13 Profesi Ini Cocok Bagi Anda Orang Pendiam

Memiliki sifat pendiam pada seseorang bukanlah sebuah penghalang untuk bisa berkarir di dunia pekerjaan. Mereka masih memiliki harapan untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Bahkan, sifat pendiam yang dimilikinya bisa menjadi sebuah kekuatan bila dikembangkan di tempat pekerjaan yang seharusnya.

Seseorang yang memiliki sifat pendiam tentunya tidak akan menyukai sebuah pekerjaan yang banyak berinteraksi dengan orang banyak. Mereka akan lihai mengerjakan sesuatu di balik layar ataupun pekerjaan bidang tertentu yang dirasa nyaman olehnya.

Jika Anda termasuk orang yang pendiam, berikut akan diulas mengenai 13 Profesi yang Cocok Bagi Orang Pendiam. Apa saja Profesi orang pendiam tersebut? Yuk, simak bersama ulasannya di bawah ini!

1. Menjadi Penulis

Penulis adalah salah satu profesi orang pendiam yang memang tidak  memerlukan interaksi atau kerjasama dengan banyak orang. Mereka akan bebas mengekspresikan tulisannya sesuai dengan keinginan.

Rata-rata seorang penulis hanya membutuhkan laptop atau komputer serta ruangan yang tenang dan nyaman untuk memulai sebuah pekerjaanya, dan tentu saja ditambah dengan kemampuan mereka berimajinasi menyusun kata.

Saat ini pekerjaan penulis pun banyak dicari orang mulai dari penulis artikel, novel, naskah, dan lain sebagainya.

Jangan takut tentang penghasilan yang didapatkan.  Pada zaman ini, profesi sebagai penulis cukuplah menjanjikan bila pandai melihat sebuah peluang dan dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

2. Profesi Pustakawan

Pustakawan adalah sebuah profesi yang dalam kesehariannya bekerja sebagai penjaga dan pengurus perpustakaan. Baik itu di sekolah, instansi, atau perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Profesi orang pendiam

Dalam pelaksanaan tugasnya, pustakawan akan banyak berinterkasi dengan buku kemudian menyusun dan menyimpannya dalam sebuah rak.

Sesekali mereka pun akan berinteraksi dengan para peminjam buku atau yang memerlukan informasi pencarian buku di perpustakaan.

Karena itu pustakawan adalah salah satu profesi orang pendiam yang sangat cocok bagi Anda yang tertarik dan berkompeten di bidang literasi.

3. Seorang Akuntan

Dalam pelaksanaan tugasnya, seorang akuntan akan lebih banyak berinteraksi dengan angka-angka. Seorang akuntan bertugas menyeimbangkan neraca pemasukkan pendapatan dan pengeluaran perusahaan.

Karena itu mereka tak akan banyak bicara karena ketelitian dan konsistensi adalah modal utama untuk bisa menyelesaikan pekerjaan ini.

Hampir setiap perusahaan besar maupun kecil memerlukan seorang akuntan untuk bisa mengatur keuangan perusahaannya.

Bagi Anda yang memiliki sifat pendiam dan mahir dalam menghitung angka-angka, profesi orang pendiam inilah yang bisa Anda pilih.

4. Profesi Pelukis

Sama halnya dengan penulis, para pelukis ini butuh ruangan tenang dan nyaman untuk bisa menghasilkan karya terbaiknya. Bedanya, para pelukis membutuhkan kanvas serta alat lukis lainnya sebagai media yang akan digunakannya untuk berkarya.

Dalam prakteknya, para pelukis tak perlu banyak bicara dan berinteraksi dengan orang banyak. Interaksi hanya bisa dilakukan ketika mengadakan pameran dan mempresentasikan sebuah karya yang telah Anda buat.

Profesi ini bisa dipilih bila Anda senang berimajinasi dan mengekspresikannya dalam sebuah lukisan.

Bila ditekuni dengan serius, profesi ini bisa menghasilkan pendapatan yang menggiurkan. Karena dari satu lukisan bisa dibeli dengan harga tinggi hingga mencapai ratusan juta rupiah.

5. Seorang Desainer Grafis

Dewasa ini, profesi sebagai desain grafis sangatlah menjanjikan dan banyak dicari oleh perusahaan yang ada di seluruh Indonesia. Tentunya hal tersebut menjadi peluang bagi Anda yang memiliki sifat pendiam dan tertarik mengenai hal grafis.

