15 Cara Terbaik Meningkatkan Kepercayaan diri Karyawan Kantor

Karyawan adalah aset terpenting dalam sebuah perusahaan. Tanpa mereka tentunya perusahaan tak akan berjalan dengan baik. Namun, tak semauanya karyawan memiliki sifat dan juga kemampuan yang sama. Ada karyawan yang memang memiliki keahlian dan kemampuan yang baik ada pula yang sebaliknya yang biasanya mengalami minimnya rasa kepercayaan diri.

Bila hal tersebut didiamkan akan berdampak pada kemajuan dan keberhasilan perusahaan. Karena itulah setiap pemimpin perusahaan memiliki kewajiban juga untuk membantu dan memotivasi karyawannya agar tetap atau memiliki rasa kepercayaan diri.

Lalu, bagaimanakah cara meningkatkan kepercayaan diri karyawan tersebut? Mari simak bersama ulasannya di bawah ini!

#1. Bangun Rasa Percaya Diri Karyawan dari Sebuah Kesalahan

Setiap orang tentunya pernah mengalami sebuah kesalahan. Dari kesalahan tersebut ada yang memang belajar untuk memperbaiki adapula yang merasa bersalah sehinggan rasa kepercayaan diri berkurang. Jika Anda menemukan karyawan yang mudah goyah rasa percaya dirinya karena sebah kesalahan, maka tugas Anda sebagai pemimpin adalah membangun rasa percaya dirinya dari kesalahan yang diperbuatnya.

Kepercayaan diri Karyawan

Ingatkan kepada karyawan Anda bahwsannya kesalahan bukan akhir dari segalanya tetapi proses untuk menuju keberhasilan. Beritahu point-point kesalahan yang dilakukannya dan berikan solusi dengan mencontohkan serta memberi tahu cara yang baik dan benar ketika mengerjakan sesuatu.

#2. Berikan Tugas Pada Karyawan Sesuai Kompetensi

Salah satu faktor adanya rasa tidak percaya diri adalah tugas yang diberikan atau dijalankannya tidak sesuai dengan kompetensi ataupun belum pernah berpengalaman dibidangnya. Karena itu, sebagai pemimpin yang baik harus mengetahui terlebih dahulu kompetensi yang dimiliki karyawannya melalui tes ataupun interaksi secara personal.

Setelah itu berikan tugas yang memang sesuai dengan kemampuannya agar rasa kepercayaan diri meningkat. Bila sudah nyaman dan rasa percaya diri sudah tumbuh kembali, Anda pun bisa memberikan tugas lain secara bertahap dengan level kesulitan yang bertambah.

#3. Berikan Training Kepada Karyawan

Saat ini banyak sekali trainer yang membantu sebuah perusahaan untuk memberikan training kepada karyawannya. Bentuk training pun bermacam-macam dari mulai yang berkaitan dengan bidang pekerjaan sampai pada hal personal yang menyangkut dengan peningkatan rasa percaya diri karyawan.

Karena itu, bila Anda melihat karyawan di perusahaan Anda memiliki kepercayaan diri kurang bisa iikutkan training yang sesuai dengan apa yang dibutuhkannya.

Dalam pelaksanan training itu tak cukup dilakukan hanya satu kali. Harus ada training lanjutan yang disesuaikan dengan kemampuannya. Tetapi bukan berarti training ini dilakukan secara sekaligus. Sangat dianjurkan secara berkala dan dilakukan apabila sangat diperlukan.

#4. Siapkan Mentor Terbaik untuk Karyawan Anda

Selain diberikan fasilitas pemberian training untuk karyawan Anda, siapkan juga seorang mentor terbaik yang bisa mendampingi karyawan Anda. Fungsi mentor di sini adalah untuk memberikan arahan, pendampingan, serta memonitoring kinerja karyawan Anda dari waktu ke waktu. Sang mentor pun bisa dari karyawan yang memiliki kepercayaan diri lebih ataupun orang luar yang telah Anda percaya.

Anda pun bisa mengajukan kesempatan pada karyawan Anda untuk memilih mentor yang sesuai atau nyaman untuk dirinya. Dengan memberikan kesempatan tersebut, karyawan Anda pun sudah satu langkah mengalami perubahan dalam percaya diri karena diberikan kesempatan berpartner dengan orang yang dipercayainya.

#5. Berikan Karyawan Tanggung Jawab yang Memiliki Nilai

Setiap karyawan yang ditempatkan di bagian manapun tentunya harus bertanggung jawab untuk menyelesaikan kewajibannya. Terkadang, banyak pemimpin yang hanya mengapresiasi sebuah bidang atau divisi yang memang memiliki tingkatkan pekerjaan dengan tantangan yang besar yang melibatkan orang luar.

