10 Cara Meningkatkan Daya Ingat Bagi Karyawan

cara meningkatkan daya ingat

Daya ingat merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki manusia. Pasalnya memiliki fungsi untuk menyimpan dan juga mengolah berbagai informasi yang bisa diserap oleh otak. Olahan berbagai informasi tersebut nantinya akan diteruskan pada otak untuk bisa melakukan kegiatan bekerja dan juga belajar.

Seperti yang diketahui bersama, fungsi otak ini ada masanya tidka bisa sepenuhnya berfungsi dengan baik. Terutama ketika usia anak-anak karena belum berkembang secara sempurna dan juga mengalami penurunan ketika usia sudah lanjut ataupun pernah mengalami kecelakaan tertentu.

Cara meningkatkan daya ingat karyawan

Namun, jangan khawatir setiap manusia memiliki kemampuan untuk bisa meningkatkan daya ingat tersebut. Adapun cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut;

1. Atur Jadwal Tidur dengan Teratur dan Baik

Cara pertama untuk bisa meningkatkan daya ingat karyawan dan pelajar adalah dengan mengatur jadwal tidur. Artinya, Anda harus memiliki jam pasti untuk bisa tidur dengan teratur dan baik.

Baca juga : 10 Cara Memotivasi Diri Sendiri untuk Kesuksesan Masa Depan

Seseorang yang tidur dalam waktu yang lama pun tidak akan baik karena otak tidak digunakan untuk berpikir dalam waktu yang seharusnya. Sedangkan untuk bergadang pun memiliki efek tidak baik, karena otak dipaksa untuk berpikir dalam jangka waktu yang terlalu lama padahal sudah waktunya untuk istirahat.

Jadwal tidur yang baik teratur itu seperti yang diketahui bersama adalah tidur dengan waktu delapan jam sehari. Tujuannya agar otak bisa beristirahat dengan baik dan bisa beraktivitas kembali keesokan harinya.

Berdasarkan penelitian di Harvard University, seseorang yang tidur cukup di malam hari memiliki efek otak yang lebih kuat ingatannya serta mampun berpikir sesuatu yang lebih menantang dan kreatif.

Sedangkan untuk para pelajar, sebaiknya biasakan juga untuk tidur siang karena memberikan kemampuan kognitif yang lebih baik di usia dewasa.

2. Konsumsi Makanan yang Bernutrisi

Cara berikutnya untuk bisa meningkatkan daya ingat otak adalah dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

Makanan yang bernutrisi dan baik untuk otak diantaranya adalah minyak ikan, makanan laut, bayam, kedelai. Makanan tersebut sangat direkomendasikan karena memiliki kandungan omega-3. Selain itu, konsumsi pula minyak kelapa karena memiliki zat MCT (Medium-Chain Triglycerides) yang bagus untuk meningkatkan daya ingat.

Baca juga : 10 Cara Menjadi Pribadi Menyenangkan dan Dicintai Orang Lain

Ada baiknya pula untuk mengurangi makanan yang mengandung banyak gula karena bisa menyebabkan penurunan daya ingat.

Secara geografis makanan sehat dan bernutrisi tinggi sangat mudah didapatkan di Indonesia. Hampir di setiap daerah memiliki tanaman sayuran dan buah-buahan yang layak untuk dikonsumsi dengan cara yang benar.

Sedangkan yang tinggal di dekat laut pun, masih bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat, contohnya berbagai jenis ikan dan makanan laut yang memang layak untuk dikonsumsi.

3. Olahraga dengan Teratur

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan berolahraga teratur. Manfaat olahraga selain baik untuk fisik juga bisa meningkatkan kemampuan daya ingat.

Cara kerja otak ketika Anda olahraga dengan teratur adalah sel saraf akan memperkuat ikatan antara sel otak dan berupaya untuk menajaga kerusakan pada sel tersebut.

Baca juga : 10 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Saat Terkena Masalah

Sel saraf pun bisa mengeluarkan protein yang dinamakan fakto neurotropis. Fungsinya untuk memicu produksi berbagai zat kimia agar otak lebih sehat, mampu meningkatkan kognitif, termasuk dalam hal belajar.

Fakta menarik yang dilakukan oleh seorang peneliti pada tahun 2010 dan telah dimuat dalam jurnal Neuroscience, membuktikan bahwa olahraga dengan rutin tidak hanya aliran darah menuju otak, tetapi juga dapat menyelesaikan pekerjaan dua kali lebih cepat dibandingkan seseorang yang tidak berolahraga.

