10 Cara Orang Sukses Menghabiskan Waktu Luang Akhir Pekan

orang sukses menghabiskan waktu akhir pekan

Sebenarnya Bagaimana cara orang sukses menghabiskan akhir pekan?. Bagi sebagian orang, libur adalah waktu yang sangat ditunggu-tunggu. Entah untuk melakukan kegiatan lain di luar pekerjaan atau hanya sekedar untuk melakukan istirahat selama seharian penuh.

Namun, kebiasaan semacam ini nampaknya hanya dimiliki oleh anda yang tak memiliki semangat kerja tinggi. Sebab bagi mereka yang memiliki semangat kerja tinggi dan mereka yang mampu meraih kesuksesan dini, nampaknya hari libur atau akhir pekan akan dimanfaatkan dengan hal lain yang tentu saja masih mendukung proses kesuksesannya.

Ya, nyatanya cara orang sukses menghabiskan waktu di akhir pekan sangat jauh berbeda dengan cara orang malas menghabiskan waktu di akhir pekan. Sebenarnya apa sih yang membedakan keduanya.

Pada intinya, perbedaan antara cara orang sukses menghabiskan waktu luang di akhir pekan dengan mereka yang malas adalah tentang tujuan dan pemanfaatan waktu.

Orang sukses tak mengenal hari “libur” ataupun kerja, tujuan mereka tetap satu yaitu untuk mencapai kesuksesan semaksimal mungkin. Namun bagi mereka yang memiliki semangat kerja rendah, akhir pekan akan dijadikan sebagai satu waktu untuk  bermalas-malasan dan mengundur datangnya kesuksesan mereka.

Cara Orang Sukses Menghabiskan Akhir Pekan

Kemudian bagaimana sebenarnya cara orang sukses menghabiskan waktu di akhir pekan? Anda penasaran? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Mereka selalu bangun pagi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika tujuan utama orang sukses adalah dengan mempercepat datangnya masa kesuksesan mereka. Dengan begitu, mereka tak akan menyia-nyiakan waktu yang ada.

Termasuk ketika akhir pekan. Mereka pun tak akan membuang waktu pagi di mana pada waktu inilah kesempatan kesuksesan akan muncul. Bangun pagi menjadi salah satu cara orang sukses menghabiskan waktu di akhir pekan yang bisa mereka lakukan setiap harinya.

Sebenarnya kebiasaan ini selain berpengaruh pada gaya hidup manusia, juga berpengaruh besar terhadap sistem kerja otak manusia. Di mana mereka yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur, maka kinerja otak akan menurun drastis.

Sehingga bisa dibilang ketika kemampuan kerja otak menurun, penundaan kesempatan sukses akan semakin panjang.

2. Buat rencana

Setelah bangun pagi dan melakukan kegiatan rutin seperti bersih-bersih, mandi, sarapan dan lain sebagainya, cara orang sukses menghabiskan waktu di akhir pekan selanjutnya adalah dengan membuat rencana.

Rencana yang dibuat ini merupakan susunan rencana atau acara yang akan anda lakukan pada hari ini. Sebenarnya kenapa harus dibuat rencana terlebih dahulu?

Sebab segala sesuatu yang direncanakan dengan baik, kemungkinan besar potensi keberhasilannya pun menjadi lebih besar. Hanya saja, untuk susunan rencana yang anda buat ini tidaklah harus detail.

Anda hanya perlu menentukan kegiatan apa yang akan dilakukan selama seharian sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Orang sukses menghabiskan dan merencanakan hidup mereka dengan tepat, misalnya dengan merencanakan apa agenda saat mereka sudah masuk kerja, atau merancang ide bisnis sampingan di luar pekerjaan yang memiliki potensi mempercepat kesuksesan.

3. Tetap aktif

Salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan dalam waktu yang singkat adalah selalu aktif dalam bidang yang ditekuninya. Semisal ketika anda ingin menjadi seorang pedagang, maka proses promosi atau pengiklanan pun harus dilakukan secara terus menerus dan mengharuskan anda untuk aktif memasarkan produk diberbagai tempat.

