6 Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Karyawan

Bagaimana cara mengukur kinerja karyawan di kantor ? Ada banyak cara, salah satunya misalnya dengan melihat prestasi kerja yang sudah dicapai oleh karyawan. Anda sering terpaku pada cara mengukur kinerja karyawan, namun sering melupakan sebenarnya faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja karyawan itu..

Sebuah perusahaan harus mampu mengukur setiap kinerja karyawannya, karena ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kemajuan perusahaan akhirnya.

Kinerja karyawan akan mempengaruhi pencapaian target perusahaan. Jika kinerja karyawan Anda baik, maka pencapaian target yang diinginkan perusahaan juga akan tercapai.

Sebagai pemimpin, Anda harus paham betul terhadap kondisi karyawan Anda. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan. Berikut adalah 5 faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan.

1. Kondisi sarana dan prasarana kantor (Fasilitas Kantor)

Ada tidaknya sarana dan prasarana yang mendukung seseorang karyawan bekerja di kantor.  Dengan fasilitas yang tersedia, apakah karyawan sudah bisa melakukan tugasnya dengan maksimal atau belum?

Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Karyawan
Lingkungan kerja yang nyaman

Anda menginginkan kinerja karyawan Anda bagus, sementara Anda tidak memberikan fasilitas yang memadai untuk menunjang pekerjaan mereka, maka sama saja bohong.

Misalnya,

Anda adalah perusahaan baru (startup) dimana fasilitas masih minim. Untuk mengatasi hal ini, berikan pengarahan di awal kepada para karyawan (misalnya pada saat perekrutan karyawan) sehingga karyawan memiliki komitmen sejak dari awal untuk bekerja dengan maksimal meskipun dengan fasilitas yang minim.

Namun, berbeda kasus jika di perusahaan yang sudah mapan ternyata minim fasilitas, maka kinerja karyawan pasti akan terhambat karena fasilitas.

2. Kondisi dan suasana lingkungan kerja

Selain fasilitas kantor, lingkungan kantor juga sangat berpengaruh pada kinerja karyawan Anda. Apa saja yang termasuk linkungan kerja ?

Misalnya ;

Bagaimana suasana ruangan kantor, misalnya apa warna cat dinding di kantor, seberapa luas ruang kerja di kantor,

Kebiasaan-kebiasaan sederhana karyawan di kantor,

Bagaimana cara berkomunikasi karyawan kantor,

Dan banyak lagi yang lain.

Nah, untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif serta nyaman perlu untuk menata dan membuat aturan-aturan kecil yang disepakati bersama.

Misalnya, menghindari mengejek sesama karyawan, membiasakan membuang sampah pada tempatnya, atau sekedar menyapa dengan sapaan “hallo” setiap bertemu.

Tahukan Anda, 80% karyawan mengundurkan diri jika lingkungan tempat mereka bekerja tidak kondusif.

Seharunya lingkungan kerja yang baik memiliki ruang kerja yang sesuai dengan jumlah karyawan yang ada, lampu penerangan dan suhu udara yang nyaman.

Hal-hal sederhana tersebut merupakan faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan di sebuah perusahaan.

3. Buat prioritas kerja yang jelas

Delegasikan alur kerja yang jelas, memiliki SOP yang jelas, sehingga karyawan akan bekerja mengikuti SOP (standar oprasional prosedur) yang sudah ada.

Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Karyawan

Tidak akan ada kebingungan antar karyawan, dengan prioritas kerja maka akan terjadi efisiensi dan efektivitas dalam pekerjaan.

Berikan prioritas kerja yang jelas terhadap karyawan Anda. Jangan bebankan terlalu banyak tugas kepada karyawan, sehingga mereka akan merasa kebingungan mana pekerjaan yang harus diprioritaskan terlebih dahulu mana yang tidak.

Berikan waktu yang cukup kepada karyawan untuk mengerjakan pekerjaannya satu demi satu dengan timeline dan SOP , jika ternyata  ada pekerjaan penting yang sifatnya insidensial, harus dikerjakan karyawan. Pintar-pintarlah mengotak-atik jadwal deadline pekerjaan yang sebelumnya sudah atau sedang dikerjakan. Berikan pengertian kepada karyawan, supaya mereka dapat bekerja dengan tenang dan tepat waktu.

4. Dukungan dan suport dari atasan

Sebagai  pemimpin yang baik,  Anda harus mendengarkan pendapat dan ide karyawan Anda. Berikan suport kepada mereka dalam menyampaikan gagasan dan ide-ide baru saat rapat. Libatkan mereka dalam menyelesaikan sebuah permasalahan yang ada.

Dengarkan ide ide mereka, karena pada akhirnya ide ini yang kan membawa sebuah kemajuan bagi perusahaan. Ajak mereka ikut berperan aktif dalam melakukan trobosan-trobosan penting dalam perusahan.

5. Berikan apresiasi dan bonus

Berikan apresiasi kepada karyawan Anda setiap kali mereka selesai mengerjakan tugas.  Setiap karyawan akan bekerja dengan segenap kemampuan jika pekerjaan yang mereka kerjakan dihargai oleh perusahaan.  Bukan hanya di hargai dengan bonus uang, namun juga dengan apresiasi pujian dari atasan.

Apresiasi kepada karyawan berprestasi

Ada dua penghargaan yang bisa meningkatkan kinerja karyawan ;

Pertama, Apresiasi atau pujian dari atasan,

Kedua, Bonus

Berikan pujian pada momen tertentu dan disaksikan oleh karyawan lain, karena prosesi ini akan meningkatkan motivasi karyawan untuk bekerja dengan sebaik mungkin. Mereka berharap akan mendapatkan apresiasi dan bonus seperti teman mereka yang sudah mendapatkannya.

6. Buat sebuah rapor untuk para karyawan

Membuat rapor untuk memberikan motivasi kepada karyawan agar meningkatkan kinerja mereka di kantor. Dengan buku laporan yang dimiliki seiap karyawan, Anda akan mudah menilai dan memberikan apresiasi kepada karyawan yang berprestasi.

Rapor bisa dibuat dengan berbagai penilaian, misalnya kedisiplinan, kinerja, dan lain sebagainya. Bisa diberikan setiap 3 bulan sekali sampai satu tahun sekali.

7. Blokir situs-situs media sosial yang bisa mengganggu kinerja karyawan

Situs media sosial dapat mengganggu kinerja karyawan Anda, terlebih jika mereka berselancar di medsos saat mereka sedang bekerja. Oleh karena itu blokir situs media sosial yang kiranya akan dimanfaatkan oleh karyawan untuk killing time.

Tentu saja dengan pembicaran aturan di awal. Bahwa tidak diperbolehkan menggunakan media sosial pada saat bekerja.

Penutup

Jika ingin mendapatkan hasil yang diharapkan perusahaan, maka meningkatkan kinerja karyawan akan sangat dibutuhkan. Anda bisa belajar dari 7 faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan dalam bekerka.

Kinerja karyawan Anda bisa di tingkatkan menuju ke level yang lebih baik, semoga artikel ini bermanfaat.

Terkait :

Loading...