Olahraga yang dilakoni pun beragam, seperti berlari, fitness, Hiit Cardio, berenang, dan lain sebagainya. Intensitas yang baik untuk melakukan olahraga sebaiknya dilakukan 3 kali dalam seminggu.

4. Bertumbuh Mempelajari Hal yang Baru

Cara berikutnya untuk bisa meningkatkan daya ingat adalah dengan bertumbuh mempelajari hal yang baru.

Artinya, harus ada motivasi dalam diri untuk bisa mempelejari hal-hal yang baru. Dengan mempelajari hal yang baru, selain bisa menumbuhkan pribadi dan pengetahuan yang baru juga bisa meningkatkan daya ingat Anda.

Ketika Anda mempelajari hal yang baru biasanya kan membutuhkan kemampuan kognitif yang bisa membuat daya ingat kuat dan terjaga dengan baik.

Maka dari itu, carilah aktivitas yang membuat Anda nyaman, penasaran, dan yang bisa menstimulasi otak. Karena dengan hal tersebut, Anda tidak akan pernah bosan belajar dan mencoba sesuatu yang baru.

5. Tidak Mengerjakan Segala Sesuatu dalam Waktu Bersamaan

Pernahkah Anda mengerjakan pekerjaan rumah atau kantor dalam waktu bersamaan?

Apa yang terjadi ketika Anda mengerjakannya dalam waktu bersamaan?
Bingung memulai? Atau menjadi lupa pekerjaan mana yang akan dimulai?

Boleh jadi, Anda pernah merasakan keduanya, bukan ?

Secara teori, seseorang yang melakukan multitasking memiliki dampak negatif pada daya ingat seseorang. Karena pada dasarnya setiap orang membutuhkan waktu 8 detik untuk bisa menyimpan memori ke dalam otak.

Sehingga ketika melakukan sesuatu dalam waktu berbarengan, kemnugkina besar akan sulit fokus, konsentrasi terpecah, dan lupa untuk mengerjakan sesuatu.

Maka dari itu, sebaiknya bisa hindari untuk mengerjakan sesuatu dalam waktu bersamaan. Kerjakanlah satu persatu terlebih dahulu sebelum mengerjakan hal lainnya.

6. Memberi Batasan Screen Time Pada Pelajar

Jika orang tua dahulu hanya disibukkan dengan tayangan televisi untuk memberikan Batasan pada anak, sekarang di zaman serba canggih ini harus membatasi pula aktivitas bermain game lewat laptop ataupun smartphone.

Pasalanya, dengan terlalu sering melakukan aktivitas screen time akan berpengaruh pada daya ingat anak-anak Anda.

Dengan pembatasan tersebut, anak akan beraktivitas menggunakan otaknya dan tentu saja bisa meningkatkan daya ingat yang kuat.

Hal ini juga berlaku untuk Anda para karyawan yang bekerja menggunakan laptop atau smartphone terlalu sering, sebaiknya batasi juga. Setelah selesai bekerja tinggalkanlah aktivitas melihat tayangan di smartphone dan sejenisnya.

Tentunya ada banyak cara untuk bisa terlepas dari screen time tersebut, seperti berolahraga, bercocok tanam, memasak, serta beraneka ragam hobi lainnya yang bisa terbebas dari screen time tersebut.

7. Membaca dan Menulis

Beberapa pekan lalu, penulis pernah bertemu dengan seorang dosen yang sudah berusia cukup lanjut, yaitu 80 tahun. Seperti yang diketahui bersama, di usia tersebut banyak orang tua yang sudah lupa atau pikun dengan sekitarnya.

Namun, dosen ini dimata penulis sangatlah berbeda karena ketika mengobrol dengannya, ingatannya masih cukup kuat bahkan bisa mengingat nama-nama anaknya yang memang cukup banyak.

Setelah mengobrol lebih dalam, ternyata sejak remaja sampai umur sekarang ini beliau tidak pernah meninggalkan kebiasaannya, yaitu membaca dan menulis.

Berdasarkan penelitian, membaca dan menulis ini sangat membantu daya ingat dan konsentrasi untuk menjadi kuat. Aktivitas tersebut bisa meningkatkan kapasitas memori otak untuk bisa menghafal dan juga mengingat hal apapun.

