Hari Senin Datang, 7 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

meningkatkan produktivitas kerja

Bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja? Hari senin bagi sebagian orang adalah hari yang tidak menyenangkan. Mengapa tidak, karena di hari tersebut menjadi awal pekan setiap orang untuk menjalankan rutinitas seperti biasanya. Entah itu sekolah, bekerja, dan aktivitas lainnya.

Tidak heran, orang yang mengeluhkan hal tersebut selalu ingin bertemu dengan hari sabtu atau minggu. Karena hari tersebut merupakan hari libur dimana semua orang memanfaatkan waktunya untuk bersantai atau berkumpul bersama keluarga.

Tentunya anggapa bahwa hari senin adalah hari yang membuat malas bekerja ini harus dihilangkan. Karena akan merugikan diri sendiri, mengingat dalam setahun Anda akan menemui hari senin sebagai 52 kali.

Bila 52 hari tersebut dipakai untuk mengeluh atau bekerja tidak produktif, boleh jadi Anda kehilangan masa-masa yang produktif yang sebenarnya bisa dioptimalkan untuk menunjang karier atau memperluas rezeki Anda.

Nah, agar hal tersebut tidak terus-terusan terjadi maka harus ada perubahan yang berarti agar Anda lebih produktif. Bila Anda masih kesulitan untuk membangkitkan rasa semangat dan produktif tersebut, berikut akan kami paparkan mengenai 5 cara produktif dalam bekerja. Dan berikut ulasannya!

Tips Cara Membuat Kerja Lebih Produktif di Hari Senin

cara meningkatkan produktivitas kerja
Ilustrasi produktivitas

Hari senin bagi seseorang yang memiliki waktu rutinitas pasti akan menjadi hari yang menakutkan. Label tentang hari senin ini pun diperkuat dengan konten-konten yang ada di media sosial atau boleh jadi terpengaruh pula mindset lingkungan.

Jika Anda masih berpikir bahwa hari senin adalah hari yang menakutkan, maka saatnya untuk mengubah mindset tersebut. Lihatlah pola pikir orang-orang sukses yang memanfaatkan harinya untuk bekerja lebih produktif lagi.

Maka, Anda pun bisa mengawali dengan memberikan sugesti pada diri sendiri bahwa hari senin adalah hari yang menyenangkan. Hari senin adalah hari dimana Anda akan mengawali sebuah kesuksesan serta hari senin adalah hari dimana Anda akan kembali bertemu dengan tantangan baru yang memicu adrenalin Anda.

Bila Anda sudah memberikan sugesti di atas secara berulang-ulang tanpa pengaruh orang lain. Maka langkah berikutnya adalah lakukan tips berikut ini:

1. Bangun Lebih Awal

Hari senin adalah waktu yang tepat untuk Anda bangun lebih awal. Setelah di akhir pekan Anda bukan lebih siang, tentunya Anda harus menjemput kesuksesan di hari senin dengan bangun pagi.

Banyak yang mengatakan, orang yang sukses itu selain memiliki waktu tidur yang sedikit juga pasti bangun lebih pagi karena mereka ingin menjemput kesuksesan tersebut dengan segera.

Bila Anda salah satunya, tentu akan mempersiapkan diri untuk bangun lebih awal. Bangun pagi selain baik untuk kesehatan juga Anda memiliki banyak waktu untuk menyiapkan segala keperluan sebelum ke kantor.

Contohnya seperti, memasukkan atau memeriksa kembali barang-barang yang akan di bawa ke kantor terutama dokumen atau file yang penting untuk keperluan rapat. Selain itu bisa pula menyiapkan sarapan untuk keluarga Anda atau menyiapkan bekal untuk keluarga tercinta.

Selain bisa menyiapkan bekal, Anda pun bisa berangkat ke kantor tanpa harus mengalami macet. Bila sudah bangun telat dan terkena macet sesampainya di kantor pun mood Anda untuk bekerja akan menurun.

Tentunya dari persiapan yang matang dan terencana ini kesuksesan pun akan semakin dekat dan bisa Anda raih.

2. Berolahraga

Bila Anda sudah terbiasa untuk bangun lebih awal, maka jangan lupa untuk menyempatkan waktu untuk olahraga. Lawan rasa dingin dan malas yang kerap membuat diri malas untuk bergerak.

