10 Keahlian yang Paling Dicari Oleh Perusahaan Startup Saat Ini

Start-Up merupakan kata serapan bahasa Inggris yang memiliki arti sebagai tindakan atau proses untuk memulai sebuah usaha atau organisasi baru.

Sedangkan pengertian dari perusahaan startup yang dilansir dari berbagai sumber adalah perusahaan baru yang didirikan serta berada dalam fase pengembangan maupun penelitian untuk menemukan target pasar yang sesuai.

Walaupun baru berkembang, perusahaan ini mampu bersaing dengan perusahaan lainnya yang sudah terlebih dahulu berdiri serta menguasai dunia.

Mampu bersaing karena perusahaan startup cenderung memiliki bidang teknologi dan informasi yang mutakhir.

Perusahaan startup ini menjadi populer dan mewabah hingga ke seluruh dunia sejak tahun 1998-2000 an seiring dengan banyaknya perusahaan dot-com pada saat itu yang bermunculan.

Karena sering dikaitkan dengan perusahaan teknologi, maka sangatlah wajar bila perusahaan startup lebih mengutamakan 10 keahlian di bawah ini untuk mengembangkan perusahaannya.

Lalu, 10 keahlian apa saja yang paling diincar dan dicari oleh mereka? Berikut ulasannya!

5 Keahlian Hard Skill yang Dicari Perusahaan Startup

1. Analisis Data

Keahlian paling dicari saat ini oleh perusahaan startup

Dalam perusahaan startup penting sekali untuk memiliki karyawan dengan keahlian bisa menganalisis data.

Pasalnya, saat ini data kedudukannya seperti uang yang sangat berharga. Terlebih data tersebut untuk menentukan target pasar yang dibidik oleh perusahaan tersebut.

Tugas seorang analisis data ini meliputi pengumpulan data yang terdiri dari angka penjualan, riset pasar, logistic, dan biaya transportasi. Dari data tersebut nantinya bisa membantu perusahaan untuk membuat sebuah keputusan yang lebih bijak, tepat, strategis, dan juga lebih baik.

Sebagai seorang analisis data, ada beberapa kriteria yang harus dimilikinya sebagai penunjang profesinya tersebut. Adapun skill yang harus dikuasai tersebut mencakup;

  • Paham tentang Software atau Pemrograman Dasar. Seorang analisis data minimal bisa menguasai penggunaan software seperti SPSS, Microsoft Excel dan SAS.
  • Mengetahui Pengetahuan Dasar Statistika
  • Kemampuan untuk melakukan visualisasi dan mengkomunikasikan data
  • Kemampuan Software Engineering
  • Kemampuan kalkulus dan aljabar
  • Kemampuan merapikan segala bentuk data berdasarkan struktur, tipe, dan lain sebagainya.

2. Keahlian dalam Pemasaran

Keahlian berikutnya yang paling dicari oleh perusahaan startup adalah bagian pemasaran. Pemasaran ini memiliki peran sangat penting di sebuah perusahaan.

Secara umum, bidang ini memiliki tugas untuk untuk bisa membuat konsumen puas dengan produk yang dikeluarkan perusahaan karena konsumen adalah sumber keuntungan perusahaan

Selain itu tugas bagian pemasaran adalah untuk bisa memastikan bahwa keinginan konsumen bisa terpenuhi dan terakomodir dengan baik oleh perusahaan. Jika hal tersebut terpenuhi dengan baik maka perusahaan sendiri bisa mendatang keuntungan dari hal tersebut.

Kemudian bagian pemasaran pun harus melaksanakan fungsinya yaitu Planning, Organizing, Actuating, dan Evaluation, dimana di setiap perusahaan pasti melakukan keempat fungsi tersebut untuk menunjang kemajuan dari perusahaan itu sendiri.

Untuk Anda yang memiliki latar belakang Pendidikan bidang pemasaran, sebaiknya setelah lulus nanti tidak perlu mencari kerja di bidang lain. Fokus pada bidang tersebut karena di setiap perusahaan startup pasti membutuhkannya.

Terkait pemasaran di zaman ini sudah semakin canggih dan berkembang bisa menggunakn sosial media untuk pemasaran.

3. Keahlian dalam Teknologi Informasi

Karena perusahaan startup identik dengan hal-hal yang berkenaan dengan teknologi maka teknologi informasi sangat dibutuhkan dan dicari oleh perusahaan tersebut.