Maka dari itu, sempatkanlah untuk membaca buku minimal satu buku dalam sebulan. Selain itu, cobalah untuk menulis apapun baik itu kegiatan sehari-hari atau resume dari apa yang Anda baca.

8. Sering Bergaul dan Bersosialisasi

Cara berikutnya untuk bisa meningkatkan daya ingat adalah sering bergaul dan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. Lalu adakah hubungan yang sangat erat antar keduanya?

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwasannya kondisi jantung dan otak yang baik sangat berkaitan dengan hubungan sosial serta keluarga yang baik.

Maka dari itu, jangan pernah anti untuk bergaul serta melakukan aktivitas sosial yang bisa bermanfaat untuk kehidupan dan juga untuk kesehatan Anda.

Untuk memulainya bisa dengan mengikuti aktivitas yang ada di lingkungan rumah seperti arisan, bakti sosial, dan lain sebagainya.

Selain itu , bisa pula mengikuti aktivitas sebagai relawan kemanusiaan untuk membantu orang-orang yang ada di sekitar Anda maupun di daerah lain.

Manfaatnya pun tidak hanya meningktkan daya ingat saja, tetapi bisa juga menambah teman dan keluarga baru.

9. Bermain Game Otak

Bermain game tidak selamanya memiliki konotasi negatif atau bisa berdampak buruk pada seseorang. Karena di dunia ini, banyak sekali beragam jenis game yang bisa dimainkan sesuai dengan jenis serta kebutuhan.

Contohnya saja bermain catur, permainan tersebut adalah salah satu jenis permainan yang bisa meningkatkan daya ingat bagi siapapun yang memainnya.

Dalam permainan tersebut dibutuhkan kefokusan dalam berpikir untuk menentukan langkah yang tepat menjalankan bidak-bidak catur tersebut.

Selain catur, bisa pula belajar mempelajari bahasa asing, mengisi teka-teki silang atau melakukan hobi baru yang bisa merangsang otak Anda.

Ada pula game untuk bisa mengasah otak yang ada di smartphone Android yang biasanya pun lebih menantang dan bisa merangsang otak untuk berpikir lebih akif. Hanya saja, harus dibatasi jangan terlalu sering menatap screen time.

Ada baiknya, lakukan hal tersebut selam 20 menit sehari agar otak bisa sedikit berpikir dan membuat sel-sel didalamnya tetap bisa aktif dan terhubung.

Karena bila tidak ada rangsangan apapun, semakin lama otak akan mudah terdegenerasi dan membuat Anda cepat lupa.

10. Liburan

Cara berikutnya untuk bisa meningkatkan daya ingat adalah dengan cara liburan. Seperti yang diketahui bersama, seseorang yang liburan pasti memiliki perasaan senang apalagi untuk para pelajar dan karyawan yang terbiasa melakukan aktivitas rutin.

Pemicu senang tersebut disebabkan oleh otak yang lebih fresh dan membuat perasaan lebih bahagia serta tidak lagi memikirkan hal-hal yang tidak penting.

Karena ketika memikirkan hal-hal yang tidak penting, akan membuat konsentrasi menjadi berkurang dan semakin lama bisa menurunkan daya ingat otak Anda.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menjadwalkan liburan baik itu bersama keluarga atau bersama rekan-rekan kerja.

Jangan terlalu mengukung diri dengan aktivitas rutinitas yang ternyata bisa membuat kesehatan Anda menurun.

Baca juga : 10 Cara Menjadi Pribadi Berwibawa, Anda Bisa Mencobanya

Jangan terlalu serius pula menghadapi pekerjaan atau tugas sekolah karena bisa memicu stress dan menghambat perkembangan otak terutama untuk para pelajar.

Penutup

Pada dasarnya, Tuhan menganugerahkan otak untuk setiap manusia agar bisa berpikir. Otak sendiri diciptakan untuk menampung daya ingat atau memori yang terjadi selama hidup di dunia ini.

Ketika otak diciptakan dengan sempurna, maka tugas kita semua adalah menjaganya dengan sebaiknya, mensyukuri apa yang telah diberikannya.

Otak tersebut merupakan hal yang terpenting dalam tubuh Anda karena tanpa hal tersebut tidak akan bisa melakukan aktivitas apapun.

Nah, untuk mensyukurinya dan tetap menjaga daya ingat tersebut dengan baik adalah menjalankan 10 cara di atas. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Scroll to Top