10 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Sok Tahu

teman kerja yang sok tahu

Memiliki banyak teman di kantor tentunya membuat bahagia karena bisa membangkitkan semangat untuk bekerja. Namun, banyaknya teman yang ditemui membuat Anda harus mawas diri dengan berbagai karakter yang beragam.

Dan yang paling penting adalah, karakter dari teman tersebut boleh jadi tidak sesuai atau tidak cocok dengan pribadi Anda sehingga membuar kesal dan memilih untuk menjauh.

Salah satu contoh karakter teman yang tidak disukai, biasanya seperti karakter rekan kerja yang sok tahu. Mereka selalu memamerkan ‘’kemampuannya’ yang lebih banyak tahu baik dari segi pengetahuan umum ataupun hal-hal yang berkenaan dengan kantor.

Sebenarnya, rekan kerja dengan karakter tersebut bisa membantu Anda untuk mengetahui informasi terkait kantor. Hanya saja jika berlebihan akan menimbulkan kejengkelan ataupun kekesalan dikemudian hari.

Nah, jika saat ini Anda sedang mengalami masalah tersebut, sangat pas sekali membuka halaman artikel ini. Karena berikut akan dipaparkan mengenai 10 cara menghadapi orang atau rekan kerja yang sok tahu. Dan ini dia ulasannya!

1. Tidak Buat Keributan dengan Si Rekan Kerja Sok Tahu

Rekan kerja yang sok tahu

Langkah cara menghadapinya yang perlu Anda lakukan adalah tidak membuat keributan dengannya.

Jika rebut atau bertengkar dengannya masalah pekerjaan, bisa dipastikan bahwa orang tersebut akan berargumen dengan mempertahankan apa yang mereka ketahui tersebut.

Artinya lebih pada bersikap melakukan banyak pembenaran sehingga tidak akan membuat Anda menang untuk bertengkar dengan rekan kerja yang sok tahu tersebut.

Adapun cara efektif yang bisa dilakukan adalah cobalah untuk mendekati dan mendengar pendapatnya. Setelah itu, benarkan pendapatnya kemudian tanyakan kemungkinan lain atas pendapatanya tersebut.

Ketika pendapatnya dibenarkan atau disetujui oleh Anda, maka ia pun akan mempertimbangkan cara menjawab petanyaan yang diajukan oleh Anda.

Intinya dalam hal ini, Anda memberikan pelajaran baginya untuk bisa berpikir dengan rasional dan tidak asal-asalan atau sok tahu dalam berpendapat.

2. Berikan Pujian, Jika Ia Bekerja dengan Baik

Memang tidak bisa dipungkuri, bahwasannya ketika menghadapi rekan kerja yang sok tahu, diri pun tidak ingin bertemu dengannya, apalagi untuk urusan memujinya pasti akan dipikirkan berulang-ulang untuk melakukannya.

Sulitnya untuk memuji tersebut dikarenakan akan membuatnya merasa paling benar dan membuat Ia tambah sok tahu.

Apakah Anda berpikir demikian selama ini ? Jika iya, selama ini Anda telah berpikir keliru dan secara tidak langsung mengizinkan rekan kerja tersebut untuk terus mempertahankan karakternya tersebut.

Tentu saja, Anda ingin rekan kerja tersebut berubah bukan?

Perlu diketahui terlebih dahulu, bahwasannya orang-orang yang memiliki sifat sok tahu tersebut sebenarnya memiliki perasaan tidak percaya diri. Hal itu adalah kekurangan dalam dirinya sehingga ingin mencari tahu banyak hal atau masalah yang ada di kantor tersebut.

Maka yang perlu dilakukan oleh Anda adalah bantulah untuk mengembalikan rasa percaya diri tersebut dimulai dari memberinya pujian yang tulus atas kualitas pekerjaan yang memang baik. Dengan begitu rasa percaya dirinya akan kembali hadir dan perlahan bisa saja dia meninggalakan karakter sok tahu tersebut.

3. Jangan Banyak Membeberkan kata pada Rekan Kerja yang Sok Tahu

Salah satu aktivitas yang bisa dikerjakan selepas bekerja adalah mengobrol dengan rekan-rekan kerja. Obrolan pun beragam, entah itu tentang pekerjaan, film kesukaan, isu politik, gossip artis idola, dan lain sebagainya.

Tentunya untuk membicarakan hal tersebut akan nyaman bukan dengan rekan kerja yang dekat atau satu frekuensi dengan Anda, bukan?