Meningkatakan Kepercayaan diri

Padahal divisi lain pun sangat berpengaruh terhadap kemajan serta keberhasilan perusahaan. Karena hal inilah banyak karyawan yang kepercayaan dirinya menurun. Karena itu pemimpin bisa untuk mengubah pola tersebut dengan memberikan nilai atau apresiasi di bidang apapun.

Sebagai contoh, seorang Customer service tentunya hanya bekerja sebagai pengangkat telpon atau melayani tamu. Anda sebagai pemimpin bisa mengambil peluang untuk memberikannya kehormatan sebagai ambasador perusahaan. Dengan title yang disandangnya tersebut, Anda bisa memberikan kebebasan padanya untuk mengantar tamu  berkeliling kantor jika diperlukan.

#6. Berikan Evaluasi Pada Karyawan Secara Teratur

Setelah karyawan Anda diberikan tugas, alangkah baiknya untuk diberikan sebuah evaluasi secara berkala taupun teratur. Evaluasi ini bukan sebagai ajang untuk memaparkan kesalahan atau kelemahannya justru dengan adanya evaluasi ini kepercayaan diri karyawan sedikit demi sedikit akan terbangun.

Evaluasi yang diberikan tentunya hasil keinerja karyawan setiap minggu atau bulannya. Pada saat melakukan evaluasi sampaikanlah dengan santai, detail, dan jika ada kesalahan berikan solusi agar tak terulangi lagi. Jangan lupa berikan pula pujian atas keberhasilan yang telah dicapainya dalam waktu yang telah ditentukan.

#7. Berikan Karyawan Anda Tugas Secara Lengkap dan Detail

Untuk menghadapi karyawan Anda yang kurang percaya diri tentunya harus memiliki strategi tersendiri. Seperti halnya ketika Anda ingin memberikan sebuah tugas, berikanlah pulan rincian tugas dengan detail dan lengkap. Contohnya, perusahaan Anda akan mengadakan event tahunan dan membutuhkan rincian budgetnya.

Karena itu Anda bisa menugaskannya dengan detail dari mulai mencari budget biaya tahun lalu serta cara membuatnya di media excel, serta deadline pengumpulannya. Dengan strategi tersebut, Anda akan membantu rasa kepercayaan diri karyawan dan tugas pun terselesaikan dengan baik.

#8. Jadilah Pendukung Utama Karyawan

Pemimpin di sebuah perusahaan tentunya adalah sosok panutan karyawannya. Karena bila Anda memeprhatikan, peduli dan juga mengapresiasi akan menjadi kebanggaan tersendiri untuk mereka. Terlebih jika Anda memahami, memaklumi dan membimbing mereka dengan baik sedikit demi sedikit akan berpengaruh terhadap rasa kepercayaan diri.

Karena itu interaksi personal maupun profesional perlu untuk dilakukan agar bisa mengetahui karakter dan juga kemampuan yang dimiliki karyawan Anda. Dengan adanya hubungan tersebut, karyawan pun akan menerima baik itu kritikan dalam pekerjaan ataupun apresiasi yang diterima ketika bekerja. Karena mereka akan merasa sepenuhnya didukung oleh pemimpin perusahaan mereka.

#9. Lakukan Perubahan Pada Karyawan dengan Bertahap

Untuk meningkatkan kepercayaan diri karyawan tentunya bukan perkara yang mudah. Selain harus memiliki strataegi tersendiri dalam pemberian tugas, pemimpin pun harus bersabar membimbing dan mengarahkannya.

Tentunya melakukan perubahan tersebut harus dilakukan secara bertahap sesuai dengan kapasitasnya. Pastikan bila karyawan Anda telah mengalami perubahan walaupun sedikit tetap berikan dukungan agar tidak kembali merasa kurang percaya diri. Perubahan sedikit demi sedikit pada karyawan Anda tentunya sangat baik dibandingkan perubahan yang terlalu jauh namun tak ada evaluasi dan berpotensi masuk pada “lubang yang sama”.

#10. Fokus Kepada Kelebihan Potensi Karyawan

Setiap karyawan tentunya memiliki kelebihan masing-masing yang dimilikinya. Karena itu setiap pemimpin harus mengetahui terlebih dahulu kelebihan potensi yang dimilikinya. Ketika Anda sudah mengetahuinya, maka ketika memberikan tugas atau sebuah jabatan Anda bisa memposisikan karyawan sesuai dengan kelebihannya.

