13 Tips Menjadi Pemimpin atau Leader yang Disukai Bawahan

Menjadi pemimpin atau leader yang disukai bawahan bukanlah hal yang mudah. Karena selain akan menjadi panutan bawahan, anda juga diwajibkan untuk menguasai beberapa bidang lebih banyak ketimbang yang lain. Seorang leader yang baik juga tidak hanya dinilai baik dari hasil kerjaan, namun beberapa kriteria baik bisa didapat dari pribadi masing-masing pemimpin itu sendiri.

Selain itu menjadi leader yang baik bukan lantas berarti menerapkan sistem monarki absolut. sehingga sesuka hati menyuruh anak buah dan mengambil keputusan sendiri tanpa terlalu ambil pusing pemikiran anak buahnya.

Untuk lebih mengerti bagaimana semestinya menjadi pemimpin atau Leader yang disukai bawahannya, mari ikuti 13 tips dibawah ini :

1. Menjadi pemimpin atau leader yang baik tidak cuek dan pelit

Yang dimaksudkan adalah di saat anda berpapasan dengan bawahan di luar kantor jangan ragu untuk menegur terlebih dahulu. Selain itu jika sekiranya ada bawahan yang membutuhkan bantuan dalam pekerjaan atau hal lain, setidaknya tunjukan rasa peduli anda. Banyak cara untuk menunjukkan rasa peduli tersebut, lakukan dengan secukupnya dan pastikan itu membuat nyaman bawahan anda.

2. Menjadi pemimpin atau leader yang baik selalu mencontohkan disiplin akan waktu

Banyak hal yang bersangkutan dengan waktu tentunya. Semisal jam keberangkatan yang konsisten bisa membuat anda menjadi panutan bawahan anda dengan kedisiplinan tersebut. Hal lain seperti tepat waktu akan selesainya kerjaan juga akan membuat anda disegani dan menjadi contoh baik tentunya. Ketepatan atau kedisiplinan waktu yang terjaga juga akan membuat semua hal menjadi maksimal dalam hasilnya.

 

3. Menjadi leader harus berisikap konsisten dengan peraturan

Ini menjadi sesuatu yang sangat krusial bagi perusahaan. Di saat anda mengesahkan suatu peraturan untuk perusahaan, jangan pernah langgar dan hindari peraturan yang membuat bingung bawahan. Dimaksudkan membuat bingung adalah peraturan yang setengah-setengah atau tidak jelas arah tujuannya. Karena itu justru akan membuat bawahan menjadi kurang respek dengan anda.

4. Menjadi pemimpin atau leader dituntut Bersikap adil

Sangat bereratan kaitan point sebelumnya dengan point nomor empat ini untuk menjadi leader yang dicintai bawahannya. Dimana anda dituntut untuk tidak mendiskriminasi bawahan atau lebih mudahnya bersikap adil kepada semua bawahan.

Jika memang ada yang melanggar atau menyepelekan peraturan, berikan punishment yang sesuai dengan apa yang dilanggarnya. Bersikaplah layaknya anda menjadi seorang hakim di suatu kasus, dimana keadilan menjadi hal mutlak di dalamnya.

Sebagai seorang bos, jangan pernah membeda-bedakan antar karyawan, misalnya lebih respek pada karyawan tetap daripada karyawan kontrak, atau lebih memilih mengangkat karyawan yang lebih anda kenal daripada mengangkat karyawan kontrak menjadi karyawan tetap dengan penilaian prestasi.

5. Pandai membaca situasi

Menjadi pemimpin atau leader yang baik juga diwajibkan selalu bisa mengayomi bawahannya demi mendapatkan situasi kerja yang kondusif. Suatu kejadian, gosip, masalah antar karyawan atau omongan yang belum jelas kepastianya, adalah contoh beberapa hal yang wajib anda ketahui. Karena dengan memahami lingkungan kerja perusahaan, tentunya akan membuat anda lebih mudah berbaur dan mendapatkan karyawan yang konsisten dan loyal dalam hal pekerjaan.

6. Kuasai pekerjaan

Menjadi arti dari menguasai pekerjaan bukan berarti mengharuskan anda mengerti secara detail semua bidang pekerjaan yang ada di dalam perusahaan. Dimaksudkan di sini adalah kenali seluruh aspek inti dari setiap jenis pekerjaan yang ada di dalam perusahaan. Supaya jika suatu saat ada bawahan yang bertanya, setidaknya anda bisa menjawab inti dari aspek yang dimaksud.

