9 Jenis Penyakit yang Rentan Dialami Oleh Karyawan

Setiap orang yang bekerja tentu pernah merasakan kesibukan yang luar biasa sehingga hanya fokus pada pekerjaan. Jika sudah begitu, kadnag lupa dengan makan dan minum yang seharusnya menjadi hal dari tubuh Anda.

Ketika kesibukan tersebut sudah menjadi ‘’makanan’’ sehari-hari, hal tersebut bisa berpengaruh pada mental dan juga fisik. Selain stress karena pekerjaan yang tidak kunjung selesai, hal tersebut bisa membuat fisik menjadi lelah sehingga menurunnya daya tahan tubuh Anda.

Jika kondisi tersebut sudah menurun, maka sangat rentan sekali untuk terkena berbagai macam penyakit. Bukan hanya batuk pilek yang Anda alam, kabar buruknya penyakit-penyakit serius lainnya bisa menimpa Anda ketika terlalu berlebihan dalam bekerja.

Lalu, penyakit-penyakit apa saja yang dialami para karyawan? Serta bagaimana cara penangannya? Berikut ulasannya!

Mengenal Berbagai Jenis Penyakit yang Dialami oleh Karyawan

1. Batu Ginjal

Sebagian besar karyawan kantoran bekerja di ruangan yang ber AC, karena ruangan sejuk kerap kali membuat mereka lupa untuk minum.

Tidak hanya itu, bila pekerjaan sudah menumpuk, malas untuk beranjak dari tempat duduk bahkan rela untuk menahan buang air kecil karena harus menyelesaikan pekerjaan.

Dari kebiasaan-kebiasaan di atas apabila dilakukan berulang-ulang akan timbul yang namanya penyakit batu ginjal.

Baca juga : 10 Gejala dan Tanda Anda Mengalami Stres Pekerjaan

Peluang terkena penyakit di atas akan semakin besar apabila Anda sering mengkonsumsi makanan yang tinggi kalsium, memiliki kandungan asam oksalat atau tidak larut dalam tubuh, serta makanan yang banyak mengandung protein hewani.

Ciri dari seseorang yang terkena penyakit tersebut adalah akan merasakan sakit yang hebat ketika buang air kecil.

Penyakit tersebut bisa disembuhkan dengan menggunakan gelombang ultrasonic apabila ukurannya masih kecil.

Tetapi, jika sudah terlalu besar bisa diangkat dengan melakukan pembedahan.

Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin menderita penyakit batu ginjal, langkah kecil yang bisa dilakukan adalah banyak minum, sering gerak, dan jangan terlalu stress atau serius mengerjakan pekerjaan.

2. Maag

Penyakit berikutnya yang rentang dialami karyawan adalah maag. Penyebab maag sendiri bukan karena Anda menunda makan atau tidak makan sama sekali, melainkan karena pola makan yang sembarang dan gaya hidup yang buruk.

Sebagai contoh, pada hari itu Anda harus menyelesaikan deadline pekerjaan, otomatis sepanjang hari akan berada di depan layar kantor guna menyelesaikan tugas.

Jika sudah begitu, waktu makan siang pun akan terbengkali. Jika Anda ingat dengan makan pun, biasanya akan makan ala kadarnya atau hanya makan snack-snack yang ada di depan Anda.

Atau bisa jadi hanya minum kopi atau minuman lainnya untuk mengganjal rasa lapar dan kemudian Anda lupa untuk makan karena rasa lapar pun sudah lewat.

Nah, lihatlah contoh kasus di atas, terbayang bukan jika hal tersebut dilakukan berulang-ulang tentunya akan menyebabkan sakit maag.

Adapun ciri dari seseorang yang terkena maag adalah sebagai berikut;

  • Perut kembung
  • Gampang kenyang
  • Sering sendawa
  • Mual saat makan
  • Nafsu makan menurun karena perut terasa sakit
  • Turun berat badan
  • Naiknya asam lambung

Jika ciri-ciri diatas sudah tampak pada diri Anda, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter. Selain itu, hindari makanan yang pedas dan mengandung banyak asam.

Untuk sementara wakttu jangan konsumsi minuman berkafein, bersoda, dan juga berakohol karena akan memperparah sakit Anda.

3. Penyakit Jantung

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan di Amerika serikat, resikoa penyakit jantung dan stroke akan meningkat 80% akibat bekerja lembur atau setara dengan karyawan yang bekerja 55 jam per minggunya dibandingkan yang bekerja selama 35-40 jam per minggu.

