23 Contoh Interview Kerja Bahasa Inggris dan Artinya

Anda mendapatkan kesempatan interview kerja ? tapi Anda masih ragu, apakah pertanyaan interview nantinya akan dilakukan dengan bahasa Inggris atau tidak? Selagi masih ada waktu, persiapkan segala sesuatunya.

Sebuah pekerjaan terbaik akan didapat dari proses terbaik pula. Apa artinya, perusahaan-perusahaan besar multi nasional biasanya mensyaratkan kemampuan berkomunikasi dan menulis dalam bahasa inggris.

Nah, perusahaan-perusahaan tersebut artinya membutuhkan karyawan yang sesuai dengan level kriteria yang mereka tetapkan. Salah satu cara mendapatkan karyawan yang sesuai adalah dengan menerapkan proses seleksi rekruitmen dengan bahasa inggris dalam setiap sesinya.

Oleh karena itu, persiapkan diri Anda sebaik-baiknya untuk menghadapi proses wawancara tersebut. Meskipun Anda kini memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni, namun harus tetap berhati-hati, karena wawancara kerja/ interview tidak seperti berbicara biasa pada teman, namun lebih formal dan lebih komplek.

Pada artikel sebelumnya, jadikaryawan.com sudah membuat artikel tentang 35 pertanyaan populer wawancara, dan 10 pertanyaan jebakan saat wawancara. Kali ini akan diulas tentang 23 contoh pertanyaan interview kerja dalam Bahasa Inggris serta artinya.

Artikel ini dibuat, untuk membantu Anda dalam menghadapi interview kerja dalam Bahasa Inggris.

Setiap perusahaan memiliki standarnya tersendiri dalam melakukan seleksi calon karyawan. Dalam beberapa perusahaan, mereka mensyaratkan menggunakan bahasa inggris dalam proses seleksinya, dan biasanya puncaknya pada sesi wawancara kerja. Dalam beberapa posisi, misalnya rekrutment posisi manajer, biasanya perusahaan akan menggunakan bahasa inggris dalam sesi wawancara.

Interview kerja bahasa inggris

Biasanya dibagi menjadi 2 termin,

Termin pertama Perkenalan

Termin kedua pertanyaan tentang pekerjaan yang kita lamar

Oke, pertanyaan-pertanyaan seperti apa saja sih yang biasa ditanyakan, cekidot !

Termin pertama (Perkenalan)

1. Okay, Please introduce yourself briefly?

Artinya :

(Baiklah, Tolong perkenalkan diri anda secara singkat ?)

Ini adalah pertanyaan paling mendasar yang biasa disodorkan dalam wawancara menggunakan bahasa Inggris.

Artinya sederhana, pewawancara meminta kita untuk memperkenalkan diri secara singkat. perhatikan, ada sesuatu yang ingin diketahui oleh pewawancara dalam sesi ini, biasanya tentang bagaimana kita mengenalkan diri kita pribadi secara baik dan benar.

Ini adalah contoh dialognya :

You : My name is Tohir, I am twenty two years old. I have graduated from Indonesia University, majoring in Biology Science. I can speak English very well, even though I am not Majoring in English and My Activity right now is employee at the Farm Company Pt.Lion star, I am also active in several activities that related to my education background.

Artinya :

Anda: Nama saya Tohir, umur saya dua puluh dua tahun. Saya telah lulus dari Universitas Indonesia, jurusan Ilmu Biologi. Saya bisa berbahasa Inggris dengan baik, meski saya bukan Jurusan Bahasa Inggris dan Kegiatan Saya saat ini adalah karyawan di perusahaan peternakan Pt.Lion Star, saya juga aktif dalam beberapa kegiatan yang berkaitan dengan latar belakang pendidikan saya.

Perkenalkan diri Anda bisa sedikit disangkutkan dengan hal yang berkaitan dengan posisi yang sedang Anda lamar. Akan lebih bagus jika ditambahkan dengan keterampilan yang Anda miliki yang sekiranya diperlukan dalam posisi pekerjaan yang sedang Anda lamar.

Cukup ditermin pertama, ingat baik-baik, ini hanya permulaan, jadi maksimalkan termin pertama tersebut untuk memikat pewawancara.

Termin Kedua (Pertanyaan wawancara yang sebenarnya)

2. What department do you apply and why do you interested on it ?

Artinya : (Posisi apa yang anda lamar dan kenapa anda tertarik melamar pada posisi itu ?)

