10 Hal yang Bisa Membatasi Kreativitas Anda dalam Bekerja

Bekerja cerdas dan kreatif

Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan sempurna. Dikatakan sempurna karena salah satunya adalah diberikan kelebihan dari segi akal yang pasti sudah pasti dimiliki oleh seluruh manusia yang ada di muka bumi ini.

Bila akal digunakan dengan sebaik mungkin, maka jangan heran banyak manusia-manusia dimuka bumi ini yang memiliki kreativitas luar biasa.

Dari akal yang digunakan secara optimal tersebut bisa terwujud sesuatu yang sebelumnya tidak terpkirikan dan ternyata bisa bermanfaat untuk masa depan.

Contohnya saja, tokoh terkenal yang dikenal dengan Wright Bersaudara. Mereka dikenal sebagai tokoh yang menciptakan pesawat terbang. Ide itu muncul ketika mereka melihat burung yang terbang dan membayangkan manusia bisa menaiki kendaraan seperti burung tersebut.

Ide tersebut tentunya ditentang dan dianggap gila karena tidak wajar. Tetapi mereka tidak menyerah dan terbukti sampai hari ini pesawat dijadikan alat transportasi yang memudahkan orang untuk mengarungi satu pulau atau negara.

Tentunya Anda pun bisa membuat kreativitas lain yag lebih dahsyat dari hal itu. Tetapi, jika dirasa belum bisa membuat suatu kreativitas yang maha dahsyat terutama dilingkungan pekerjaan tempat Anda bekerja saat ini, boleh jadi ada beberapa hal yang menghambat dan membatasi Anda. Sehingga sulit untuk mendapatkan kreativitas tersebut.

Lalu bisakah dihilangkan kreativitas tersebut? Jelas saja bisa setelah Anda mengetahui 10 hal yang bisa membatasi kreativitas seperti yang ada di bawah ini:

1. Tidak Berpikir dengan Terbuka

Membatasi Kretivitas Anda dalam bekerja

Terhambatnya sebuah kreativitas di tempat kerja boleh jadi Anda tidak berpikir dengan terbuka. Artinya tidak mengindahkan hal-hal di sekitar Anda yang ternyata segala sesuatunya telah berubah.

Mengapa tidak mengindahkan hal tersebut? Karena Anda sudah nyaman dengan kondisi tersebut sehingga malas untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Baca juga : 6 Faktor yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan

Karena itu penting untuk peka terhadap perubahan di sekitar Anda entah itu hal yang menyangkut teknologi, sosial, dan lain sebagainya.

Dengan begitu bisa mudah mencari sebuah kreativitas yang bisa memajukan perusahaan dan karir Anda sendiri.

Bila tidak peka pun boleh jadi karir Anda cepat tergantikan mengingat anak-anak muda sekarang lebih kreatif dan melakukan sesuatu sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.

Selain peka terhadap lingkungan sekitar, langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah proaktif untuk bertanya tentang sesuatu perubahan, proaktif memperluas jaringan, dan yang lebih penting jangan pernah berhenti belajar.

Karena dengan begitu, akan merangsang Anda untuk menciptakan sebuah kreativitas yang tidak terduga.

2. Takut untuk Dikritik

Apakah sikap takut untuk dikritik ini sedang Anda alami saat ini? Sehingga ketakutan untuk dikritik itulah membuat kreativitas Anda begitu terbatas di tempat kerja?

Jika jawaban Anda Iya, maka ada sebuah mindset yang perlu diubah dan juga dipahami. Seperti bahwa perbedaan pemikiran diantara orang-orang itu pasti akan terjadi karena setiap orang punya latar belakang dan sifat yang berbeda-beda pula.

Baca juga : 10 cara komunikasi di tempat kerja yang efektif

Karena itu jangan takut akan perbedaan dan disanalah letak seninya untuk bisa menerima perbedaan dan menghormati perbedaan tersebut.

Mindset berikutnya yang perlu diubah adalah boleh jadi ketakutan Anda tersebut dikarenakan terlalu dominannya pikiran negatif dalam pikiran Anda sehingga kreativitas tersebut tidak muncul.

Boleh jadi pikiran negatif tersebut muncul karena Anda berpikir orang akan menentang ide kreativitas Anda. Padahal belum tentu mereka berpikir seperti apa yang kita ciptakan.

Maka dari itu berusahalah untuk bisa berpikir dengan positif dimulai dari memperbanyak aktifitas Bersama orang-orang yang memang positif pula. Karena lingkungan yang positif bisa mempengaruhi cara berpikir dan pribadi Anda.