Artinya, semakin sering Anda menghabiskan waktu untuk lembur, maka semakin rentan pula penyakit jantung tersebut bisa menyerang Anda.

Hal itu terjadi bisa dikarenakan tekanan pekerjaan yang tinggi sehingga menyebabkan Anda menjadi stress. Kemudian bisa juga terjadi karena pola hidup yang buruk serta terlalu banyak duduk dibandingkan berolahraga.

Penyakit jantung ini sangat rentang terkena pada wanita. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala-gejala di bawah ini, patut untuk diwaspadai karena bisa jadi Anda terkena jantung.

Adapun gejala-gejala yang dimaksud adalah sebagai berikut ;

  • Sering Nyeri pada bagian leher, rahang, dan sekitarnya
  • Berkeringat berlebihan
  • Sering sesak napas dan tidak ada riwayat asma
  • Sering Kelelahan
  • Nyeri dada seperti ditekan atau ditindih benda keras

Jika sudah tampak ciri-ciri di atas, segera periksaan diri ke kantor dan kemudian atur pola hidup Anda menjadi pola hidup sehat.

4. Obesitas

Obesitas terjadi selain karena faktor keturunan juga karena terlalu banyak makan yang tidaka sehat serta jarang berolahraga.

Ciri di atas biasanya hampir dimiliki oleh setiap karyawan yang kerap menyebutnya super sibuk.

Ditengah kesibukan tersebut beralasan tidak bisa berolahraga karena sudah terlanjur lelah mengerjakan tugas kantor. Selain itu, pola makan yang tidak teratur dan makan asal-asalan.

Jika hal tersebut terus dilakukan, bisa menyebabkan Anda terkena obesitas atau terlalu gemuk.

Obesitas ini terjadi karena terlalu banyak karbohidrat dalam tubuh sehingga terlalu dipenuhi dengan gula. Apalagi jika Anda termasuk orang yang kurang tidur, kemampuan tubuh untuk bisa memproses gula pun menjadi lebih buruk hingga bisa menyebabkan obesitas dan diabetes.

Jika saat ini berat bada Anda sudah dikatakan jauh dari normal, sebaiknya segera untuk melakukan diet yang tepat agar tubuh Anda tidak terlalu gemuk.

Saat ini sudah banyak metode-metode diet yang dilakukan banyak orang. Tetapi yang pasti dan mudah dilakukan adalah hindari tepung dan gula karena itu akan membuat berat badan Anda semakin meningkat.

Kuncinya adalah makanlah, makanan yang alami seperti sayuran, buah-buahan, serta protein hewan maupun nabati yang belum diolah menjadi makanan lain.

5. Tifus

sakit yang sering diderita oleh karyawan kantoran

Penyakit berikutnya yang rentan dialami karyawan adalah penyakit tifus. Penyakit ini bisa terjadi karena adanya bakteri salmonella typhi yang berasal dari makanan atau minuman yang tidak bersih.

Berdasarkan data dari berbagai sumber, pasien pasien tifus ini kebanyakan adalah para karyawan karena dilihat dari data pembayaran yang semuanya dilakukan oleh perusahaan.

Hal ini mengindikasi bahwa karena kesibukan mereka, asupan makanan yang dikonsumsi pun boleh jadi bukan makanan yang sehat dan lebih mendominasi makanan cemilan yang masuk ke tubuh mereka.

Sebenarnya penyakit tersebut bisa di atasi asalakan Anda memiliki sistem imun yang baik. Tetapi, karena terlalu sibuk bekerja, tekanan pekerjaan banyak, stress, kelelahan, bisa menyebabkan daya tahan tubuh Anda menurun.

Ketika hal tersebut sudah terjadi, bakteri yang ada dalam satu suapan makanan bisa membuat Anda terkan tifus dan harus terbaring di rumah sakit selama 7 hari atau lebih dari itu.

6. Wasir

Penyakit wasir ini sangat rentan terjadi pada karyawan kantoran Hal ini disebabkan karena karyawan terlalu banyak berdiri atau duduk, kurang makanan berserat, sangat sedikit minum, serta terlalu sering mengangkat beban yang terlalu berat.

Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya benjolan di sekitar anus sehinga akan mengeluarkan darah ketika buah air besar. Selain itu penyakit wasir ini akan memberikan rasa tidak nyaman ketika sedang duduk.

