5 Setelan Baju Terbaik Wanita Saat Wawancara Kerja

Dengan jumlah lulusan perguruan tinggi maupun sekolah menengah yang begitu banyak, kesempatan untuk mendapat pekerjaan pun menjadi semakin kecil. Bayangkan saja, dengan jumlah lulusan yang begitu banyaknya, jumlah lowongan kerja yang tersedia sangat tidak seimbang.

Sehingga mau tidak mau bagi mereka yang tak memiliki keterampilan untuk mendirikan usaha sendiri harus bekerja lebih ekstra agar bisa bersaing di dunia kerja. Baik wanita maupun pria, persaingan sama ketatnya.

Dan saat ini, nampaknya untuk mampu masuk dalam dunia kerja yang profesional calon tenaga kerja tidak hanya mengandalkan kemampuan otak dan skill saja. Namun mereka juga harus memperhatikan penampilan sebagai faktor pendukung.

Seperti halnya ketika wawancara kerja, kesan pertama yang akan muncul dari diri anda tentu dapat terlihat dari cara berpenampilan. Untuk wanita sendiri, setelah baju terbaik saat wawancara kerja jauh lebih beragam dibanding dengan setelah baju untuk para pria.

Selain kemampuan menjawab pertanyaan wawancara kerja, penampilan adalah modal yang harus dipenuhi untuk meningkatkan personal branding dan daya jual kita dalam merebut posisi perkerjaan yang sedang kita incar.

Hanya saja, karena saking banyaknya setelan baju terbaik wanita saat wawancara kerja, anda harus lebih jeli dalam memilih. Manakah yang pantas digunakan dan mana yang tidak.

Sebab tak jarang pula dijumpai seorang wanita mengenakan pakaian yang kurang sesuai, entah itu terlalu kasual ataupun berlebihan.

5 Setelah Baju Terbaik Wanita Saat Wawancara Kerja

Nah untuk anda yang ingin tahu sebenarnya bagaimana sih setelan baju terbaik wanita saat wawancara kerja, coba deh simak ulasan berikut ini.

1. Blues dan celana

Untuk setelan baju terbaik wanita saat wawancara kerja yang pertama ini sangat simpel namun tetap mampu memberikan kesan formal pada penampilan anda. Yaitu dengan menggunakan blues yang dikombinasikan dengan celana formal.

Untuk model blues yang dikenakan sendiri beragam, anda boleh menggunakan model blues panjang maupun pendek. Begitu pula dengan detail blues.

Nah jika anda memilih untuk mengenakan blues polos, maka sebaiknya pilih aksesoris simpel nan elegan untuk membuat penampilan anda semakin cantik. Namun ketika anda sudah menggunakan blues dengan motif, akan lebih baik jika anda tak mengenakan aksesoris yang menempel pada baju.

Kemudian untuk celana sendiri bisa mengikuti model blues. Hanya saja untuk kesan lebih formal dan rapih, nampaknya jika anda menggunakan celana formal model pensil (jangan terlalu ketat).

Sedangkan untuk warnanya sendiri akan jauh lebih aman jika anda menggunakan warna netral seperti hitam, abu-abu maupun coklat.

2. Blazer dan rok span

Ingin tampil lebih feminin? Nampaknya setelan baju terbaik wanita saat wawancara kerja ini sangat cocok untuk anda. Ya, anda bisa menggunakan blazer yang dikombinasikan dengan bawahan rok span.

Karena saat ini model blazer sudah sangat beragam, anda pun bisa dengan bebas memilih model blazer yang seperti apa. Hanya saja, karena di sini anda ingin tampil formal dan rapi akan lebih baik jika model blazer yang dikenakan tidak terlalu berlebih.

Gunakan saja blazer yang tidak memiliki banyak detail dan hanya beberapa detail di tempat tertentu. Untuk dalamannya sendiri, anda bisa menggunakan kemeja putih polos.

Nah untuk mempercantik penampilan, sematkan bros pada dadi kiri anda. Kemudian untuk bawahan, anda bisa menggunakan model rok khaki. Meskipun bukan model baru, namun model rok ini sangat cocok untuk dikombinasikan dengan blazer formal.

