3 Cara Menjawab Pertanyaan : Mengapa Anda tertarik melamar pekerjaan ini ?

Ini adalah penggalan sesi dalam sebuah wawancara kerja, saat dimana pewawancara bertanya “Mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan ini ?

Apa yang akan Anda jawab ?

Sebelum kami uraikan jawaban terbaik untuk menjawab pertanyaan tersebut, ingat bahwa, jujur dalam proses interview kerja itu penting. Dan mereka para rekruitmen pasti orang yang ahli dalam bidan ini. Jadi jangan pernah berbohong.

Kita lanjutkan, variasi pertanyaan tersebut bisa bermacam-macam sebenarnya, berikut saya contohkan ;

  1. Mengapa Anda tertarik melamar pekerjaan ini ?
  2. Mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan ini ?
  3. Kenapa Anda tertarik melamar di perusahaan kami ?

Pertanyaan-pertanyaan di atas sebenarnya mudah untuk dijawab, hanya saja kita sering kebingungan mencari alasan dan bagaimana menyampaikan kepada pewawancara.

Bagi fress graduate pemula, pertanyan wawancara ini akan sulit dijawab, berbeda dengan pelamar kerja yang sudah berpengalaman., pertanyaan ini sudah biasa mereka hadapi.

Tidak semua pewawancara menanyakan hal ini, namun tidak ada salahnya Anda mempersiapkan jawaban terbaik jika pertanyaan dalam sesi wawancara kerja nantinya ternyata  menanyakan pertanyaan ini.

Perlu diketahui, pertanyaan ini diajukan oleh pewawancara untuk mengetahui kecocokan Anda dengan suatu bidang pekerjaan.

Berikut 3 cara cerdas menjawab pertanyaan mengapa tertarik melamar pekerjaan ini ;

  1. Tunjukkan antusias Anda terhadap pekerjan dalam perusahaan tersebut
  2. Hubungkan antara keahlian dan pengalaman Anda pada posisi tersebut
  3. Yakinkan bahwa pekerjaan tersebut penting dan akan membuat karir Anda cemerlang

Mari kita ulas satu persatu ;

Tunjukkan antusias Anda terhadap pekerjan yang Anda lamar

Seperti sudah saya singgung di atas, perusahaan melalui pewawancara ingin mengetahui minat dan antusias Anda.  Tunjukan antusiasme Anda. Tunjukan bahwa anda memang benar-benar tertarik dengan perusahaan tersebut. Tunjukan bahwa anda benar-benar tertarik dengan posisi  tersebut.

Antusiasdan ketertarikan yang tinggi adalah modal Anda untuk meyakinkan pewawancara bahwa anda adalah pilihan tepat.  Dalam mendukung hal ini, tentunya Anda harus memiliki informasi yang cukup terkait posisi pekerjaan di perusahaan tersebut.

Bukan hanya posisi pekerjaan saja, Anda harus mencari informasi tentang perusahaan untuk menambah yang dibutuhkan.

Contohnya begini ;

Misalnya anda sedang interview pada perusahaan yang bergerak dalam  manajemen aset, misalnya PT. Cinta Aset Indonesia, maka anda bisa memberikan dengan cara berikut ;

Cara Menjawab Pertanyaan Mengapa Anda tertarik melamar pekerjaan ini

Ada satu hal yang menarik ketika melihat lowongan pekerjan di  PT. Cinta Aset Indonesia.  Saya menjadi tahu, bahwa ternyata perusahan ini membuat tools analisa sendiri dalam mengelola manajemen. Saya melihat tim begitu kompak dalam menjalankan strategi baik jangka pendek ataupun jangka panjang.

Saya sangat tertarik bergabung dalam tim tersebut, dan ikut berperan aktif didalamnya dalam mempercepat kemajuan perusahaan.

Loading...

Itu adalah satu contoh kecil, dengan pengetahuan kita tentang perusahaan tersebut kita bisa menjawab pertanyaan kenapa kita tertarik bekerja di perusahaan tersebut.

Dengan pengetahuan terkait perusahaan dan antusiasme anda, Anda akan dinilai oleh pewawancara update terkait perkembangan perusahaan mereka. dan ini akan membuat pewawancara tertarik dengan Anda.

Hubungkan  antara keahlian dan pengalaman Anda pada posisi tersebut

Ingat, jangan melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan keahlian dan pengalaman Anda. Karena saya yakin, anda tidak akan bisa menjawab pertanyaan “Kenapa Anda tertarik bekerja pada posisi ini ?”.

Meyakinkan pewawancara bahwa anda memiliki keahlian dan pengalaman yang baik terkait posisi pekerjaan tersebut.

Hubungkan antara keahlian dan pengalaman anda serta antara posisi pekrjan yang sedang Anda lamar. Ini bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan kenapa anda tertarik.

Begini ;

Berusahalah tunjukan kepada pewawancara apa saja hal penting yang diperlukan untuk mengisi posisi tersebut, tambahkan tentang “keahlian yang dibutuhkan”.

Contohnya ;

Bagian yang membuat saya tertarik dengan pekerjaan ini adalah karena saya akan mendapat kesempatan dalam mengkombinasikan kemampuan programming yang saya dapatkan setelah menjadi senior software engineer dan bakat saya dalam melakukan analisis kuantitatif, dimana saya memiliki minat untuk mengembangkan ketertarikan saya dalam investasi dan manajemen portfolio.

Buatlah agar pembicaraan tetap singkat, sehingga  Anda memiliki banyak kesempatan untuk membicarakan skill  dan cerit-ceritaa relevan pada posisi yang Anda lamar dalam interview ini . Fokuslah dalam beberapa kemampuan kunci serta pengalaman yang relevan terhadap posisi pekerjan yang tersedia.

Yakinkan bahwa pekerjaan tersebut penting dan akan membuat karir Anda cemerlang

Yang ketiga, tunjukan bahwa posisi tersebut akan memberikan banyak manfaat pada karir Anda pribadi.  Tunjukan bahwa anda akan totalitas dalam posisi tersebut, bukan digunakan sebagai pekerjaan untuk mengisi waktu luang, atau sebagai batu loncatan mendapatkan pekerjan lain.

Contoh ;

Saya sudah lama bekerja dibagian finansial dan telah aktif menangani portfolio  selama 7 tahun. Menjadi bagian dari PT. Cinta Aset Indonesia adalah hal yang saya inginkan.  Saya rasa perusahaan ini merupakan tempat yang tepat untuk  saya dapat menggunakan keahlian teknikal saya dan memikirkan finansial. Saya sangat tertarik untuk mengupgrade lebih banyak lagi ilmu dan keahlian serta mencoba untuk berkontribusi sebesar-besarnya terhadap kemajuan perusahaan ini.

Jangan berikan batas waktu sampai kapan kiranya Anda akan bekerja di perusahan ini dengan posisi tersebut. Cukup tunjukan alasan yang realistis kenapa Anda membutuhkan pekerjaan tersebut.

Penutup

Padukan ketiga cara di atas untuk menjawab dan meyakinkan pewawancara terkait pertanyaan yang disampaikan. Yaitu ;  Tunjukkan antusias Anda terhadap pekerjan dalam perusahaan tersebut,  Hubungkan  antara keahlian dan pengalaman Anda pada posisi tersebut, Yakinkan bahwa pekerjaan tersebut penting dan akan membuat karir Anda cemerlang.

Artikel Terkait :

Loading...