10 Persiapan Mengikuti Job Fair Agar Dipanggil Wawancara

Job Fair merupakan event yang paling dinanti oleh para pencari kerja. Biasanya job fair ini berlangsung selama 3 sampai 7 hari yang diselenggarakan di kota-kota besar Indonesia.

Peserta dari job fair tersebut adalah perusahaan-perusahaan berbagai bidang  maupun lembaga sosial yang sudah memiliki nama yang cukup besar.

Tentunya dengan adanya job fair ini memudahkan para pencari kerja untuk bisa memasukkan surat lamaran kepada perusahaan atau lembaga yang Anda inginkan.

Event ini tentunya sangat efektif untuk dilaksanakan, mengingat calon pekerja tak perlu lagi berkeliling perusahaan yang terkadang memiliki jarak yang cukup jauh.

Pada event job fair ini, selain memudahkan Anda untuk bertemu dengan perusahaan yang diinginkan juga Anda kan dihadapi dengan persaingan dari calon pekerja lain yang memiliki tujuan yang sama.

Oleh karena itu, ketika Anda hendak mengikuti event job fair ini harus dalam keadaan siap mental dan persiapan yang cukup matang.

Lalu, persiapan apa saja yang harus dilakukan? Berikut terangkum dalam tips pembahasan 10 Persiapan mengikuti job fair agar dipanggil wawancara. Seperti apakah ulasannya? Ini Dia pemaparannya!

Tips Persiapan Mengikuti Job Fair Agar Dipanggil Wawancara

1. Mempersiapkan CV Terbaik

Tips mengikuti job fair

Curriculum Vitae atau lebih dikenal dengan CV ini merupakan hal yang sangat penting untuk melamar pekerjaan. Pasalnya, CV tersebut akan menentukan diterima atau tidaknya Anda untuk bekerja di sebuah perusahaan.

CV ini berisikan tentang biodata diri Anda dan juga data-data pengalaman Anda dalam bekerja. Oleh karenanya, persiapkan CV tersebut dengan sebaik mungkin. Mulai dari kejelasan nama, alamat, riwayat pendidikan, prestasi, dan juga riwayat pekerjaan yang pernah Anda lakukan.

Namun, hindari pula membuat CV dengan berlebihan hingga mencapai lebih dari 3 halaman. Kuncinya adalah CV tersebut bisa menggambarkan diri Anda secara jelas dan padat.

Selain menjelaskan data diri Anda secara sjelas dan padat, hindari pula penggunaan design CV dengan berlebihan.

Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan CV yang saat ini sudah banyak beredar di media sosial.

Sebelum menyerahkan CV tersebut, sebaiknya periksa terlebih dahulu jangan sampai ada kesalahan huruf yang membuat Anda rugi.

Selain menyiapkan CV dalam bentuk hard copy jangan lupa untuk menyiapkannya dalam bentuk soft copy yang disimpan  di dalam flash disk.

Karena, saat ini banyak perusahaan yang lebih memiliki menggunakan digital untuk segala keperluan recruitement.

Tentunya jika CV Anda menarik dan memenuhi kriteria dari perusahaan, maka Anda memiliki peluang yang besar untuk dipanggil wawancara.

2. Mencari Informasi Job Fair dengan Akurat

cari kerja di job fair

Selain mencari informasi mengenai tempat penyelenggaraan job fair di kota Anda, sebaiknya cari tahu pula tentang perusahaan yang akan ikut serta di event tersebut.

Hal tersebut berguna untuk bisa mencari tahu informasi terlebih dahulu perusahaan-perusahaan yang akan dituju. Bukan suatu yang mustahil, ketika Anda menyerahkan CV kepada perusahaan kemungkinan besar untuk diwawancara akan selalu ada.

Maka, informasi yang Anda dapatkan lebih awal akan sangat membantu Anda untuk lebih siap menghadapi wawancara tersebut.

Baca juga : 9 Website Lowongan Kerja Terpercaya

Pihak HRD yang berada di job fair akan sangat mempertimbangkan Anda untuk diterima kerja, apabila setiap pertanyaan yang diajukkan bisa terjawab dengan baik.

Mencari informasi yang akurat tentang job fair pun akan menghemat waktu Anda sehingga perusahaan yang dituju pun sesuai dengan keinginan Anda sendiri.

3. Berpakaian Rapi dan Sopan

Selain perispaan dari segi CV dan tempat acara, perisapan lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan berpakaian rapi dan sopan.

Baca juga : 5 Setelan Baju Terbaik Wanita Saat Wawancara Kerja

Anda bisa menggunakan pakaian rapi, sopan, dan juga terbaik. Pakailah pakaian yang memang biasa Anda gunakan untuk mencari kerja.

Penampilan Anda yang menunjang pun akan menjadi daya tarik sendiri bagi HRD yang berjaga di job fair tersebut.

Jangan sesekali menggunakan pakaian santai, karena akan dianggap seperti menyepelekan atau tidak ada tekad yang kuat untuk bisa bekerja di perusahaan yang Anda inginkan.