Pertanyaan ini berhubungan dengan posisi pekerjaan apa yang kita lamar, dan mengapa Anda tertarik dan memilih posisi tersebut. Pewawancara ingin mencari tahu informasi seperti, apa motivasi Anda pada pekerjaan yang ambil, apakah Anda benar-benar serius mengambil pekerjaan ini.

Contoh dialognya sebagai berikut :

You : I want to apply for the Food Nutrition Analyst position, I interested working on that position because that is my passion and I am also love working in laboratory since I was a college student.

Artinya :

Anda : Saya ingin melamar diposisi Analyst nutrisi makanan, Saya tertarik bekerja pada posisi tersebut karena itulah semangat saya dan saya juga suka bekerja di laboratorium sejak saya masih kuliah.

Yakinkan pewawancara bahwa kamu benar-benar memiliki minat dan kompetensi dibidang pekerjaan tersebut. Jelaskan posisi pekerjaan yang kamu lamar dan kenapa Anda tertarik dengan posisi tersebut.

3. Why did you leave your previous job?

Artinya ;

(Kenapa anda meninggalkan pekerjaan anda sebelumnya ?)

Dalam pertanyaan interview bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, pertanyaan ini pasti sering muncul. Apalagi jika Anda pernah bekerja sebelumnya. Pertanyaan ini sangat krusial dan penting untuk menjawab dengan benar.

Pewawancara ingin mengetahui sifat-sifat kita pada pekerjaan sebelumnya, dan mencari alasan atas jawaban yang kita berikan.

Ini contoh jawaban yang bisa kamu berikan ;

You : I leave my previous job because I want more challenge and new experiences.

Artinya ;

Anda : Saya meninggalkan pekerjaan sebelumnya karena saya menginginkan tantangan lebih dan pengalaman baru.

Atau bisa juga di jawab ;

You : Because My family and I move from my previous home to this city so thats way I must resign from my current job.

(Karena keluarga saya dan saya pindah dari rumah sebelumnya ke kota ini jadi itulah sebabnya saya harus mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya.)

Pertanyaan ini membutuhkan jawaban yang tepat, jangan pernah menjelek-jelekan perusahaan lama Anda, karena pewawancara pasti akan berpikir ulang menerima Anda.

Pertanyaan interview bahasa Inggris selanjutnya;

4. What if in this new place you feel the same as you did in your last work/office?

Artinya ;

(Bagaimana jika ternyata bekerja di tempat baru sama saja bekerja di kantor lama Anda ?)

Ini pertanyaan yang sulit di jawab, karena Anda pada kenyataanya belum bekerja ditempat baru. Ini adalah pertanyaan jebakan apakah kita konsisten dengan jawaban pada pertanyaan sebelumnya.

Jika ingin menghindari pertanyaan ini, hindari untuk menjekan pekerjaan lama Anda.

wawancara kerja bahasa inggris

Berikut contoh dialognya:

You : It is okay for me, because I think it will be different from my previous job, also as I mention before, I love to gain new experience.

Artinya ;

Anda : Tidak masalah bagi saya, karena saya pikir rasanya akan berbeda dari pekerjaan saya yang sebelumnya, dan seperti yang saya sebutkan sebelumnya, saya suka mendapat pengalaman baru.

5. When were you most satisfied in your work?

Artinya ;

(Kapan anda merasa puas dengan pekerjaan anda ?)

Pertanyaan wawancara kerja berbahasa Inggris ini tentang apakah Anda merasa sangat puas dengan pekerjaan kita. Biasanya pertanyaan ini ditujukan karena pihak instansi menginginkan orang yang benar-benar serius ingin mendapatkan pekerja. Bukan hanya serius saja, tapi yang bersahabat terhadap apa saja yang dikerjakan.

Berikut adalah contoh dialognya:

You : It’s When I completed my job properly and on time, also when I get a job that related to my passion.

Artinya ;

Anda : Yaitu ketika saya berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik dan tepat waktu, juga ketika saya mengerjakan pekerjaan yang sesuai dengan passion saya.

6. What are your strengths, please specify each of three?

Artinya ; (Apa kekuatan anda ? tolong jelaskan tiga).

Pertanyaan interview dalam bahasa Inggris ini mengenai kelebihan kita sebagai pelamar kerja. Pewawancara ingin tahu seberapa besar keahlian kita dalam menguasai suatu bidang, apakah keahlian tersebut mumpuni atau tidak.

