10 Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan Saat Wawancara Kerja

pertanyaan sering muncul saat wawancara kerja

Tahapan wawancara ketika melamar pekerjaan ada proses yang cukup penting dan juga bisa menentukan nasib Anda diterima atau tidaknya di perusahaan yang Anda lamar.

Di tahapan ini merupakan tahapan krusial karena bisa memperlihatkan jati diri Anda kepada pihak perusahaan, untuk selanjutnya bisa diterima atau tidak di tempat tersebut.

Sebagai manusia bisa, sangatlah wajar bila ada perasaan deg-degan, grogi, dan lain sebagainya. Namun, Anda tak perlu khwatir dan menjadikan tahapan wawancara tersebut adalah sesuatu yang menakutkan.

Karena untuk menghadapai tahap wawancara tersebut yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan diri agar siap menerima pertanyaan saat diwawancara.

Persiapan tersebut bisa dengan mencari tahu pertanyaaan apa sajakah yang sering ditanyakan saat wawancara kerja.

Setelah mengetahui pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda juga perlu mempersiapkan jawabannya dengan baik.

Lalu, pertanyaan apa sajakah yang sering ditanyakan saat wawancara kerja? Yuk, simak bersama ulasannya di bawah ini!

Daftar Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Saat Wawancara Kerja

1. Coba Ceritakan Tentang Diri Anda ?

Daftar Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Saat Wawancara Kerja

Pertanyaan pertama yang sering ditanyakan saat wawancara kerja adalah pertanyaan yang mengarah pada diri Anda, seperti kalimat di atas.

Ketika Anda diberikan kalimat di atas saat wawancara, maka yang perlu dilakukan adalah bersikap yakin dan tenang.

Untuk menjawab pertanyaan ini Anda bisa fokus menjawab tentang personality Anda yang sangat berhubungan dengan pekerjaan.

Adapun tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk membantu Anda memberi gambaran pada pihak pewawancara tentang kepribadian dan ekspetasi Anda terhadap pekerjaan yang Anda lamar.

Contoh menjawab pertanyaan di atas adalah sebagai berikut;

‘’Saya seorang penulisyang beperngalaman berkecimplung di dunia penulisan selama 3 tahun. Saya memulai karya dengan menulis artikel tentang kuliner yang pernah dimuat di majalah ternama Ibu kota. Saya pun tidak hanya tertarik menulis artikel saja, saat ini pun mendalami copy writer secara otodidak lewat buku dan media elektronik. Karena itu, saya senang jika diberikan kesempatan untuk bergabung diperusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. ‘’

Untuk pembahasan lebih lengkap tentang bagaimana menjawab pertanyaan ceritakan tentang diri anda, anda bisa membaca artikel lengkapnya di cara menjawab pertanyaan ceritakan tentang diri anda.

2. Kenapa Perusahaan Sebaiknya Harus Merekrut Anda?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan wawancara yang berkaitan dengan perusahaan. Jika Anda sudah tahu kriteria yang dibutuhkan perusahaan dan yakin bisa mengisi posisi tersebut, maka tidak ada salahnya untuk mengungkapkan kriteria tersebut dengan jujur dan sopan.

Tetapi, ada baiknya untuk mengungkapkan atau mengusulkan pula ide-ide terbaik Anda mengingat pelamar yang mengisi posisi yang Anda inginan pun banyak dan boleh jadi mereka memiliki ide yang lebih baik.

Baca juga :

Jika memang sudah rezeki Anda dan perusahaan menyukai ide yang diutarakan tersebut, mereka pun akan menerima Anda untuk mengisi posisi tersebut.

Contoh Menjawab Pertanyaan di atas;

Saya punya pengalaman sebagai copy writer di Perusahaan penerbitan buku. Sejak saya mengenal copy writer dan menerapkannya untuk marketing penjualan buku, Alhamdulillah meningkat lebih baik dari bulan sebelumnya.

Lonjakan penjualan buku dari bulan ke bulan pun meningkat cukup tinggi, asalanya penjualanya di angka 50.000 eksmplar bisa meningkat dua kali lipat. Selain copy writing yang diterapkan, saya pun bekerjasama dengan sekolah-sekolah dasar didaerah ini lewat Gerakan Literasi, dimana sekolah tersebut pasti memerlukan buku untuk mendukung kegiatan

Pada paragraph pertama, pelamar tersebut mengungkapkan pengalamannya dari pengalaman yang sesuai kriteria itu dia berani mengungkapkan strategi serta ide-ide yang boleh jadi belum pernah dilakukan oleh siapapun.

