10 Cara Jitu Menghilangkan Jenuh Saat Kerja Agar Terus Semangat

Melakukan aktivitas sehari-hari yang monoton bisa berakibat bosan dan jenuh. Hal tersebut biasanya kerap menimpa para pegawai kantoran yang memang setiap harinya bekerja selama kurang lebih 8 jam.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya jenuh saat bekerja, yaitu antara lain karena pekerjaan yang terlalu banyak dan terlalu sedikit, melakukan pekerjaan yang monoton, job desk pekerjaan yang tidak berkembang, dan faktor lain sebagainya.

Jika hal tersebut didiamkan maka akan berakibat buruk pada perusahaan dan juga karir Anda di tempat bekerja.

Tetapi tak perlu khawatir karena permasalah bosan dan jenuh tersebut dapat diatasi dengan melakukan hal-hal berikut ini yang terangkum dalam pembahasan 10 Cara Menghilangkan Jenuh Saat Kerja. Seperti apakah pembahasannya? Ini Dia ulasannya!

1. Mengambil waktu cuti yang dimiliki

Selain libur akhir pekan, Anda bisa mengambil cuti. Ambilah cuti yang langsung pararel dengan akhir pekan. misalnya ambilah cuti 3 hari dari hari rabu-jumat. Sehingga Anda bisa menghabiskan waktu cuti bersama waktu akhir pekan secara bersamaan.

Cara menghilangkan jenuh saat kerja yang pertama adalah mengambil waktu cuti. Dengan memanfaatkan waktu cuti tersebut untuk travelling, bersantai di rumah bersama keluarga, kumpul dengan sahabat-sahabat, mengeksplor hobi yang Anda sukai, dan lain sebagainya.

Hanya saja untuk mengambil waktu cuti ini hanya bisa dilakukan oleh para karyawan yang sudah setahun lebih bekerja di perusahaan tersebut. Waktu cuti yang biasanya ditetapkan oleh perusahaan dalam waktu tiga hari ataupun seminggu lamanya.

Namun, penetapan tersebut tergantung kebijakan perusahaan serta jenjang karir dari karyawan tersebut.

Dengan memanfaatkan waktu cuti yang dimiliki bisa menimbulkan efek hilangnya bosan atau jenuh saat bekerja.

Karena itu, ketika Anda cuti sebaiknya matikan telepon seluler Anda atau sesuatu yang berkenaan dengan pekerjaan. Jangan lupa pula ketika akan mengambil cuti, sebaiknya selesaikan dahulu pekerjaan yang telah ditugaskan oleh atasan Anda.

Hal tersebut sangat berguna untuk menghindari tumpukan pekerjaan selepas Anda mengambil cuti.

2. Terus belajar ilmu baru

cara menghilangkan jenuh saat bekerja

Tak ada salahnya bila Anda mempelajari ilmu baru yang sekiranya bisa membuat Anda tertantang untuk mengerjakannya. Ilmu yang baru tersebut bisa dipilih sesuai dengan minat dan keinginan Anda.

Alangkah lebih baik jika ilmu baru yang Anda pelajari tersebut bisa diaplikasikan di tempat Anda bekerja sehingga tidak akan menjadi ilmu yang sia-sia.

Contohnya saja, Anda bisa mempelajari ilmu public speaking agar semakin percaya diri ketika presentasi di depan atasan atau klien Anda. Kemudian bisa juga dengan belajar  ilmu bahasa asing yang bisa membantu Anda untuk bertemu atau bekerja sama dengan klien orang asing.

Intinya, mempelajari ilmu yang baru ini adalah  untuk  menghilangkan jenuh saat kerja. Jadi, pastikan agar ilmu baru tersebut tidak menambah kejenuhan Anda melainkan Anda merasa bersemangat dan ingin terus bereksporasi terhadap ilmu baru yang dimiliki.

3. Terus eksplorasi kreativitas Anda

Salah satu faktor bosan dan jenuh yang menimpa seorang pegawai biasanya dikarenakan pekerjaan yang monoton dan harus sesuai dengan standar operasional perusahaan atau dikenal dengan nama SOP.

Nah, jika bosan dan jenuh tersebut sudah sangat “menganggu” konsentrasi Anda dalam bekerja maka yang perlu Anda lakukan adalah mengeksplor kreativitas yang Anda miliki kemudian diaplikasikan dalam pekerjaan Anda.

Contohnya saja bila Anda bekerja di bagian marketing dan jenuh untuk mengangkat telepon setiap harinya, maka sesekali Anda bisa memberikan ide untuk bekerja di lapangan membuat event tersendiri dengan mengundang para customer atau target calon customer.