7. Lakukan komunikasi dan interaksi dengan baik

Seorang pemimpin atau leader juga harus selalu bisa ramah dengan siapa pun yang berada dikantor. Misal suatu waktu kunjungi meja kerja atau ruangan kerja bawahan dan lakukan perbincangan sederhana agar bawahan tidak terlalu jenuh. Apabila anda memiliki waktu senggang lain cobalah ajak bawahan secara bergantian makan siang bersama atau sekedar minum kopi untuk saling mengenal lebih dalam.

8. Sebagai Pemimpin, berikan bimbingan akan instruksi yang anda berikan

Bermaksud untuk mengurangi terjadinya miss komunikasi atau kesalahan non teknis dalam pekerjaan, tentunya hal ini wajib anda lakukan. Untuk menjadi pemimpin atau leader yang baik, selalu berikan penjelasan lebih kepada bawahan agar mereka bisa mengerjakan instruksi anda dengan baik. Karena tidak semua bawahan anda memiliki daya tangkap yang sama dalam melakukan suatu instruksi.

9. Buang jauh perilaku atau kebiasaan buruk

Suatu hal yang sebenarnya tidak hanya harus dilakukan jika menjadi leader, melainkan semua orang termasuk tak terkecuali karyawan lain di dalam perusahaan tersebut. Namun tentunya itu harus dimulai dari diri anda sebagai leader. Karena dengan anda membuang jauh perilaku buruk yang berarti negatif tersebut, tentu akan membuat bawahan mencontohnya. Karena pasti bawahan yang baik bermula dari leader yang baik pula.

10. Berikan apresiasi atau reward

Untuk menjaga kestabilan kerja yang memuaskan tentunya apresiasilah yang akan berbicara. Apresiasi atau reward yang tepat diberikan kepada bawahan yang layak mendapatkan ,tentunya akan selalu membuat hasil kerja atau target perusahaan tercapai dengan maksimal.

Setiap apresiasi juga sebaiknya diimbangi dengan porsi kerja atau target yang masuk akal. Dimaksudkan seperti target yang pantas untuk didapatkan, tidak hanya sesuai kemauan pribadi tapi harus tetap berpedoman akan hal yang bersangkutan dengan target tersebut. Dalam kata lain tidak mustahil untuk diraih.

11. Menjaga sikap tegas

Seorang leader yang selalu mengayomi karyawan bukan berarti menghilangkan ketegasannya. Karena bagaimanapun juga ketegasan dalam memimpin tetap diperlukan seorang leader itu sendiri. Bersikap tegas juga akan membuat bawahan meyakini anda sebagai seorang pemimpin yang baik dan bertanggung jawab.

12. Tetap kekerja dengan tim

Dalam pengambilan keputusan atau suatu kebijakan yang baru tentunya suara terbesar ada pada anda seorang leader. Namun bukan berarti semua itu menjadi semenang-menang di mata karyawan lain. Untuk menjadi leader yang baik, wajib untuk selalu menjaga kekompakan bawahan.

Untuk itu dalam semua keputusan atau kebijakan baru yang bersangkutan dengan perusahaan wajib di timang dan didiskusikan dengan tim yang anda percayai. Dengan begitu tentunya akan selalu menjaga keutuhan perusahaan baik dari pondasi maupun atapnya.

13. Menerima masukan dengan baik

Yang terakhir ini yang terkadang anda hiraukan sebagai seorang leader. Kritik yang masuk maupun saran yang sederhana sekalipun, sebaiknya jangan pernah anda abaikan begitu saja. Terima dan cerna dengan baik demi terbentuknya jati diri leader yang baik pula tentunya. Karena semua itu termasuk dalam perjalanan anda menjadi leader yang akan dicintai karyawan.

Dengan tetap menjaga konsistensi dalam setiap langkah yang diambil, yang berarti sebagai seorang pemimpin yang baik seorang leader harus selalu bertujuan untuk kemakmuran orang banyak dalam hal ini bawahan anda.

Sebagai pemimpin yang baik, usahakan selalu berikan kontribusi dengan maksimal dan berusaha selalu menjadi yang terbaik untuk perusahaan anda. Namun jika masih saja ada yang tidak suka akan langkah, keputusan, atau kebijakan yang anda ambil jadikanlah itu sebagai bonus dalam kehidupan anda.

Satu hal lagi yang perlu anda ketahui untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Jangan pernah anggap karyawan anda sebagai orang yang bisa anda suruh tiap kali anda butuhkan. Karena perlu anda ingat, mereka juga manusia sama seperti anda yang memiliki daya dan kemampuan yang tidak lepas dari kekurangan.

Semoga artikel “Tips Menjadi Pemimpin atau Leader” dapat menambah wawasan anda kelak jika menjadi leader dan bermanfaat untuk diterapkan nantinya.

Simpan

Terkait :