13 Kesalahan Fatal dan Umum Saat Interview Kerja

Persaingan di dunia pekerjaan memang bisa dibilang cukup menantang. Apalagi jika Anda tidak mampu mengikuti arus dalam dunia pekerjaan, hal ini sangat memungkinkan bagi Anda untuk mudah tersingkir oleh yang lainnya yang juga menginginkan posisi Anda.

Ditambah lagi, sulitnya mencari pekerjaan beberapa tahun terakhir serta Jumlah lowongan pekerjaan yang tidak sesuai dengan jumlah mahasiswa yang telah lulus memang menjadi masalah tersendiri. Anda mungkin bisa berekspektasi untuk dapat bekerja di perusahaan ternama dengan gaji yang besar, namun nyatanya untuk masuk ke dalam perusahaan tersebut bukanlah menjadi hal yang mudah.

Selain harus menyingkirkan ribuan bahkan jutaan orang yang ingin melamar di perusahaan tersebut, Anda juga harus melewati beberapa tes yang diujikan oleh perusahaan tersebut kepada para calon pekerjanya. Selain menghadapi jenis psikotes, pelamar kerja juga akan menghadapai sesi wawancara kerja.

Tentunya, setiap tes yang diberikan oleh suatu perusahaan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Salah satu tes yang wajib dijalani oleh para calon karyawannya adalah tes wawancara atau interview. Tes yang satu ini sebenarnya sebuah tes yang mudah untuk dilakukan. Namun, sebagian besar orang tidak menyadari beberapa kesalahan kecil yang membuat mereka gagal dalam tahap yang satu ini.

Sebagian besar orang bahkan mengabaikan beberapa kesalahan kecil dan terlalu fokus dengan jawaban wawancara yang harus mereka jawab ketika mengikuti tahapan tes yang satu ini. Lalu apa sajakah kesalahan saat wawancara yang tidak disadari oleh sebagian besar orang saat mereka melakukan tes wawancara? Berikut ulasannya untuk Anda.

#1. Tidak tepat waktu atau terlambat

Datang terlambat pada saat akan mengikuti tes interview akan membuat Anda dipandang tidak mampu menghargai waktu. Selain itu, pihak perusahaan juga akan menganggap bahwa Anda tidak memiliki sikap disiplin dalam dunia kerja. Hal ini pastinya akan mengurangi nilai Anda dan menjadikan Anda gagal untuk masuk ke dalam perusahaan yang Anda inginkan.

#2. Bau badan

Saat melakukan interview Anda juga tidak boleh melewatkan hal yang satu ini. Mungkin pada saat Anda menjalani tes interview, Anda berada pada urutan kesekian yang membuat Anda harus menunggu lama bahkan dari pagi hinga sore hari. Terkadang hal ini membuat Anda merasa lelah dan membuat badan Anda menjadi bau. Untuk itu, sebelum berangkat untuk melakukan tes wawancara bawalah wewangian untuk menyegarkan badan Anda selama mengikuti tes wawancara.

Menjaga kebersihan mulut juga merupakan hal yang penting ketika Anda menjalani tes wawancara. Oleh karena itu, tetap jaga kebersihan mulut dan jangan sampai mulut Anda bau saat mengikuti tes wawancara.

#3. Menggunakan pakaian yang tidak sopan

Kesalahan saat wawancara yang ketiga yaitu Anda mengenakan pakaian yang tidak sopan sama halnya saat Anda datang terlambat ketika akan mengikuti tes interview. Hal ini akan memberikan kesan negative bagi para penilai saat Anda mengikuti tes wawancara.

Interview kerja

Oleh karena itu, hindari pakaian yang dirasa kurang pantas untuk dikenakan seperti mengenakan kaos atau pun celana yang berbahan jeans. Hindari juga pakaian yang terlalu ketat atau seksi saat Anda mengikuti tes wawancara. Tak hanya mengenakan pakaian yang sopan saja, Anda juga harus memperhatikan kebersihan dari pakaian yang Anda kenakan.

Jangan sampai pakaian Anda terlihat lusuh dan kotor saat Anda akan mengikuti tes wawancara. Setrika terlebih dahulu pakaian yang akan Anda kenakan sebelum wawancara dan kalau perlu diberi wangi-wangian.

