8 Cara Terbaik Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

Berbicara di depan umum sudah menjadi kegiatan sehari-hari para profesional seperti karyawan. Kemampuan berbicara di depan umum tentu penting untuk menunjang karir anda sebagai seorang profesional. Bagi yang belum biasa pasti akan malu, Lalu bagaimana cara mengatasi rasa malu bicara di depan umum ?

Misalnya ; pada saat rapat, bertemu dengan klien, kegiatan-kegiatan perusahaan. Kemampuan berbicara didepan umum akan membantu anda menyampaikan gagasan dan ide-ide cemerlang yang anda miliki.

Namun, tidak semua orang, dalam hal ini para profesional seperti karyawan bisa dengan baik berbicara di depan umum, terkadang ada rasa ketakutan pada diri mereka pada saat berbicara di depan umum.

Biasanya, mereka memilih diam dalam berbagai kesempatan, misalnya pada kegiatan rapat atau acara-acara lain yang menuntut komunikasi dengan banyak orang.

Baca juga : Cara komunikasi yang baik di kantor

Tapi tenang, jika anda menjadi salah satu dari mereka, dan ingin lebih percaya dan menghilangkan rasa takut berbicara di depan umum, berikut 10 cara agar Anda mampu mengatasi rasa takut berbicara di depan umum.

1. Anda harus melawan rasa malu

Malu diawali dari rasa tidak yakin dengan dirinya sendiri, dan malu menjadi alasan banyak orang tidak mau berbicara di depan umum. Nah, untuk belajar berbicara di depan umum, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah melawan rasa malu tersebut.

Salah satu caranya ; Anggap semua orang itu sama dengan anda. Jangan merasa tidak yakin dengan diri sendiri. Buang jauh-jauh rasa pesimis bahwa orang lain lebih baik dari pada Anda.

Jangan pedulikan jabatan, atau di mana mereka bersekolah, berapa gaji mereka, bicaralah sesuai konteks dan sampaikan hal-hal yang akan Anda sampaikan.

Terus pupuk rasa percaya diri, dan ingat bahwa audiens juga sama seperti Anda, sama sama-manusia, mereka makan seperti yang Anda makan dan minum seperti yang Anda minum.

Mereka juga melakukan aktivitas seperti yang Anda lakukan, lalu kenapa Anda harus merasa malu berbicara di depan mereka?

Cara lain untuk menghilangkan rasa malu berbicara di depan umum adalah dengan menganggap audiens adalah teman-teman Anda. Hal tersebut akan membuat Anda nyaman dan santai berbicara di depan mereka.

Baca juga : Tips berbicara formal di depan umum

Kalaupun Anda salah berbicara, mereka pasti akan memalumi, karena mereka adalah teman-teman Anda.

2. Cobalah untuk mengjjukan pertanyaan dalam berbagai kesempatan yang diberikan

Dalam kesempatan tertentu, misalnya forum rapat, anda bisa memanfaatkan momen ini untuk mengasah keberandian berbicara. Simak rapat, dan ajukan hal-hal yang belum Anda mengerti.

Jangan malu, dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan Anda sampaikan. Buang jauh-jauh perasaan bahwa anda bodoh karena bertanya dan perasaan lain yang tidak penting.

Yang terpenting Anda bisa belajar berani berbicara di depan umum. Jika kebiasaan ini anda terus lakukan dalam kesempatan-kesempatan lain, maka Anda pasti akan menjadi terbiasa berbicara di depan umum.

Anda akan mulai menyadari, bahwa berbicara di depan umum ternyata mudah dan tidak menakutkan seperti yang Anda bayangkan.

3. Lakukan persiapan sebaik mungkin jika Anda memiliki kesempatan berbicara di depan umum

Jika Anda memiliki kesempatan berbicara di depan umum, misalnya menjadi pembicara, atau presentasi, lakukan dengan sebaik mungkin. Terutama dalam persiapan yang harus Anda siapkan. Seperti ; materi presentasi, peralatan serta penampilan anda saat presentasi nanti.

Latihlah cara anda berbicara di depan umum satu atau dua hari sebelum hari presentasi.

