10 Kriteria Penting Dalam Memilih Pekerjaan yang Tepat

Mencari pekerjaan memang bukan perkara mudah untuk dilakukan sebagian besar orang. Ditambah lagi, jumlah mahasiswa atau pelajar yang lulus dari sekolah ataupun universitas lebih banyak dibandingkan dengan jumlah lowongan pekerjaan yang disediakan.

Alhasil, banyak para pengangguran yang bergelar sarjana ataupun yang lainnya lebih memilih pekerjaan yang sedang banyak dibutuhkan walaupun tidak sesuai dengan jurusan yang mereka tempuh selama masa pendidikan. Hal inilah yang membuat kualitas kerja kurang maksimal.

Namun, tahukah Anda bila memilih sebuah pekerjaan harus dengan menggunakan pertimbangan yang matang?

Artinya,

..dalam memilih pekerjaan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Mengapa demikian? Karena nantinya sebuah pekerjaan yang Anda pilih di masa sekarang akan menentukan kebahagiaan serta kesehatan di masa yang akan datang.

Silahkan boleh percaya atau tidak,,,tapi itulah yang sebagaian besar orang alami…

Pekerjaan yang tidak sesuai dengan hati Anda pastinya akan menjadi sebuah beban bagi Anda. Ditambah lagi, Anda harus bisa bertahan dalam kondisi ini sampai beberapa tahun atau malah memutuskan resign dari pekerjaan, padahal mencari sebuah pekerjaan sekarang bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan.

Catat ya bro dan sis,,”minat tidak akan membohongi kebahagiaan”

Apabila pekerjaan yang Anda pilih sesuai dengan hati serta minat Anda, pastinya hal ini akan meningkatkan taraf bahagia serta kesehatan tubuh Anda di masa yang akan datang.

Memilih sebuah pekerjaan yang sesuai tidak memulu  pada nilai gaji yang diberikan saja. Apabila memilih sebuah pekerjaan dengan gaji yang besar namun malah memiliki konsekuensi yang besar, apalagi di tambah tidak sesuai minat, hal ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman untuk menjalani pekerjaan tersebut.

Oleh karena itu, memilih pekerjaan tidak boleh dilakukan asal-asalan, karena hal ini akan membuat Anda terjebak dalam zona yang tidak nyaman selama bertahun-tahun. Ada beberapa kriteria memilih pekerjaan yang harus Anda ketahui.

10 Kriteria Penting Dalam Memilih Pekerjaan yang Tepat

Berbagai macam kriteria tersebut pastinya terdiri dari berbagai macam aspek yang harus benar-benar Anda perhatikan.

Yang harus Anda ingat adalah, jangan mudah untuk tergiur dengan gaji yang tinggi namun ternyata pekerjaan tersebut membuat Anda merasa tidak nyaman, misalnya harus berpisah dari keluarga, memiliki jam kerja yang tinggi, memiliki resiko tinggi dan lain sebagainya.

Ada sebuah survey menarik yang dilakukan oleh JobStreet.com, bahwa ternyata 62 % karyawan di Jakarta memiliki masalah kesulitan tidur dan mereka memiliki pekerjaan yang tertunda.

Nah, untuk membantu Anda agar dapat memiliki pekerjaan yang sesuai dengan minat, berikut ini ada 10 kriteria memilih pekerjaan yang tepat ditinjau dari berbagai macam kriteria yang wajib untuk Anda ketahui.

# (Pertama) Minat beserta kemampuan

Kriteria pertama yang harus Anda ketahui adalah dengan mencari pekerjaan berdasarkan dengan minat serta kemampuan yang Anda miliki. Untuk memilih sebuah pekerjaan, memiliki kemampuan dalam bidang tersebut memang menjadi kriteria yang paling penting agar dapat menunjang kualitas nantinya.

Tak hanya itu, minat juga berperan sangat penting dalam hal memilih suatu pekerjaan. Akan menjadi hal yang cukup merepotkan dan membebani Anda apabila Anda memilih sebuah pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat ataupun kemampuan Anda. Tak hanya bermasalah pada kejiwaan Anda saja, namun hal ini juga berakibat pada kualitas kerja.

Sebenarnya, agar berbagai macam metode yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengetahui pekerjaan apa yang cocok berdasarkan minat dan juga kemampuan yang Anda miliki. Salah satu metode yang bisa Anda gunakan ialah dengan menggunakan berbagai macam tes untuk mengetahui minat serta kemampuan dalam mencari pekerjaan secara online.