Untuk Anda wanita, berikut Contoh pakaian wanita saat wawancara kerja

#4. Mengunyah permen pada saat melakukan wawancara

Mungkin, bagi sebagian orang mengunyah permen pada saat melakukan wawancara dapat meredam rasa stress mereka. namun, hal ini rupanya salah besar karena dapat menyebabkan Anda gagal saat melakukan tes wawancara. Hal ini merupakan sebuah hal yang tidak sopan untuk dilakukan karena akan memberikan kesan negative bagi si penilai. Apabila merasa Anda merasa grogi saat melakukan tes wawancara, alangkah baiknya untuk tidak mengunyah permen saat wawancara sedang berlangsung.

#5. Mengangkat telepon pada saat wawancara

Mengangkatkan telepon pada saat Anda melakukan wawancara merupakan hal yang tidak sopan untuk dilakukan. Coba bayangkan bila Anda sedang ngobrol dengan teman atau sahabat Anda tentang sesuatu yang intens, pastinya hal ini akan membuat Anda merasa terganggu bukan?

Oleh sebab itu, hindari untuk mengangkat telepon pada saat wawancara. Matikan telepon pada saat Anda melakukan wawancara agar tidak mengganggu proses wawancara. Jangan sampai kesalahan saat wawancara yang satu ini membuat Anda gagal untuk masuk ke perusahaan yang Anda inginkan.

#6. Bersikap cuek pada saat melakukan wawancara

Bersikap cuek atau tidak peka terhadap kode yang diberikan oleh si pewawancara juga dapat mengurangi nilai Anda pada saat melakukan wawancara. Biasanya, pewawancara akan memberikan Anda kode agar Anda bisa menunjukkan kemampuan yang Anda miliki. Jika Anda tidak paham dengan kode yang diberikan oleh si pewawancara, hal ini dapat membuat Anda dianggap terlalu cuek yang pastinya akan membuat Anda gagal saat melakukan wawancara. Oleh karena itu, pahamilah setiap pertanyaan atau perkataan yang diberikan oleh pewawancara .

#7. Minim akan informasi

Untuk bisa mendapatkan nilai tinggi pada saat wawancara, rupanya memiliki informasi yang banyak seputar pekerjaan yang ingin Anda geluti di perusahaan tersebut sangat penting untuk dilakukan. Pewawancara akan memberikan nilai plus bagi Anda, apabila Anda memiliki banyak informasi tentang pekerjaan yang ingin Anda lamar, tak hanya itu Anda juga memiliki banyak gambaran tentang pekerjaan tersebut. Memiliki pembaharuan serta gagasan ke depan tentang pekerjaan tersebut akan memberikan banyak nilai plus bagi Anda.

Hal ini akan berbanding terbalik apabila Anda tidak memiliki atau bahkan sangat minim informasi dari pekerjaan yang ingin Anda lamar. Kurangnya pengetahuan tentang informasi pekerjaan pastinya akan membuat Anda sangat mudah untuk tersingkirkan.

#8. Terlalu banyak bertanya

Kesalahan saat wawancara selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah ketika Anda terlalu banyak bertanya. Memang, bertanya merupakan cara yang penting untuk menghindarkan ketidaktahuan. Tetapi hal ini akan menjadi hal yang mengurangi penilaian saat interview apabila Anda terlalu banyak mengajukan pertanyaan. Oleh sebab itu, tanyakanlah beberapa hal yang menurut Anda sangat penting. Satu hal yang perlu Anda ketahui, jangan pernah bertanya mengenai rahasia perusahaan atau tentang kehidupan seseorang, karena sangat jelas hal ini dapat mengurangi nilai Anda pada saat wawancara.

#9. Pada saat wawancara, Anda terlalu keras mengeluarkan suara

memang, berbicara pelan pada saat wawancara dapat mengurangi nilai karena intonasi suara yang Anda keluarkan tidak jelas. Namun, bukan berarti Anda juga harus mengeluarkan suara yang terlalu keras agar si pewawancara mendengar suara Anda. Berbicara terlalu keras merupakan salah satu kesalahan saat wawancara yang terkadang tidak Anda sadari. Bicaralah dengan nada yang pas dan intonasi yang tepat. Artinya, Anda jangan bicara terlalu pelan ataupun terlalu keras. Usahakan agar setiap kalimat yang Anda keluarkan dapat dipahami oleh pewawancara.

