10 Cara Jitu Mengatasi Masalah di Tempat Kerja

Setelah selesai menempuh pendidikan, jika tidak mendirikan usaha sendiri seseorang pasti akan terjun dalam dunia kerja (menjadi seorang karyawan). Berbagai ujian harus mereka lewati demi bisa masuk atau bekerja dalam sebuah tempat yang menurutnya sangat ideal dengan dirinya.

Namun kerasanya perjuangan untuk masuk dalam lingkungan kerja tersebut nampaknya tak menutup kemungkinan untuk menghindari masalah yang mungkin akan terjadi dalam lingkungan tersebut. Entah masalah dengan pekerjaan atau dengan orang-orang sekitarnya.

Hanya saja, masalah tersebut tak selayaknya menjadikan diri anda menjadi menyerah dengan keadaan. Yang terpenting adalah niatan dalam diri anda untuk memperbaiki masalah tersebut hingga mampu memposisikan diri dalam keadaan nyaman kembali.

Nah bagi anda yang sedang pusing dengan berbagai masalah di tempat kerja, sebenarnya tak perlu khawatir atau repot memikirkan bagaimana cara mengatasinya. Sebab cara mengatasi masalah di tempat kerja sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Cara Jitu Mengatasi Masalah di Tempat Kerja

Ingin tahu bagaimana cara mengatasi masalah di tempat kerja yang benar dan tanpa menimbulkan masalah lain? Simak ulasan berikut.

1. Rencanakan aktifitas

Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh para pekerja adalah pengaturan waktu yang tidak baik, sehingga semua tugas yang seharusnya ia kerjakan dengan baik menjadi keteteran atau tidak terkendali.

Nah untuk cara mengatasi masalah di tempat kerja yang satu ini adalah dengan merencanakan aktifitas yang akan dilakukan. Buatkan daftar kegiatan atau aktiftas yang akan anda lakukan selama seharian.

Ya, meskipun aktifitas yang anda lakukan di tempat kerja sudah menjadi rutinitas atau hanya berupa aktifitas yang dilakukan setiap hari namuan tak ada salahnya jika anda membuat sebuah rencana susunan aktifitas.

Pembuatan rencana aktifitas juga akan sangat membantu anda untuk mengingat kembali tugas apa yang harus dilakukan dimana tugas tersebut bukan merupakan tugas harian namun hanya dikerjakan dalam periode waktu tertentu saja.

2. Belajar dari pengalaman

Bagi anda yang bukan pertama kalinya bekerja, cara mengatasi masalah di tempat kerja ini bisa digunakan. Yaitu dengan mengingat-ingat bagaimana cara anda mengatasi masalah di tempat kerja sebelumnya.

Ya, karena setiap orang yang pernah masuk dalam lingkungan kerja lain pun pasti pernah mengalami masalah. Hanya saja, terkadang topik atau sumber masalahnya yang berbeda.

Meskipun begitu, setidaknya ada bisa mengatasi masalah yang muncul di tempat kerja baru anda ini dengan mengingat-ingat bagaimana ketika anda mengatasi masalah di tempat kerja sebelumnya.

Bahkan jika di tempat kerja sebelumnya anda belum berhasil mengatasi masalah tersebut, anda pun tetap bisa belajar dari pengalaman ini. Yaitu dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti saat dulu.

Pada intinya, cara mengatasi masalah di tempat kerja yang satu ini lebih menekankan agar anda bisa lebih instropeksi diri dan mampu mengendalikan diri untuk membuat keputusan penyelesaian masalah yang tepat.

3. Berperan aktif

Selain karena masalah pekerjaan, masalah yang sering kali dialami oleh para pekerja adalah masalah dengan rekan kerja. Bahkan, bisanya masalah dengan rekan kerja akan lebih mudah membuat anda menjadi tak nyaman lagi.

Untuk itulah, cara mengatasi masalah di tempat kerja yang tepat untuk anda lakukan adalah dengan ikut serta dalam membangun iklim lingkungan kerja yang baik. Pastikan anda selalu berperan aktif untuk membuat suasana lingkungan kerja menjadi lebih menyenangkan dan tanpa ada konflik yang mengganggu.

Buatlah diri anda menjadi seseorang yang mampu berkomunikasi dengan baik dan menjalin hubungan yang terbuka dengan rekan kerja. Dengan keakraban ini, maka kemungkinan terjadi masalah pun menjadi lebih kecil.

4. Mengerti tanggung jawab

Sering kali anda merasa memiliki masalah dengan diri sendiri atau lingkungan karena diri anda sendiri. Bagaimana tidak, ketika anda memiliki pemikiran yang begitu santai dan pasif secara otomatis anda pun kurang peka dengan tanggung jawab pekerjaan anda.

Nah ketika hal ini diketahui oleh rekan kerja atau bahkan atasan, maka bisa menjadi sebuah masalah yang cukup besar. Tak hanya itu, sekalipun rekan kerja atau atasan tak mengetahui hal itu, anda pun tetap akan mengalami tekanan batin yang cukup mengganggu.