Untuk memastikan apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan minat Anda, alangkah baiknya Anda tanyakan seputar deskripsi pekerjaan tersebut pada saat Anda wawancara kerja.

# (Kedua) Suasana di tempat kerja

Kriteria memilih pekerjaan yang kedua dan wajib Anda ketahui adalah suasana kerja di tempat Anda bekerja. Suasana yang menyenangkan dengan dikelilingi oleh rekan-rekan kerja yang friendly serta tempat yang nyaman menjadi penentu kenyamanan Anda dalam bekerja.

Komunikasi di tempat kerja terjalin dengan baik, ini adalah salah satu kunci penentu kenyamanan Anda dalam bekerja.

Hal ini pastinya akan berbanding terbalik apabila Anda berada dalam tempat kerja yang tidak nyaman dan membuat Anda merasa terkena tekanan batin setiap harinya.

Oleh karena itu, sebelum memilih suatu pekerjaan alangkah baiknya untuk mempertimbangkan berbagai macam ketentuan-ketentuan serta suasana di tempat kerja agar suatu hari tidak menimbulkan masalah bagi Anda dan pekerjaan Anda.

# (Ketiga) Gaji yang diperoleh

Sebagian besar orang mungkin akan terlena dengan kriteria memilih pekerjaan yang satu ini. Bagaimana tidak? Sebagian orang pasti akan memilih sebuah pekerjaan dengan gaji yang tinggi namun tidak mempertimbangkan resiko yang akan diterimanya kelak. Alhasil, banyak orang yang memilih keluar dari pekerjaan tersebut atau malah merasa menyesal selama bertahun-tahun.

Namun, bagi sebagian besar orang, hal ini rupanya bukan menjadi sebuah masalah yang besar apabila mereka dituntut dengan keadaan ekonomi yang sedang dihadapi. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan gaji yang diperoleh serta berbagai macam konsekuensi yang akan Anda terima.

Negosiasi gaji

Carilah sebuah pekerjaan dengan gaji yang sesuai dengan kemampuan dan  kebutuhan Anda yang harus dipenuhi serta kepuasan pribadi yang harus dipenuhi. Pastikan Anda memiliki kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan, maka perusahaan akan memberikan hak sesuai dengan kemampuan Anda.

Jangan terlalu nyinyir saat wawancara kerja, terutama saat sesi negosiasi gaji. Dari artikel yang diulas oleh Liputan6.com, bahwa jangan terlalu jual diri saat wawancara kerja.

# (Keempat) Stabilitas pekerjaan

Mengetahui stabilitas pekerjaan memang sangat penting untuk dilakukan. Apakah pekerjaan yang Anda lakukan memiliki prospek dan kontinuitas?.

Ini yang disebut dengan stabilitas.

Ada beberapa sektor bisnis yang dapat berkembang dua hingga tiga kali lipat dalam beberapa tahun ke depan. Namun hal ini bukan berarti bahwa semua sektor bisnis yang ada dapat bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Kita ambil contoh ketika Nokia koleps, hampir sebagian besar karyawannya terkena PHK. Memang tidak ada yang bisa menjamin apakah sebuah pekerjaan dapat bertahan lama atau tidak, namun kita bisa meminimalisir dan memperkirakan.

Mempelajari pasar tenaga kerja memang wajib untuk dilakukan agar dapat bertahan dalam pekerjaan yang Anda pilih. Salah satu hal yang harus Anda ketahui adalah Anda harus bisa mencari sebuah pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dari zaman ke zaman atau dalam jangka waktu yang panjang.

Memang penting memilih sebuah pekerjaan yang sesuai dengan minat serta kemampuan apalagi ditunjang dengan gaji yang tinggi, namun stabilitas di bidang industri tersebut juga patut untuk diperhatikan agar nantinya Anda tidak terkena PHK.

# (Kelima) Interest

Kriteria selanjutnya yang wajib Anda pertimbangkan adalah ketertarikan Anda pada sebuah pekerjaan yang akan anda geluti. Tanyakan pada diri Anda sendiri seberapa tertarikkah Anda dengan pekerjaan tersebut. Pelajari mengenai berbagai macam seluk beluk pekerjaan tersebut, tentunya jika Anda sudah tahu dan mau menerima berbagai macam konsekuensi pastinya hal ini akan membuat Anda menjadi lebih senang ketika menjalani pekerjaan tersebut.