Pekerjaan ini lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer. Sehingga Anda bebas menuangkan ide serta imajinasi yang sesuai dengan keinginan sendiri maupun pemesan.

Terkadang profesi orang pendiam ini pun akan berinteraksi orang lain tetapi dengan frekuensi yang minim. Yaitu ketika bertemu dengan klien untuk mengetahui keinginan desain dari pihak pemesan tersebut.

Selebihnya, seorang desainer grafis akan fokus bekerja mengerjakan sebuah karya dengan media pendukungnya.

6. Profesi Programmer

Berdasarkan fakta dilapangan, seorang programmer rata-rata memiliki sifat pendiam. Entah itu sifat pembawaanya ataupun karena faktor pekerjaan yang dilakukannya.

Bekerja sebagai seorang programmer bukanlah hal yang mudah. Setiap harinya mereka harus  berhadapan dengan komputer atau rumus-rumus tertentu untuk melakukan proses pemograman.

Profesi orang pendiam ini membutuhkan konsentrasi yang penuh agar bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan.

Karena itu, wajar bila dalam melakukan pekerjaanya mereka lebih sering berhadapan dengan “benda mati” dari pada berinteraksi dengan orang lain.

7. Menjadi Penerjemah

Profesi sebagai seorang penerjemah pun bukanlah sesuatu yang gampang. Mereka harus memiliki dan menguasai salah satu bahasa asing yang dikuasainya.

Profesi penerjemah ini biasanya khusus untuk menerjemahkan sebuah buku-buku asing yang masuk ke Indonesia. karena hal itu diperlukanlah sebuah media berupa kertas, komputer, kamus, dan lain-sebagainya untuk menemani mereka bekerja.

Karena itu, sedikit sekali interkasi mereka dengan orang lain kecuali jika pekerjaanya sudah beres.

Untuk Anda yang menguasai salah satu bahasa asing yang ada di dunia ini, boleh memilih sebagai penerjemah karena sangat cocok dan masuk dalam kategori profesi orang pendiam.

8. Seorang Editor Audio atau Film

Pekerjaan sebagai editor pun lebih banyak dilakukan di sebuah ruangan dengan perangkat komputer, headphone, dan alat pendukung lainnya.

Loading...

Sebelum memulai proses pengeditan mereka akan berinteraksi dengan pihak klien untuk menanyakan bagian mana sajakah yang perlu diedit.

Kemudian interaksi dengan klien akan dilakukan kembali ketika pekerjaan telah selesai. Selebihnya mereka akan fokus mengedit film audio atau film tanpa berinteraksi kembali dengan klien.

Pilihan menjadi seorang editor adalah langkah yang tepat. Terutama untuk Anda senang di bidang editor perfilman. Editor ini juga menjadi salah satu profesi orang pendiam yang saat ini banyak diminati serta dicari oleh para pihak produser film.

9. Teknisi Laboratrium

Profesi orang pendiam berikutnya adalah bekerja di laboratrium atau dikenal dengan profesi teknisi laboratrium. Pekerjaanya yang digelutinya lebih banyak melakukan eksperimen dan hipotesis dengan menggunakan bahan kimia ataupun alami.

Sesekali mereka akan bekerja sama dengan tim atau berinteraksi dengan orang lain untuk mendiskusikan bahan yang akan diolahnya.

Pekerjaan ini membutuhkan ketelitian dan konsentrasi yang tinggi. Karena itu mereka akan fokus untuk bekerja mengamati hasil ekspreimen yang telah dibuatnya.

Mereka akan rela berjam-jam bahkan seharian penuh di laboratrium guna mendapatkan hasil terbaik. Karena hal itulah, seorang teknisi laboratrium dikenal memiliki sifat pendiam dan berinteraksi apa adanya yang sesuai dengan pekerjaannya.

10 Profesi Analis Keuangan dan Saham

Bila masuk ke tempat bursa efek atau pasar mata uang maka kesan pertama yang didapat adalah suasang ramai yang dipadati orang.

namun bila diteliti dan diamati kembali, mereka yang membuat “bising” tersebut sedang bekerja individualis untuk memantau perkembangan saham perusahaannya ataupun kliennya.

Setiap menit bahkan detiknya mereka akan fokus memperhatikan data maupun angka saham serta obligasi. Karena itu tak ada sedikit waktu pun untuk berinteraksi dengan orang lain di tempat mereka bekerja.

Interaksi baru akan dilakukan ketika merkea kaan memberitahukan laporan analisis keuangan pada hari itu.

