Cara Menjawab Pertanyaan “Ceritakan tentang diri Anda” saat Interview

Pertanyaan pertama dalam wawancara kerja biasanya dimulai dengan “Coba ceritakan tentang diri Anda ?”.  Terlihat sederhana, Anda hanya diminta menceritakan tentang diri Anda.

Tapi, tidak setiap orang menganggap pertanyaan ini sederhana, dan memang tidak boleh menganggap pertanyaan ini gampang.

Kenyataanya, ini adalah awal dari seberapa Anda memiliki kompetensi dalam pekerjaan yang sedang Anda lamar.

“Coba ceritakan tentang diri Anda”?

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan wawancara kerja, tentu sudah memiliki jawaban terbaik untuk menjawab pertanyaan ini.

Sebenarnya bagaimana sih cara tepat menjawab pertanyaan coba ceritakan tentang diri Anda? Apa saja yang harus kita ceritakan, dan sampai batas apa kita menceritakan diri kita kepada pewawancara.

Jawaban Pertanyaan ceritakan tentang diri ANda

Mari kita bredel pertanyaan ini poin demi poin agar jelas ;

#1. Pewawancara ingin melihat bagaimana Anda berkomunikasi ?

#2. Pewawancara ingin mengetahui kepribadian Anda secara umum melaui  presentasi pengenalan diri,

#3. Pewawancara ingin mengetahui tentang diri Anda yang berhubungan dengan posisi pekerjaan yang sedang dilamar, bagaimana kompetensi Anda dengan pekerjaan tersebut, bagaimana pengalaman Anda, dan apa visi Anda kedepan.

Mari coba kita belajar dari pengalaman Jessica Pointing,

Beliau adalah pendiri situs the Optimize Guide , bisa menjadi inspirasi anda.

Begini ;  Kita harus benar-benar mempersiapkan diri terkait pertanyan tersebut,  “Anda bukan hanya harus sudah tahu tapi harus hapal dan paham maksud dan jawabannya.

Kenapa ?

Karena ini adalah pertanyaan pertama yang biasanya selalu ditanyakan pewawancara kerja dalam proses interview mereka.  Membangun kesan pertama itu sangat penting,

Jadi, bagaimana cara yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut menurut Jessica Pointing?

(Pertama )

Mulailah dengan melakukan perkenalan singkat seperti nama Anda, asal universitas / sekolah terakhir anda, serta jurusan apa yang Anda ambil.

(Kedua)

Setelah perkenalan, kemudian Anda bisa masuk dengan penjelasan lebih rinci megaskan hal penting dari resume yang sudah Anda buat.

Tidak perlu terlalu panjang dan mendetile, cukup sebutkan beberapa pencapaian yang paling dibanggakan yang sudah Anda buat.

(Ketiga)

Jelaskan secara ringkas mengapa Anda ingin bekerja dalam perusahaan ini ?. Jelaskan dengan spesifik posisi  apa yang Anda lamar.  Pastikan pewawancara mengetahui bahwa skill Anda cocok dengan posisi pekerjaan ini.

Dengan begitu, pewawancara akan yakin bahwa Anda adalah kandidat yang paling tepat dalam mengisi posisi pekerjaan tersebut.

Itu adalah 3 saran dari  ahlinya yang bisa Anda coba gunakan saat menjawab pertanyan wawancara kerja. “Ceritakan tentang diri Anda?”.

Oke,

..selanjutnya kita akan belajar dari CEO dan founder The Muse Alex Cavoulacos dan Kathryn Minshew.

Berikut cara menjawab pertanyaan  “Ceritakan tentang diri Anda”?

Ingat, bahwa pertanyaan tersebut bukan dimaksudkan untuk mengetahui kisah hidup Anda, tapi menceritakan tentang kompetensi dan pengalaman Anda.

ini adalah kesempatan pertama dan sekaligus kesempatan terbaik dalam mendapatkan perhatian serta menjual diri kepada  HRD tentang diri Anda dan mengapa mereka harus memilih Anda untuk mengisi posisi lowongan pekerjaan ini.

Ada formula jitu dalam menjawab pertanyan pertama ini ;

Ceritakan diri Anda  dengan alur periode menceeritakan kejadian saat ini terlebih dahulu, baru ke masa lalu.

Contohnya, jika Anda sedang menceritakan masalah pendidikan , maka  ceritakan dari pendidikan terakhir yang Anda ambil terus sampai pendididikan pertama Anda.

Begitupun jika Anda sedang menceritakan terkait pengalaman pekerjaan, ceritakan dari pengalaman terbaru ke pengalaman lama. (1 tahun yang lau, dilanjut dengan 2 tahun yang lalu dan seterusnya).

Setelah itu, ceritakan tentang masa depan Anda yang berhubungan dengan posisi pekerjan, (ceritakan bahwa  Anda sangat membuuhkan dan menginginkan posisi pekerjaan tersebut, ceritakan kenapa  Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut, dan lain -lain).

Masih kurang jelas, oke saya contohkan lagi yah…

Pewawancara bertanya, “ tolong ceritakan tentang diri Anda”, lalu Anda jawab begini ;

“Saya adalah seorang Accounting, saya sudah terbiasa menangani banyak klien yang potensial.  Pengalaman saya sebelumnya, saya pernah bekerja pada sebuah perusahaan agensi. Saya berada pada salah satu dari tiga brand perusahaan besar bidang kesehatan nasional yang ada di Indonesia. Saya sangat menikmati pekerjaan tersebut, namun saya ingin mendapatkan kesempatan lebih besar dan menggali lebih dalam kemampuan saya di perusahaan kesehatan yang lebih spesifik, in adalah alasan mengapa kenapa saya sangat tertarik untuk bekerja pada Perusahaan ini”.

Jawaban harus fokus pada pengalaman dan skill anda yang relevan dengan posisi lowongan  pekerjan yang sedang dibuka. Ini untuk meyakinkan bagian HRD  bahwa anda adalah kandidat yang tepat mengisi posisi tersebut, karena anda memiliki kemampuan dan pengalaman dibidang tersebut.

Kunci menjawab setiap pertanyaan wawancara adalah rileks, ceritakan hal-hal menarik dari pengalaman anda yang relevan. Anda tinggal menyesuaikan dengan CV yang sudah Anda buat, dalam sesi ini, pewawancara ingin mengetahui lebih banyak tentang Anda.

Penutup

Dalam pertanyaan “coba ceritakan tentang diri Anda”. Anda harus mampu menciptakan suasana rileks, menarik dan nyaman untuk Anda dan pihak pewawancara. Karena pertanyan ini biasanya menjadi pertanyaan pembua interview kerja.

Jadi, buat sebaik mungkin, karena kesan dan jawaban pertama akan menentukan suasana wawancara selanjutnya.

Terkait :

Loading...