Selain bisa bertatap langsung dengan para customer tersebut, Anda pun bisa menikmati suasana baru dengan bekerja di luar ruangan.

Mengeksplor kreativitas ini pun bisa dilakukan oleh divisi manapun. Asalkan pihak atasan atau perusahaan tidak keberatan dengan ide kreativitas yang Anda miliki.

Dengan begitu mengeksplor kreativitas ini  lambat laun bisa membantu Anda untuk menghilangkan jenuh saat kerja.

4. Bantu rekan kerja Anda dalam pekerjaanya

Cara menghilangkan jenuh saat kerja selanjutnya adalah membantu rekan kerja Anda dalam menyelesaikan pekerjaannya. Tentunya untuk melakukan cara ini terlebih dahulu Anda harus menyelesaikan pekerjaan utama Anda.

Selain itu tawarkan terlebih dahulu bantuan tersebut pada rekan kerja Anda baik itu yang satu divisi atau beda divisi. Karena boleh jadi, rekan kerja Anda tidak perlu untuk dibantu atau memang tidak harus untuk dibantu.

Yang pasti cara menawarkan bantuan ini akan memiliki dampak yang begitu besar untuk Anda. Pertama, menghilangkan kebosanan karena Anda mencoba sebuah “tantangan” baru. Kedua, Anda akan dipandang sebagai rekan kerja yang peduli terhadap rekan kerja lain dan hal tersebut bisa menaiikan reputasi Anda di kantor.

Contoh divisi yang memang bisa untuk Anda bantu adalah divisi marketing yang biasanya selalu menyiapakn proposal atau brosur-brosur produk untuk keperluan di lapangan. Nah, Anda bisa untuk menawarkan diri membantu mereka menyiapkan tools marketing.

Selain divisi marketing, Anda pun bisa membantu bagian customer service untuk melayani pelanggan atau tamu yang datang. Dengan begitu rasa jenuh yang sempat Anda rasakan pun akan hilang dengan sendirinya.

5. Mengubah tatanan ruang kerja Anda

menghilangkan jenuh bekerja dengan mengubah tampilan ruangan

Mengubah tatanan ruang kerja Anda pun masuk dalam kategori cara menghilangkan jenuh saat kerja. Karena boleh jadi, jenuhnya Anda saat itu dipengaruhi oleh ruang atau meja kerja yang monoton sehingga tidak ada semangat dalam bekerja.

Selain itu bisa jadi ruang kerja Anda yang sempit dipenuhi oleh berkas atau barang-barang yang tidak terpakai sehingga mempengaruhi mood Anda saat bekerja.

Jika saat ini, hal-hal tersebut dirasakan oleh Anda dan mengakibatkan jenuh yang berkepanjangan maka solusinya adalah segera untuk mengubah tatanan ruang kerja Anda.

Loading...

Untuk mengubah ruang kerja tersebut bisa dimulai dari meja kerja Anda dengan mengubah tata letak laptop atau komputer, membuang kertas-kertas yang tak terpakai, memeriksa isi laci, dan lain sebagainya.

Agar lebih bersemangat, jangan lupa untuk memasang photo-photo keluarga Anda ataupun menambahkan tanaman hias yang dapat mempercantik meja kerja serta menjaga mood Anda agar tetap bersemangat dan tidak jenuh.

Setelah meja kerja, barulah Anda bisa mulai menata ruang kerja Anda baik itu mengubah warna cat atau mengubah tatanan letak kursi dan meja kerja. Khusus untuk mengubah dekorasi ruangan ini sebaiknya harus disetujui oleh sesama tim divisi dan juga atasan Anda.

6. Mengobrol atau berdiskusi dengan rekan kerja

Mengobrol dan juga berdiskusi merupakan cara menghilangkan jenuh saat kerja yang paling banyak dilakukan oleh para karyawan. Hal ini sangat wajar dilakukan mengingat setiap manusia adalah makhluk sosial yang butuh seseorang untuk sharing, membantu, dan lain sebagainya.

Kegiatan mengobrol untuk menghilangkan jenuh ini tentunya bisa Anda lakukan ketika pekerjaan Anda telah selesai dikerjakan. Dan pastikan pula rekan kerja Anda pun telah menyelesaikannya. Mengobrol dan berdiskusi menjadi salah satu cara berkomunikasi dengan rekan kerja Anda, selain untuk menghapus kejenuhan bekerja, komunikasi juga meningkatkan hubungan positif dengan rekan kerja.

Untuk kegiatan mengobrol ini juga sebaiknya di tempat tertentu yang memang tidak menganggu pekerjaan orang lain. Karena bisa jadi kegiatan mengobrol ini membuat orang lain atau atasan Anda menjadi jengkel.

