10 Bentuk Apresiasi kepada Karyawan yang Bisa Perusahaan Berikan

Karyawan adalah aset perusahaan yang harus dipertahankan. Tanpa adanya karyawan, perusahaan pun tak akan berkembang dengan lebih baik lagi.

Cara untuk mempertahankan karyawan agar mau tetap bekerja di perusahaan yang Anda pimpin pun beragam, salah satunya adalah dengan memberikan apresiasi kepada karyawan.

Apresiasi tersebut selain gaji, bisa dalam bentuk bonus yang memang sesuai dengan kinerja yang dilakukannya. Apresiasi tersebut tentunya akan memberikan dampak dan juga kesan bahwa perusahaan sangat mengapresiasi dan menghargai karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

Perihal tentang memberikan apresiasi tersebut telah diinstursikan oleh pemerintah melalui surat edaran Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia No. SE-07/MEN/1990 Tahun 1990 tentang Pengelompokan Komponen Upah dan Pendapatan Non Upah, bonus termasuk dalam kategori non-upah.

Berdasarkan aturan tersebutlah, seharusnya pihak perusahaan lebih memperhatikan kembali apresiasi terhadap karyawan yang memang “setia” untuk bekerja di perusahaan Anda.

Adapun apresiasi kepada karyawan yang bisa diberikan oleh perusahaan bisa Anda lakukan dalam pembahasan mengenai 10 jenis apresiasi karyawan yang diberikan perusahaan. Seperti apakah pembahasannya ? Yuk, simak bersama ulasannya berikut ini!

Jenis Apresiasi kepada Karyawan dari Perusahaan

1. Mengizinkan Karyawan Anda Bekerja dari Rumah

mengijinkan karyawan bekerja dari rumah

Terkadang sering melakukan aktivitas rutinan bisa menyebabkan kejenuhan. Bila hal tersebut terjadi, maka produktivitas karyawan akan menurun dan mempengaruhi perkembangan perusahaan Anda.

Oleh karenanya, untuk menghilangkan kejenuhan tersebut Anda bisa memberlakukan sebuah apreasiasi kepada karyawan dengan mengizinkannya bekerja dari rumah.

Artinya, walaupun karyawan Anda tidak datang ke kantor mereka tetap bisa bekerja mengirimkan laporan atau pekerjaan lainnya yang masih menguntungkan perusahaan Anda.

Tentunya untuk bisa melakukan hal tersebut, berikan kepada karyawan yang telah berprestasi ataupun telah mengabdi cukup laam di perusahaan Anda.

Baca juga : 13 Kiat menjadi karyawan teladan di kantor

Dengan adanya kesempatan tersebut, karyawan Anda akan berpikir ulang untuk resign dari perusahaan yang telah memberikannya apresiasi yang luar biasa.

Sistem bekerja di rumah tersebut bisa dilakukan selama 3 hari atau 7 hari sesuai dengan kebijakan perusahaan.

2. Menambah Cuti Karyawan

Mendengar kata cuti biagi karyawan adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Karena dengan sistem cuti tersebut, karyawan bisa off terlebih dahulu dari pekerjaan di hari biasa sesuai dengan kebijakaan perusahaan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda pimpinan perusahaan untuk menambahkan jatah cuti karyawan berprestasi. Pemberian jatah cuti tersebut bisa dilakukan seminggu ataupun lebih.

Bisanya para karyawan yang mengambil jatah cuti tersebut akan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk berlibur ke tempat-tempat yang disenanginya.

Baca juga : 10 Cara menjadi karyawan berprestasi di kantor apapun pekerjaanya

Penambahan waktu cuti tersebut juga akan memberikan dampak produktivitas karyawan terhadap kemajuan perusahaan.

3. Memberikan Tiket Liburan Gratis

apresiasi kepada karyawan oleh perusahaan

Apresiasi berikutnya yang bisa diberikan oleh pihak kantor adalah memberikan tiket liburan gratis kepada karyawan Anda yang berprestasi.