Olahraga yang dilakukan bisa dengan lari mengelilingi komplek, push-up dan sit up, jalan kaki ke kantor apabila dekat dengan tempat tinggal, bila tidak sempat di rumah, Anda pun bisa melakukannya di kantor dengan cara naik tangga ke ruangan dan tidak menggunakan lift.

Tentunya bila tubuh Anda sehat dan bugar, maka akan mempengaruhi produktivitas Anda dalam bekerja.

3. Bersyukur

Cara berikutnya agar kerja bisa semakin produktif adalah dengan bersyukur. Bersyukur pada yang Maha Kuasa karena masih diberikan sehat untuk bisa mencari nafkah bagi keluarga Anda.

Syukur selanjutnya karena Anda bisa bekerja dan berkarya. Sedangkan di luaran sana, boleh jadi ada yang tidak seberuntung ada dalam mendapatkan pekerjaan dan juga kesempatan.

Apabila hari senin sering menjadi keluhan utama Anda sehingga menurunkan produktivitas dalam bekerja, sebaiknya cek kembali apakah Anda sudah bersyukur atas karunia yang diberikan oleh-Nya?

Syukur itu memang abstrak, namun nyata tindakan dan juga perbuatannya. Maka dari itu, sebelum Anda mengeluh tentang pekerjaan, coba hitung berapa besar nikmat hidup yang Anda terima?

Bila Anda sering bersyukur, tunggulah keajaiban yang akan menghampiri Anda . Dan yang pasti pekerjaan Anda pun semakin mudah untuk dikerjakan.

4. Datang Ke Kantor Lebih Pagi

meningkatkan produktivitas kerja
Berolahraga untuk meningkatkan produktivitas

Apabila Anda sudah bisa bangun pagi namun tak sempat untuk berolahraga, maka alangkah baiknya untuk datang ke kantor lebih pagi.

Datang ke kantor lebih pagi itu menyenangkan karena Anda tidak akan terkena macet dalam perjalanan, bisa menyapa rekan-rekan di kantor, dan yang terpenting ada jeda waktu berpikir untuk mengerjakan pekerjaan apa saja yang akan dilakukan pada hari itu.

Datang tepat waktu ke kantor pun bisa menambah poin positif di mata atasan Anda. Boleh jadi dengan seringnya Anda datang ke kantor lebih pagi, mengantarkan Anda sebagai karyawan teladan.

5. Menyusun Agenda Kerja Selama Satu Pekan

Karena hari senin merupakan awal untuk memulai beraktivitas, maka agar semakin produktif dalam satu pekan tersebut, Anda bisa menyusun sebuah agenda kerja.

Dengan tersusun rapi dan terencana, maka sangat kecil kemungkinan terjadinya kelalaian mengerjakan pekerjaan.

Agenda kerja yang bisa Anda susun misalnya dengan merapihkan jadwal pertemuan dengan mitra, membuat proposal, meeting, dan lain sebagainya.

Selain tugas yang tidak terlalaikan, Anda pun bisa menuntaskan pekerjaan tanpa harus diburu-buru waktu. Dan akhir pekan pun bisa diisi dengan santai tanpa ada gangguan pekerjaan.

6. Nikmati Waktu Libur

Agar kerja Anda lebih produktif, maka yang perlu dilakukan adalah menikmati waktu libur. Gunakan kesempatan libur tersebut untuk menenangkan pikiran dari lelahnya bekerja.

Baca juga : 10 Cara orang sukses menghabiskan waktu akhir pekan

Maka, ketika akhir pekan tiba jangan sampai Anda harus membawa pekerjaan ke rumah. Di rumah keluarga Anda sudah menunggu untuk dipenuhi haknya.

Manfaat menikmati waktu libur ini bisa membangkitkan produktivitas Anda dalam bekerja. Oleh karena itu, isilah dengan kegiatan yang bisa menenangkan pikiran dan hati Anda.

7. Ciptakan Peraturan Baru di Kantor

Bila Anda memiliki jabatan tertentu atau memiliki forum kritik dan saran di sebuah perusahaan. Tak ada salahnya untuk membuat sebuah peraturan baru yang menarik di hari senin.

Baca juga : 15 Cara jitu menata ruang kerja agar nyaman

Contohnya saja, setiap hari senin semua karyawan diperbolehkan untuk datang ke kantor Pkl 10.00. atau bisa pula dengan memulangkan karyawan lebih cepat pkl 14.00.