Karena itu, jangan pernah atau banyak membeberkan kata dan juga opini pada rekan kerja yang sok tahu.

Walaupun ia tetap baik pada Anda, tetap harus waspada karena kata atau opini yang Anda katakan, bisa dengan mudah diputarbalikan kebenarannya.

Boleh jadi saat ini Anda menggelengelengkan kepala atau berpikir sekejam itukah ? Perlu diingat, orang yang sok tahu pastinya akan selalu berkomentar atau berpendapat tak peduli itu benar atau salah. Hal tersebut untuk bisa tetap menunjukkan eksistensinya.

4. Tersenyum

Cara berikutnya untuk menghadapi orang yang sok tahu adalah dengan tersenyum. Boleh jadi saat Anda membaca poin ini akan merasa dan mengernyitkan dahi serta mempertanyakan, kenapa harus tersenyum? Betul ?

Baca juga : 10 Cara terbaik menghadapi rekan kerja yang selalu iri hati

Pernahkah Anda mendengar bahwasannya tersenyum bisa meluluhkan seseorang? Tersenyum bisa membuat seseorang salah tingkah, apabila orang tersebut adalah yang disukainya?

Pada pembahasan berikut ini, jelas saja tidak akan membahas cara tersenyum pada orang yang Anda sukai.

Tetapi poinnya adalah ketika rekan kerja yang sok tahu sudah terlalu banyak bicara, padahal opininya tidak bermakna apapun dan sangat lemah kebenarnnya, maka yang mudah dilakukan adalah berikan senyuman terbaik Anda untuknya.

Berikan senyuman dengan tulus, tanpa harus ikut mengeluarkan opini apapun. Senyuman tersebut akan membuatnya terkejut dan malu karena apa yang diucapkannya memang tidak sesuai dengan kenyataan.

Cara ini efektif mana kala Anda sudah sangat malas berurusan dengan rekan kerja yang sok tahu tersebut.

5. Berkata Jujur Tentang Isi Hati Anda

Pernahkah Anda mendengar bahwasannya, jika seseorang itu sakit dikarenakan emosi yang terpendam?

Ya, kurang begitu gambarannya, ketika seseorang memendam emosi atau amarah, maka secara tidak langsung akan mempengaruhi kesehatan orang tersebut.

Nah, ketika Anda memiliki rekan kerja yang sok tahu dan sudah diambang batas untuk mentolerir kelakukannya, maka tidak ada salahnya untuk berkata jujur tentang isi hati Anda.

Berkata jujur, bahwa Anda tidak suka dengan cara, argument, atau sikapnya yang menunjukkan sok tahu.

Berkata jujur, bahwasannya selama ini dia salah dalam berargumen, sehingga seringkali menimbulkan kesalahpahaman.

Hal tersebut perlu dilakukan, manakala setiap orang yang Anda temui tidak tahu isi hati Anda. Maka, ketika orang sok tahu tersebut melakukan hal yang sama berulang-ulang boleh jadi dia pun tidak tahu akan kesalahannya dan lawan bicaranya merasa tersakiti.

Tentunya, reaksi orang akan berbeda-beda dengan menerima kejujuran yang Anda utarakan. Anda harus siap bahwa orang tersebut pun akan tersinggung dan masih bertahan dengan karakternya tersebut.

Atau, rekan kerja yang sok tahu tersebut akan tersadarkan dan perlahan bisa berubah kearah yang lebih baik.

6. Mengakui Kebenaran yang Diucapkannya

Langkah berikutnya untuk menghadapi rekan kerja yang sok tahu adalah dengan mengakui kebenaran yang diucapkannya.

Artinya, untuk mengambil langkah ini memang benar-benar harus dalam pikiran yang tenang tidak dicampuri dengan emosi, dan Anda bisa berpikir dengan rasional.

Harus diketahui, pada dasarnya rekan kerja yang sok tahu itu tidak sepenuhnya salah. Ia sebenarnya memiliki ilmu atau alasan untuk berkata demikian, tetapi perbandingan ilmu dengan apa yang diucapkannya memang belum sebanding, sehingga terkesan orang tersebut sok tahu.

Nah, Anda sebagai rekan kerja yang ‘’normal’’ atau memiliki kapasitas lebih dalam ilmu tersebut tentunya harus bisa bersikap bijak.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengakui kebenarannya jika yang diucapkan memang benar adanya dan sesuai dengan ilmu tersebut.

Tentu sikap seperti ini akan memberikan efek pada rekan kerja tersebut, yaitu membuatnya sadar bahwa orang akan mengakui kebenaran tersebut apabila ia berkata dengan benar.

