Anda sudah memiliki CV dalam format berikut:

  1. Microsoft Office (.doc, .docx, .xls, .xlsx, .ppt, .pptx)
  2. OpenOffice (.odc, .ods, .odt, .odp)
  3. Format teks lainnya(.txt, rft)
  4. PDF (.pdf)
  5. HTML (.htm, .html, .mht)

Unggah saja dan simpan!

Setelah berhasil mendaftarkan diri Anda di jobsDB.com, Anda langsung dapat melamar pekerjaan hanya dengan 1 klik (Lamar Sekarang), mudah bukan? Anda tidak perlu lagi menghabiskan biaya, waktu dan tenaga untuk mengirimkan lamaran Anda melalui POS.

#3. Karir.com

Karir.com merupakan situs pencari kerja yang berasal dari Indonesia. Berdiri sejak tahun 1999 oleh PT karir komunika Pratama. Kini situs karir.com sudah diakusisi oleh EMTEK Group.

Lewat situs ini, kita bisa berburu lowongan pekerjaan dengan memasukkan kata kunci berupa nama perusahaan atau posisi, lokasi kerja, dan rentang gaji yang diinginkan.

Eits tunggu dulu, untuk dapat apply pekerjaan yang kamu inginkan kamu harus teregister di situs ini.  Terdapat 2 pilihan bahasa di situs ini yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

#4. Jobindo.com

Jobindo.com mengklaim telah menyediakan 7997 Lowongan Kerja Dari 1655 Perusahaan. Di halaman utama situs ini menampilkan informasi lowongan pekerjaan yang terbaru. Di kolom search Anda bisa mencari pekerjaan berdasarkan posisi, jabatan maupun perusahaan.

Cara melamar pekerjaan di jobindo.com

  1. Buka situs jobindo.com
  2. Jika anda ingin melamar silahkan klik tombol “Kirim Lamaran” dibagian bawah.
  3. Jika anda belum terdaftar sebagai Anggota jobindo silahkan isi dulu form pendaftaran di http://jobindo.com/jobseekers/registration.php
  4. Silahkan login http://jobindo.com sebagai “Pencari Kerja” menggunakan email dan password yang sudah anda buat.
  5. Isi CV dan Upload CV anda. (anda tidak bisa melamar pekerjaan kalau belum mengisi CV) dengan mengklik tombol “Buat/Edit CV Online”
  6. Setelah itu silahkan klik tombol “Kirim Lamaran” lagi maka lamaran dan CV anda sampai ke perusahaan yang mengiklankan lowongan kerja.

Setelah anda mengirimkan lamaran maka perusahaan akan menseleksi setiap Pelamar yang masuk. Jika anda terpilih maka perusahaan akan segera menghubungi anda melalui email dan no kontak yang anda berikan.

#5. Jobscdc.com

Jobscdc.com  merupakan Situs yang  berbentuk blog. Situs ini hanya memberikan informasi seputar lowongan kerja. Anda tidak dapat apply pekerjaan pada situs ini. Tidak ada informasi mengenai gaji. Dan Anda pun tidak usah kaget dengan banyaknya iklan di situs ini.

Pada halaman utama menampilkan sejumlah pilihan kategori bidang pekerjaan. Di antaranya CPNS dan BUMN.

Situs pencari lowongan kerja online terbaik mengharuskan anda dan perusahaan/ Instansi untuk mendaftar sebagai pencari lowongan kerja di situs tersebut dengan memasukkan data diri secara lengkap. Situs pencari lowongan kerja online terbaik biasanya terbentuk dari sebuah situs yang profesional. Contohnya menggunakan domain yang profesional.

Jika ada situs pencari kerja online berbentuk blog sebaiknya anda perlu teliti. Karena informasi yang diberikan pada situs tersebut tidak bisa dipercaya 100%. Bahkan ada sebuah blog yang secara sengaja memberikan informasi lowongan kerja yang fiktif. Tujuannya agar traffic di situs tersebut ramai. Dan anda pun harus waspada jika ada oknum yang meminta sejumlah uang setelah anda apply pada sebuah situs lowongan kerja online.

Yang perlu anda ketahui setelah apply lowongan pekerjaan secara online ialah setiap instansi mempunyai kebijakan sendiri untuk mengevaluasi resume anda. Beberapa instansi dapat mengirimkan balasan email otomatis atau menghubungi kamu untuk merespon lamaran anda. Tetapi ada jugainstansi yang tidak akan menghubungi anda sampai kapanpun.

Jadi kaya semacam di PHP in. Namun anda tidak usah khawatir, sebuah instansi akan menghubungi jika mereka akan memulai proses atau tahapan seleksi rekrutmen selanjutnya. Jadi rajin-rajinlah membuka email siapa tau ada email balasan dari instansi yang kamu apply.

Tips agar anda dipanggil untuk proses atau tahapan seleksi selanjutnya (psikotes dan wawancara kerja) yaitu buatlah resume yang benar-benar menunjukkan keunggulanmu. Masukkanlah pengalaman, prestasi dan skill. Tujuannya agar instansi tersebut tertarik menghubungi anda untuk mengikuti tahapan seleksi rekrutmen selanjutnya. Bahkan tertarik merekrutmu langsung tanpa ada tahapan seleksi lanjutan.

Dalam melamar kerja kita tidak boleh main-main, kita harus melamar kerja di tempat yang sesuai dengan bidang keahlian kita.  Ingat, bidang keahlian jadi apapun jurusannya tidak masalah asalkan bidang keahliannya Anda kuasai. Jangan lupa untuk  mencantumkan posisi pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Karena anda tak bisa  berharap perusahaan akan membaca 100% resume/CV Anda dengan harapan akan menentukan posisi yang tepat buat Anda. Pihak HRD tidak akan sempat melakukan itu, jadi segera pastikan diawal lamaran posisi apa yang Anda inginkan. Buat CV (Curriculum Vitae) yang Menarik. CV itu sangat penting, bisa dikatakan lebih penting dari surat lamaran itu sendiri. Karena CV ini mencerminkan diri Anda sendiri.

Terkait :

Loading...

3 pemikiran pada “5 Situs Penyedia Lowongan Kerja Terpopuler Di Indonesia

  1. infonya bermanfaat gan, thanks buat situs referensinya

Komentar ditutup.