4. Membawa Perlengkapan Pendukung

Setelah siap dengan hard copy CV, jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang mendukung lainnya seperti alat tulis, softcopy CV, laptop, KTP, fotocopy ijazah dan perlengkapan lainnya yang memang menunjang keperluan Anda untuk mengikuti job fair.

Membawa perlengkapan pendukung di atas sifatnya wajib terlebih jika Anda belum mengetahui kondisi saat job fair. Perlengkapan pendukung tersebut, bisa jadi bahan cadangan utama yang Anda perlukan di saat kondisi-kondisi urgent yang tidak menentu.

Jika perlengkapan pendukung tersebut Anda bawa, tentu saja kesempatan untuk diwawancara akan terbuka lebar. Karena Anda memiliki persiapan yang cukup matang dibandingkan peserta job fair lainnya.

5. Istirahat Lebih Awal

Lagi-lagi, Anda harus menanamkan sebuah mindset bahwasannya datang ke sebuah job fair adalah sebuah peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan.

Oleh karena itu, selain harus menyiapkan diri dari segi pakaian dan juga CV yang terbaik. Anda harus menyiapkan diri dari segi fisik. Hal tersebut bisa dimulai dengan istirahat lebih awal.

Seperti yang diketahui bersama, bila Anda istirahat lebih awal akan membuat Anda lebih fresh dan sehat di pagi hari. Jika Anda bergadang tentu saja akan membuat wajah tidak fresh dan mempengaruhi mood serta konsentrasi Anda.

Tentu, Anda tidak ingin gagal dalam wawancara bukan? Oleh karenanya, berusahalah untuk tidur lebih awal agar bisa bangun lebih cepat dan bisa berburu job dengan fit.

Selain istirahat lebih awal, jangan lupa untuk sarapan terlebih dahulu jika memang ingin datang ke tempat job fair lebih pagi. Sarapan ini sangat berguna untuk bisa meningkatkan konsentrasi Anda selama mencari pekerjaan di job fair.

Apabila pihak HRD perusahaan yang Anda tuju melihat Anda terlihat fresh dan fit, maka bisa jadi Andalah orang yang dicari oleh perusahaan tersebut. Karena selain melihat kualitas dan riwayat pekerjaan mereka pun melihat penampilan fisik Anda.

6. Ramah Pada Orang Lain

Untuk bisa menarik perhatian orang lain terutama pihak HRD perusahaan yang dituju sebaiknya Anda harus bersikap ramah. Tentu saja dengan memasang wajah ramah tersebut, bisa membuka pintu rezeki Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Secara manusiawi, Tak akan ada yang nyaman melihat ataupun dekat-dekat dengan orang yang memiliki muka masam atau tak bersahabat. Oleh karena itu, jangan lupa untuk bersikap ramah.

Bersikap ramah ini tidak hanya ditujukkan kepada pihak HRD perusahaan, melainkan kepada sesama calon pekerja yang notabenenya adalah saingan Anda. Boleh jadi, dengan sikap ramah tersebut Anda bisa mendapatkan teman yang cocok dengan Anda.

Selain menunjukkan sikap ramah, tunjukkan sifat optimis Anda ketika bertemu dengan orang lain. Tentu hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri untuk bisa dipanggil wawancara saat job fair.

7. Latih Kemampuan Berbicara Anda

Kemampuan berbicara ini merupakan skill yang harus dimiliki oleh setiap orang. oleh karena itu, jika Anda memiliki kekurangan dalam hal tersebut tak ada salahnya untuk melatih kemampuan berbicara tersebut.

Kemampuan berbicara tentunya sangat berpengaruh terhadap penilaian pihak HRD perusahaan. Maka agar berjalan dengan lancar, Anda harus melatih kemampuan berbicara Anda dimulai dari menjawab pertanyaan wawancara yang biasa untuk ditanyakan.

Latihan berbicara ini bisa dilakukan dengan teman atau sanak saudara Anda. Bisa pula dilakukan sendiri dengan menghadap ke cermin untuk melihat penampilan Anda seluruhnya.

Selain pertanyaan wawancara, Anda pun bisa berlatih untuk menyapa atau membuka kalimat awal yang baik. Dengan seringnya berlatih, maka akan membuat Anda terbiasa ketika mengikuti job fair.

8. Selektif dalam Memasukkan Lamaran ke Perusahaan

Pada event job fair tersebut pastinya akan banyak sekali perusahaan yang ikut serta. Dengan banyaknya perusahaan tersebut terkadang membuat pelamar kebingungan dan memasukan lamarannya dengan asal.

Tentu saja, bila Anda memasukkan lamaran dengan asal maka peluang Anda untuk dipanggil wawancara akan sangat kecil. Hal tersebut terjadi dikarenakan bisa saja perusahaan tersebut tidak sedang mencari posisi yang Anda ajukan.

