12 Pertanyaan Interview Memukau Merekrut Manajer Proyek

Merekrut seorang manajer proyek bukanlah perkara yang mudah, Anda harus mampu menggali informasi yang mendalam dari daftar pilihan calon manajer. Tentunya merekrut seorang manager ini sama sulitnya dengan merekrut karyawan biasa karena harus benar-benar memiliki kompetensi dibidangnya.

Walaupun sama, ada perbedaan yang cukup mecolok yaitalonu seorang manajer proyek harus mampu memimpin setiap proyek di lapangan dengan sangat baik. Karenanya merekrut manajer proyek harus benar-benar cermat, teliti, selektif dan mendetail.

Dengan cara tersebut, diharapkan manajer mampu menyelesaikan proyek yang ditugaskan kepadanya berjalan dengan lancar dan dengan hasil yang memuaskan. Salah satu cara mendapat kandidat manajer proyek yang baik adalah dengan melakukan sesi wawancara.

Pemilihan pertanyaan yang baik saat interview akan bisa menyeleksi kandidat manajer yang sesuai. Oleh karena itu dibutuhkan pertanyaan interview yang tepat bagi kandidat manajer proyek tersebut.

Nah, pada pembahasan berikut ini akan dibahas mengenai 12 pertanyaan interview yang tepat dan terbaik dalam merekrut manajer proyek. Seperti apakah pertanyaan yang bisa Anda ajukan tersebut ? Ini Dia Ulasannya!

Daftar Pertanyaan yang Bisa Diajukan untuk Merekrut Manajer Proyek

1. Tugas utama apakah yang Anda ketahui dari seorang manajer proyek?

Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui prioritas manakah yang bisa dikerjakan oleh seorang calon manajer proyek. Selain itu Anda bisa mengetahui seberapa jauh mereka mengetahui tentang pekerjaannya sebagai seorang manajer proyek.

Manfaat lain dari pertanyaan di atas adalah untuk mengetahui apakah calon pekerja bisa cocok dengan budaya kerja yang diterapkan di perusahaan Anda.


Biasanya dalam pertanyaan ini bisa dilihat sebuah jawaban yang menentukan cocok tidaknya calon manajer tersebut bekerja di perusahaan Anda.

Contohnya saja, jika perusahaan mengharuskan seorang manajer proyek untuk lebih fokus di lapangan, sedangkan jawaban calon manajer tersebut lebih mengarah kepada pekerjaan di belakang meja, maka bisa dipastikan dia bukan calon yang pas untuk menduduki manajer di perusahaan Anda.

2. Apakah Anda Terbiasa Bekerja Secara Individu atau Bekerja Bersama Team? Apa Alasannya?

Sudah menjadi hal yang lumrah bahwasanya seorang manajer akan memiliki team untuk mengerjakan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya.

Namun, ada pula yang tak terbiasa bekerja dengan team sekalipun sudah menduduki jabatan yang cukup penting di sebuh perusahaan.

Alasan yang diajukan biasanya klasik karena tidak percaya dengan bawahannya.

Namun, pertanyaan di atas wajib untuk diajukan untuk menilai seberapa bisa seorang calon manajer tersebut memperlakukan bawahannya ataupun Anda bisa menilai calon manajer tersebut ketika harus bekerja bersama team.

Jawaban dari calon pekerja akan memperlihatkan kejujuran dan kemampuannya dalam menghadapi masalah-masalah yang timbul dalam pekerjaan.

Sejatinya, seorang manajer proyek dituntut untuk dapat mengatur dan membentuk kelompok kerja yang saling berkesinambungan, sehingga pekerjaan dapat selesai dengan baik.

Jika jawaban dari pertanyaan ini adalah “tidak pernah berbagi tugas atau semua dikerjakan sendiri” Anda perlu mempertimbangkan kembali untuk menerima mereka dalam tim kerja Anda.

3. Sebutkan Tugas yang Tidak Anda Sukai?

Pertanyaan ini juga penting untuk diajukan mengingat setiap orang memiliki ketertarikan dan juga ketidaktertarikan dalam sebuah pekerjaan.

Akan tetapi seorang manajer proyek umumnya akan mengerjakan semua tugas yang diterimanya, baik ia suka ataupun tidak suka. Selama mengerjakan tugas, tentunya harus dilaksanakan secara professional. .

Pertanyaan di atas tentunya memiliki tujuan tersendiri bagi calon manager tersebut, yaitu :
• Bisa melihat pengembangan diri dari calon pekerja
• Bisa melihat bagaimana calon pekerja menyelesaikan persoalan yang dihadapinya
• Bisa mengikuti perkembangan bisnis yang dipimpinnya walaupun secara personal, Ia tidak menyukainya.