Untuk pemilihan warnanya sendiri, anda bisa mengombinasikan warna gelap pada blazer dan warna terang pada rok. Seperti kombinasi warna biru dongker pada blazer dengan rok khaki. Kombinasi warna ini selain mampu membuat penampilan anda anti monoton juga bisa menimbulkan kesan tegas pada diri anda.

3. Sweater V-Neck dan kemeja

Jika setelan baju terbaik wanita sata wawancara kerja sangat cocok untuk anda yang ingin tampil feminin, namun untuk setelan baju terbaik wanita saat wawancara kerja kali ini justru sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin terlihat formal namun tetap mampu menampilkan sisi tomboy pada diri anda.

Setelan yang digunakan yaitu sweater panjang dengan model V-neck yang dikombinasikan dengan kemeja dan celana jeans hitam. Meskipun menggunakan sweater, namun jangan khawatir jika penampilan anda terlihat terlalu santai.

Justru dengan model V-neck pada sweater yang anda gunakan, penampilan akan terlihat lebih segar dan mampu membuat diri anda terlihat lebih sporty. Kemudian untuk kombinasi kemeja yang bagian kerahnya sengaja dikeluarkan juga mampu membuat penampilan anda lebih terlihat segar.

Kemudian mengapa dipilih celana jeans hitam? Disini, meskipun anda menggunakan celana jeans yang terkesan santai, namun pemilihan warna yang tepat nyatanya bisa membuat penampilan anda tetap rapi.

Selain itu, kombinasi celana jeans hitam juga akan sangat menyatu dengan sweater yang anda kenakan.

4. Kardigan motif dengan celana bahan

Jika umumnya anda menjumpai peserta wawancara menggunakan baju polos, kali ini anda bisa tampil lebih menarik dengan menggunakan cardigan motif. Ya, tampil dengan motif yang tak berlebihan ternyata mampu membuat penampilan anda menjadi pusat perhatian dan memberikan kesan kreatif pada diri anda.

Untuk setelan baju terbaik wanita saat wawancara kerja yang satu ini, anda harus lebih berhati-hati pada pemilihan kombinasi dalaman dan bawahannya. Sebab jika anda salah memilih model dalaman dan warnanya, penampilan anda bisa terlihatĀ  begitu berlebihan atau ramai.

Nah untuk model dalaman yang paling tepat adalah blues polos warna putih atau hitam. Dan akan jauh lebih baik jika anda menggunakan blues tanpa lengan. Sebab ketika anda menggunakan blues dengan lengan panjang atau sedang, bisa membuat bagian tangan anda terlihat begitu besar dan hal ini bisa mengurangi nilai plus pada penampilan anda.

Kemudian untuk bawahannya sendiri, anda bisa menggunakan celana bahan model pensil. Nah untuk membuat penampilan terlihat lebih feminin tambahkan aksesoris berupa ikat pinggang kecil. Agar terlihat, pastikan anda menggunakan blues di dalam celana. Dan yang terpenting, gunakan celana yang memiliki warna netral seperti warna pastel.

Penampilan seperti ini akan sangat menarik dan membuat diri terlihat lebih cantik serta kreatif.

5. Dress dan blazer

bosan dengan penampilan yang mengandalkan item pakaian atasan dan bawahan? Kali ini anda bisa mencoba menggunakan dress sebagai item pakaian untuk wawancara. Lho apakah dress tidak berlebihan untuk acara semacam ini?

Tidak, asalkan anda tahu betul bagaimana model dress yang harus dikenakan. Sebisa mungkin hindari dress yang memiliki model atau desain berlebih. Gunakan saja dress dengan model yang begitu simpel namun tetap terlihat elegan.

Agar tidak terlihat terlalu polos, anda bisa mengombinasikan dress dengan menggunakan blazer. Hanya saja, untuk kombinasi dress dengan blazer nampaknya mengharuskan anda untuk memilih dress dengan model bawahan span. Dengan begitu model blazer yang cukup besar tidak akan membuat volume tubuh anda terlihat terlalu besar.

Kemudian untuk warna blazernya sendiri usahakan warna yang masih senada dengan warna dress yang anda gunakan. Atau paling tidak gunakan warna yang tidak terlalu mencolok agar kesan wibawa pada diri anda mampu terlihat lebih jelas.