Jangan pernah takut dengan kritikan. Jika Anda yakin kreativitas Anda bisa membuat lebih baik tempat bekerja maka mereka pun akan menerimanya.

Kritikan pun tidak selamanya buruk, karena pada kenyataannya banyak kritikan yang ternyata memiliki maksud dan tujuan yang baik.

3. Takut dengan Kegagalan

Takut dengan kegagalan pun bisa memenjarakan kreativitas Anda yang boleh jadi sebenarnya sangat brilian.

Bila takut gagal ini sangat dominan berada di pikiran Anda, maka sudah bisa dipastikan Anda tidak akan pernah melontarkan apalagi melakukan ide kreativitas yang Anda miliki.

Perlu diingat dan dipahami pula, bahwasannya orang-orang sukses di masa lampau seperti Thomas Alfa Edison, melakukan percobaan sebanyak lebih dari 100 kali sebelum berhasil menciptakan lampu sebagai sumber penerangan. Dimana manfaatnya bisa dirasakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

Thomas Alfa Edison adalah bukti nyata dari berjuta-juta orang di udnia yang sukses dan pernah mengalami kegagalan.

Anda memang tidak harus menjadi Thomas Alfa Edison, karena jelas zaman Anda dengan beliau sudah sangat berbeda serta kebutuhannya pun berbeda.

Tetapi semangat dan sikap pantang menyerahnya perlu untuk ditiru. Selain itu untuk bisa meminimalisir kegagalan yang perlu Anda lakukan adalah menciptakan sebuah ide-ide kreativitas yang brilian.

Dimana hal tersebut belum pernah dilakukan sebelumnya oleh karyawan bahkan pimpinan di tempat Anda bekerja.

4. Bekerja Tidak Sesuai Bakat dan Minat

Berpikir kreatif dalam bekerja

Biasanya bila bekerja di sebuah perusahaan yang memang bukan minat dan bakat kita, maka boleh jadi Anda bekerja hal tersebut dikarenakan keterpakasaan. Bila terpaksa maka sikap Anda adalah akan menunggu perintah dan hanya mengikuti “arus” di perusahaan tersebut.

Karena faktor itulah bisa menyebabkan tidak munculnya dan terbatasnya kreativitas yang Anda miliki di tempat kerja.

Dan tidak hanya itu, Anda bekerja pun tidak akan bertahan lama karena merasa bosan dan hanya sekedar rutinitas yang lama-kelamaan bisa membuat karier Anda tidak berkembang.

Maka dari itu, tetapkan terlebih dahulu minat dan bakat Anda terhadap hal-hal yang disukai. Karena bila sudah menyukai dan memiliki minat terhadap hal tersebut, ide kreativitas Anda bisa muncul tanpa batas dengan tujuan yang sangat baik dan bermanfaat untuk orang-orang di sekitar Anda tentunya.

Bila Anda belum menemukan suatu pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat, maka bisa dimulai dari sesuatu yang biasa atau sering dikerjakan dan rela untuk tidak dibayar.

Dan yang paling penting, Anda bisa menjalankan pekerjaan tersebut selama berjam-jam tanpa mengenal rasa lelah.

Anda bisa membaca artikel kami sebelumnya tentang 13 cara menemukan dan mengasah bakat dan minat Anda.

5. Tidak Jelas Tujuannya

Terbatasnya kreativitas yang Anda miliki boleh jadi karena selama ini belum memiliki tujuan yang jelas. Sehingga gampang pula terbawa arus yang ada sehingga Anda pun tidak bisa menciptakan ide kreativitas tersebut.

Tujuan yang belum jelas pun dikarenakan Anda tidak memiliki keinginan yang pasti sehingga memilih untuk mengikuti arus yang ada di tempat kerja.

Maka dari itu, mulailah dari apa yang ingin Anda lakukan dan capai. Ubah diri Anda dengan sering membaca buku, browsing internet, bertemu dengan orang-orang baru dengan tujuan agar kreativitas Anda bisa terasah dengan baik dan bisa muncul untuk memajukan karir Anda.

Semuanya tentunya bisa dilakukan asalakna Anda mau berubah kea rah yang lebih baik.

6. Takut untuk Mencoba Sesuatu yang Baru

Takut untuk mencoba sesuatu yang baru ini biasanya dikarenakan Anda sudah nyaman dengan situasi dan kondisi yang dialami saat ini.

Sehingga kondisi tersebutlah yang bisa membatasi kreativitas Anda di tempat bekerja. Saat bekerja dengan kondisi yang nyaman memang sangat dibutuhkan untuk bisa bekerja dengan optimal dan mencapai hasil yang terbaik.