Anda bisa mengetahui jawaban yang tidak memuaskan bila calon pekerja memilih-milih pekerjaan dan hanya mau mengerjakan apa yang dia sukai. Dipastikan kandidat yang memberi jawaban ini tidak akan bekerja dengan serius.

4. Bagaimana Cara Anda Bekerjasama dengan Pimpinan?

Seperti yang diketahui bersama seorang pimpinan memegang peranan penting dalam pengambilan keputusan, terutama masalah dana dan regulasi.

Karena hal itulah perlu diketahui bagaimana cara seorang manajer proyek dapat bekerjasama dengan pimpinan atau yang lebih senior untuk kelangsungan sebuah proyek yang dikerjakannya.

Tentunya ketika mengerjakan sebuah proyek diharapkan seorang manajer proyek dapat menjaga hubungan baik dengan mereka yang punya wewenang lebih besar.

Ketika dalam mengajukan pertanyaan tersebut, terindikasi ada seorang calon manajer yang sulit bekerjasama dengan pimpinan maka bisa dipastikan calon manajer tersebut belum layak untuk bergabung dengan perusahaan Anda.

5. Ketika Anda Memiliki Waktu Luang, Apa yang akan Anda lakukan?

Tujuan dari pertanyaan yang diajukan ini untuk melihat bagaimana calon pekerja melakukan tugas mereka. Seseorang yang selalu bekerja di depan komputer mungkin cocok untuk pekerjaan ini.

Seorang manajer proyek terkadang harus melakukan sesuatu di luar kebiasaan mereka. Jadi pastikan calon manajer proyek ini akan cocok dengan pekerjaannya dan sesuai ekspektasi Anda.

Tentunya Anda akan berharap calon pekerja ini akan menggunakan waktu luang dengan sebaik mungkin untuk membuat sebuah inovasi baru yang bermanfaat untuk perusahaan Anda.

Baca juga : Cara Orang Sukses Menghabiskan Waktu Akhir Pekan

Namun, jika jawaban yang dilontarkan tidak sesuai dengan harapan, misalnya lebih baik mengobrol atau bermain sosial media. Maka, calon pekerja tersebut tidak perlu dimasukkan dalam daftar kandidat terkuat penerimaan calon manajer proyek.

6. Cara Kreatif Apa yang Pernah Anda Lakukan untuk Menyelesaikan Sebuah Masalah?

Pertanyaan ini bertujuan untuk memberikan sebuah gambaran akan kemampuan dari para calon pekerja ketika menemui masalah yang terkait dengan pekerjaan mereka.

Maka, untuk mengetahui cara kreatif yang digunakannya adalah dengan menggali informasi tersebut sampai Ia memberikan jawaban yang membuat Anda kagum.

Tanyakan pula pada mereka mengena Fishbone Diagrams, Topi Berpikir De Bono, atau cara lainnya yang biasa digunakan untuk memecahkan sebuah masalah.

Loading...

Cari tahu tentang kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah dari pekerjaan atau kasus yang pernah ditemuinya.

Bagaimana mereka memecahkan masalah yang dihadapi kala itu, akan menunjukkan kepantasan mereka untuk menduduk manajer proyek yang Anda butuhkan.

Jika ada dari mereka yang menjawab,”Saya selalu berusaha menyelesaikan masalah dengan cara saya sendiri tanpa melibatkan tim”, maka Anda boleh melewatkan kandidat ini.

7. Apa yang Anda Inginkan dari Perusahaan Ini?

Ketika calon pekerja menjawab pertanyaan di atas pastinya pertama kali yang akan dilontarkan adalah mengenai gaji atau penghasian yang didapat.

Selain itu ada pula yang menjawab untuk menambahn pengalaman, untuk mengembangkan karier, karena kebangaan bekerja di perusahaan ternama dan lain sebagainya.

Tentunya jawaban yang bagus untuk pertanyaan di atas adalah ketika ada calon manajer yang menyatakan ingin memajukkan atau mengembangkan perusahaan, maka calon karyawan tersebut patut untuk Anda pertimbangkan dengan kuat.

Karena setiap perusahaan mengingkan seorang pekerja yang memiliki loyalitas tinggi, dimana diawali dengan bersama-sama mengembangkan dan juga memajukan perusahaan tersebut.