Profesi orang pendiam ini memerlukan skill ketelitan, fokus, dan pengetahuan yang cukup tentang dunia saham serta perekonomian.

11. Profesi Arsiparis

Profesi sebagai arsiprairs ini mungkin terdengar masih asing ditengah masyarakat Indonesia. Namun, pada kenyataanya profesi ini diperlukan terutama pada instansi pemerintahan, perusahaan, dan lain sebagainya.

Secara garis besar, profesi ini mirip dengan seorang pustakawan. Bedanya adalah mereka akan menyusun arsip perusahaan dan instansi dari waktu ke waktu. Entah itu berupa dokumen atau surat-surat penting bagi perusahaan.

Sebuah arsip yang disimpan biasanya hal yang penting dan berguna dikemudian hari. Karena itu mereka memiliki tugas yang cukup berat karena sebagai penyimpan “rahasia” perusahaan.

Pekerjaan ini tak perlu banyak berinteraksi dengan orang banyak. Karena mereka akan fokus menyimapn arsip dan mencatatnya dengan rapih. Jika mereka banyak berinteraksi justru akan membuyarkan konsentrasinya.

Oleh karena itu, Arsiparis adalah salah satu profesi orang pendiam yang tepat bagi Anda yang ingin berkarier di perusahaan maupun instansi pemerintahan.

12. Seorang Ahli Teknologi Informasi

Bekerja sebagai ahli IT atau teknologi informasi sama halnya dengan seorang programmer. Mereka akan fokus bekerja di depan layar komputer dengan mengatur sistem jaringan yang ada.

Kesamaan lain antara ahli IT dengan programmer adalah rata-rata diisi oleh orang yang memiliki sifat pendiam. Wajar bila hal tersebut disenangi oleh mereka karena pekerjaannya tidak harus berinteraksi dengan orang banyak.

Pekerjaan mereka akan banyak dihabiskan di sebuah ruangan yang tenang dan ditemani seperangkat alat teknologi yang canggih. Mereka akan bekerja untuk mengendalikan sistem jaringan pada perusahaan atau instansi yang ditempatinya.

Saat ini pekerjaan sebagai ahli IT sangat diperlukan. Karena itu Ahli Informasi Teknologi adalah sebuah profesi orang pendiam yang sangat memungkinkan bagi mereka untuk berkarir lebih baik lagi sesuai dengan bidangnya.

13. Pembuat Kerajinan Tangan

Profesi orang pendiam lainnya adalah bekerja sebagai pembuat kerajinan tangan. Seseorang yang bekerja dalam bidang ini pun tak perlu berinteraksi dengan orang banyak kecuali ketika karyanya akan dijual atau dipamerkan.

Mereka bisa menjadi seorang pengrajin batik, pembuat kerajinan tangan hiasan dari bahan-bahan laut, pengrajin kayu, dan lain sebagainya.

Untuk mengeluti profesi ini tak perlu bekerja di perusahaan atau instansi. Bisa bergabung dengan UKM setempat atau mendirikan sendiri.

Bekerja sebagai pembuat kerajinan tangan saat ini sangat potensial terutama di daerah wisata. Karena para wisatawan memerlukan oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang.

Penutup

Kendala pertama yang akan dihadapi oleh orang pendiam rata-rata adalah tentang sebuah adaptasi. Namun, hal tersebut bisa diatasi bila mereka telah menemukan kenyamanan dalam melakukan pekerjaannya.

Informasi mengenai 13 Profesi  yang Cocok Bagi Orang Pendiam di atas membuktikan bahwasannya setiap orang apapun kondisinya bisa berkembang dan menyalurkan bakaat yang dimilikinya.

Asalakan ada sebuah kemauan, kerja keras, dan konsistensi untuk mengerjakannya. Profesi di aats bisa menjadi bahan pertimbangan dan masukkan untuk Anda agar bisa berproduktif serta berkarier sesuai dengan passion Anda.

Tuhan menciptakan dan mengizinkan seseorang untuk hadir ke dunia ini dengan membawa potensi luar biasa pada dirinya. Jika manusia itu lahir dengan catat pun akan bisa berkembang dan berprestasi bila didukung oleh lingkungan sekitarnya.

Karena itu kenalilah potensi yang ada dalam diri dan lejitkan dengan memilih pekerjaan yang sesuai. Semoga informasi mengenai profesi orang pendiam di atas bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait :