10 Cara Cerdas Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja

Rasa kantuk saat bekerja tentunya hampir pernah dirasakan oleh semua orang. Penyebabnya pun beragam mulai dari kurang tidur, padatnya aktivitas, dan yang paling utama disebabkan oleh rendahnya kadar gula darah, dehidrasi, dan juga berkurangnya kadar oksigen di dalam otak.

Jika hal tersebut sudah dialami maka bisa mempengaruhi mood dan juga kualitas kerja seseorang. Sebelumn menjadi kebiasaan buruk yang melekat pada diri Anda ketika bekerja sebaiknya segera lakukan 10 cara menghilangkan kantuk saat kerja berikut ini. Seperti apakah ulasannya? Yuk Simak bersama pembahasannya di bawah ini!

Langkah Cara Menghilangkan Kantuk saat Kerja

1. Minum Air Putih

minum air putih untuk mengobati rasa kantuk saat bekerja

Seperti yang sudah dibahas pada paragraf awal, penyebab rasa kantuk saat kerja ini disebabkan oleh kurangnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi.

Jika sudah begitu, selain bisa menyebabkan kantuk bisa juga menurunkan daya ingat, konsentrasi yang bisa mengakibatkan kualitas kinerja Anda menurun.

Tentunya solusi dari hal tersebut adalah dengan minum air putih. Air putih ini sangat ampun untuk menghilangkan kantuk saat kerja karena memiliki kandungan oksigen yang cukup banyak dan sangati baik untuk tubuh Anda.

Minum air putih ini sangat dianjurkan untuk diminum sebanyak 8 gelas perhari. Nah, untuk Anda bekerja sebaiknya selalu persiapkan air minum di meja kerja Anda. Ketika Anda mengantuk air putih adalah satu cara yang paling ampuh untuk menghilangkannya.

Tak hanya diminum ketika Anda mengantuk saja, tetapi juga bisa diminum sebelum dan susdah makan. Ataupun ketika Anda sudah melakukan aktivitas yang padat dalam satu hari penuh.

2. Olah Raga Ringan di Sela-Sela Jam Kerja 

Sebelum memulai aktivitas bekerja atau ketika waktu istirahat siang tiba cobalah untuk melakukan olah raga ringan. Adapaun olahraga yang dapat Anda lakukan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bungkukkan badan dengan posisi kaka lurus dan tangan menyentuh ujung jari kaki. Lakukan hal tersebut selama 5 sampai 8 kali dengan waktu 5 sampai 10 detik.
  • Beriktunya adalah melakukan posisi berdiri sambil menghadap ke salah satu sudut ruangan. Kemudian rentangkan tangan hingga sejajar dengan bahu kemudian gerakan seluruh jari tangan dengan posisi buka tutup hingga 10 detik dan lakukan sebanyak 5 sampai 10 kali.
  • Cara berikutnya adalah dengan melakukan posisi duduk, letakkan kedua tangan di pinggul Anda sambil merapatkan kedua kaki. Kemudian, busungkan dada dengan tatapan mata fokus ke depan.

Lakukan hal tersebut hingga Anda merasakan penegangan pada dada Anda. Jika sudah begitu tarik tulang bahu ke belakang secara bersamaan. Lakukan hal tersbeut hinga 10 kali dengan waktu 10 detik.

Dengan melakukan cara di atas selain bisa menghilangkan rasa kantuk saat kerja juga bisa membuat badan Anda menjadi sehat.

3. Makan Cemilan yang Sehat

Cara berikutnya untuk menghilangkan rasa kantuk saat bekerja bisa dengan makan cemilan yang sehat. Mengapa harus cemilan yang sehat? Karena ada beberapa makanan tertentu jika dikonsumsi akan menambah rasa kantuk yang berkepanjangan.

Contohnya saja seperti makanan yang mengandung kadar lemat tinggi serta makanan dan minuman ringan yang memiliki kadar gula yang tinggi.

Oleh karena itu, cemilan sehat yang wajib Anda konsumsi ketika rasa kantuk datang adalah sebagai berikut:

  • Kacang-kacangan
  • Roti atau Biskuit gandum
  • Buah-buahan seperti melon, jeruk, semangka, jambu, dan lain sebagainya.
  • Minum Kopi, sebaiknya minumlah kopi asli bukan kopi kemasan yang banyak dijual dipasaran. Kopi asli ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.
  • Minum Teh Hijau, Teh hijau ini mengandung kafein yang sangat baik untuk tubuh. Kabar baiknya teh hijau ini juga bermanfaat untuk Anda yang sedang menjalankan program diet.

Mengkonsumsi cemilan di atas selain bisa menghilang kantuk saat kerja, sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda serta bisa menambah energi dalam tubuh.  Dan yang terpenting adalah tubuh Anda akan semakin ideal serta sehat.

4. Ubah Rutinitas Anda Ketika Pergi dan Pulang Kantor

cara menghilangkan kantuk saat bekerja

Mengubah sebuah rutintias atau kebiasaan yang dilakukan sangatlah sulit dan butuh perjuangan. Namun, jika  rutinitas ini adalah faktor penyebab utama datangnya kantuk ketika bekerja maka mau tidak mau harus mengubanya. Adapun cara untuk mengubah rutintitas tersebut adalah sebagai berikut :

  • Jika Anda sering menggunakan kendaraan pribadi ke kantor maka sesekali pakailah kendaraan umum yang bisa “memaksa” Anda untuk berjalan kaki. Jika tidak memungkinkan, parkirkanlah kendaraan Anda di tempat yang cukup jauh agar Anda bisa berjalan kaki ke kantor
  • Jika Anda sering menggunakan lift untuk naik ke ruangan kerja Anda, maka sesekali pakailah tangga untuk bisa naik ke ruang kerja
  • Kurangi atau hindari pulang terlalu larut malam untuk kegiatan yang kurang mendatangkan manfaat. Jika memang tidak ada lembur yang ditugaskan untuk Anda.
  • Tidur lebih cepat dengan kapasitas waktu 7-8 jam.

Dengan melakukan kegiatan rutinitas baru tersebut adalah sebuah terapi untuk mendatangkan energi secara alami. Justru dengan banyak olahraga dan mengatur jam tidur telah mengubah rutinitas pergi dan pulang kantor Anda.

Baca juga : 10 Cara menghilangkan jenuh saat kerja

Dengan melakukan langkah-langkah di atas maka dengan perlahan-lahan bisa mengusir rasa kantuk saat kerja.

5. Mengobrol dengan Teman Kerja Anda

Jika rasa kantuk saat kerja sudah mendera maka cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mengobrol dengan teman kerja Anda.

Namun, untuk mengobrol dengan teman kerja ini sebaiknya carilah teman yang memang sedang tidak sibuk. Serta jangan terlalu lama untuk mengobrol jika tidak ingin atasan Anda menegur.

Dengan melakukan aktivitas mengobrol ini bisa membuat pikiran Anda kembali lebih segar. Dan barangkali dari oborolan tersebut bisa mendatangkan rezeki atau “keberuntungan” lain yang tidak disangka-sangka.

Dan yang terpenting selain bisa mengusir rasa kantuk, Anda pun bisa menjalin keakraban dengan teman kantor sesama divisi atau berbeda divisi.

6. Mendengar Musik

Cara untuk menghilangkan kantuk saat kerja berikutnya adalah dengan mendengarkan musik dengan irama yang membuat semangat. Cara tersebut banyak dilakukan oleh para karyawan yang memang terkena kantuk saat sedang bekerja dan terbukti sangat efektif.

Selain memilih lagu yang berirama semangat, Anda pun bebas memilih lagu-lagu favorit yang biasa Anda putar. Dengan begitu akan memberikan efek meningkatnya produktivitas kerja Anda.

Loading...

Namun, untuk mendengarkan musik yang berirama semangat ini sebaiknya menggunakan headset agar teman-teman disekeliling Anda tidak merasa terganggu.

Untuk mendengarkan musik saat bekerja ini sangat dianjurkan untuk Anda yang memang bekerja dibagian divisi yang tidak berhubungan dengan customer. Karena itu, sebaiknya lakukan aktivitas tersebut ketika memang Anda sedang mengantuk ataupun ketika mood Anda  sedang tidak bersahabat

7. Mencuci Muka

Cara berikutnya tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Karena dengan aktivitas mencuci muka ketika mengantuk ini tidak hanya berlaku untuk para karyawan melainkan untuk para siswa- atau mahasiswa yang sedang menuntut ilmu.

Tentunya, tidak ada salahnya bila rasa kantuk mendera Anda segera pergi ke toliet untuk mencuci muka. Ketika Anda mencuci muka sebaiknya gunakanlah air dingin karena akan memberikan kesegaran yang baru untuk wajah Anda.

Jika Anda seorang muslim, ada baiknya pula untuk berwudhu karena bisa menyegarkan seulurh anggota tubuh sehingga meningkatkan kembali mood Anda.

Resiko ketika mencuci muka tentunya make up yang Anda pakai akan sedikit luntur, maka tak ada salahnya untuk kembali merapihkan make up Anda. Dengan begitu,  selain rasa kantuk yang hilang Anda pun kembali terlihat “segar” kembali.

8. Merapikan Meja Kerja dan Pasang Aroma Terapi

Merapikan meja kerja untuk menghilangkan rasa kantuk

Cara menghilangkan kantuk saat kerja berikutnya adalah dengan merapikan meja kerja Anda. Aktivitas ini sebenarnya “memaksa” Anda untuk bekerja sehingga otot-otot tubuh Anda berusaha untuk mengaktivitkan seluruh tubuh untuk bekerja.

Hasilnya, tentu saja rasa kantuk pun akan hilang dengan sendirinya. Anda bisa memulai merapikan kerja dari tumpukan-tumpukan kertas yang terpakai, kemudian merapikan alat tulis, laci lemari, sampai mengubah posisi meja karja, laptop, atau tempat duduk yang Anda gunakan.

Baca juga : Tips menata ruang kerja yang nyaman

Setelah rapih dan bersih tak ada salahnya untuk menambahkan aroma terapi untuk dipasang di meja ataupun ruang kerja Anda. Aroma terapi yang dipilih bisa berupa aroma bunga, buah-buahan, dan lain sebagainya.

Hal tersebut tentunya sangat berguna untuk meningkatkan mood, konsentrasi, dan juga produktivitas Anda dalam bekerja.

9. Berjalan-jalan di Sekitar Kantor

Cara efektif berikutnya untuk menghilangkan rasa kantuk saat kerja adalah dengan berjalan-jalan di sekitar kantor. Jika ruang kerja Anda berada di atas, tak ada salahnya untuk jalan-jalan sejenak mengunjungi rekan-rekan Anda yang berada di ruangan bawah.

Begitu pun sebaliknya, jika Anda berada di ruangan bawah bisa jalan-jalan sejenak ke ruangan atas ataupun berjalan-jalan ke roftop tempat Anda bekerja jika memang ada.

Dengan melakukan “gerakan” jalan tersebut membantu Anda untuk menambah energi dan kesegaran yang baru. Dan yang terpenting bisa menghilangkan rasa kantuk yang berkepanjangan.

Selain berjalan-jalan, tak ada salahnya untuk mampir sebentar ke ruang recepsionis untuk duduk di kursi tamu sambil membaca koran.

Ataupun jika di kantor Anda memiliki taman, ada baiknya untuk melihat-lihat taman dan juga tanaman di sekelilingi Anda. Hal ini sangat berguna untuk mengistirahatkan sejenak mata Anda dari layar komputer.

10. Tidur Siang

Obat mengantuk di kantor dengan tidur siang

Bila cara di atas tidak mempan, maka tak ada pilihan lain selain tidur siang selama 10-20 menit di tempat kerja. Tentu saja konsekuensi dari tidur siang saat bekerja adalah Anda tidak bisa terlentang ataupun tengkurap.

Untukk bisa tidur siang saat di kantor ini sebaiknya dilakukan ketika jam istirahat selama waktu yang ditentukan.

Tak ada salahnya untuk meminta izin terlebih dahulu kepada atasan atau rekan kerja Anda. Hal ini berguna agar tidak ada yang menganggu dan terganggu dengan aktivitas tidur Anda ketika berada di kantor.

Tidur siang ini memang “obat” yang paling mujarab ketika rasa kantuk melanda. Karena itu tak ada salahnya untuk tidur sejenak selama disekeliling Anda tidak terganggu dan setelahnya Anda bisa beraktivitas dengan normal kembali.

Penutup

Bagaimana Anda siap melakukan ke 10 aktivitas di atas? Rasa kantuk saat kerja  pada dasarnya sangat wajar dialami oleh siapapun. Namun, bukan berarti rasa kantuk tersebut harus dibiarkan sehingga merusak kinerja Anda.

Selagi ada solusi maka lakukanlah, namun jika sudah tidak bisa ditolerir tak ada salahnya untuk bersitirahata sejenak untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh Anda. Setuju? Semoga bemanfaat!

Artikel Terkait :

Loading...