11 Kiat Sukses Menghadapi Tes Potensi Akademik

Tips sukses menghadapi tes potensi akademik. Saat ini, tes potensi akademik atau yang sering kali disingkat dengan TPA memang bukan lagi menjadi hal aneh bagi mereka yang mendaftar kerja di instansi tertentu, atau juga akan melanjutkan studi nya ke jenjang magister hingga yang lebih tinggi lagi. Bahkan sejak beberapa tahun lalu, tes potensi akademik juga diberikan bagi mereka yang mendaftar S1 melalui ujian SBMPTN.

Secara sederhana, ujian potensi akademik merupakan tes ujian yang diperuntukkan bagi Seseorang untuk bisa mengetahui kemungkinan tingkat keberhasilannya, ketika ia akan menerima sebuah jabatan atau lain sebagainya, dimana jabatan tersebut membutuhkan kemampuan akademis yang tidak sembarangan.tes potensi akademik juga pasti akan anda temui jika mendaftar Pegawai Negeri Sipil.

Jika anda sudah pernah melewatinya, atau sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian potensi akademis ini, sebaiknya anda sudah mengetahui berapa atau kriteria apa yang dijadikan standar bagi kelulusan anda. Jika mengikuti standar internasional seperti yang diselenggarakan oleh OOT Bappenas, biasanya skor yang harus dicapai dimulai dari 200 hingga 800.

Namun sekali lagi, penyelenggara tes potensi akademik berhak menentukan standar mereka sendiri untuk menguji potensi akademik anda.

Ujian potensi akademik ini sendiri biasanya dibagi menjadi beberapa jenis soal psikotes, biasanya ialah tes angka alias numerik, tes verbal, tes gambar atau sering disebut dengan tes spesial dan juga tes lawan kata. Terdengar cukup sederhana memang, namun tidak akan sesederhana yang anda pikirkan ketika sudah mulai mengerjakan tes potensi akademik tersebut.

Bagi beberapa orang, tes potensi akademik dianggap menjadi ketakutan tersendiri, karena soal yang diberikan biasnya merupakan pilihan-pilihan yang menjebak. Jika anda tak benar-benar teliti, maka akan sangat mudah bagi anda untuk terperdayai. Namun, hal ini tentu tidak akan terjadi jika anda sudah melakukan beberapa latihan sebelumnya.

Nah, agar tak lagi terjebak dengan pilihan yang diberikan dan lebih mudah untuk menembus tes potensi akademik, berikut 11 kiat yang bisa anda ingat dan praktekan ketika sedang melaksanakan ujian ini.

1. Mencoba lebih akrab dengan karakteristik setiap soal tes

Saat ini, ada banyak sekali instansi yang memberikan tes potensi akademik, namun tentu saja setiap soal dari instansi tersebut memiliki model soal, tingkat kesulitan juga strategi penyelesaian soal yang berbeda. Itu sebabnya, sebelum datang untuk mengikuti ujian ini, sebaiknya anda sudah mengetahui terlebih dahulu bagaimana model dan karakteristik tes yang akan diikuti.

Tips Tes Potensi Akademik TPA

 

Tidak ada cara yang lebih baik selain mencari model soal yang sudah pernah diberikan oleh instansi yang akan anda ikuti tes potensi akademiknya, misalnya pada 3 tahun terakhir. Meskipun begitu, jangan lupa juga bahwa setiap tahun soal ujian yang diberikan tentu saja akan terus berkembang dan semakin sulit, maka anda juga harus lebih teliti dan mencari model tes terkini.

2. Jangan pernah malas untuk berlatih

Tes potensi akademik tidak  pernah sesederhana yang anda pikirkan, namun juga tidak sesulit dan semenakutkan seperti yang ada di benak calon peserta ujian selama ini. Hal yang paling mungkin bisa membantu anda untuk bisa lulus dari ujian semacam ini ialah terus menerus berlatih. Beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan sebelum mengikuti ujian, teruslah berlatih hingga anda benar-benar merasa yakin bahwa bisa memahami setiap model soal ujian.