Begitu pula dengan bisnis lain, dimana owner harus tetap aktif dalam menjalankan bisnisnya. Tak hanya karyawan atau orang terpercaya saja yang tetap harus aktif di akhir pekan, namun keaktifan anda justru jauh lebih penting.

4. Buat prioritas

Ketika anda membuat rencana atau susunan acara yang bisa dilakukan di akhir pekan ini, pasti ada salah satu atau salah dua kegiatan yang sebenarnya tidak begitu penting dan tidak memberikan manfaat untuk kemajuan anda.

Nah, cara orang sukses menghabiskan waktu di akhir pekan yang tepat sebenarnya adalah dengan memilah kegiatan mana yang jauh lebih penting dan memberikan dampak yang besar bagi kesuksesan anda.

Atau bisa dibilang prioritaskan terlebih dahulu kegiatan mana saja yang perlu dilakukan. Kemudian untuk kegiatan lain yang dapat mengganggu konsentrasi serta waktu anda sebaiknya jangan dipikirkan terlebih dilakukan dahulu.

5. No multi tasking

Umumnya, anda mendengar bahwa seseorang yang multi tasking atau mampu mengerjakan beberapa kegiatan secara sekaligus adalah kemampuan yang luar biasa.

Namun ternyata bagi mereka orang-orang sukses, multi tasking justru tidak begitu disarankan. Mengapa? Sebab cara orang sukses menghabiskan waktu di akhir pekan adalah dengan memilih salah satu kegiatan saja yang dianggap jauh lebih penting dan memberikan manfaat yang besar.

Bahkan mereka juga berpendapat bahwa multi-tasking justru hanya akan membuat efisiensi kerja menjadi berkurang drastis.

6. Meluangkan waktu untuk hobi

Meskipun anda selalu dituntut untuk fokus dalam meraih kesuksesan, namun bukan berarti anda juga spaneng dalam menanggapi hal itu. Buatlah diri anda rileks saat menjalani proses menuju sukses.

Yang salah satunya dengan tetap menjalani hobi. Ya, meskipun tidak dapat menjalankan hobi maksimal seperti mereka yang terlalu santai dalam mengejar kesuksesan, namun setidaknya anda tetap memiliki waktu untuk memanjakan diri anda.

Sebab tanpa disadari, melakukan kegiatan yang disukai mampu membuat tubuh dan pikiran anda menjadi lebih rileks. Dengan demikian, keinginan dan fokus anda pada tujuan utama akan lebih besar.

7. Luangkan waktu untuk meditasi

Sebenarnya apa sih meditasi? Meditasi adalah sebuah kegiatan di mana tubuh anda akan dibawa dalam suasana hening yang mampu membuat pikiran dan jiwa menjadi lebih tenang.

Dan seperti yang sudah dibahas berkali-kali di atas, yaitu untuk mencapai kesuksesan seseorang tidak hanya harus fokus dalam prosesnya namun juga harus memiliki jiwa dan pikiran yang tenang, sehingga segala keputusan dapat diambil dengan pemikiran yang lebih matang.

Nah karena anda tak akan banyak menghabiskan waktu dengan liburan ke luar rumah, maka pada waktu akhir pekan inilah anda bisa memanfaatkannya menjadi waktu meditasi yang tepat.

Kuncinya, pastikan tak hanya diri anda yang fokus melakukan kegiatan ini namun lingkungan dan orang-orang sekitar juga harus mendukung.

8. Refleksi diri

Ternyata tak hanya pikiran dan jiwa saja yang perlu di buat serileks mungkin. Namun raga atau tubuh pun harus dibuat serileks mungkin.

Nah jika anda telah lelah dengan segala kegiatan di akhir pekan ini, pada akhir pekan orang sukses akan dihabiskan dengan refleksi diri.

Hanya saja, nampaknya kegiatan ini sebaiknya tak hanya dilakukan pada akhir pekan namun juga menjadi satu agenda rutin harian. Sebab dengan tubuh yang rileks, pikiran pun akan terpengaruh menjadi lebih baik.