3. Apakah Kamu Mengetahui Tentang Posisi dan Perusahaan Ini ?

Pertanyaan di atas pun termasuk pada pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara. Karena, pihak perusahaan ingin merekrut calon karyawan baru yang memang pernah atau tahu tentang posisi pekerjaan tersebut.

Pertanyaan yang dilontarkan HRD adalah tentang bentuk penegasan bahwa Anda benar-benar mengerti tentang seluk beluk posisi yang Anda lamar.

Selain mengetahui tentang posisi yang dilamar, Anda pun harus tahu tentang profil perusahaan yang Anda tuju. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengetahui dan mencari tahu terlebih dahulu dari perusahaan yang akan Anda lamar.

Dari pertanyaan dan jawaban yang Anda lontarkan, mereka akan melihat seberapa seriusnya Anda untuk bergabung di perusahaan tersebut.

Contoh Jawaban dari Pertanyaan di atas;

Tugas dan peran saya di posisi ini sebagai Copy Writer dimana masuk dalam divisi digital marketer. Oleh karenanya, saya pun bekerja saling melengkapi dengan tim design, admin, dan lainnya untuk bisa menjual produk-produk dari perusahaan ini dengan kata-kata yang pas dan seharusnya.

Adapun tulisan copy writing tersebut akan dipubliksaikan lewat semau sosial media ataupun media lainnya yang tersedia di perusahaan ini.

4. Kenapa Anda Ingin Menjadi Bagian dari Perusahaan Ini ?

Pertanyaan di atas juga biasanya akan selalu terlontar dari pihak pewawancara. Biasanta tujuan seorang pewawancara tersebut ingin mengetahui seberapa seriusnya Anda untuk bekerja di perusaahan tersebut.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, jawablah dengan 3-4 hal positif yang bisa Anda temukan dari perusahaan atau posisi yang Anda lamar.

Usahakan jangan menjawab terlalu panjang dan bertele-tele, tetapi jawab dengan kalimat yang sederhana dan bisa meyakinkan pihak pewawancara.

Contoh Jawaban dari Pertanyaan di atas;

Bookland Coorporate adalah perusahaan yang prestisius untuk seseorang yang menyukai dengan dunia tulis menulis. Kiprahnya belasan tahun dan banyak melahirkan karya terbaik dari penulis tersohor membuat saya tertarik untuk bisa berkiprah dan menjadi bagian pengembang literasi di negeri ini.

5. Apa Kekurangan dan Kelebihan yang Anda Miliki ?

Pihak pewawancara biasanya ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan calon karyawannya. Biasanya pertanyaan ini juga menjadi pertanyaan yang tersulit bagi mereka, jika memang belum mengenal dan mengetahui tentang potensi yang ada dalam diri.

Anda bisa menjawab pertanyaan di atas dengan masing-masing 3 poin kekurangan dan kelebihan. Jawablah tentang kelebihan yang benar-benar Anda kuasai dan berhasil melakukannya.

Sedangkan untuk menjawab kekurangan, jawabalah dengan diplomatis yang disertai dengan cara untuk menyiasati kekurangan tersebut.

Contoh Jawaban dari Pertanyaan di atas ;

Sebagai seorang copy writer yang menjadi bagian dari Divisi Digital Marketing Saya memiliki kemampuan untuk bisa membuat konten-konten menarik dan viral.

Tapi saya kesulitan jika harus bekerja sama dalam sebuah tim. Saya sulit bekerja apabila terlalu ide atau kepala yang menangani konten tersebut.

Namun saya mencoba untuk bisa memperbaiki hal tersebut dan meminta masukkan kepada rekan kerja di satu divisi agar bisa menjadi evaluasi untuk diri sendiri. Saya pun mengikuti berbagai training dan team building agar bisa lebih erat menjalin kerjasama sesama tim.

6. Apa Rencana Anda dalam Jangka Waktu 3-5 Ke depan ?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, ada dua tipe calon karyawan yang menjawab apa adanya. Dalam arti dia pun tidak bisa memprediksi apa yang akan dilakukan di perusahaan tersebut jika belum terjun langsung.