Nah bagi anda yang ingin menggunakan dress mini, pastikan stoking menjadi pasangan yang tak terlupakan. Sebab meskipun anda ingin tampil seksi, penggunaan stoking tetap sangat disarankan. Karena dengan stoking inilah anda tidak hanya terlihat lebih sopan, namun juga terlihat lebih energic.

Bagaimana, siap menghadapi tes wawancara dan masuk dalam dunia kerja? Sebenarnya untuk memilih setelan baju terbaik wanita saat wawancara kerja seperti yang sudah tertera di atas yang terpenting adalah kesesuaian dengan kepribadian anda.

Pastikan anda memiliki setelah baju yang mampu menggambarkan bagaimana diri anda, seperti ketika anda menggunakan dress, tentu pakaian ini akan menggambarkan diri anda yang feminin. Dan lain pula ketika anda menggunakan sweater, tentu kesan yang akan muncul dari diri anda adalah tomboy dan tegas.

dan yang perlu anda ingat, meskipun beberapa contoh setelan baju terbaik wanita saat wawancara kerja di atas sudah menjelaskan item pakaian apa saja yang bisa anda gunakan namun beberapa tips berpakaian ini tetap perlu anda perhatikan dengan baik.

Apa sajakah tips tersebut? Berikut beberapa diantaranya.

# Pemilihan warna

Hal pertama dan utama yang harus benar-benar anda perhatikan ketika memilih item pakaian untuk acar a yang penting seperti ini adalah kombinasi warna yang sesuai. Nah bagi anda yang ingin tampil aman, bisa memilih beberapa item pakaian dengan warna netral atau warna senada.

Namun bagi anda yang ingin terlihat lebih menonjol dari peserta wawancara lain, bisa gunakan beberapa item pakaian yang memiliki warna berbeda. Hanya saja, sebaiknya tidak gunakan item pakaian yang memiliki lebih dari 3 warna, sebab jika iya bukan tidak mungkin penampilan anda akan terlihat begitu ramai.

# Ukuran

Setelah memilih warna yang tepat, kemudian perhatikan bagaimana ukuran pakaian yang anda gunakan. Apakah terlalu besar atau bahkan terlalu kecil? Jangan sampai pakaian anda terlihat kedodoran dan membuat penampilan anda terkesan tidak rapih (kecuali model pakaian yang digunakan memang besar).

Begitu juga untuk pakaian yang terlalu kecil, sebaiknya jangan digunakan atau bisa diakali dengan penggunaan item pakaian lain yang mampu menutupinya.

# Motif

Sebenarnya untuk tips memilih item pakaian yang berikut ini masih berhubungan erat dengan tips pemilihan warna. Dimana ketika anda menggunakan item pakaian yang memiliki corak atau motif, sebaiknya pilih setelah dengan warna yang terdapat pada motif tersebut.

Semisal ketika anda menggunakan cardigan motif dengan warna pink, orange dan cream maka sebaiknya gunakan celana yang memiliki warna cream. Atau untuk lebih amannya, gunakan kombinasi yang memiliki warna netral sehingga akan cocok dikombinasikan dengan motif dan warna apa saja.

# Bahan

Ketika melihat modelnya bagus dan warnanya menarik, anda sering kali mengabaikan bahan yang digunakan pada pakaian tersebut. Padahal, bahan adalah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Sebab bahan merupakan faktor utama yang akan mempengaruhi kenyamanan pakaian tersebut. Semakin nyaman pakaian digunakan, maka percaya diri anda bisa semakin meningkat dan dengan begitu aura dalam diri anda pun bisa semakin terpancar.

Itu dia beberapa tips yang tidak boleh anda lupakan ketika memilih setelan baju terbaik wanita saat wawancara kerja maupun item pakaianĀ  untuk acara lain.

Dan ingatlah, penampilan bukan faktor utama penentu keberhasilan anda namun menjadi faktor pertama yang menimbulkan kesan baik pada diri anda. Jadi, jangan sampai anda hanya mengandalkan skill tanpa memperhatikan penampilan, begitu juga sebaliknya jangan sampai anda hanya mengutamakan penampilan tanpa mempersiapkan skill.

5 setelah baju terbaik wanita saat wawancara kerja di atas adalah refrensi yang bisa Anda maksimalkan pada saat wawancara kerja. Tentunya kesan yang baik dari penampilan adalah modal Anda untuk diterima menjadi karyawan diperusahaan yang sedang Anda perjuangkan.

Terkait :