10 Cara Menjadi Pribadi Menyenangkan dan Dicintai Orang Lain

Semua pasti sepakat jika manusia memiliki sifat yang berbeda-beda. Hal ini wajar karena memang beda lingkungan, pengasuhan, pola pikir, dan lain sebagainya.

Walaupun begitu, kita adlaah makhluk sosial yang pasti akan selalu berhubungan atau berinteraksi dengan orang-orang. Baik itu seseorang yang memiliki pribadi menyenangkan ataupun tidak.

Pastinya, setiap orang atau diri sendiri ingin selalu berteman dengan orang yang memiliki pribadi menyenangkan. Tetapi, sebelum keingina tersebut terwujud, pernahkah kita mengevaluasi diri apakah Anda sudah memiliki pribadi yang menyenangkan bagi orang lain?

Jika dirasa belum, sangatlah tepat Anda membuka halaman artikel ini karena berikut akan dipaparkan tentang 10 cara menjadi pribadi yang menyenangkan. Dan inilah ulasannya!

1. Menyebutkan Nama dan Sapa Orangnya

Cara menjadi pribadi menyenangkan

Cara pertama untuk bisa menjadi pribadi yang menyenangkan adalah ketika ada orang yang Anda kenal di dekat Anda menyebutkan nama sambil menyapa orangnya.

Baca juga : 10 Cara Terbaik Menjadi Orang Sukses dalam Bidang Apapun

Tentunya jika sekedar menyapa orang lain yang disekitar akan lebih mudah. Namun, jika harus menyebutkan nama justru harus lebih berhati-hati lagi.

Karena, jika salah menyebutkan, orang yang disapa pun malah berbalik tidak akan menyukai Anda. Satu atau dua kali mungkin saja wajar, namun jika terlalu sering hal tersebut bisa membuat orang tersebut menjauhi Anda.

Perlu diketahui, menyapa seseorang dengan nama akan membuat orang yang disapa merasa dihargai dan juga diingat oleh orang yang ada di sekelilingnya.

Tentunya, jika Anda berhasil menyapa dan menyebutkan nama dengan benar pada orang lain. Lama-kelamaan pun akan dikenal sebagai pribadi yang menyenangkan.

2. Menghargai Orang Lain

Cara berikutnya untuk bisa menjadi pribadi yang menyenangkan adalah dengan menghargai orang lain.

Tentunya dari belajar menghargai orang lain ini Anda akan menjadi pribadi yang menyenangkan serta orang lain pun mau berteman dengan Anda karena sikap tersebut.

Baca juga : 10 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Saat Terkena Masalah

Jika diperhatikan dengan seksama, budaya menghargai orang lain sudah sangat langka dimiliki oleh orang lain.

Di zaman ini, justru banyak orang menyinyir terhadap suatu hal yang tidak sependapat. Apalagi adanya dunia maya, dimana orang-orang bebas untuk berpendapat.

Maka dari itu, jadilah oleh yang bisa menghargai lain agar bisa menjadi pribadi yang menyenangkan.

3. Dapat Dipercaya

Cara berikutnya agar bisa menjadi pribadi yang menyenangkan adalah bersikap dapat dipercaya ketika ada tugas, janji, atau perkataan yang disematkan pada Anda.

Kepercayaan seseorang pada Anda itu ibarat kertas kosong putih bersih. jika kertas tersebut sudah dicoreti ataupun disobek-sobek tentulah tidak bisa kembali seperti semula.

Bisa terbayang bukan ? jika ada seseorang yang mempercayai Anda untuk mengerjakan tugas atau menjaga rahasia, namun tiba-tiba harus mengkhianati kepercayaan tersebut, maka orang yang mempercayakan tugas tersebut akan berbalik membenci Anda.

Menjaga kepercayaan dari orang lain memang tidak mudah, yang perlu Anda lakukan sebenarnya menaati apa yang menjadi tanggung jawab Anda dan mengerjakannya sesuai aturan tersebut.

4. Bersikap Sopan Santun Terhadap Orang Lain

Cara berikutnya agar bisa menjadi pribadi yang menyenangkan adalah dengan bersikap sopan santun terhadap orang lain.

Menjadi pribadi yang sopan santun bisa dimulai dari berkaya uanh baik dan sopan. Kemudian tahu batas aturan yang dilakukan. Dengan begitu, biasanya akan lebih mudah menarik hati orang lain.

Seseorang yang memiliki pribadi yang sopan, biasanya kan mudha diingat oleh orang lain. Dan tak hanya itu, Ia pun akan jauh dari perkataan atau fitnah yang buruk.