Seseorang yang ahli dalam teknologi informasi ini beragam macamnya, yaitu seperti ;

  • Programmer yang bertugas untuk membuat program yang sesuai dengan sistem yang akan dianalisa.
  • Web Designer yang bertugas untuk membuat desain suatu proyek di perusahaan yang berkenaan dengan pembuatan aplikasi berbasis web.
  • Web Programmer memiliki tugas untuk mengimplementasikan rancangan web designer dimana ia akan membuat program yang sesuai dengan rancangan desain tersebut.
  • Technical engineer tugasnya menangani masalah teknik, baik dalam pemeliharaan maupun perbaikan perangkat sistem computer yang ada di perusahaan.
  • Networking engineer idealnya di sebuah perusahaan terdapat bidang tersebut. Tugasnya untuk memeriksa jaringan komputer, mulai dari maintenance sampai troubleshooting.

Namun biasanya, pihak perusahaan hanya cukup mencari bagian technical engineer.

4. Keahlian Memahami SEO

Saat ini banyak perusahaan startup yang membuka lowongan dengan mencantumkan syarat untuk bisa memahami SEO.

SEO ini merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization. Dengan menggunakan SEO diharapkan keyword yang dibuat pada website atau postingan lainnya bisa masuh alam halaman pertama mesin pencarian seperti google.

Penggunaan SEO ini tidak hanya untuk pencarian tulisan, tetapi bisa pula untuk gambar, video, berita, hiburan, dan lain sebagainya.

Semakin sering keyword yang digunakan muncul di halaman pertama, maka semakin besar pula perusahaan Anda untuk dikenal di dalam dan juga luar negeri.

Karena itulah, seorang spesialis SEO memiliki tanggung jawab dalam hal ;

  • Bisa memastikan semua situs web perusahaan yang dikembangkan bis amenarik minat pengunjung untuk mampir ke website perusahaan.
  • Mempromosikan online maupun offline serta mempertahankan interaksi yang telah terbentuk di website.
  • Membuat laporan kepada perusahaan terkait keefektifan SEO website yang sedang ditangani.

5. Design Graphic

keahlian yang paling dicari oleh perusahaan startup

Selanjutnya yang dibutuhkan oleh perusahaan start up adalah design graphic. Design graphic ini diperlukan sebagai penunjangn keberhasilan pemasaran lewat design-design yang dibuat.

Orang design ini biasanya menyukai gambar. Seiring dnegan berjalannya waktu, aplikasi untuk mendesign pun berkembang dengan pesat dimana orang-orang yang tadinya menggambar lewat kertas dan media gambar lainnya bisa dituangkan dalam aplikasi design kekinian.

Perusahaan startup perlu seorang designer graphic ini agar pesan yang ingin disampaikan kepada konsumennya bisa diterima dengan baik.

Adapun tugas utama dari seorang design grapic ini adalah memwujudkan komunikasi verbal menjadi komunikasi visual agar pesan bisa diterima dengan mudah oleh para konsumen.

Maka dari itu, seorang design graphic akan berada dalam satu tim dengan copy writer, web developer, illustrator, dan lain sebagainya.

5 Keahlian Soft Skill yang Dicari Perusahaan Startup

Perusahaan startup tidak hanya membutuhkan keahlian yang bersifat ‘’hard skill’’. Melainkan sumber daya manusia yang ada di perusahaan tersebut memerlukan ‘’soft skill’’ yang bisa menyesuaikan dengan perubahan teknologi saat ini maupun di masa depan.

Loading...

Adapun soft skill yang dimaksud adalah sebagai berikut (poin 6-10) ;

6. Berpikir Kreatif

Dengan adanya perubahan teknologi di dunia, para sumber daya manusia di perusahaan tersebut dituntut untuk bisa berpikir kreatif.

Karena dari pemikiran kreatif itu, berpeluang untuk mendapatkan produk serta inovasi terbaru dari perusahaan.

Baca juga : 10 Hal yang bisa membatasi kreativitas anda

Sehingga bila para SDM nya mampu berpikir kreatif, perusahaan startup tersebut berpeluang untuk mendapatkan keuntungan yang berlimpah dari majunya teknologi di dunia.

Walaupun sudah ada perusahaan startup yang menggunakan robot untuk mempercepat laju pekerjaan, jangan khawatir karena kreatifitas manusia masih dibutuhkan dan tidak bisa digantikan dengan robot tersebut.

Cara untuk mengasah kreatifitas itu sendiri beragam, ada yang terasah lewat membaca, meditasi, jalan-jalan, dan sebagainya. Yang jelas, setiap manusia diberikan akal yang bisa dioptimalkan untuk berpikir dan menghasilkan kreatifitas.