Tiket liburan tersebut bisa diberikan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di dalam maupun luar negeri. Tentunya pemberian yang dilakukan oleh kantor berupa akomodasi lengkap dan juga yang terbaik.

Pemberian tiket ini bukan sebagai pemberian apresiasi yang berlebihan. Melainkan apresiasi yang layak diberikan karena karyawan Anda telah berkorban dari segi tenaga, pikiran, waktu, dan sebagainya.

Selain tiket liburan gratis mengunjungi tempat wisata dalam dan juga luar negeri, bisa pula Anda menyiapkan tiket perjalan wisata religi gratis untuk karyawan Anda. Misalnya umroh untuk yang beragama Islam.

Pemberian apresiasi yang dilakukan setahun sekali ini akan membuat karyawan Anda termotivasi dan berlomba-lomba menjadi karyawan terbaik.

4. Memberikan Tiket Acara Bergengsi

Apresiasi berikutnya yang bisa diberikan oleh pihak perusahaan kepada karyawan adalah dengan memberikan tiket acara yang cukup bergengsi.

Acara tersebut bisa tentang seminar atau training yang dapat menambah skill karyawan. Selain itu bisa pula tentang event olahraga dunia, konser musik, atau event lainnya yang disenangi oleh karyawan Anda.

Tentunya karyawan akan senang karena tiket yang diberikan tersebut adalah tiket event terbaik yang diinginkannya. Secara tidak langsung akan memberikan “mood” yang baik dalam bekerja.

5. Berlibur Bersama Rekan-Rekan Kantor

Apresiasi selanjutnya yang bisa diberikan perusahaan adalah dengan mengadakan liburan bersama. Tentunya liburan ini bisa dilaksankaan setelah target-target perusahaan terpenuhi dengan baik.

Atau bisa pula mengadakan sebuah kompetisi antar divisi, dimana apresiasi yang didapat adalah mengadakan liburan gratis bersama rekan-rekan kantor.

Liburan bersama rekan kantor bisa dilakukan dengan mengunjungi pantai, menyewa villa, arung jeram, outbound dan lain sebagainya. Atau bisa pula mengunjungi tempat wisata terbaik di kota Anda.

Dengan begitu, selain mendapatkan apresiasi kekeluargaan pun akan terbangun dengan sendirinya karena susah dan senang ditanggung bersama.

Setiap karyawan pun akan merasa nyaman dan betah untuk bekerja di perusahaan tersebut. Dengan adanya faktor kenyamanan dan kekeluargaan yang terbangun, maka akan memberikan efek betahnya bekerja di perusahaan yang Anda pimpin.

Baca juga : 10 Cara orang sukses menghabiskan waktu akhir pekan

Boleh jadi, dengan diagendakannya liburan tersebut akan menghilangkan kejenuhan para karyawan untuk bekerja.

6. Membelikan Voucher Belanja

Belanja, sebuah kegiatan yang tak pernah dilewatkan oleh seseorang. Oleh karena itu, tak ada salahnya bila perusahaan memberikan sebuah apresiasi dengan membelikan voucher belanja kepada karyawan Anda yang berprestasi.

Voucher belanja yang dibelikan bisa untuk membelikan makanan, pakaian, dan lain sebagainya. Tentunya, voucher tersebut akan terlihat sangat berharga dimata karyawan.

Pemberian voucher ini bisa dilakukan secara berkala dan bergiliran seusai dengan kinerja dari para karyawan perusahaan Anda.

Pemberian vocher memang terkesan sederhana, namun karyawan akan merasa diperhatikan serta dihargai setiap kinerja yang dilakukannya.

7. Makan Bersama di Sebuah Restoran

Walaupun hanya sekedar mengapreasiasi lewat makanan, karyawan Anda akan merasa bangga karena bisa makan bersama pimpinannya. Terlebih jika tempat makan yang dituju sebuah restoran yang terkemuka di kota Anda.

Ajakan makan bersama ini bisa dilakukan di waktu senggang saat siang atau malam hari. Sambil melakukan aktivitas makan bersama, pembicaraan tentang pekerjaan pun akan terasa santai dan juga menyenangkan.

