5 Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan yang Benar

surat pengunduran diri yang benar

Bagi seseorang yang ingin mengundurkan diri dari tempatnya bekerja, biasanya harus menyertakan surat pengunduran diri. Bisa dikatakan bahwa dengan menggunakan surat tersebut, berarti Anda keluar dengan baik dan terhormat.

Selain memang sudah menjadi prosedur yang dijalankan. Proses penulisan surat tersebut juga sudah menjadi adab yang harus dilakukan oleh karyawan ketika akan keluar dari tempat kerja.

Namun, terkadang untuk menulis surat pengunduran diri tersebut memerlukan banyak contoh atau referensi sehingga bisa menghasilkan isi surat pengunduran diri yang baik.

Jika Anda masih bingung bagaimana caranya untuk bisa menulis surat pengunduran diri yang baik dan sesuai. Berikut akan kami paparkan dalam pembahasan 5 contoh surat pengunduran diri/resign kerja yang baik. Dan berikut ulasannya!

Manfaat Membuat Surat Pengunduran Diri

Sebelum beralih pada pembahasan contoh, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tentang alasan membuat surat pengunduran diri. Adapun manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

surat pengunduran diri yang benar
Ilustrasi surat pengunduran diri

• Perusahaan memiliki kesempatan untuk mencari pengganti Anda

Dengan adanya surat pengunduran diri, berarti perusahaan akan menyiapkan pengganti Anda.Terlebih jika posisi jabatan yang Anda pegang cukup penting. Maka, pihak perusahaan bisa memperhitungkan hal tersebut.

Alangkah lebih baik jika surat tersebut Anda berikan jauh-jauh hari misalkan satu bulan sebelum Anda resign. Atau disesuaikan dengan kontrak kerja.

• Keluar dari Perusahaan dengan Terhormat

Jika ada surat pengunduran diri, maka Anda akan dicap sebagai karyawan yang memiliki tata krama. Tentu saja, dengan begitu Anda akan keluar dengan terhormat.

Jika Anda datang dengan baik-baik, maka pergi pun harus dengan cara yang baik. Minimal atas dan sesama divisi mengetahui tentang rencana pengunduran diri Anda.

• Mendapatkan Hak Karyawan yang Sesuai

Jika Anda membuat surat pengunduran diri dan diberikan kepada pihak HRD, tentu saja mereka akan mempertimbangkan dan memperhatikan apa yang menjadi hak Anda. Antara lain seperti gaji bulanan, rewards, tunjangan, dan lain sebagainya.

Biasanya hal tersebut menjadi pembahasan yang sensitif. Tetapi, jika mang sesuai dengan kesepakatan dan telah ada di kontrak Anda maka berhak atas hal tersebut.

Komponen Penulisan yang Harus Diperhatikan saat Menulis Surat Resign

Sebelum Anda menulis surat pengunduran diri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

• Tanggal Berhenti Kerja

Tanggal berhenti kerja yang dimaksud adalah tanggal yang pasti kapan akan berhenti bekerja. Selain itu, tuliskan pula kepastian tanggal waktu bekerja efektif yang masih bisa Anda lakukan.

Penulisan tanggal ini memang tidak bisa sesuai keinginan sendiri. Anda dapat menuliskannya dari kontrak kerja yang diberikan di awal masuk kerja.

Dengan memperhatikan hal tersebut, maka pihak perusahaan akan berusaha untuk mencari pengganti Anda dan kecil kemungkinan untuk mendapatkan denda atau pinalty yang biasanya diberlakukan oleh perusahaan.

• Isi Surat Jelas dan Padat

Isi surat pengunduran diri sebaik disampaikan dengan jelas dan padat. Bukan seperti surat pada umumnya yang memang bisa mencurahkan isi hati baik senang maupun sedih.

Bahasa yang digunakan biasanya formal dan langsung pada point yang dituju. Selain itu bisa pula dibukan dengan tulisan kesan yang positif dan bangga terhadap perusahaan. Hanya saja penyajiannya singkat dan padat.

Jangan lupa pula menuliskan alasan Anda mengundurkan diri. Karena hal tersebut sangat penting dan tidak menimbulkan kecurigaan atau hal lainnya dikemudian hari.

Mengenal Macam-macam Contoh Surat Pengunduran Diri

Nah, setelah mengenal manfaat dan kompenen dalam penulisan surat pengunduran diri. Langkah berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah menulis surat tersebut. Adapun pada pembahasan di bawah ini akan dibahas mengenai 5 contoh surat pengunduran diri yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Baca juga : 10 contoh surat lamaran kerja yang benar

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi

Bandung, 13 September 2018

KepadaYth :
Kepala PT. Adil Sentosa
di Jln. Rajawali Timur no 17 Bandung
Jawa Barat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Adil Sentosa berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama: Agung Rachmat
Departemen: Informatika dan Teknologi
Jabatan: Staff IT

Bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Adil Sentosa karena ingin fokus melanjutkan studi S2 di luar negeri. Surat ini saya buat berdasarkan prosedur perusahaan. Saya berharap pihak perusahaan mengerti dan menerima permohonan pengunduran diri saya. Serta dapat memberikan hak-hak selau karyawan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran. Terima kasih atas perhatian dan dukungannya selama ini.