Dengan hal tersebut, rasa kepercayaan diri karyawan Anda akan meningkat dan tentu saja berimbas positif pada perusahaan Anda. Ingatlah selalu bahwa setiap manusia itu  unik dan telah diberikan kelebihannya masing-masing.

#11. Bantu Karyawan Anda untuk Menemukan Potensi yang Dimilikinya

Tak semua karyawan mengetahui potensi besar yang dimilikinya. Biasanya hal ini terjadi karena faktor internal atau eksternal yang dialaminya sehingga tidak tahu lagi untuk mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Jika hal tersebut terjadi tentu saja akan mempengaruhi rasa kepercayaan diri karyawan sehingga mengerjakan pekerjaan pun tak akan tuntas dan terhambat.

Oleh karena itu, Anda bisa membantu menemukan potensi besar yang dimilikinya lewat beberapa cara salah satunya adalah test psikotest. Bila hal tersebut telah dilakukan, Anda pun bisa mencoba untuk memberikan tantangan sebuah tugas yang lain dari pada biasanya. Namun, harus diingat pemberian tugas tersebut harus tteap diawasi serta diberi motivasi agar karyawan tidak mudah down.

#12. Berikan Kepercayaan Kepada Karyawan dalam menyelesaikan Tugasnya

Cobalah untuk memberikan kepercayaan kepada karyawan Anda untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan kemampaunnya. Dengan cara tersebut, karyawan Anda akan merasa dihargai serta dibutuhkan keberadaannya untuk menjadi bagaian dalam memajukkan perusahaan.

Namun, kepercayaan bukan untuk dilepas tanpa pengawasan Anda pun bisa tetap mengawasi dan melihat perkembangannya dari mentor yang telah Anda pilih untuk mendampingi karyawan Anda. Apapun hasil yang dikerjakannya berikan apresiasi sekecil apapun yang tentu saja kan berdampak pada meningkatnya kepercayaan diri.

#13. Jalin Hubungan Baik dengan Karyawan

Bisa jadi salah satu hal yang menyebabkan karyawan Anda tidak percaya diri adalah karena “takut” atau segan melihat pimpinannya. Sehingga berdampak pada apa yang dikerjakannya karena sudah ada perasaan negatif yang meghantuinya. Agar tak menjadi prasangka yang berkepanjangan salah satu car menyelesaiakannya adalah dengan menjalin hubungan baik dengan karyawan Anda.

Menjalin hubungan baik ini bisa dimulai dengan menghargainya secara personal terlebih menghargai apa yang sudah pernah dikerjakannya. Sesekali bisa pula menanyakan hal lain yang masih dalam batas profesiaonalisme. Bila ini dilakukan, frame Anda sebagai pemimpin yang “galak” pun akan terpatahkan. Dan dampak besarnya adalah karyawan Anda akan meraa dihargai serta menumbuhkan rasa kepercayaan diri.

#14. Libatkan Karyawan Anda pada Setiap Kegiatan Kantor

Dalam setiap kantor pastinya selalu ada kegiatan tahunan yang sering diadakan. Kegiatan tersebut biasanya berupa perayaan ulang tahun, liburan karyawan atau studi banding, ataupun pekan olahraga karyawan.

Dalam kegiatan yang disebutkan di atas adalah momentum tepat bagi karyawan Anda yang kurang percaya diri. Karena setelah Anda mengetahui potensi besar yang dimilikinya, Anda pun bisa melibatkan karyawan Anda untuk turut andil berkontribusi dalam event tersebut.

Misalnya, karyawan Anda pintar bernyanyi bakat tersebut bisa disalurkan dlaam event ulang tahun dimana karyawan Anda menyumbangkan lagu. Atau karyawan Anda pintar bermain basket, Anda pun bisa melibatkannya untuk turut andil bergabung dengan tim bola basket perusahaan.

Bila hal tersebut dilakukan tentunya bisa meningkatakan rasa kepercayaan diri. Itulah mengapa peran pemimpin sangat diperlukan dalam menjalin hubungan yang baik dengan karyawannya.

#15. Berikan Apresiasi pada Karyawan Atas Hasil yang Diperolehnya

Pemberian apresiasi bagi bagi karyawan Anda sangatlah penting untuk dilakukan terlebih pada karyawan yang memiliki masalah dengan rasa kepercayaan diri. Apresiasi kecil yang seharusnya dilakukan adalah seperti mengucapakan kata “terima kasih atas pengerjaan yang tepat waktu”,  “selamat karena berhasil melebih target di bulan ini”, atau bentuk pemberian reward dengan mendapatkan voucher makan malam bersama keluarga, reward mendapatkan pulsa gratis selama satu bulan, dan lain sebagainya.