Pewawancara pasti ingin mendapatkan kandidat yang terbaik. Jadi usahakan sebisa mungkin menjawab pertanyaan ini dengan bahasa inggris sebaik-baiknya dan tidak mengecewakan di masa yang akan datang.

Berikut contoh cara menjawab pertanyaan interview tersebut dalam bahasa inggris ;

You : My strengths are, I love to learn new things, I have a good analytical thinking and I like to pursue my target.

Artinya ;

Anda : Kekuatan saya adalah, saya senang belajar hal baru, saya adalah pemikir analisis yang baik, dan saya juga senang mengerjar target saya.

7. What are your weakness, please specify each of three?

Artinya ; (Apa kelemahan anda ? tolong jelaskan tiga).

Jika Anda kesulitan menjawab pertanyaan pada poin sebelumnya, maka pada poin ini pun sama. Pertanyaan pada poin ini sebaliknya. Ada tipe orang yang mudah menjawab apa kelebihan mereka, namun sulit menjawab apa kekurangan mereka, dan sebaliknya.

Pewawancara ingin mengetahui keseimbangan antara kelebihan dan kekurangan Anda. Pada poin ini, pewawancara ingin melihat lebih dalam tentang kelemahan-kelemahan Anda. Lalu kemudian menilai apakah kelemahan ini bisa diminimalisir atau tidak.

Jawab pertanyaan ini dengan sejujur-jujurnya.

Berikut contoh jawaban dialog wawancara dalam bahasa inggris sebagai refrensi Anda ;

You : My weakness are, I often to lose focus when I have too many distractions, next I am a perfectionist, so sometimes I took a long time to finish a job, because I want to finish it perfectly, and the last is I am easily to get bored.

Artinya ;

Anda : Kelemahan saya adalah, Saya sering kehilangan focus ketika saya mendapati terlalu banyak gangguan, selanjutnya saya adalah seorang yang perfeksionis, jadi terkadang saya membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan karena saya ingin menyelesaikannya dengan sempurna, dan yang terakhir adalah saya mudah bosan.

8. Why should we hire you?

Artinya ; (Kenapa kami harus memperkerjakan anda ?)

Pertanyaan wawancara dalam bahasa Inggris ini terlihat mudah. Namun ini adalah cara pewawancara meyakinkan mereka bahwa Anda memang pantas bekerja diposisi tersebut.

Hal apapun membutuhkan alasa,, begitupun dengan kenapa perusahaan menerima Anda bekerja. Pewawancara ingin kembali meyakinkan diri apakah Anda benar-benar serius.

Berikut jawaban yang bisa Anda berikan ;

You : Because I have very good experiences in this field, even this field is my own passion, so I have a very strong spirit for this field.

Artinya ;

Anda : Karena saya mempunyai pengalaman yang sangat baik dibidang ini bahkan bidang ini adalah passion saya, jadi saya memiliki semangat yang kuat dalam bidang ini.

Pintar-pintarlah meyakinkan pewawancara kerja, selain Anda mahir dalam menjawab interview bahasa inggris, Anda harus bisa meyakinkan pewawancara  bahwa Anda adalah kandidat yang paling pantas mengisi posisi tersebut.

9. How much salary do you want in every month?

Artinya ; (Berapa gaji yang anda inginkan setiap bulannya ?)

pertanyaan dan jawaban pertanyaan interview kerja bahasa inggris

Ini adalah pertanyaan standar, akan memiliki dua jawaban sebenarnya. Pertama apakah anda sudah berpengalaman, atau anda masih fresh graduate yang baru pertama mengikuti wawancara kerja.

Namun, mari kita ambil jalan tengah. Maka, cara paling aman untuk pertanyaan ini adalah dengan jawaban : ‘Kita serahkan kepada pihak manajemen perusahaan sesuai dengan standar upah minimum yang sudah ditentukan’.

..atau jika anda memang sudah memiliki pengalaman dalam pekerjaan tersebut, Anda dapat langsung menjawab dengan tegas berapa gaji yang Anda mau,  misalnya seperti jawaban dialog dalam bahasa Inggris berikut :

You : I am expecting my salary is seven and half million rupiahs per month.

Artinya ;

Anda : Saya berharap gaji saya adalah 7.5 juta rupiah perbulan.

Jika Anda memang memiliki pengalaman yang lama dalam pekerjaan tersebut, Anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan tegas. Dan sebagai pertimbangan jangan di bawah gaji pada perusahaan sebelumnya, tentukan lebih atau paling tidak sama dengan gaji Anda di perusahaan sebelumnya.