#10. Menjelek-jelekan kantor lama Anda

Saat melakukan wawancara, jangan pernah sekali-kali untuk menjelekkan kantor lama tempat Anda bekerja meskipun hal itu merupakan alasan mengapa Anda keluar dari perusahaan yang lama. Apabila si pewawancara menanyakan mengapa Anda keluar dari perusahaan tersebut, berilah alasan yang sopan dan tidak terkesan menjelek-jelekan perusahaan lama. Dengan menjelekkan perusahaan tempat Anda bekerja dulu, hal ini malah akan membuat Anda dipandang tidak dapat dipercaya dan tidak dapat menyimpan rahasia perusahaan dengan baik.

#11. Bersikap sok tahu

Kesalahan saat wawancara selanjutnya yang perlu diketahui adalah ketika Anda bersikap sok tahu dengan pekerjaan yang ingin Anda lamar. Tak hanya bersikap sok tahu dengan pekerjaan yang ingin dilamar, ternyata bersikap sok tahu tentang perusahaan tersebut juga akan membuat Anda dianggap terlalu meremehkan perusahaan. Maka dari itu, carilah berbagai macam informasi tentang pekerjaan yang ingin Anda geluti atau tentang perusahaan yang ingin Anda lamar agar terhindar dari kecenderungan sok tahu.

#12. Menyela pembicaraan pada saat melakukan wawancara

Kesalahan selanjutnya yang terkadang tidak disadari oleh para calon karyawan ialah kebanyakan dari mereka menyela pembicaraan pada saat melakukan wawancara. Kesalahan saat wawancara yang satu ini dapat mengurangi penilaian atau malah membuat Anda gugur dalam tahap wawancara. Karena ketika Anda melakukan sesuatu atau sedang memperagakan sesuatu kemudian menyela, hal ini akan membuat Anda terkesan memiliki sifat yang tidak sopan.

#13. Menanyakan gaji

Kesalahan saat wawancara yang terakhir yaitu ketika Anda menanyakan seberapa besar gaji yang akan Anda terima ketika bekerja di perusahaan tersebut. Memang, hal ini bisa dibilang hal yang lumrah untuk ditanyakan. Namun, jangan sekali-kali Anda menanyakan seberapa besar gaji yang akan Anda terima sebelum si pewawancara menanyakan seberapa besar gaji yang Anda terima. Menanyakan gaji pada saat wawancara merupakan kesalahan yang dapat membuat Anda gugur dengan mudah apalagi jika Anda merupakan fresh graduate atau baru saja lulus dari pendidikan.

Baca juga : Tips negosiasi gaji saat wawancara

Itulah 13 kesalahan saat wawancara yang sering tidak disadari oleh kebanyakan orang pada umumnya. Memang, beberapa kesalahan tersebut sering dilakukan oleh kebanyakan orang, namun ternyata kesalahan-kesalahan itu malam membuat Anda dapat gugur dengan mudah saat proses wawancara.

Memang sangat penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa trik menjawab wawancara agar bisa melewati tahap wawancara dengan lancar. Namun, alangkah baiknya jika Anda juga tidak melewatkan beberapa hal kecil seperti yang telah dijelaskan di atas agar Anda tidak gugur hanya karena sebuah kesalahan kecil.

Untuk terhindar dari beberapa kesalahan saat wawancara seperti di atas, Anda perlu mengetahui beberapa solusi agar Anda tidak melewatkan kesalahan-kesalahan kecil yang tidak Anda sadari.

Berikut ini beberapa solusi yang bisa jadi masukan buat Anda ketika akan melakukan wawancara.

#1. Siapkan semua keperluan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyiapkan berbagai macam keperluan yang akan Anda gunakan ketika akan melakukan wawancara pada esok hari. Seperti, menyiapkan sekiranya pertanyaan apa saja yang akan ditanyakan pada saat wawancara agar Anda tidak gugu atau grogi saat melakukan wawancara. Menyiapkan pakaian juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Pilihlah baju yang paling namun tetap sopan. Setrika agar menjadi rapi dan beri wangi-wangian agar penampilan Anda terlihat lebih segar. Selanjutnya, Anda juga bisa menyiapkan kebutuhan lainnya yang diperlukan, namun juga jangan terlalu berlebihan.