Pada artikel sebelumnya, juga sudah di bahas tentang kriteria penting dalam memilih dan menentukan pekerjaan yang tepat dengan Anda.

Namun perlu diingat pula, segala sesuatu yang ada di sekitar kita akan cepat berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Bila Anda terlalu nyaman di zona tersebut, maka dikhawatirkan akan membuat Anda tertinggal dan kehilangan pekerjaan.

Lantas, apa yang harus dilakukan? Keluarlah dari zona nyaman tersebut dan respect terhadap perubahan yang ada disekelilingi Anda, maka dengan itu ide kreativitas Anda akan bisa tergali dengan baik.

7. Anda dalam Keadaan Stres

Stres ketika Anda bekerja ini biasanya dialami ketika Anda tidak bisa mengatasi tekanan pekerjaan yang mengharuskan untuk menyelesaikan target-target dari perusahaan.

Bila hal tersebut terjadi, maka stres pun bisa memicu terhambatnya kreativitas yang Anda miliki. Stres pun bisa merugikan Anda sendiri dimana pekerjaan biasanya tidak bisa selesai dan tidak dipungkiri pula dari stress ini, Anda bisa kehilangan pekerjaan.

Maka dari itu, sebelum stress ini benar-benar merugikan Anda yang harus dilakukan adalah kelola stress dengan baik. Cari tahu tentang sumber yang memicu stress itu sendiri kemudian ubahlah.

Baca juga : 10 Gejala dan Tanda Anda Mengalami Stres Pekerjaan

Bila Anda sudah menemukannya penyebebanya dan mampu mengatasinya, lambat laun ide kreativitas Anda yang begitu brilian pun akan bisa muncul.

8. Tidak Percaya Diri

Sebagai seorang karyawan terutama sebagai pemimpin divisi di tempat Anda bekerja, sikap percaya diri ini perlu untuk dimiliki. Karena pemimpin-pemimpin tersebut akan selalu dimintai saran dan pendapatnya oleh pimpinan utama untuk kemajuan perusahaan.

Nah, terbayang bukan? Bila saat pimpinan Anda ingin minta pendapat dan saran namun tidak ada satu pun ide atau inovasi yang tercetus dari Anda karena sikap tidak percaya diri tersebut. Bagaimana rugi bukan?

Karena itulah, sebisa mungkin hilangkan sikap tidak percaya diri tersebut. Kuncinya adalah bersikpa dengan yakin bahwa ide yang Anda utarakan memiliki dampak yang baik bagi perusahaan.

9. Memiliki Cara Berpikir yang Sama Pada Umumnya

Orang-orang yang sukses biasanya mereka memiliki cara berpikir yang berbeda dengan orang-orang pada umumnya. Mereka memiliki segudang ide “gila” yang tidak pernah terpikirkan orang lain.

Sehingga dari ide-ide kreativitas tersebut mereka bisa bertahan hidup dan memiliki karir yang begitu gemilang dan cemerlang.

Boleh jadi, terbatasanya kreativitas yang Anda miliki karena memang masin memiliki cara berpikir yang sama pada umumnya.

Berusahalah untuk bisa beripikir “out of box” dimana Anda mampu menunjukkan inovasi-inovasi yang brilian untuk kemajuan perusahaan dan karir Anda.

Setiap orang sejatinya memiliki cara yang berbeda untuk berpikir “out of box”. Inspirasi tersebut ada yang atang lewat traveling, mengobrol dengan seseorang, membaca buku dan lain sebagainya.

Tapi yang pasti mereka berani mengeluarkan ide kreativitas yang berbeda karena menggunakan potensi yang dimilikinya.

10. Rutinitas yang Monoton

Melakukan pekerjaan yang monoton pun bisa membatas kreativitas Anda untuk melakukan sebuah inovasi.

Biasanya dengan rutinitas yang monoton tersebut akan membuat Anda jenuh dan malas untuk mengeluarkan ide-ide brilian tersebut.

Hal ini memang tidak bisa dibiarkan karena bisa berdampak pada karir Anda. Maka dari itu, sesekali ubahlah rutinitas tersebut agar hidup Anda bisa lebih berwarna.

Dan yang paling penting, bisa merangsang Anda untuk bisa mengeluarkan ide-ide kreativitas yang lebih brilian lagi.

Penutup

Jadi, siapkah Anda untuk meninggalkan 10 hal yang bisa membatasi kreativitas Anda dalam bekerja? Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan semoga sukses!

Scroll to Top