Hormat Saya,

Agung Rachmat

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Yogyakarta, 08 September 2018

Kepada
Yth. Pimpinan
PT. Mekar Jaya Abadi
Yogyakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Aliya Anandita
Alamat: Jln. Pramuka No 250 B, Yogyakarta
Jabatan: Keuangan

Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan dari jabatan dan perusahaan yang Bapak pimpin. Terhitung pada tanggal 17 September 2018.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada perusahaan yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar dan bekerja secara profesional. Saya juga menghaturkan terima kasih atas bimbingan yang Anda berikan selama ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya karena tidak bisa lagi menjadi bagian perusahaan Bapak. Saya berharap dan berdoa semoga perusahaan yang Bapak pimpin semakin maju dan berkembang.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran atas keinginan sendiri dan tidak ada paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

Aliya Anandita

3. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Hotel

Surabaya, 23 Agustus 2018

Kepada
Yth Kepala Bagian HRD
Hotel Nuansa Indah
Jln. Soekarno Hatta 45, Surabaya.

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Agan Prasetya Permadi
Tempat/Tgl Lahir: Purworejo, 30 Januari 1985
Jabatan: General Manager Hotel Nuansa Indah

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 18 Agustus 2017 dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri keluarga yang selama ini kami cita-citakan. Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Manager Hotel Nuansa Indah akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan khususnya divisi yang saya bawahi selama ini. Karena telah membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Nuansa Indah. Dan mohon maaf juga atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas pengertian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Agan Prasetya Permadi

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Kepada Yth.
Kepala SMK Negeri 2 Bandung
Jln. Citarum Abadi No. 1 Bandung
Perihal : Pengunduran Diri

Dengan Hormat,

Dengan Surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Hj, Nunung Nurbaeti
TTL : Cimahi, 23 Maret 1978
Jabatan : Guru Pendidikan Agama Islam
NUPTK : 1362 8907 78967 Alamat : Rajamandala, Kampung Cisereuh RT 014 RW 014 Kec Mandalajati Kota Bandung

Secara resmi terhitung semenjak hari Senin tanggal 11 September 2018 menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Negeri 2 Bandung dikarenakan sudah mendapatkan Surat Keputusan CPNS 80% sebagai Guru Masa Depan Jaya 2018 dengan No.SK 813/429 TAHUN 2018 ,TMT 01-08-2018 yang ditempatkan di Sumatera Barat, Padang Panjang di SMA Negeri 1 Padang.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya oleh pihak SMK Negeri 2 Bandung untuk dapat bekerja serta mengajar, yang mana saya banyak mendapatkan ilmu baik secara moril dan materi. Tidak lupa saya juga memohon maaf yang sebesar besarnya kepada Bapak Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Bandung dan kepada jajaran Komite, Guru, serta para staf SMK Negeri 2 Bandung bilamana terdapat hal-hal yang tidak baik serta kurang berkenan yang saya lakukan selama saya bekerja.

Besar harapan saya bahwa SMK Negeri 2 Bandung dapat menjadi sekolah yang terus berprestasi baik dibidang akademik maupun non akademik dan terus melahirkan bibit-bibit unggul penerus bangsa.

Hormat Saya,

Hj. Nunung Nurbaeti

5. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dengan Alasan

Semarang, 23 Agustus 2018

Kepada Yth,
Kepala Bagian HRD PT. Insan Makmur Abadi
Jln. Kartini 218, Semarang
Dengan Hormat,

Dengan ini saya selaku karyawan dari PT. Insan Makmur Abadi berdasarkan surat keputusan bersama tentang ketenagakerjaan serta Undang-undang tenaga kerja yang mencakupi, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Zacky Alamsyah
Jabatan : Kepala Digital Marketing
Alamat : Jalan Melati No.34 Semarang

Maka dengan surat ini saya ingin mengajukan pengunduran diri sebagai karyawan di PT. Insan Makmur Abadi Manajemen terhitung sejak Hari senin 02 September 2018. Hal ini dikarenakan masalah kesehatan saya yang tidak bisa mendukung dalam pekerjaan yang saya kerjakan.

Saya sangat berterima kasih kepada PT. Insan Makmur Abadi karena telah menerima saya selama 10 tahun untuk belajar dan mengabdi di perusahaan yang bapak pimpin. Serta untuk teman-teman karyawan yang telah bekerjasama dan memberi dukungan moril maupun materil. Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas kebaikan Anda semua.

Saya juga ingin memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pimpinan dan juga teman-teman karyawan, apabila ada perbuatan atau ucapan yang tidak berkenan. Saya juga berharap pihak perusahaan bisa mengerti akan kondisi saya saat ini dan memberikan izin mengundurkan diri dari pekerjaan saya.

Saya berharap, perusahaan PT. Insan Makmur Abadi ini akan tumbuh dan kembang dengan baik di masa dpean sehingga bisa berkontribusi lebih baik untuk kemajuan negara ini.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dan sampaikan. Atas perhatian dan izin yang diberikan oleh perusahaan saya sampaikan terima kasih banyak.

Hormat Saya,

Zacky Alamsyah

Penutup

Walaupun beragam surat pengunduran diri Anda lihat tetap saja inti dari surat itu adalah meminta izin untuk keluar secara terhormat dari perusahaan ataupun instansi tempat Anda bekerja.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda dan bisa menambah wawasan Anda di dunia pekerjaan.

Scroll to Top