#2. Mencari berbagai macam informasi

Untuk menghindari kesalahan saat wawancara alangkah baiknya Anda mencari berbagai macam informasi tentang perusahaan atau pekerjaan yang ingin Anda lamar, hal ini akan membantu Anda agar lebih lancar berbicara saat wawancara. Namun, satu hal yang perlu Anda ingat, jangan bersikap sok tahu karena hal ini dapat membuat Anda terkesan meremehkan perusahaan yang ingin Anda lamar.

#3. Datang seawal mungkin

Datang tepat waktu akan memberikan nilai plus bagi Anda ketika Anda akan melakukan wawancara. Kira-kira berapa jam atau berapa menit perjalanan dari tempat tinggal Anda hingga ke temapt perusahaan yang ingin Anda lamar. Jika kemungkinan akan terjadi kemacetan, berangkatlah sepagi mungkin. Usahakan Anda sudah tiba di perusahaan 30 atau 15 menit sebelum wawancara di mulai. Apabila Anda mampu datang di awal waktu, hal ini akan memberikan kesan bahwa Anda adalah orang yang disiplin waktu.

#4. Jangan lupa sarapan

Solusi yang satu ini terkadang dilupakan oleh kebanyakan orang. padahal, sarapan merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar dapat memberikan tenaga pada saat melakukan wawancara. Tak hanya itu, sarapan juga akan membuat Anda tetap konsentrasi pada saat melakukan wawancara. Jika Anda tidak sempat sarapan di rumah, Anda bisa membawa bekal atau malah mencari sarapan di sekitar perusahaan yang ingin Anda lamar.

#5. Jangan lupa berdoa ketika akan melakukan wawancara

Berdoa merupakan salah satu solusi yang jitu ketika Anda akan melakukan wawancara. Berdoa meminta kemudahan kepada Yang Maha Kuasa agar terhindar dari kesalahan saat wawancara merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Anda tidak hanya berdoa  beberapa menit sebelum wawancara dimulai saja, namun berdoa beberapa hari sebelum wawancara juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Berdoalah secara khusyuk kepada Tuhan Yang Maha Esa agar interview dapat berjalan dengan lancar.

#6. Percaya diri

Solusi selanjutnya yang wajib Anda miliki adalah percaya diri. Sangat wajib bagi Anda untuk terlihat percaya diri pada saat wawancara. Duduklah dengan tegap saat Anda melakukan wawancara untuk meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, bicaralah dengan intonasi yang tepat dan pas agar suara Anda dapat terdengar dengan jelas.

#7. Bersikap sopan

Bersikap sopan pada saat melakukan wawancara juga merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Jangan bersikap sok tahu atau mengangkat telepon, menyela pembicaraan dan yang lain sebagainya pada saat melakukan wawancara. Jika beberapa hal tersebut merupakan kebiasaan Anda sehari-hari, yang perlu Anda ingat bahwa Anda sedang melakukan wawancara yang akan menentukan nasib Anda di masa yang akan datang agar beberapa kesalahan tersebut dapat Anda hindarkan. Bersikap sopan pada saat wawancara dapat membuat Anda terkesan bisa menghargai orang dan mampu menjaga rahasia dari perusahaan yang akan Anda lamar.

Beberapa solusi untuk menghindarkan Anda dari kesalahan saat wawancara sangat penting untuk Anda lakukan agar tidak gugur hanya dengan masalah yang sepele. Persiapkan dengan matang beberapa hal yang perlu untuk disiapkan sebelum memulai wawancara. Sebenarnya, proses wawancara merupakan hala yang mudah untuk dilakukan, namun hal ini akan membuat Anda juga gugur dengan mudah apabila Anda tidak memperhatikan beberapa poin terutama kesalahan-kesalahan kecil yang terkadang tidak Anda sadari.

Menghindari beberapa kesalahan saat wawancara seperti yang telah dijelaskan di atas dan menerapkan beberapa solusi yang telah diberikan dapat membantu melancarkan proses wawancara. Semoga bermanfaat.

Terkait :