9. Beramal

Ketika seseorang sudah yakin dengan dirinya sendiri dan merasa mampu meraih kesuksesan dengan cepat dan baik, kita harus kembali kepada Tuhan.

Jika anda mengalami hal semacam ini, cara orang sukses menghabiskan waktu di akhir pekan yang bisa dan paling mudah untuk anda lakukan adalah beramal. Dengan mendekatkan diri kepada sang pencipta, tak hanya jiwa dan raga anda yang menjadi lebih tenang serta rileks.

Namun keuntungan untuk hari akhir nanti juga akan anda peroleh dengan baik. Terlebih lagi ketika amal perbuatan yang anda lakukan tak pernah mengharap balasan apapun.

10. Siapkan diri untuk pekan selanjutnya

Setelah selesai dengan segala kegiatan di akhir pekan anda, kemudian apa lagi yang dilakukan mereka yang sudah berhasil sukses?

Cara orang sukses menghabiskan waktu di akhir pekan berikutnya adalah dengan mempersiapkan diri untuk kegiatan di pekan selanjutnya.

Sebab seberapa sibuk anda melakukan kegiatan di akhir pekan demi mencapai tujuan yaitu menjadi sukses. Selalu berfikir pekan selanjutnya adalah kesempatan emas, maka kita harus mempersiapkan diri.

Namun, memanjakan diri tidak boleh dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Sebab jika demikian, bukan hal yang mustahil jika diri anda  pribadi yang malas dan kurang mementingkan tujuan utama.

Beristirahat adalah satu langkah yang paling tepat untuk mempersiapkan diri menjalani sibuknya rutinitas di pekan depan.

Yapz, itulah 10 cara orang sukses menghabiskan waktu di akhir pekan. Sangat jauh berbeda bukan dengan cara dan kegiatan yang dilakukan oleh mereka yang memiliki semangat kerja rendah.

Di mana banyak orang yang memiliki semangat kerja rendah dan jauh lebih memilih menghabiskan waktu akhir pekannya dengan hanya bersenang-senang dan memanjakan diri tanpa memikirkan bagaimana baiknya kegiatan tersebut untuk masa depan mereka.

Nah sebagai orang yang tak mau kehilangan kesempatan untuk mencapai kesuksesan dalam waktu yang singkat, tentu anda pun paham cara mana yang harus dilakukan.

Cara orang sukses menghabiskan waktu di akhir pekan bukan hanya melakukan kegiatan serius saja.

Anda dituntut lebih jeli mengatur waktu dan kegiatan yang akan dilakukan. Dengan adanya aturan simpel ini, setidaknya kegiatan anda bisa lebih teratur dan anda pun akan lebih mudah membedakan mana yang prioritas dan mana yang dianggap kurang penting.

Apa sih yang sering kali dilakukan oleh mereka yang tak memiliki semangat sukses ?

#1. Mumpung sedang akhir pekan

Mumpung akhir pekan, maka saya akan berleha-leha.

Waktu harus dimanfaatkan dengan baik. Termasuk saat akhir pekan, tapi jangan pernah terlena, orang sukses selalu fokus pada tujuan yang ingin dicapai. bukan malah bermalas-malasan dengan hal yang tidak penting.

Memang bukan hal yang salah, hanya saja harus mengatur porsi yang tepat.

#1. Lebih suka berdiam diri

Karena sudah terlalu lelah dengan pekerjaan selama hari kerja, ketika akhir pekan tiba, tak sedikit dari mereka yang akan memilih untuk berdiam diri di rumah dan menghabiskan waktunya hanya untuk bermalas-malasan.

Biasanya, orang yang memiliki pemikiran seperti ini adalah mereka yang tidak terlalu aktif dalam kegiatan organisasi atau kegiatan lain yang melibatkan banyak orang.

Sungguh sayang jika anda memiliki pemikiran demikian. Untuk itulah, anda harus benar-benar pandai dalam mengatur waktu dan kegiatan. Baik ketika hari kerja maupun ketika akhir pekan.

Andalah yang mengatur waktu, bukan waktu yang mengatur anda !

Selamat mencoba dan jadilah sukses.

Komentar ditutup.

Scroll to Top