7. Berpikir Kritis

Keahlian berikutnya yang paling dicari oleh perusahaan startup adalah SDM tersebut mampu untuk berpikir kritis.

Sikap ini diperlukan dalam banyak pekerjaan dan juga di bidang apapun. Karena dari cara berpikir yang kritis ini bisa melihat suatu masalah hingga akarnya. Bila sudah begitu, Ia kan bisa membedakan mana yang salah dan juga benar.

Tak hanya itu, dari sikap kritis ini bisa lahir solusi yang brillian untuk mengatasi persoalan yang ada di perusahaan tersebut.

Sikap kritis ini perlu ada agar para SDM tidak gampang menerima hasil ataupun apa yang terjadi disekitarnya.

Mereka yang bersikap kritis pasti akan mempelajari terlebih dahulu tentang perubahan yang ada disekitarnya, sebelum benar-benar merancang perubahan pada perusahaan startup tersebut.

8. Mampu Memecahkan Permasalahan yang Rumit

SDM di perusahaan startup yang memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah yang rumit layak untuk Anda pertahankan karena merupakan skill yang paling krusial.

Baca juga : 13 tips menjadi pemimpin yang disukai bawahan

Seseorang yang mampum melakukannya pasti membutuhkan trial eror berkali-kai hingga bisa menemukan solusinya.

Dan yang terpenting mental dari seseorang yang mampu memecahkan masalah ini adalah dia akan berpikir bahwa masalah yang ada akan membawanya pada sebuah perubahan.

Keahlian ini sangat diperlukan dan dibutuhkan oleh seseorang yang bergelut dalam bidang data analisis, pemasaran, dan juga IT.

Bila tiga bidang tersebut SDM nya memiliki keahlian mampu memecahkan masalah, maka bisa dipastikan perusahaan startup Anda mampu untuk berkembang lebih baik lagi.

9. Kecerdasan Emosional dan Spiritual

SDM yang ada di perusahaan bukanlah robot yang bisa diperintah dengan seenaknya tanpa mempertimbangkan perasaannya. Selain itu, kita juga harus memperhatikan spiritual dari SDM-SDM yang ada di perusahaan agar segala tindakan yang dilakukan tidaka da yang menyimpang dari seharusnya.

Seseorang yang memiliki kecerdasaan emosional, mampu mengelola hubungan dirinya dengan orang lain. Sehingga apa yang dilakukan bisa berdampak positif terhadap sekitarnya termasuk juga pada perusahaan.

Dan itulah, salah satu rahasia mengapa ada seseorang yang sangat berprestasi padahal hard skill yang dimiliki tidak terlalu mencolok.

Lain halnya dengan seseorang yang memiliki kecerdasaan spiritual segala sesuatu akan dihubungan dengan Sang Maha Pencipta sehingga bentuk-bentuk penyimpangan yang tidak sesuai bisa terhindarkan.

Dua keahlian ini sangat wajib dimiliki para SDM perusahaan startup dibandingkan dengan kecerdasan intelektual yang dimiliki.

10. Kemampuan Bernegosiasi

Kemampuan bernegosiasi ini perlu dimiliki oleh sumber daya manusia yang ada di perusahaan startup. Negosiasi ini merupakan modal utama yang harus dimiliki para SDM mengingat setiap orang memiliki tujuan dan keinginan yang berbeda-beda.

Apabila tidak memiliki seni negosiasi yang baik bisa memicu sebuha konflik di slaah stau pihak dan bisa merugikan perusahaan yang telah Anda bangun.

Tujuan dari negosiasinya ini adalah untuk mencapai kesepakatan bersama, dimana tidak ada orang atau perusahaan yang dirugikan.

Baca juga : 15 tips terbaik negosiasi gaji saat wawancara kerja

Bila proses negosiasi ini baik, maka bukan tidak mungkin bisa mendatangkan dana segar dari investor yang benar-benar percaya serta yakin akan perusahaan startup yang Anda bangun.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai 10 keahlian yang paling dicari oleh perusahaan startup saat ini. Tentunya 10 keahlian tersebut tidak hanya mengandalkan hard skill tetapi juga soft skill yang lebih menyentuh pada pribadi dari sumber daya manusia yang ada di perusahaan startup.

Kedua skill tersebut perlu dimiliki agar perusahaan Anda bisa berkembang dengan pesat. Sempga bermanfaat.