Namun, bukan berarti harus menjawab apa adanya dengan menjawab bingung, belum tahu, atau tidak menjawabnya sama sekali. Adapun yang perlu dilakukan adalah jawablah dengan alasan yang realistis agar pihak pewawancara pun bisa paham dan mengerti akan hal tersebut.

Tipe lain adlaah, ada calon karyawan yang memang menggunakan kesempatan tersebut untuk menceritakan visi dan misi yang akan dicapai di perusahaan tersebut lewat posisi yang diembannya.

Contoh untuk Jawaban di atas;

‘’ Menjadi Seorang penulis adalah passion saya. Tetapi dalam 3-5 tahun mendatang sayang senang bila bisa dipercaya untuk mengelola atau bisa turut serta membesarkan cabang dari perusahaan ini agar semakin maju dan berkembang lagi.’’

‘’Saya belum ada gambaran yang pasti untuk 3-5 tahun kedepan di perusahaan ini, tetapi saya memiliki mimpi untuk bisa menjadi tim yang bisa membawa nama perusahaan ini lebih baik lagi di masa yang akan datang lewat kemampuan yang saya miliki.’’

7. Berapa Gaji yang Anda Inginkan ?

Pertanyaan ini pasti akan selalu ditanyakn oleh perusahaan, namun ada pula perusahaan yang menanyakan bagian ini ketika memang benar-benar pasti akan memilih Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Rata-rata setiap calon karyawan yang melamar ke perusahaan lain salah satu alasannya karena ingin mendapatkan penghasilan yang lebih baik. Karena itulah, saat pewawancara menanyakan hal ini jawabalah dengan bijak.

Adapun sebelum menjawab pertanyaan ini ada baiknya untuk mencari tahu, perbandingan gaji dari perusahaan serupa, sebelum Anda ingin bernegosiasi dalam hal nominal tersebut.

Contoh Jawaban untuk pertanyaan di atas ;

‘’ Saya tidak memiliki Jumlah gaji yang khusus, tetapi gaji saya sebelumnya Rp 5juta sampai Rp 6 juta beberapa tahun terakhir.’’

“Sebelum saya memberikan penawaran gaji, bisakan Anda jelaskan lagi tentang tanggung jawab dan target pada posisi ini?” Dengan begitu, Anda bisa menilai apakah gaji yang diberikan perusahaan sebanding atau tidak dengan tanggung jawab dan tugas yang diemban.

8. Kapan Anda Bisa Bergabung dengan Tim Kami ?

Pertanyaan ini fleksibel dan tergantung dengan kondisi Anda. Jika Anda serius untuk Pindak kerja, namun masih terikat kontrak di perusahaan yang lama berikan jawaban durasi minimal untuk And amengurus pengunduran diri dan menyelesaikan pekerjaan di perusahaan yang lama.

Ketika tim pewawancara menanyakan hal ini, berarti memang sudah memutuakn bahwa Anda memang diterima di perusahaan tersebut. biasnaya durasi waktu yang diperlukan adalah 1 sampai 30 hari.

9. Siapkah Anda Mengikuti Aturan di Perusahaan ini ?

Boleh jadi setiap calon karyawan akan menjawab iya. Namun dibalik pertanyaan ini pihak pewawancara pun boleh jadi menguji keseriusan Anda dan seberapa patuhkah calon karyawannya untuk bisa mengikuti aturan lewat alasan-alasan yang dilontarkan oleh calon karyawan.

10. Apakah Anda Punya Pertanyaan untuk Saya ?

Pertanyaan ini biasanya pun sering dilontarkan oleh pihak pewawancara di akhir wawancara. Ketika ada pertanyaan tersebut, tentu menjadi kesempatan emas bagi Anda untuk melontarkan pertanyaan yang berkaitan dengan kantor atau posisi Anda di perusahaan tersebut.

Baca juga :

Hal ini juga menjadi acuan bagi pihak pewawancara bahwasanya Anda menyimak dan serius untuk menjadi karyawan perusahaan tersebut. Boleh jadi dari pertanyaan yang Anda lontarkan, pihak pewawancara bisa menlanjutkan Anda ke tahap selanjutnya.

Penutup

Nah, itulah dia 10 pertanyaan paling sering ditanyakan saat wawancara kerja. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Semoga sukses.

Scroll to Top