Mengajak makan bersama ini bisa diberikan kepada beberapa orang karyawan Anda yang memang menjalankan tugasnya dengan baik.

Hal ini agar bisa dijadikan sebuah motivasi bagi karyawan lain untuk bisa bekerja lebih baik dan karyawan yang berprestasi akan semakin meningkatkan performa terbaiknya dalam bekerja.

8. Memberikan Sertifikat dan Piala

Cara berikutnya dalam menunjukkan apresiasi kepada karyawan adalah dengan memberikan sertifikat dan juga piala. Tentunya pemberian tersebut dilakukan melakui tahapan dalam sebuah kategori yang telah dilakukan penilaian dengan cukup ketat.

Kategori yang bisa diberikan pun beraneka ragam, contohnya seperti karyawan dengan jumlah pencapaian target terbanyak yang biasanya diberikan untuk divisi marketing. Selain itu bisa pula diberikan untuk karyawan paling displin, rajin, ramah, dan sebagainya.

Setelah menetapkan sebuah kategori, pihak manajemen bisa menyebarkan angket ke setiap karyawan untuk bisa diisi oleh mereka. Nama terbanyak yang paling sering muncul dalam setiap kategori layak untuk dijadikan pemenang yang mendapatkan piala dan sertifikat.

Sekilas memang kategori tersebut begitu sederhana, namun akan memiliki kesan tersendiri pada karyawan yang terpilih sebagai pemenang ataupun yang hanya berpartisipasi mengisi angket.

Pemberian apresiasi tersebut akan memberikan dampak positif kepada karyawan, salah satunya adalah kekeluargaan sesama karyawan akan terjalin lebih erat.

9. Memberikan Barang Favorit Karyawan

Tentunya hal ini akan menjadi sesuatu yang sangat berkesan di mata karyawan Anda yang berprestasi. Dalam benaknya tak pernah terlintas sedikit pun untuk mendapatkan barang favorit dari pimpinannya sendiri.

Untuk mencari barang favorit karyawan Anda tentunya harus banyak mencari referensi dari teman dekat, keluarga, atau sesuai pengamatan Anda sendiri.

Barang favorit untuk karyawan tersebut bisa Anda berikan kepada karyawan yang memang layak untuk mendapatkannya. Entah itu karena prestasi, attitude yang baik, ataupun telah menyumbangkan ide serta pikirannya untuk kemajuan perusahaan.

10. Mengucapkan Dua Kata Ajaib untuk Karyawan

Dua Kata ajaib ini pastinya sudah tidak asing lagi untuk diucapkan. Sayangnya, dua kata ini sudah sangat jarang diucapkan kecuali di tempat-tempat formal seperti sekolah ataupun perguruan tinggi.

Dua kata ajaib yang dimaksud adalah kata “terima kasih” dan “tolong” yang seharusnya diucapkan oleh seseorang ketika akan atau telah selesai meminta bantuan kepada orang lain.

Sebagai pemimpin perusahaan tentunya tak ada salahnya untuk mengucapkan dua kata ajaib tersebut sebagai bentuk apresiasi.

Dua kata tersebut dikatakan sebagai kata ajaib karena memang memiliki makna positif tersendiri bagi yang akan melakukannya.

Contohnya bila Anda seorang pemimpin perusahaan gunakan dua kata tersebut kepada karyawan Anda. Maka sebagai karyawan akan merasa dianggap dan dihargai atas kinerja yang telah dilakukannya.

Walaupun terlihat sebagai apresiasi yang sangat sederhana, namun akan memberikan kesan tersendiri di hati para karyawan.

Tips Menjadi Karyawan Berprestasi di Perusahaan

Hampir setiap poin tentang jenis apresiasi di atas diberikan sepenuhnya untuk karyawan yang berprestasi. Tentu saja hal tersebut perlu dilakukan agar karyawan merasa dihargai oleh perusahaan atas kinerja yang dilakukannya.