10. Do you have any strategies to increase our business income?

Artinya ;

(Apakah anda memiliki strategi untuk menambah pemasukan bisnis kami ?)

Pertanyaan wawancara kerja dalam bahasa Inggris tentang tentang apakah kita memiliki strategi lain dalam meningkatkan pendapatan bisnis perusahaan.

Pewawancara ingin menggali visi kita dalam menentukan tujuan dan strategi yang kita miliki. Apakah Anda seorang yang revolusioner atau tidak. Biasanya perusahaan akan membutuhkan jawaban Anda, dan jawaban anda akan sangat dipertimbangkan oleh perusahaan.

Jawaban interview dalam bahasa inggris ;

You : Yes, I have some great ideas to increase the income, such as create a new packaging for your product or by doing a new type of promotion.

Artinya ;

Anda : Ya, saya punya beberapa ide hebat untuk menambah pemasukan, misalnya seperti membuat kemasan baru untuk produk anda atau dengan melakukan promosi jenis baru.

11. What course did you attend ?

Artinya ; (Kursus apa yang sudah anda hadiri ?)

Pewawancara ingin mengetahui beberapa keahlian Anda. Keahlian tersebut tentu akan dibutuhkan oleh perusahaan. Tentu saja keahlian yang memiliki hubungan dengan bidang pekerjaan atau mendukung pekerjaan Anda nantinya.

Paling tidak Anda memiliki kursus di bidang bahasa Inggris, Komputer dan menguatkan soft skill Anda. Jika sekarang Anda belum mengikuti kursus, alangkah baiknya Anda mengikuti kursus yang sekiranya berguna dan dapat mendukung Anda saat wawancara kerja.

Misalnya mengikuti kursus bahasa Inggris untuk mempermudah proses interview kerja dalam bahasa Inggris.

Berikut dialog dalam bahasa Inggris ;

You : I have been Attended many courses of this field, one of them is the national course about Analysis of food chemistry that held in Surabaya 3 month ago.

Artinya ;

Anda : Saya sudah banyak sekali mengikuti kursus – kursus dibidang ini, salah satunya adalah kursus tentang Analisis kimia makanan yang diselenggarakan di Surabaya 3 bulan lalu.

12. Could you mention any food analysis that you expert in it ?

Artinya ;

(Bisakah anda menyebutkan jenis analisis makanan apa yang anda kuasai ?)

Artinya, pewawancara ingin mengetahui kemampuan apa saja yang kita miliki terkait Analisis Nutrisi.

Anda bisa menjawab sebagai berikut ;

You : Besides of Nutrition, I am also an expert of Vitamin dan also an expert for method of carbohydrate analysis, like the process of burning blood sugar.

Artinya ;

Anda : Selain nutrisi, saya juga ahli tentang vitamin dan juga ahli menggunakan metode analisis karbohidrat.

Pertanyaan interview kerja bahasa inggris selanjutnya adalah ;

13. Can you work with a team and under pressure ?

Artinya ;

(Bisakah anda bekerja dalam tim dan dalam tekanan ?)

Pewawancara ingin mengetahui bagaimana kita mengelola tekanan dengan menjaga emosi dan kesetabilan pikiran. Karena dalam pekerjaan pasti akan ada tekanan, dan kemampuan mengelola tekanan dengan baik akan sangat membantu perusahaan.

Berikut jawaban yang bisa Anda berikan ;

You : Yes I can, I also don’t think it’s a pressure because it’s the responsibility of my work and it’s also a great change to improve the quality of myself.

Artinya ;

Anda : Ya saya bisa, saya juga tidak berpikir kalau itu adalah sebuah tekanan, karena itu sudah menjadi tanggung jawab pekerjaan saya dan itu juga dapat menjadi kesempatan besar untuk meningkatkan kualitas diri saya sendiri.

14. What do you know about our company ?

Artinya ; (Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami ?)

Inilah pentingnya mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait pekerjaan dan perusahaan yang sedang kamu lamar. Pada sesi ini perusahaan ingin mengetahui seberapa Anda berminat pada perusahaan mereka. Dan juga seberapa pengetahuan Anda terntang perusahaan mereka.

Berikut jawaban interview dalam bahasa inggris sebagai refrensi anda ;

You : Yes, your company is a company that engaged in digital services

Artinya ;

Anda : Ya, perusahaan anda adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa digital.

15. Why do you want to work in our company?

Artinya ; (Kenapa anda ingin bekerja di perusahaan kami ?)