Baca juga : 10 Cara Cerdas Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja

Maka dari itu, para karyawan yang bekerja di kantor jika sudah terindikasi terkena penyakit di atas, segeralah untuk periksakan ke dokter atau mengubah polah hidup Anda dengan banyak makanan yang berserat, banyak minum air putih, tidak duduk terlalu lama, rutin berolahraga, kemudian tidak sering menahan ketika ingin BAB.

Jika terlalu sering menahan, akan membuat feses keras dan sulit keluar, akibatnya Anda harus mengejan dengan dengan kuat saat BAB.

7. Insomnia

Penyakit lainnya yang kerap diderita karyawan adalah insomnia. Penyebab insomnia ini karena adanya paksaan dalam diri untuk menahan kantuk agar bisa menyelesaikan tugas sebelum deadline.

Karena itu agar tetap terjaga, karyawan akan lebih sering untuk mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Selain itu, ada pula yang menangkalnya dengan cara merokok.

Perlu diketahui, apabila dua hal tersebut sering Anda konsumsi, maka akan membuat pola istirahat Anda menjadi tidak beraturan dan mengundang berbagai penyakit lain untuk hinggap dalam tubuh.

Jika Anda memang harus berada di kantor dalam waktu cukup lama dan harus lembur, upayakan jangan sampai ‘’menyiksa’’ diri dengan mengonsumsi makanan yang tidak baik.

Bekerja keras memang diharuskan, tetapi Anda harus bisa kerja dengan cerdas agar pekerjaan yang Anda lakukan bisa dinikmati tanpa harus mengalami sakit-sakitan.

Karena itu, sebanyak apapun pekerjaan Anda upayakan untuk tetap menjaga pola hidup dengan baik dan jangan lupa untuk istirahat.

Adapun cara untuk mengatasi insomnia adalah dengan berolahraga, berhenti merokok, hindari kafein, makan malam 2-3 jam sebelum tidur, tidak stress, dan hindari nongkrong malam.

8. Spondilitis

Nama penyakit ini boleh jadi terdengar asing di telinga Anda. Namun, penyakit ini sangat ‘’akrab’’ hinggap di tubuh para karyawan.

Penyakit ini merupakan sejenis sakit punggung nonspesifik yang tingkatannya jauh lebih serius disbanding penyakit punggung biasa karena sulit untuk disembuhkan.

Penyakit ini terjadi jika Anda terlalu sering bekerja di belakang meja atau di depan komputer selama berjam-jam tanpa istirahat yang cukup dan memadai.

Penyakit tersebut muncul karena terlalu banyak mendapatkan tekanan sehingga tulang akan membengkak dan berisiko besar untuk terkena spondylitis serviks.

Seseorang yang menderita penyakit ini tidak akan bisa bergerak bebas dan ketika sudah parah, hanya bisa terbaring di tempat tidur.

Adapun untuk mencegah penyakit ini adalah dengan sebagai berikut;

  • Berhenti untuk merokok
  • Konsumsi Kalsium untuk mencegah osteoporosis
  • Tidak mengonsumsi alcohol
  • Perbanyak sayur dan buah-buahn
  • Banyak minum air putih, 2 liter per hari
  • Kurangi gula dan makanan yang banyak mengandung pengawet.

Penyakit tersebut tidak bisa disepelekan, jika ciri-ciri dari penyakit di atas sudah mulai dirasa segera periksakan diri ke dokter.

9. Diabetes

Penyakit selanjutnya yang dialami oleh karyawan adalah diabetes atau gula darah yang tinggi. Penyakit ini bisa menjangkit para karyawan karena mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk.

Kebiasaan duduk yang terlalu lama tersebut bisa mengurangi kemampuan hormon insulin. Jika glukosa tidak bisa diproses dengan baik dalam tubuh, glukosa akan tetap berada di dalam darah.

Baca juga : 10 Cara Jitu Menghilangkan Jenuh Saat Kerja Agar Terus Semangat

Sehingga glukosa ini tidak bisa diubah menjadi energi dan sangat beresiko menimbulkan diabetes.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai 9 jenis penyakit yang rentang dialami karyawan. Semoga hal di atas bisa bermanfaat untuk Anda dan semakin berhati-hati terhadap apa yang dikonsumsi serta mengubah pola hidup menjadi lebih baik.