# ( Keenam) Pengembangan diri

Kriteria memilih pekerjaan yang keenam ialah pengembangan diri. Tidak semua perusahaan menyediakan training atau pengembangan diri bagi para calon pekerjanya. Apabila Anda mendapatkan sebuah pekerjaan yang dibarengi dengan sebuah training, maka hal ini mungkin menjadi sebuah hal yang menarik bagi Anda. Karena dalam masa tersebut Anda bisa berkembang secara maksimal untuk bisa bergabung dengan perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, mencari informasi tentang berbagai macam perusahaan yang Anda masuki merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Carilah informasi sedetail-detailnya dari perusahaan tersebut, agar Anda bisa mendapatkan sebuah informasi yang akurat dan menjanjikan.

# (Ketujuh) Pahami setiap aturan kerja yang berlaku

Memahami setiap aturan kerja yang berlaku juga merupakan poin yang sangat penting untuk Anda ketahui. Mungkin, ada beberapa perusahaan yang menerapkan peraturan yang tidak sesuai dengan Anda. Padahal, ketika Anda sudah menjadi bagian dari perusahaan tersebut, tentunya Anda juga harus mengetahui serta mematuhi berbagai macam peraturan yang telah dibuat oleh perusahaan tersebut.

Pahami dengan baik setiap aturan kerja yang ada mulai dari jadwal kerja, ketersediaan cuti atau yang lain sebagainya.

# (Kedelapan) Reputasi perusahaan

Kriteria selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah reputasi dari perusahaan yang akan Anda lamar. Semakin tinggi reputasi dari perusahaan tersebut, tentunya juga memiliki gaji yang tinggi dan syarat kompetensi yang tinggi pula.

Bukan pada gaji yang tinggi saja, perusahaan dengan reputasi yang tinggi juga bisa membuat Anda memiliki pengalaman serta kesempatan kerja yang luas. Perusahaan ternama juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan nilai plus dari CV Anda agar kelak dapat memudahkan Anda untuk berkarier di jenjang yang lebih tinggi.

Satu hal yang perlu Anda tahu, rupanya memiliki karier di perusahaan ternama dapat membuat Anda menjadi lebih percaya diri. Mulailah untuk membuat daftar perusahaan ternama yang memiliki reputasi baik. Galilah berbagai macam informasi dari perusahaan tersebut baik secara online ataupun offline.

Anda bisa mencari berbagai macam informasi dari perusahaan tersebut dengan melihat profile atau review dari internet atau bertanya kepada para kenalan atau siapa saja yang telah bekerja di perusahaan tersebut.

# (Kesembilan) Lokasi perusahaan

Lokasi perusahaan juga menjadi sebuah pertimbangan yang penting dalam memilih sebuah pekerjaan. Carilah lokasi perusahaan yang dekat dengan berbagai macam fasilitas seperti terminal, pusat perbelanjaan dan fasilitas umum lainya.

Selain lokasi yang strategis juga usahakan dekat dengan tempat tinggal atau rumah. Lokasi yang strategis dan dekat dengan rumah biasanya hanya berkisar sekitar 10 km atau kurang dari 1 jam perjalanan.

Memilih lokasi pekerjaan yang dekat memang perlu menjadi pertimbangan. Dengan jarak yang dekat dari rumah ke tempat Anda bekerja, Anda tak perlu menghabiskan banyak uang, waktu serta energi untuk menempuh perjalanan dari rumah ke tempat kerja.

Selain itu, jarak yang dekat juga bisa membuat Anda lebih fresh untuk mulai pekerjaan setiap harinya karena faktor kelelahan selama perjalanan.

Tapi, Apabila Anda memilih pekerjaan yang jauh, hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan menyewa kos atau kontrakan sebagai tempat tinggal.

# (Kesepuluh) Memiliki jaminan kesehatan

Kriteria terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah perusahaan tersebut harus memiliki jaminan kesehatan. Hal ini sebagai antisipasi apabila dikemudian hari Anda memiliki masalah kesehatan selama Anda bekerja disana.

Nah, apabila Anda sudah berkeluarga tanyakan dengan jelas anggota keluarga siapa saja yang kesehatannya bisa dijamin oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

Jaminan kesehatan yang diberikan oleh perusahaan dapat membantu Anda meringankan keuangan saat harus membayar biaya rumah sakit, obat, dokter atau lain sebagainya.

Jaminan kesehatan yang diberikan oleh pihak perusahaan merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap kesehatan serta kesejahteraan dari para karyawan.