Kemudian, sikap tersebut secara tidak langsung akan membangkitkan rasa percaya dirinya sehingga Ia mau belajar dan berbenah diri.

7. Menegurnya dengan Perlahan

Cara berikutnya untuk menghadapi rekan kerja yang sok tahu adalah menegurnya dengan perlahan.

Teguran ini perlu dilakukan manakala dengan sok tahuannya tersebut membuat orang-orang disekitarnya sudah sangat terganggu dan membuat suasana tidak nyaman.

Namun, dalam menegur dengan karakter tersebut tetap saja harus mendahulukan adab agar tidak tersinggung.

Maka dari itu tegurlah dengan perlahan dan tidak menegurnya dihadapan orang yang banyak, karena itu akan membuatnya malu dan boleh jadi Ia akan ‘’melindungi diri’’ dengan argumen-argumen sok tahunya tersebut.

Contoh menegur yang baik itu adalah sebagai berikut; ‘’Hasil kerja Anda sudah bagus, namun cobalah jangan mengikuti pola orang lain, karena saya yakin kamu bisa mengerjakannya lebih bagus dan memiliki cir khas yang kamu banget.’’

Pada dasarnya setiap orang tersebut tidak mau untuk ditegur, apalagi orang tersebut memiliki karakter sok tahu.

Reaksinya pun beragam, bisa marah, cuek, dan ada pula yang perlahan-lahan mulai untuk berubah.

Namun, jika hal tersbeut dilakukan dengan perlahan dan terus-menerus, percayalah rekan kerja tersebut bisa berubah.

8. Buat Dia Sibuk yang Sesungguhnya

Terkadang seseorang yang sok tahu tersebut karena memang tidak ada pekerjaan yang bia dilakukannya, sehingga ia ‘’iseng’’ berargumen yang tidak penting.

Jika dibiarkan dna Anda pun tidak peka dengan kondisi yang ada disekelilingnya, maka bisa dipastikan sok tahunya tersebut akan menjadi-jadi dan bisa menganggu orang-orang disekitar.

Maka dari itu, segeralah peka terhadap apa yang dikelilingnya, kemudian buatlah orang tersebut benar-benar sibuk dengan pekerjaannya.

Tentu dengan ia sibuk serta banyak mempelajari sesuatu yang belum benar-benar diketahuinya, maka perlahan pun karakter tersebut bisa hilang darinya.

Tentunya hal ini akan mudah dilakukan apabila Anda telah menjadi seorang leader di perusahaan tersebut. Jika statusnya sama-sama karyawan, Anda bisa bekerja sama dengan rwkan kerja lain untuk meminta leader atau pimpinan Anda membuatnya sibuk.

9. Menghindar

Cara ini bisa Anda lakukan manakala memang tidak ada ide atau waktu lagi untuk menghadapinya. Dengan menghindar, terkadang bisa membuat hati dan pikiran pun menjadi tenang untuk beberapa saat sampai Anda siap bertemunya kembali.

Tentu akan semakin diuntungkan, manakala Anda tidak satu divisi atau satu ruangan dengannya, sehingga bisa dengan mudah untuk menghindar.
Namun, jika masih dalam satu ruangan atau satu divisi, ada baiknya untuk tidak banyak bicara atau berinteraksi dengannya.

Cara ini boleh jadi efektif boleh jadi tidak. Namun yang pasti, Ia akan merasa aneh dengan sekelilingnya terutama dengan sikap Anda tersebut.

Terkadang cara ini perlu dilakukan, supaya tidak membuatnya tambah sok tahu.

10. Berpura-pura Mengerti dan Segera Pergi

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan pura-pura mengerti apa yang diucapkannya Cara ini dilakukan manakali, hati Anda masih belum tega untuk menegur, emosinya naik, atau untuk menjaga perasaannya.

Baca juga : 10 Cara menghadapi masalah di tempat kerja

Setidaknya dengan cara bisa membantu melancarkan misi orang sok tahu tersebut berhasil. Karena dnegan begitu perdebatan yang tidak berguna pun bisa selesai.

Setelah selesai, tentunya segera pergi dan lakukan pekerjaan lain yang bisa membuat Anda sibuk dan bisa mengerjakan sesuatu yang lebih bermanfaat.

Penutup

Nah, itulah dia pembahasan mengenai 10 cara menghadapi rekan kerja yang sok tahu. Semoga bermanfaat dan bisa diaplikasikan untuk menghadapi orang atau rekan kerja tersebut. selamat mencoba.

Scroll to Top