Jerih payah mereka akan terbayar dengan sebuah apresiasi yang memang layaka untuk mereka terima. Tentunya dengan melihat sederatan apresiasi di atas, banyak karyawan yang ingin berlomba-lomba menjadi karyawan yang berprestasi.

Oleh karena itu, berikut akan dipaparkan mengenai tips menjadi karyawan berprestasi di perusahaan. Dan berikut uraiannya!

1. Displin

Sudah menjadi rahasia umum, apabila seseorang yang memiliki waktu yang displin maka kesuksesan bisa diraihnya dengan mudah.

Karena itu, apabila Anda ingin menjadi karyawan berprestasi awali hal tersebut dengan menjadi karyawan yang displin. Baik itu dating ke kantor dengan tepat waktu atau menyelesaiakn pekerjaan sesuai deadline yang ditentukan.

2. Profesional dalam Bekerja

Sikap professional dalam bekerja pun akan membawa Anda pada predikat karyawan yang berprestasi. Artinya, Anda adalah karyawan yang memang tahu untuk menempatkan diri kapan waktunay bercanda, mengobrol, dan juga beekrja dengan sesam rekan karyawan.

Karena itu, manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan bidang yang Anda kuasai.

3. Menerima Saran dan Kritik dan Orang Lain

Setiap orang tentunya pernah mengalami kesalahan termasuk dalam hal pekerjaan. Apabila hal tersebut terjadi pada Anda, maka mintalah saran dari seseorang yang lebih berpengalaman dari Anda.

Ingat! Jangan pernah menolak atau membenci sebuah kritikan yang membangun. Karena dengan kritikan tersebut biasanya akan membuat seseorang lebih baik lagi dari sebelumnya. Pimpinan pun akan menilai bahwa Anda adalah seorang pembelajar yang tak pantang menyerah.

4. Loyal Terhadap Perusahaan

Loyal terhadap perusahaan sangat diharapkan oleh setiap pemimpin perusahaan. Pasalnya, dengan sikap yang dimiliki tersebut akan memacu para karyawan untuk bisa bekerja lebih baik lagi.

Para karyawan akan berusaha dengan sebaik mungkin menyusun setiap strategi terbaik dalam menyelesaikan pekerjaan dan membuat maju sebuah perusahaan.

Apabila perusahana berkembang dengan baik, maka karyawan pun akan medapatkan apresiasi yang sebanding dengan pengorbanannya.

5. Menjalin Hubungan Baik dengan Sesama Karyawan

Menjalin hubungan baik antar karyawan ini patut untuk dilakukan karena kan menciptakan suasana kerja yang harmonis dan juga kondusif.

Apabila hal tersebut terjadi, maka kinerja dari setiap karyawan akan cukup baik untuk bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktunya.

Baca juga : 10 Cara komunikasi di tempat kerja yang efektif bagi karyawan

Menjalin hubungan baik pun akan membawa Anda pada predikat sebagai karyawan teladan dan juga peduli akan sesama.

Namun, predikat tersebut jangan dijadikan sebagai tujuan utama. Boleh jadi, setiap pertemanan yang dijalin tidak dilakukan dengan tulus dan ikhlas.

Berinteraksilah sewajarnya dan tetap menjunjung profesionalisme di antara karyawan perusahaan. Suasan kondusif ini juga akan sangat disukai oleh pimpinan perusahaan Anda.

Penutup

Sejatinya setiap manusia butuh pengakuan dari orang lain. Hal tersebut terjadi karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.

Oleh karena itu, Jika ingin dihargai dan juga diakui oleh orang lain mulailah dari diri sendiri untuk bisa menanamkan rasa peduli dan menghargai antar sesama.

Termasuk dalam hal pekerjaan, apabila Anda menginginkan seorang karyawan yang loyal dan juga setia. Maka, taka da salahnya untuk mengapresiasi setiap kinerja dengan jenis-jenis apresiasi yang telah diuraikan di atas.
Semoga informasi mengenai 10 jenis apresiasi kepada karyawan yang bisa perusahaan berikan ini akan bermanfaat untuk Anda. Semoga Sukses!

Scroll to Top