Hal itu dikarenakan sikapnya tersebut memang tidak pantas untuk dijadikan bahan hinaan atau bully-ing orang lain.

Yuk, mulai dari sekarang cobalah untuk membenahi diri dimulai dari bersikap sopan pada disiapapun.

5. Kenali Diri dan Kelola Ego Dalam Diri

Cara berikutnya agar bisa menjadi pribadi yang menyenangkan adalah dengan kenali diri terlebih dahulu.

Jika Anda sudah mengenal diri sendiri secara utuh, maka bisa untuk mengelola ego dalam diri Anda.

Baca juga : 10 Cara Menghilangkan Sifat Egois Sehingga Disukai Banyak Orang

Ego ini penting untuk dikelola agar Anda tidak bersikap secara emosi atau mementingkan diri sendiri.

Karena bila hal itu terjadi, akan sulit sekali menjadi pribadi yang menyenangkan. Ego ini bukan dihilangkan, namun dikelola dengan tepat sehingga bisa menjadi sosok yang disenangi banyak orang.

Seperti yang diketahui bersama, seseorang yang memiliki ego tinggi, pasti tidak akan disukai oleh orang disekitarnya karena Ia berbuat sesuatu sesuai dengan keinginannya sendiri.

cara pasti untuk bisa mengelola ego tersebut adalah dengan sering bergaul dengan orang-orang karena dari situlah akan belajar tentang berbagai karakteristik seseorang.

6. Menjadi Pendengar yang Baik

Pernahkah Anda mendengar tentang sebuah pertanyaan ‘’ Mengapa Tuhan menciptakan dua telinga dan satu mulut?

Karena memang, kita diharuskan untuk menjadi pendengar yang baik. Buka hanya berkata-kata saja yang terkadang dari perkataan tersebut bisa membuat orang lain sakit hati dan membenci kita.

Loading...

Maka dari itu, cara berikutnya untuk bisa menjadi pribadi yang menyenangkan adalah dengan menjadi pendengar yang baik.

Terkadang seseornag yang mencurahkan hatinya pada kita hanya ingin didengarkan saja melampiaskan beban yang ada dihatinya dan bukan ingin diberikan nasehat.

Mulailah dari sekarang untuk bisa menjadi pendengar yang baik dan jangan pernah memotong pembicaraan orang lain.

Kita boleh memberikan nasehat pada orang tersebut jika memang diminta. Dengan menjadi pendengar yang baik, bersiaplah untuk bisa menjadi pribadi yang menyenangkan bagi orang lain.

Selain bisa menjadi pendengar yang baik, kita pun harus memperhatikan tentang ‘’kerahasiaan’’ dari apa yang orang lain utarakan.

7. Berempati Terhadap Orang Lain

Cara berikutnya untuk bisa menjadi pribadi yang menyenangkan adalah dengan berempati terhadap orang lain. Hal itu bisa dilakukan dengan cara membantu orang-orang yang ada disekitar ketika memerlukan bantuan. Tentunya, bantuan yang ditawarkan adalah bantuan yang tulus tanpa mengharapkan pamrih.

Tentunya akan lebih baik jika pertolongan atau bantuan tersebut di berikan atas inisiatif sendiri tanpa diminta. Bentuk inisiatif tersebut bagian dari empati tinggi dimana Anda pun seolah-olah merasakan apa yang mereka alami.

Sekali lagi, jangan pernah mengharapkan balasan apalagi mengharapkan upah yang setimpal. Karena hal tersebut akan merugikan diri Anda. Yakinlah, bahwa Tuhan akan membalas kebaikan tersebut berkali-kali lipat dari apa yang Anda harapkan.

8. Menjadi Sosok Humoris

Anda pasti setuju bahwa seseorang yang lucu dan humoris adalah sosok pribadi yang menyenangkan. Kehadirannya selalu ditunggu dan membuat orang yang ada di dekatnya menjadi terhibur serta bahagia.

Seolah seseorang yang humoris tidak pernah bersedia dan menularkan keceriaan yang ada dalam dirinya. Lebih asyiknya lagi, orang seperti ini tidak cepat terbawa perasaan. Mereka enjoy dan asyik menularkan atau memperlihatkan kelucuannya tersebut.

Baca juga : 10 Cara Menjadi Pribadi Berwibawa, Anda Bisa Mencobanya

Beruntunglah Anda yang memiliki sifat humoris ini, karena ada banyak ‘’proyek’’ kebaikan yang bisa Anda tularkan pada orang lain.

