9 Tips Menghemat Uang Belanja Bulanan Untuk Karyawan

Anda seorang karyawan, dengan gaji tetap setiap bulan ? Menghemat uang belanja bulanan menjadi strategi jitu mengelola keuangan Anda dan keluarga.

Menjadi karyawan di perusahaan tertentu merupakan suatu hal yang membanggakan bagi setiap orang. Anda pun akan menerima gaji bulanan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, ternyata banyak sekali karyawan yang masih belum bisa mengelola uang dengan baik sehingga mengalami kebingungan di akhir bulan.

Salah satu kunci yang paling jitu agar Anda tidak merasa sengsara di akhir bulan adalah dengan menghemat uang belanja bulanan. Teori saja memang mudah yang sulit adalah menjalankannya. Namun, Anda juga tidak boleh menyerah begitu saja demi kesejahteraan hidup di masa yang akan datang.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara mengelola keuangan yang baik, berikut akan disajikan informasi mengenai 9 tips menghemat uang belanja bulanan untuk karyawan.

Penasaran? Yuk langsung saja intip ulasan menariknya.

#1. Buatlah anggaran bulanan

Mulailah untuk membuat anggaran bulanan Anda. Setiap orang pastinya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, disinilah Anda harus benar-benar pintar dalam mengatur kebutuhan apa yang memang sangat diperlukan dan kebutuhan apa yang tidak terlalu dibutuhkan.

Buatlah anggaran bulanan dengan membaginya menjadi dua kelompok yaitu kebutuhan primer seperti makanan, ongkos untuk bekerja, tagihan listrik, tagihan air, tagihan kendaraan, cicilan rumah, dan lain sebagainya dan juga kebutuhan tersier seperti shopping, hang out, travelling, dan lain masih banyak lagi yang lainnya.

Tips Menghemat Uang Belanja Bulanan Untuk Karyawan

Yang diprioritaskan terlebih dahulu adalah kebutuhan primer karena jika tidak dapat dipenuhi Anda akan merasa kesusahan. Jika memang kebutuhan primer Anda sudah aman dalam waktu satu bulan, barulah Anda bisa menggunakan anggaran kebutuhan tersier untuk bersenang-senang.

Namun, tak perlu mencari hiburan yang berlebihan karena uangnya bisa ditabung untuk masa depan Anda. Hiburan memang penting untuk menyegarkan otak, namun Anda juga harus hemat juga ya.

#2. Segera bayar tagihan Anda

Catatlah segala tagihan yang Anda miliki saat ini karena itu merupakan hal yang sangat penting. Jangan sampai Anda lupa untuk membayar tagihan dan akhirnya Anda yang akan terkena masalah.

Alangkah lebih baik jika Anda membayar semua tagihan pada awal bulan saat baru saja menerima gaji. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari lupa membayar tagihan dan juga mempermudah Anda dalam mengatur keperluan bulanan.

#3. Jangan lupa menabung

Sebagai seorang karyawan tentu saja Anda harus hidup hemat agar tidak sengsara dikemudian hari. Hidup hemat bisa diawali dengan cara menyisihkan gaji Anda untuk ditabungkan. Ya, cara menghemat uang belanja bulanan ini terbukti efektif untuk menekan pengeluaran yang tidak terlalu penting.

Sebenarnya menabung tidak hanya harus dilakukan oleh karyawan saja, Anda yang masih duduk di bangku sekolah pun harus dibiasakan untuk menabung. Hal ini bertujuan agar Anda tidak kesusahan jika suatu saat Anda tidak memiliki uang dan harus membeli keperluan yang mendesak.

Menabung tidak harus banyak-banyak yang penting Anda rajin dan tertib menyisihkan uang setiap bulannya yaitu sehabis Anda menerima gaji. Yuk, budayakan hidup hemat dengan cara menabung dan mulai lakukan investasi pada gaji bulanan Anda.

#4. Buat laporan keuangan harian

Meskipun Anda bukan lulusan di bidang akuntansi, namun membuat laporan keuangan harian merupakan sebuah cara yang wajib untuk diterapkan oleh setiap karyawan. Tentu saja ada banyak sekali manfaatnya jika Anda melakukan cara menghemat uang belanja bulanan yang satu ini.