Dengan rajin berlatih pula, maka kecepatan anda untuk memahami dan menemukan jawaban untuk setiap soal ujian potensi akademik akan semakin meningkat saja, jadi jangan pernah malas untuk berlatih dengan soal-soal yang  sudah pernah ada sebelumnya. Terlebih saat ini tidak sulit bagi anda untuk menemukan soal-soal ujian semacam ini.

3. Memastikan bahwa tubuh sedang dalam keadaan prima

Rajin berlatih bukan berarti terus menerus memforsir diri dan pikiran anda dengan berkutat pada soal secara terus menerus. Bukannya akan membantu anda ketika tes potensi akademik sedang berlangsung, terlalu memforsir diri malah akan menyiksa tubuh anda sendiri dan menjadikan tubuh tidak dalam kedaan fit dan prima ketika ujian berlangsung.

Itu sebabnya, pastikan juga bahwa tubuh anda tetap dalam kedaan baik hingga ujian datang. Tidak sedikit orang yang mengaku tidak enak badan atau merasa terlalu lelah ketika melakukan ujian, karena beberapa waktu terakhir terlalu memaksakan dirinya berkutat dengan soal-soal yang sulit. Jadi, jangan terlalu memaksakan diri dalam berlatih ya.

4. Tak hanya fisik yang harus tetap prima, namun mental juga

Akan dirasa percuma jika anda sudah menyiapkan kondisi fisik anda sedemikian rupa, namun keadaan spiritual dan mental anda tidak demikian adanya. Ya, selain fisik anda yang harus selalu dalam kedaan baik ketika akan dan sedang melaksanakan tes potensi akademik, pastikan juga bahwa mental anda sedang baik-baik saja.

Ketika mental anda sedang prima, maka rasa tegang, takut, tidak percaya diri dan lain sebagainya akan hilang begitu saja. Sehingga anda akan lebih tenang dan percaya diri dalam menyelesaikan setiap soal ujiannya, dan soal-soal yang ada tidak akan terasa semenakutkan seperti yang ada dalam pikiran anda selama ini.

5. Tetap fokus pada soal untuk setiap sesi

Fokus dan konsentrasi juga sangat dibutuhkan ketika anda sedang mengerjakan tes potensi akademik yang ada di depan anda. Rasa fokus secara otomatis juga akan sangat membantu anda untuk lebih teliti, sehingga akan lebih kecil lagi kemungkinan bagi anda untuk melakukan kesalahan ketika menyelesaikan soal ujian potensi akademik tersebut.

Cara mudahnya, baca dan perhatikan setiap soal yang ada, karena setiap sesi akan memiliki model soal yang berbeda. Jika anda tidak berhasil memahami soal atau instruksi yang ada, maka secara otomatis anda juga akan memberikan jawaban yang tidak tepat. Dan ya, semakin banyak anda melakukan kesalahan karena tidak fokus, maka akan semakin kecil pula peluang anda untuk bisa lulus tes ini.

6. Mulai kerjakan dari yang paling mudah

Bisa menyelesaikan soal yang dianggap paling sulit memang akan memberikan rasa puas tersendiri bagi anda, namun jangan terlalu mengikuti ego seperti itu dan anda harus membuang terlalu banyak waktu. Hal paling bijaksana yang bisa anda lakukan saat sedang melaksanakan tes potensi akademik ialah memulai dengan soal yang paling mudah terlebih dahulu, sehingga akan semakin banyak skor yang anda kumpulkan dalam waktu secepat mungkin.

Jika memang soal-soal yang dianggap mudah sudah selesai dikerjakan, barulah mulai dengan soal-soal lain yang tingkat kesulitannya semakin naik. Lebih baik mengerjakan 10 soal mudah dibandingkan dengan 3 soal sulit dalam 10 menit bukan?

7. Tidak mengikuti rasa penasaran yang  lebih pada satu soal

Masih sedikit berhubungan dengan poin sebelumnya, biasanya ada beberapa soal dalam tes potensi akademik yang menimbulkan rasa penasaran yang lebih dibandingkan dengan soal-soal lainnya, sehingga sering kali anda menghabiskan cukup banyak waktu hanya untuk menyelesaikan satu soal saja.