Contoh di atas mungkin terlihat kecil dan mudah dilakukan. Sayangnya, karena terlalu kecil jarang dilakukan dan dipraktekkan. Padahal bila dilakukan secara continue akan berdampak pada rasa percaya diri karyawan Anda.

Sekali lagi, bila seorang karyawan telah memiliki rasa percaya diri dan kenyamanan dalam menjalankan tugasnya maka arahan atau tugas apapun yang diberikan pimpinan akan dilakukan dengan sepenuh hati disertai percaya diri yang maksimal.

Hindari Perkataan dan Sikap yang Tidak Seharusnya

Jika cara terbaik untuk meningkatakan kepercayaan diri karyawan di kantor telah Anda lakukan dan praktekkan, cobalah untuk menghindari perkataan dan sikap berikut ini kepada karyawan Anda.

(1) Mengumbar Kesalahan Karyawan Kepada orang Lain

Setiap karyawan tentunya ingin dihargai dan bekerja dengan baik. Bila ia melakukan kesalahan pun tentunya akan merasa tak enak hati pada perusahaan yang telah mempercayainya. Dalam hal ini, sebagai pemimpin harus berusaha untuk tidak mengumbar kesalahannya pada karyawan lain.

Bila hal tersebut dilakukan kepercayaan diri karyawan akan menurun dengan drastis. Bila ingin memperbaiki dan menasehatinya sebaiknya dilakukan secara personal atau melalui mentor yang ditunjuknya.

(2) Berkata Kasar karena Kesalahan yang Dilakukannya

Seseorang yang tengah dilanda emosi tentunya akan lupa dengan segala hal yang dilakukan dan juga yang dikatakannya. Karena itu, sebagai pemimpin pun ketika dilanda emosi saat melihat pekerjaan karyawan Anda yang tidak sesuai hindarilah perkataan kasar yang tak terkontrol.

Perkataan tersebut akan berakibat karyawan merasa sakit hati dan bisa jadi melakukan tindakan yang tidak seharusnya di kemudian hari. Dan yang paling fatal ucapan kasar yang keluar akan berdampak pada kepercayaan diri karyawan semakin menjadi-jadi.

(3) Memaki-maki Tanpa Solusi

Hindari pula sikap memaki-maki pada karyawan Anda tanpa sebuah solusi untuk menyelesaikan pekerjaan. Ingat selalu, bahwasannya karyawan itu tak selamanya memiliki kemampuan yang sama.

Sehingga setiap pemimpin harus bisa mengetahui akan kompetensi masing-masing. Saat karyawan melakukan kesalahan sejatinya mereka telah berusaha dan tinggal Anda mengarahkan ke arah yang lebih baik. Dengan begitu, tak ada karyawan yang kurang dalam hal rasa percaya diri.

(4) Tidak Diberikan Kesempatan Kedua

Manusia yang sukses tentunya mengalami kegagalan berpuluh bahkan beratusan kali. Tentunya dari kegagalan yang dihadapi mereka menemukan kesuksesannya arena ada sebuah kesempatan untuk mereka agar mencoba lagi.

Nah, bila hal tersebut terjadi pada karyawan Anda, sebaiknya berikan kesempatan kedua untuk memperbaikinya. Bila Tidak ada kesempatan tersebut mereka akan merasala bersalah dan terus terkukung dalam kepercayaan diri yang rendah.

Karyawan sejatinya adalah penolong perusahaan Anda untuk berkembang ke arah yang lebih baik. Tanpa mereka perusahaan Anda mungkin tak akan maju seperti hari ini. Jadilah seorang pemimpin yang bisa bekerja sama dengan siapapun sekalipun itu adalah karyawan Anda yang notabenenya adalah anak buah Anda.

Sebagai seorang pempimpin perlu kesabaran untuk membimbing dan menjadikan karyawan Anda yang terbaik. Rasa kepercayaan diri adalah modal utama untuk siapapun melangkah. Tanpa itu, mereka pun akan terkukung dalam pusaran ketidkaberdayaan yang seharusnya potensi mereka bisa dilakukan dengan optimal.

Demikianlah informasi mengenai 15 cara terbaik untuk meningkatakan kepercayaan diri karyawan kantor. Semoga bermanfaat dan berdampak positif untuk Anda.

Loading...