Jadikanlah sifat tersebut membawa manfaat untuk orang-orang disekitar agar dunia pun selalu tersenyum dengan kehadiran Anda.

Tentunya, jangan memaksakan pula jika Anda tidak bisa menjadi sosok humoris. Yang terpenting, jadilah diri sendiri kemudian temukan cara untuk bisa menjadi pribadi yang menyenangkan.

9. Menjadikan Orang Lain Sangat Penting untuk Anda

Cara lain untuk bisa menjadi pribadi yang menyenangkan adalah dengan menjadikan orang lain sangat penting untuk Anda.

Contohnya seperti menepati atau memenuhi janji yang Anda utarakan, memberikan hadiah di ari ulang tahun atau momen pentingnya, mengucapkan kata maaf jika terlambat atau tidak bisa memenuhi janji, bertukar hadiah, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan hal tersebut, percaya Anda kan dikenal sebagai pribadi yang begitu menyenangkan baginya.

10. Berani Mengatakan yang Benar dan juga Salah

Jangan sampai karena ingin menjadi pribadi yang menyenangkan, Anda pun selalu mengikuti apa yang orang lain lakukan. Padahal situasi atau pemikiran tersebut tidak sesuai atau tidak cocok dengan Anda.

Karena itu, hangan takut untuk berbeda pendapat dengan orang lain, jika Anda yakin hal itu benar. Ingat perbedaan tidak selamanya buruk, justru dari perbedaan itulah bisa menimbulkan rasa menghargai dan meredam konflik yang ada di sekitar.

Boleh jadi, dari berani mengatakan yang benar dan salah ini Anda semakin disukai oleh orang lain karena berani untuk mengutarakan pendapat dan memiliki prinsip.

Anda pun harus mengetahui bahwa tipe orang yang selalu menurut dan tidak memiliki sikap justru akan susah untuk dihargai dan sikap tersebut dikenal dengan nama sikap asertif yang perlu dimiliki oleh orang lain

Setelah Itu?

Ketika Anda sudah menerapkan 10 cara di atas untuk bisa menjadi pribadi yang menyenangkan. Setelah itu, sebaiknya hindari sikap-sikap yang bisa membuat orang lain menjauh dari Anda. Tentunya sikap ini sangat merugikan diri Anda sendiri dan berpotensi kehilangan orang-orang yang Anda cintai.

1. Mengkritik dan Mencela

Walaupun Anda dekat dengan orang lain dan menjadi pribadi yang menyenangkan baginya, tetap saja harus dihindari sikap mengkritik dan mencela.

Mengkritik untuk kebaikan memang baik, tetapi perhatikan adab serta waktu yang tepat untuk membicarakannya.

Selain itu, hindari pula sikap mencela walaupun Anda sangat dekat dan sudah mengenalnya lama. Dengan mencela, apalagi mencela yang tidak sesuai akan membuatnya sakit hati dan berbalik membenci Anda.

2. Memilih-Milih Teman

Memang semua orang disekitar kita tidak semuanya memiliki sifat baik. Tetapi jangan dijadikan alasan untuk memilih -memilih teman karena hal itu akan membuat diri Anda dikenal sebagai seorang yang ‘’ekslusif’’ serta tidak mau berbaur dengan orang lain.

Baca juga : 10 Ciri-Ciri Pemimpin yang Tidak Baik Bahkan Buruk

Jika hal ini terus dilakukan, Anda pun akan dikenal sebagai pribadi yang tidak menyenangkan.

3. Cepat Emosi dan Selalu Terbawa Perasaan

Hal berikutnya yang harus dihindari adalah cepat emosi baik marah, sedih, bahagia dengan kadar yang berlebihan.

Karena hal tersebut bisa membuat seseorang menjadi ilfeel dan tidak mau berteman dengan Anda. Apalagi jika ditambah dengan selalu terbawa perasaan dimana Anda tidak bisa membedakan mana bercanda maupun serius.

4. Bercanda Berlebihan

Menjadi sosok yang humoris memang diperlukan dan biasanya akan cepat menarik perhatian seseorang. Tetapi, dengan sifat humoris tersebut jangan sampai terlalu berlebihan sehingga orang lain tidak nyaman di dekat Anda.

Nah, itulah cara menjadi peribadi yang menyenangkan untuk bisa dipraktekkan langsung oleh Anda. Semoga bermanfaat dan sukses menjalaninya.