Sebaiknya, anda menghindari hal semacam ini karena benar-benar akan menghabiskan kesempatan untuk menyelesaikan soal lain yang lebih bisa untuk anda selesaikan terlebih dahulu.

8. Membeli buku TPA dan ikut beberapa try out juga akan membantu

Jika anda memang memiliki dana yang luamyan untuk tes potensi akademik ini, tidak ada salahnya untuk membeli beberapa buku tesnya untuk lebih sering dipahami di rumah. Jika memang tidak menyiapkan dana lebih, tidak masalah karena anda juga bisa menemukan beberapa contoh soalnya di internet. Masih tetap ada kesempatan jika anda mau berusaha bukan.

Atau anda juga bisa mencoba mengikuti beberapa try out yang bisa ditemukan di sekitar anda tinggal selama ini. ya, tidak hanya ujian Nasional yang tersedia try out nya, ujian potensi akademik juga sudah bisa anda temukan percoabaannya dibeberapa tempat saat ini. jadi, jangan malas untuk mencari informasi terkini mengenai tes potensi ini.

9. Teka teki silang juga bisa membantu

Meskipun tidak akan secara langsung memberikan anda jawaban ketika mengerjakan soal, namun berlatih dengan teka-teki silang akan membantu anda dalam memahami soal dan menambah perbendaharaan kosa kata anda. Sesekali, disela-sela berlatih dengan soal tes potensi akademik yang lalu, tidak ada salahnya juga mengisi buku teka teki silang yang sudah anda beli sebelumnya. Bukankah harga buku ini tidak terlalu mahal?

10. Kiat untuk mengerjakan sesi numerik

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, ada beberapa sesi dalam sebuah tes potensi akademik, salah satu diantaranya ialah sesi numerik. Sesi ini sering kali membuat beberapa peserta tes bingung, agar anda tak menjadi salah satu diantaranya, maka perhatikan beberapa kiat berikut

1. Mulai berlatih berhitung cepat

Kemampuan berhitung anda memang akan sangat membantu anda ketika sedang berada dalam sesi ini. Itu sebabnya, mulailah untuk berlatih berhitung lebih cepat lagi mulai dari sekarang. Semakin cepat anda berhitung, maka akan semakin banyak juga soal tes potensi akademik yang bisa anda selesaikan dalam jarak waktu tertentu.

2. Jangan malas mengasah logika berpikir

Biasnaya, soal pada sesi numerik tidak membutuhkan rumus yang rumit, melainkan logika anda dalam memahami setiap perintah pada soal tersebut. Untuk itulah latihan mengasah logika akan sangat membantu anda saat tes potensi akademik berjalan.

11. Kiat untuk mengerjakan sesi verbal

Nah, ketika anda sedang mengerjakan sesi verbal, beberapa kiat khusus yang bisa anda coba ialah

1. Mempelajari kata yang belum dimengerti

Ketika anda sedang berlatih, jangan langsung putus asa ketika mendapati beberapa kata yang belum nada pahami, atau bahkan belum pernah didengar sebelumnya. Langsung cari makna dan pemahaman untuk kata tersebut, karena bisa saja kata ini akan muncul pada tes potensi akademik yang akan anda ikuti tidak lama lagi.

2. Lebih rajin membaca

Sesi verbal memang sangat berhubungan dengan kata-kata, maka lebih seringlah membaca mulai dari saat ini. Mualilah untuk membaca beberapa topik yang belum pernah nada baca sebelumnya seperti ekonomi dan bisnis, karena bisa saja urusan ini yang muncul nantinya.

3. Membuat daftar kata-kata yang dirasa tidak umum

Sekali lagi, sesi verbal sangat bermain dengan bendahara kata-kata anda. jika memang merasa belum memiliki bendahara kata-kata yang terlalu kaya, maka mulailah untuk membuat daftar kata-kata yang tidak umum menurut anda. Jika sudah selesai maka baca lagi daftar tersebut sehari sebelum tes potensi akademik berlangsung.

Terkait :

Loading...