Nah, itulah kesepuluh kriteria memilih pekerjaan yang wajib Anda ketahui agar bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan keinginan Anda. Memang, untuk mencari sebuah pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan kriteria terbilang cukup sulit.

Dengan berbagai pertimbangan di atas, berikut tips bagaimana cara memiliki pekerjaan yang baik serta sesuai dengan keinginan Anda.

# Pertama

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menuliskan berbagai macam daftar pekerjaan pada sehelai kertas.

Tuliskan berbagai macam kriteria sama seperti beberapa kriteria di atas.

Beri skor untuk masing-masing kriteria, urutkan mulai dari yang tertinggi hingga yang terendah menurut penilaian Anda.

Beri bobot maksimal 10 untuk memudahkan Anda memilih perusahaan mana yang paling penting dan memiliki skor tertinggi buat Anda.

# Kedua

Pada samping kolom kriteria, buatlah kolom mengenai pekerjaan yang menarik bagi Anda. Isikan berbagai macam jenis pekerjaan seperti konsultan, tenaga penjualan di perusahaan industry, bank, asuransi, di bagian administrasi atau yang lainnya.

Beri nilai pada masing-masing pekerjaan yang telah Anda isikan tersebut namun dengan tetap mempertimbangkan kriteria yang telah Anda susun tadi.

Misalnya, Anda menuliskan pekerjaan yang Anda minati sebagai konsultan. Untuk memberikan nilai di bagian ini, perhatikan berbagai macam aspek yang telah dituliskan seperti pertimbangan gaji, kemudahan akses atau transportasi, jaminan kesehatan atau yang lain sebagainya.

# Ketiga

Setelah Anda menuliskan poin-poin yang sesuai dengan kriteria Anda, berikutnya yaitu mengalikan kedua bobot tersebut.

Kalikan bobot pada poin 1 dan poin 2 untuk mendapatkan hasil nilai dari kriteria pekerjaan yang Anda inginkan.

Misalnya, Anda mempertimbangkan gaji yang dihasilkan yaitu 9 dengan bobot dari jenis pekerjaan, konsultan misalnya yaitu 8. Dengan mengalikan kedua bobot tersebut maka Anda akan mendapatkan nilai sebesar 72, dan begitu seterusnya untuk setiap pekerjaan yang telah Anda tuliskan.

# Keempat

Nah, langkah terakhir yang harus Anda lakukan yaitu jumlahkan semua dari masing-masing hasil perkalian yang telah Anda hitung, sehingga Anda bisa mendapatkan jumlah total bobot dari masing-masing pekerjaan yang telah Anda tuliskan. Jenis pekerjaan yang memiliki nilai tertinggi menunjukkan bahwa kepuasan serta ketertarikan pada perusahaan tersebut juga semakin tinggi.

Itulah 4 tips memilih pekerjaan yang tetap yang tentunya juga harus dibarengi dengan mempertimbangkan 10 kriteria memilih pekerjaan diatas. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa memilih pekerjaan memang bukanlah sebuah perkara yang mudah untuk dilakukan.

Ada banyak pertimbangan yang harus benar-benar Anda pikirkan agar bisa mendapatkan sebuah pekerjaan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Satu persatu kriteria dalam memilih pekerjaan memang harus dipertimbangkan dengan matang. Karena apabila Anda sampai salah memilih pekerjaan hal ini dapat membuat Anda merasa menyesal dan memiliki tekan batin selama bertahun-tahun. Apalagi, di jaman seperti sekarang ini, bukan perkara  mudah hanya untuk mencari sebuah pekerjaan yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Sabar dalam memilih sebuah pekerjaan yang Anda inginkan merupakan kunci utama untuk bisa menjadi bagian dari perusahaan yang Anda inginkan. Ditambah lagi, pekerjaan yang Anda cari harus mampu mensejahterahkan diri Anda beserta keluarga. Jangan sampai, pekerjaan yang Anda pilih malah menjadi beban bagi Anda beserta keluarga nantinya.

Memiliki pendidikan yang tinggi juga menjadi salah satu faktor penting yang harus Anda miliki ketika akan melamar sebuah pekerjaan. Karena hal ini juga akan berdampak dengan jenis pekerjaan, golongan serta gaji yang akan Anda terima.

Usahakan untuk memilih sebuah pekerjaan yang sesuai dengan jurusan Anda semasa menempuh pendidikan agar dapat mengembangkan diri lebih cepat mampu meningkatkan kualitas kerja menjadi lebih baik. Semoga 10 kriteria memilih pekerjaan dan tips memilih pekerjaan di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

Terkait :