Selain itu bisa pula dengan menerapakan olahraga bersama setiap senin atau hari senin dijadwalkan untuk kegiatan meeting saja.

Tentunya peraturan di atas harus disetujui oleh semua pihak terutama oleh yang berwenang atas pengambilan keputusan.

Bila ada sebuah terobosan baru yang lebih menarik tentu saja hari senin bagi karyawan adalah hari yang sangat dinantikan. Dengan begitu, produktivitas kerja karyawan pun akan semakin berkembanng dengan baik.

Tips Bekerja dengan Efisien

Bila Anda sudah melakukan tips di atas namun belum bisa mengerjakan pekerjaan dengan efisien sehingga sering terbengkalai, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tentang tipsnya yang akan dipaparkan di bawah ini. Karena bila tidak efisien pun akan mempengaruhi produktivitas Anda dalam bekerja.

• Bijak Mengatur Waktu

Bijaklah untuk bisa mengatur waktu lebih efektif, agar Anda bisa menyelesaikan pekerjaan ditengah kesibukan. Artinya jangan sampai menunda-nunda pekerjaan padahal di waktu tersebut bisa untuk dikerjakan.

Apabila tidak dilakukan dengan bijak, maka pekerjaan pun akan menumpuk dan boleh jadi pekerjaan tersebut dikerjakan di saat liburan.

• Hindari Multitasking

Apakah Anda sering mengobrol saat bekerja? Atau sempatkah Anda untuk membuka media sosial disela-sela pekerjaan? Jika Iya, mari ubah kebiasaan multitasking tersebut agar pekerjaan Anda bisa diselesaikan dengan cepat.

Tentunya hal ini berlaku bagi Anda yang pekerjaannya tidak ada kaitannya dengan media sosial. Cobalah untuk mendisplinkan diri antara bekerja dan juga melakukan aktivitas lain selain pekerjaan.

Hal ini bila diterapkan akan membuat Anda fokus dan pekerjaan pun bisa cepat untuk diselesaikan.

• Bekerja di Ruangan yang Kondusif

Bila Anda tipe orang yang tidak bisa bekerja di suasana yang ramai, maka carilah ruangan yang memang kondusif untuk bisa menyelesaiakan pekerjaan.

Bila perlu carilah ruangan yang sepi sehingga Anda bisa fokus dan berkonsentrasi penuh untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

• Jangan Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan artinya menunda pula untuk berlibur. Pasti Anda sudah sering mendengar tentang pantun “berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian” “bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”.

Artinya, untuk mencapai kesenangan atau apa yang Anda inginkan maka perlu pengorbanan terlebih dahulu. Nah, jika Anda memang ingin menyelesaikan pekerjaan tepat waktu maka harus dikerjakan segera mungkin.

• Menyicil Pekerjaan

Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Apakah Anda setuju dengan kalimat tersebut? Jika Iya, maka hal tersebut juga berlaku untuk pekerjaan Anda. Bila dirasa cukup banyak, maka Anda harus menyicilnya di waktu yang senggang sebelum bertemud engan “deadline”.

• Tidak Mengandalkan Orang Lain

Dunia kerja bukanlah dunia yang main-main. Karena setiap orang akan diberikan beban pekerjaan sesuai dengan kapasitasnya.

Oleh karena itu, ketika Anda bekerja jangan terlalu sering mengandalkan orang lain. Artinya menunggu orang lain untuk membantu padahal bisa dikerjakan sendiri. Karena boleh jadi orang yang Anda andalkan pun memiliki tanggung jawab yang lebih besar.

Mengandalkan orang lain berlaku ketika memang Anda harus bekerja dengan tim karena dalam sebuah tim pasti memiliki kemampuan yang berbeda dan bisa saling melengkapi.

Penutup

Bagaimana Anda siap untuk menghadapi hari senin dengan suasana dan mindset berbeda? Tentunya Anda harus siap karena ketika diberikan sebuah tanggung jawab, maka harus memiliki cara untuk bisa mengatasi rasa bosan dan juga malas menghadapi hari senin.

Bila rasa malas dan bosan melanda, ingatlah satu hal ! Bila bekerja karena ingin menafkahi keluarga, maka Anda harus menjauhi rasa bosan dan malas tersebut. Penuhi haknya karena mereka adalah tanggung jawab Anda.

Semoga bermanfaat!

Scroll to Top