Oleh karenanya, masukkan lamaran yang sesuai dengan passion  atau pengalaman Anda ketika bekerja. Selektif dalam memasukkan lamaran tentunya akan membuat peluang yang cukup besar untuk bisa dipanggil wawancara ketika mengikuti job fair.

9. Percaya Diri

Walaupun ada beratus-ratus pengunjung yang datang ke event job fair, tetap saja Anda harus memiliki rasa percaya diri.

Bila rasa percaya diri tak Anda miliki, jangan heran bila pihak HRD perusahaan yang Anda tuju hanya akan melirik sekilas  CV Anda tanpa ada follow kedepannya.

Rasa percaya tersebut tentunya bisa timbul ketika Anda sudah melakukan dan mempersiapkan point-point di atas.

Baca juga : 15 Cara terbaik meningkatkan kepercayaan diri

Namun, harus diingat rasa percaya diri tersebut jangan sampai membuat Anda sombong dan lupa diri. Jika hal tersebut terjadi, tentu saja akan menggagalkan Anda untuk dipanggil wawancara.

10. Berdoa

Tak ada usaha yang sukses bila tak diiringi dengan berdoa. Oleh karenanya sebelum dan sesudah menyerahkan lamaran berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk diberikan yang terbaik.

Jika memang sudah menjadi rezeki Anda, maka segala sesuatunya akan dimudahkan termasuk dalam hal wawancara.

Selain berdoa, jika Anda seorang muslim bisa terlebih dahulu untuk melakukan shalat dhuha. Dimana shalat tersebut bisa membukakan pintu rezeki dengan seluas-luasnya.

Jika Pekerjaan tersebut belum menjadi rezeki Anda, yakinlah akan ada rezeki lain  yang lebih besar yang layak untuk Anda dapatkan.

Tips Sukses Wawancara Saat Job Fair

Saat Anda sudah melakukan tips di atas dan ternyata mendapat panggilan wawancara, maka ada beberapa tips yang bisa Anda lukan agar bisa diterima kerja di tempat tersebut yaitu:

1. Jawab Pertanyaan dengan Percaya diri dan Tidak Bertele-tele

Kondisi wawancara saat berada di event job fair tentunya akan sangat berbeda. Bukan saja tidak mungkin, jika kondisi tempat wawancara yang diadakan job fair tidak memadai atau terjadinya kebisingan di tempat tersebut.

Namun, jangan dijadikan alasan justru aat itulah menunjukkan kemampuan Anda lewat jawaban dari pertanyaan HRD perusahaan tersebut. Jawablah pertanyaan dengan percaya diri dan tidak bertele-tele atau berlebihan.

Terlebih jangan pernah ragu untuk menjawab pertanyaan dengan rinci dan sesuai dengan pengetahuan yang Anda miliki.

Setelah wawancara selesai, Anda pun berhak untuk menanyakan hasil dari wawancara yang dilakukan pada saat itu.

2. Miliki Pengetahuan yang Lebih Tentang Posisi yang Anda Lamar

Jika Anda memilihi posisi sebagai marketing atau akunting sebaiknya pelajari terlebih dahulu dasar-dasar pekerjaan dari posisi tersebut.

Boleh jadi, apabila Anda memiliki pengetahuan yang lebih, Pihak HRD pun akan tertarik dan mengajak Anda untuk bergabung dalam perusahaannya.

Selain pengetahuan mengenai posisi yang akan dilamar, ada baiknya untuk mengetahui pengetahuan akan visi dan misi dari perusahaan tersebut.

3. Datang Tepat Waktu

Biasanya ada perusahaan yang memberlakukan sistem walk interview saat pelaksanaan event job fair.

Artinya perusahaan akan menyeleksi calon karyawannya lewat intervew yang lang diadakan saat itu. Pastinya, akan banyak pelamar yang berdatangan untuk bisa menduduki posisi tersebut.

Tetapi walaupun banyak yang mendaftar, peluang Anda untuk mendapatkan posisi tersebut masih terbuka dengan lebar asalkan mau untuk datang tepat waktu sesuai dengan arahan dari perusahaan tersebut.

Semakin awal Anda melaksanakan interview, maka boleh jadi hari itu adalah rezeki Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

4. Berikan Kesan Positif

Selesai wawancara tetap berikan kesan yang positif, salah satunya adalah dengan menjabat tangan pewawancara tersebut. serta berikan senyuman terbaik dan wajah yang ramah ketika selesai diwawancara dan meninggalkan ruangan.

Penutup

Bagaimana sudah siapkah Anda untuk mengikuti job fair terdekat di kota Anda? Ingat tak ada usaha yang berhasil jika tidak diiringi dengan doa.

Maka jalankan keduanya, dan jika Tuhan berkehendak Anda pun akan menduduki jabatan yang diinginkan. Jangan pernah menyerah, karena kesuksesan lain telah menanti Anda di tempat yang terbaik.

Semoga informasi mengenai 10 Persiapan mengikuti job fair agar dipanggil wawancara ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Scroll to Top