Perseiapan yang baik, akan membuat anda mampu tampil terbaik dan menyampaikan materi dengan baik.

Persiapan juga akan memberikan sugesti positif pada perasaan Anda. Mental anda akan baik dan siap, bayangkan jika anda tidak mempersiapkan sebelumnya, selain mental yang ketakutan juga materi yang disampaikan tidak akan maksimal.

4. Berbicaralah dengan gaya Anda sendiri, dan tidak mencoba mengikuti gaya bicara orang lain

Jangan coba-coba untuk meniru gaya bicara orang lain, gunakan gaya anda sendori. Jika Anda meniru gaya orang lain, Anda akan menjadi orang lain dan terpaku dengan gaya yang bukan milik Anda sendiri. Dan juga akan berpengaruh buruk pada audiens, jika anda melakukan hal ini.

Tetap santai, tetap tenang dalam berbicara. Bangun kemistri Anda sendiri, sehingga akan tercipta suasana kondusif.

5. Lakukan kontak mata dengan hadirin dan jalin kedekatan

Usahakan selalu melakukan kontak mata dengan audiens, baik anda sebagai pembicara atau anda sebagai penanya. Kontak mata akan menunjukan kepercayaan diri Anda.

Kontak mata akan menjalin kedekatan emosional, sehingga akan tercipta komunikasi yang nyaman. Kontak mata juga memberikan kesan Anda menghargai orang yang sedang anda ajak bicara.

Anda bisa belajar dari orang yang sudah ahli berbicara di depan banyak orang. Pasti mata mereka selalu kontak dengan pendengar. Beberapa penelitian juga menyebutkan, kontak mata dalam sebuah komunikasi memudahkan informasi tersampaikan.

6. Cobalah sering latihan berbicara di depan sedikit orang terlebih dulu

Mulailah berbicara dengan sedikit orang terlebih dahulu. Misalnya berbicara pada pertemuan antar teman, rapat keluarga, atau rapat lingkungan RT.

Proses ini jika dilakukan secara terus menerus, akan membiasakan anda berbicara di depan orang lain. Berbicara dengan sedikit orang membuat anda tidak terlalu grogi, apalagi masih di kalangan teman dan keluarga.

Lambat laun, Anda tidak akan canggung dan tidak malu lagi jika harus berbicara di depan orang banyak, karena mental dan percaya diri sudah sering dilatih.

7. Cobalah berbicara di depan cermin

Latihan berbicara di depan cermin yang disaksikan anda sediri akan membuat rasa percaya diri Anda naik. Selain melihat gestur tubuh Anda saat berbicara, juga melatih apakah materi yang ingin Anda sampaikan bisa di pahami atau tidak.

Cermin akan memberikan gambaran total dari anda, dan Anda bisa melakukan perbaikan-perbaikan untuk menunjang kepercayaan diri.

8. Berdoa sebelum berbicara

Percaya atau tidak, doa sebelum melakukan segala sesuatu akan membuat perasaan tenang. Getaran  positif yang timbul setelah berdoa akan membantu anda berani berbicara, dan ketenangan akan mengatasi  segala masalah yang timbul pada saat anda berbicara.

Coba 9 cara di atas untuk mengatasi rasa malu berbicara di depan umum. Cobalah diagenda rapat minggu depan, manfaatkan kesempatan untuk melatik berbicara di depan umum agar Anda semakin percaya diri dan tidak lagi merasa malu.

Penutup

Sekali lagi, jika anda akan berbicara di depan umum, buang rasa malu yang menyelimuti Anda. Persiapkan segala sesuatu yang mendukung seperti ; materi dan perlengkapan.

Pada dasarnya ada 3 poin yang harus di persiapkan; persiapan, teknik dan latihan.

Terusalah mencoba jika ada kesempatan, semakin sering Anda mencoba, maka semakin berani dan semakin pintar Anda berbicara di depan umum. Jadilah karyawan yang memiliki kemampuan berbicara yang hebat di depan umum.

Demikian ulasan singkat tentang tips mengatasi rasa malu berbicara, semoga dapat membantu Anda menemukan kepercayaan diri saat berbicara di depan umum.

Terkait :

    None Found

Loading...