Dengan begitu, gaji, jabatan, dan lain sebagainya akan senantiasa mengikuti dan didapatkan dengan mudah.

8. Bagaimana Cara Anda Meningkatkan Sebuah Proses Manajemen Proyek di Perusahaan Sebelumnya?

Pertanyaan di atas juga penting untuk dilontarkan untuk bisa mengukur seberapa besar peran yang telah dilakukan calon pekerja Anda ketika bekerja di perusahaan sebelumnya.

Tentunya setiap orang memiliki sejumlah ide kreatif yang bisa dikembangkan menjadi seuatu yang nyata dan bermanfaat.

Jika calon pekerja Anda belum pernah memiliki pengalaman sebelumnya, maka tugas Anda adalah memberikan sebuah contoh kasus yang berkaitan dengan jobdes pekerjaannya.

Mereka yang memberikan ide cemerlang dan juga brilian serta menunjukkan kepantasannya maka layak untuk Anda ajak bergabung dalam sebuah proyek besar di perusahaan Anda.

9. Keputusan tersulit Apa yang Pernah Anda Buat Ketika Menangani Sebuah Proyek?

Seseorang dalam menjalankan sebuah karirnya pasti pernah diuji oleh sebuah pengalaman yang tidak mengenakkan.

Karena itu, cobalh tanya pada calon pekerja Anda mengenai sebuah keuptusan tersulit yang pernah diambilnya.

Dari jawaban yang diungkapkan pastinya bisa diukur dan diketahui tentang kepribadian calon pekerja Anda ketika menghadapi sebuah masalah.

Penanganan dan penyelesaian sebuah masalah penting untuk dimiliki setiap manajer. Karena sejatinya mereka adalah pimpinan di lapangan bagi karyawannya yang lain.

10. Ceritakan Bagaimana Anda Menjadwalkan Proyek dan Menetapkan Batas Waktu Pengerjaannya?

Pertanyaan di atas bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuannya untuk memanage sebuah pekerjaan.

Tentunya Anda akan berharap, calon pekerja tersebut bisa mengerjakan waktu dengan tepat atau sebelum deadline yang ditetapkan.

Artinya dalam dirinya terdapat sebuah menajerial yang baik dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.

Anda boleh untuk tidak berharap kepada calon pekerja, apabila jawaban yang dilontarkan bertele-tele ataupun tidak masuk akal.

11. Apa proyek Anda yang paling sukses?

Biasanya seseorang akan mengingat sebuah momen yang berharga yang pernah dilewatinya atau dicapainya.

Pertanyaan mengenai proyek yang pernah dilakukannya dan sukses dikerjakan ini akan menggali segenap kemampuannya untuk bisa mempertahankan di proyek yang sama atau proyek dengan tantangan yang baru.

Maka, dari sinilah Anda bisa menilai kemampuan terbesar yang dimilikinya serta kekurangan yang ada dalam dirinya.

Setelah itu, maka keputusan diterima tau tidaknya tergantung dari kebijakan Anda selaku pimpinan perusahaan.

12. Apakah Pekerjaan Menjadi Seorang Manajer Proyek ini Layak untuk Dijadikan Sebuah Karier? BerikanPenilaiannya dengan Menggunakan Nilai dari 1-10!

Pertanyaan di atas untuk melihat seberapa pedulikah dirinya menghargai karier yang diembannya.

Anda bisa melihat apakah mereka mempunyai hasrat untuk mengembangkan karier sebagai manajer proyek atau tidak.

Harapan yang besar yang ada pada dirinya biasanya akan berdampak kepada kinerja yang bersangkutan saat sudah resmi direkrut.

Dengan pandangan positif terhadap karier sebagai manajer proyek, maka dia kemungkinan besar akan menjalani pekerjaannya dengan sepenuh hati dan selalu berorientasi kepada hasil.

Sebaliknya, Anda mungkin mendapatkan jawaban yang tidak memuaskan seperti pemberian angka 1, karena si pencari kerja hanya mencari kerja untuk mengisi waktu sementara menunggu kerja yang diharapkan. Anda boleh melewatkan kandidat seperti ini.

Penutup

Menemukan kandidat manajer proyek yang sesuai membutuhkan beberapa pertanyaan interview yang tepat. Sehingga anda akan mendapatkan gambaran yang tepat dari para kandidat.

Contoh pertanyaan interview di atas bisa membantu anda menemukan kandidat yang tepat dalam mengisi posisi sebagai manajer proyek. Selamat mencoba dan semoga mendapatkan kandidat manajer proyek terbaik.

Artikel Terkait :

Loading...