Catatlah pengeluaran Anda setiap harinya. Tidak perlu membuat catatan yang sangat rapi karena tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut, cukup membuat catatan yang lengkap dan mudah dipahami oleh Anda sendiri.

Dengan melakukan cara tersebut, Anda akan mengetahui kemana saja uang Anda selama ini dan Anda pun dapat menganalisa kira-kira keperluan apa saja yang tidak perlu Anda beli di bulan yang akan datang.

Meskipun cara ini terbilang rumit, namun akan sangat menguntungkan untuk Anda lho. Jadi, pastikan Anda jangan melewatkan cara yang satu ini.

#5. Bijak dalam menggunakan kartu kredit

Kartu kredit bisa saja membantu Anda dalam menghemat uang jika digunakan secara bijak. Misalnya saja kartu kredit digunakan untuk promo barang-barang yang dibutuhkan sehari-hari atau bisa juga digunakan untuk membayar tagihan-tagihan Anda seperti tagihan rumah, tagihan mobil atau motor dan juga tagihan yang lainnya.

Kartu kredit memang dapat memudahkan urusan Anda, namun tidak selamanya demikian karena uang Anda bisa terkuras habis jika menggunakannya secara sembarangan. Penggunaan yang tidak terkontrol justru akan merugikan Anda. Untuk itu, jika memang belum bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak, sebaiknya jangan menggunakannya.

#6. Gunakanlah air dan listrik dengan bijak

Menghemat uang belanja bulanan juga bisa dilakukan dengan cara menggunakan air dan listrik dengan bijak. Meskipun terbilang sepele, namun cara ini wajib Anda lakukan untuk menekan ongkos tagihan air dan listrik.

Matikanlah kran air jika sedang tidak digunakan, matikan juga semua perangkat yang menggunakan daya listrik jika tidak digunakan. Jangan lupa untuk mematikan lampu saat siang hari dan saat akan bepergian. Kebiasaan yang sederhana ini harus diterapkan sedini mungkin untuk menghindari tagihan air dan listrik yang membengkak. Terlebih lagi sekarang listrik daya 900 watt ke atas sedang mengalami kenaikan.

#7. Kurangi penggunaan kendaraan bermotor

Jika tempat kerja Anda dekat dengan rumah atau penginapan, tidak ada salahnya untuk berangkat kerja dengan berjalan kaki. Dengan begitu pengeluaran untuk membeli bahan bakar kendaraan menjadi berkurang. Dengan berjalan kaki, Anda juga tidak akan terjebak macet di jalanan yang bisa mengakibatkan terlambat masuk kerja.

Dengan berjalan kaki, Anda juga turut berpartisipasi dalam mengurangi polusi udara dan menjadikan tubuh lebih sehat. Bagaimana, tertarik untuk mencoba cara menghemat uang belanja bulanan ini?

#8. Gunakan kupon diskon atau promo untuk berbelanja

Tidak perlu malu jika Anda membeli suatu barang yang sedang ada diskon atau promo karena ini merupakan cara menghemat uang belanja bulanan yang paling jitu. Pintar-pintarlah dalam mencari informasi yang berkaitan dengan promo atau diskon mengenai barang-barang keperluan sehari-hari dan juga makanan.

Sekarang ini ada banyak sekali supermarket yang menawarkan kupon diskon ataupun kupon promo untuk pembeli yang sudah memiliki kartu langganan. Untuk mendapatkan informasi mengenai promo dan diskon, silahkan sering-sering kunjungi laman internet.

#9. Mencari penghasilan tambahan

Bagi Anda yang merasa pendapatannya masih kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari padahal sudah melakukan penghematan, cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama Anda.

Dewasa ini ada banyak sekali pekerjaan sampingan yang bisa anda coba seperti menjadi penulis lepas, berjualan online, berjualan pulsa, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan usaha sampingan tersebut jika dilakukan dengan serius bisa mendatangkan keuntungan yang lebih dari pekerjaan utama Anda. Bagaimana, berminat untuk mencobanya?

Informasi terkait 9 tips menghemat uang belanja bulanan untuk karyawan tersebut bisa Anda contoh mulai dari sekarang juga. Dijamin, Anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri.

Loading...