Tetapi dibalik itu semua, mengobrol dengan rekan kerja Anda bisa mengurangi rasa jenuh, menambah kesolidan, pertemanan, dan saling mengenal dan juga memahami satu sama lain.

7. Membuat atau membeli cemilan

Makanan adalah satu kebutuhan utama dari setiap manusia. Makanan tersebut juga berfungsi sebagai sumber energi yang dapat menjalankan setiap organ-organ dalam tubuh sehingga manusia bisa sehat, terlihat fresh dan sebagainya.

Nah, ketika Anda merasa jenuh saat bekerja boleh jadi Asupan makanan yang Anda peroleh sangat sedikti sehingga sulit untuk berkonsentrasi. Oleh karena itu untuk mengatasinya adalah dengan membuat atau membeli cemilah seperti snack, teh, kopi, sirup, dan lain sebagainya selagi Anda bekerja.

Membuat cemilan ini hampir pernah dilakukan oleh para karyawan ketika sedang bekerja. Dari “asupan” cemilan ini bisa mengubah mood, menghilangkan rasa jenuh, dan juga menambah motivasi kerja Anda ketika bekerja.

Baca juga : 9 Jenis Motivasi Kerja Para Karyawan

8. Menjalankan hobi yang Anda minati

Menjalankan hobi yang Anda minati bisa membantu Anda untuk menghilangkan jenuh saat kerja. Hobi yang Anda minati tersebut bisa dilakukan sebelum bekerja ataupun sesudah Anda selesai bekerja.

Tentunya menjalankan hobi ini akan sangat efektif dilakukan ketika pekerjaan di kantor sedang sepi ataupun ketika Anda sedang berada di titik jenuh.

Menjalankan hobi ini bisa menjadi “terapi” untuk mengembalikan kembali rasa jenuh Anda ketika bekerja. Hobi yang bisa Anda lakukan contohnya seperti bermain futsal, lari, bermain sepeda, renang dan lain sebagainya.

Contoh hobi olahraga di atas biasanya sangat cepat untuk mengusir kejenuhan Anda ketika bekerja karena dengan berolahraga tubuh Anda kan kembali fit dan mengubah mood yang Anda miliki.

Selain hobi dalam bidang olahraga, Anda pun bisa menjalani hobi yang berpenghasilan seperti menulis, melukis, bermain musik, menjahit dan lain sebagainya.

9. Mengerjakan pekerjaan baru yang lebih menantang

Mengambil pekerjaan yang lebih menantang untuk menghilangkan jenuh bekerja

Jika dalam bekerja Anda selalu unggul dan cepat menyelesaikan tak ada salahnya untuk meminta pekerjaan lebih pada atasan Anda.

Karena boleh jadi pekerjaan yang Anda lakukan saat itu “terlalu mudah” sehingga membuat Anda gampang jenuh.

Jika Anda penyuka tantangaan yang baru maka tak ada salahnya untuk berdiskusi dengan atasan Anda agar diberikan tanggung jawab dalam pekerjaan lain.

Tetapi, ada yang harus diingat dan diperhatikan ketika Anda meminta pekerjaan tersebut berarti Anda telah siap menanggung resiko yang akan terjadi. Dan tentu saja Anda harus bertanggung jawab atas apa yang Anda minta.

Jika berhasil, maka apa yang Anda lakukan tersebut bisa berdampak pada percepatan karir Anda di perusahaan tersebut.

Cara menghilangkan jenuh saat kerja ini tentu saja penuh tantangan dan sangat beresiko. Tetapi sangat cocok dilakukan untuk Anda yang sangat menyukai sebuah hal yang baru.

10. Melakukan hal yang positif dan bersyukur

Di dunia ada ragam cara untuk bisa melakukan hal yang positif. Karena dengan melakukannya akan mempengaruhi mood Anda ketika bekerja serta menghhilangkan rasa jenuh ketika bekerja.

Hal positif tersebut contohnya adalah mengikuti pengajian, melakukan acara charity untuk anak-anak yang tidak mampu bersama rekan kerja Anda.

Dengan kegiatan positif tersebut setidaknya mendorong Anda untuk selalu bersyukur akan pekerjaan yang didapatkan.

Boleh jadi, pekerjaan tersebut adalah impian dari orang-orang yang tidak seberuntung Anda.

Baca juga : 10 Cara cerdas menghilangkan rasa kantuk saat bekerja

Penutup

Demikianlah informasi mengenai 10 Cara Menghilangkan Jenuh Saat Kerja. Bagaimana Anda siap melakukannya ?Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk mengatasi rasa jenuh saat bekerja. Selamat mencoba!

Artikel Terkait :

Loading...