“Kenapa anda ingin bekerja di perusahaan kami ?” pertanyaan ini bertujuan memastikan apakah Anda benar-benar tertarik terhadap pekerjan tersebut, bukan asal melamar pekerjaan padahal tidak tertarik sama sekali. Anda harus bisa meyakinkan bahwa Anda memang benar-benar tertarik bekerja di posisi tersebut.

Berikut jawaban yang bisa anda berikan ;

You : Because your company have a good reputation and of course to get the great experience to work in here.

Artinya ;

Anda : Karena perusahaan anda memiliki reputasi yang baik dan tentu saja untuk mendapatkan pengalaman yang luar biasa bekerja di perusahaan ini.

16. What are your goals ?

Artinya ; (Apa tujuan anda ?)

Apa tujuan hidup Anda ? pewawancara ingin tahu tentang tujuan hidup anda. Kenapa?, karena perusahaan tidak akan menerima karyawan yang tidak memiliki tujuan hidup yang jelas. Jawab pertanyaan ini dalam tiga termin, termin pertama tujuan jangka pendek, termin kedua tujuan dalam jangka menengah, termin ketiga tujuan dalam jangka panjang.

Berikut dialog dalam bahasa inggris terkait pertanyan tersebut ;

You : To become a better person and more professional.

Artinya ;

Anda : Untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan pribadi yang lebih professional.

17. What can you do for us that other candidates cannot offer?

Artinya ; (Apa yang dapat anda lakukan untuk kami tapi tidak dapat dilakukan oleh kandidat yang lain ?)

Pewawancara ingin mengetahui seberapa besar kepercayaan diri Anda. Pertanyaan ini paling sulit di jawab dalam interview bahasa Inggris.  Karena kita di tuntut untuk menjual diri, namun tidak boleh menjelekan orang lain.

Baca juga : Tips menjual diri saat interview kerja

18. What three positive things would your last boss say about you?

Artinya ;

(Apa 3 hal positif tentang anda yang di ucapkan oleh bos anda yang sebelumnya ?)

Berikaplah profesional dalam menjawab pertanyaan interview kerja model ini. Pertanyaan ini diperlukan perusahaan untuk mengetahui penilaian orang lain terhadap kita. Bukan tidak mungkin, pewawancara akan melakukan kros cek terhadap pimpinan lama kita.

Baca juga : Tips menjadi leader yang disukai bawahan

Jawawan pertanyan ini bersifat improvisasi, silahkan Anda cari jawaban terbaik sesuai dengan kondisi Anda.

19. Do you have any ambitions in your life that you want to archive?

Artinya ;

(Apakah anda mempunyai suatu ambisi didalam hidup anda yang ingin disimpan ?)

Pewawancara ingin mengetahui seberapa kuat keinginan dan target yang ingin didapatkan dari pekerjaan Anda. Jawablah dengan jawaban yang relevan, dan tentunya menggunakan bahasa inggris.

20. Do you have working experience in this position?

Artinya;

(Apakah anda memiliki pengalaman kerja pada posisi ini ?)

Jawaban untuk pertanyaan ini sifatnya hanya bercerita tentang pengalaman pekerjan Anda sebelumnya, apakah Anda pernah bekerja pada posisi ini, atau tidak.

21. Do you have questions about this job?

Artinya ;

(Apakah anda punya pertanyaan tentang pekerjaan ini ?)

Biasanya pertanyaan interview kerja dalam bahasa inggris ini akan di tanyakan pada sesi-sesi terakhir wawancara. Pewawancara ingin mengetahui rasa ingin tahu dan sifat kritis Anda. Usahakan tanyakan setiap hal terkait pekerjan yang masih belum jelas. Tentu dengan kadar pertanyaan dan bahasa yang baik.

Dan berikut adalah pertanyaan pertanyaan sederhana dari interview kerja bahasa inggris ;

22. What is your name?

Artinya ;

Siapa nama Anda?

23. What the name of a university did you graduate from ? Apa nama universitas tempat kamu kuliah/lulus?

Kenapa saya menaruh pertanyaan ini di sesi akhir ? karena  ini adalah pertanyaan-pertanyaan dasar dalam bahasa inggris yang sudah biasa dipelajari sejak sekolah dasar.

Jadi saya menganggap Anda sudah bisa untuk menjawabnya.

Semoga artikel tentang “23 contoh pertanyaan interview kerja dalam Bahasa Inggris dan cara menjawabnya” dapat memberikan refrensi bagi Anda untuk melewati sesi wawancara berbahasa inggris.

Terkait :