Sebab mau tak mau ketika tugas atau tanggung jawab yang diberikan pada anda tak dilaksanakan dengan baik hasilnya pun akan kurang baik.

Untuk itulah, cara mengatasi masalah di tempat kerja yang bisa anda lakukan adalah dengan memahami sedini mungkin apakah tanggung jawab yang harus anda pikul dalam pekerjaan tersebut.

5. Break

Ketika tubuh dan pikiran merasa lelah dengan semua pekerjaan, cara mengatasi masalah di tempat kerja yang terbaik adalah dengan melakukan istirahat sejenak. Tak harus menunggu liburan atau waktu istirahat.

Ketika masih dalam waktu kerja dan anda merasa benar-benar lelah pun tidak akan menjadi masalah jika anda break. Hanya saja, waktu yang anda gunakan untuk break seharusnya begitu sedikit.

Ambilkan waktu 2-5 menit untuk istirahat tanpa melakukan pekerjaan apapun dan tak memikirkan apapun yang akan membuat diri anda stress nantinya. Kemudian lakukan latihan pernafasan dengan menarik nafas dalam-dalam dan diselesaikan dengan hembusan nafas lewat mulut.

Loading...

Cara simpel ini ternyata terbukti mampu membuat tubuh dan pikiran anda menjadi rileks kembali. Dengan begitu anda pun siap melaksanakan tugas pekerjaan anda kembali.

6. Toleransi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika masalah di tempat kerja bukanlah semata-mata hanya berupa masalah pekerjaan. Justru masalah dengan rekan kerja memiliki potensi yang lebih besar.

Bahayanya, jika anda tidak memiliki sikap toleransi dan memaklumi, maka bisa jadi masalah dengan rekan kerja anda menjadi semakin parah. Ya, sebab untuk masalah semacam ini, cara mengatasi masalah di tempat kerja yang paling tepat adalah dengan membesarkan sikap toleransi dalam diri anda.

Pahamilah bahwa setiap orang memiliki pribadi yang berbeda, ada diantara mereka yang memiliki kepribadian hampir sama dengan anda sehingga untuk menjalin hubungan yang baik pun akan sangat mudah.

Lain halnya dengan mereka yang memiliki kepribadian jauh berbeda dengan anda, maka besar kemungkinan untuk terjadi masalah pun lebih besar. Hanya bagaimana keduannya saling membesarkan sikap toleransi dalam diri masing-masing untuk mampu mengatasi masalah ini.

7. Delegasikan

Jika anda sudah menjadi pimpinan atau atasan, mungkin yang dipikirkan anda akan jauh lebih banyak. Memang terlihat menyenangkan menjadi seorang pemimpin, namun yang perlu anda ketahui bahwa tanggung jawab anda terhadap pekerjaan pun jauh lebih besar.

Dimana anda tak hanya bertanggung jawab terhadap diri sendiri namun anda pula yang akan bertanggung jawab terhadap bawahan. Nah melihat hal ini, ketika anda mengalami kesulitan atau keteteran dengan tugas yang begitu banyak, sebaiknya delegasikan tugas anda pada bawahan.

Bukan dengan maksud untuk melimpahkan tugas, hanya saja untuk membentuk rasa saling tolong menolong antara atasan dan bawahan supaya semua pekerjaan dapat teratasi dengan baik.

8. Semangat

Salah satu kunci sukses seseorang adalah semangat kerja yang tinggi. Tak hanya seorang pengusaha saja yang perlu memiliki semangat kerja tinggi, namun bagi anda yang merupakan pekerja pun harus memiliki semangat kerja dan semangat juang yang tinggi.

Pada dasarnya, semangat adalah cara mengatasi masalah di tempat kerja yang akan mempengaruhi segala hasil kerja anda. Sebab yang dimaksud di sini semangat bukan hanya dalam arti semangat bekerja terus.

Namun anda juga harus memiliki semangat yang tinggi untuk belajar dan mencari tahu bagaimana yang terbaik bagi diri anda dan lingkungan kerja.

Dan bagi anda yang bekerja dalam kelompok atau tim pun harus dipupuk sebanyak mungkin. Pastikan semua anggota tim memiliki semangat kerja yang sama tingginya, sehingga tim mampu bekerja dengan baik dan benar.

9. Cipatkan suasana kerja menarik

Setelah membahas bagaimana cara mengatasi masalah di tempat kerja yang berhubungan dengan orang sekitar serta tugas dan tanggung jawab yang dipikul, kali ini anda akan dituntut untuk belajar mengatasi masalah yang berpusar pada lingkungan pekerjaan.

Mungkin saja anda merasa adanya masalah seperti kurang nyaman, maka lingkungan kerja bisa jadi salah satu faktor penyebabnya. Pastikan anda mampu membuat atau mencitakan lingkungan kerja yang menarik dan sesuai dengan diri anda.

Semisal bagi anda yang tak mampu berkonsentrasi  ketika bekerja dengan banyak suara di sekitarnya, maka sebaiknya buat diri anda tak mendengar suara tersebut.

Atau bagi anda yang suntuk dengan lingkungan serta suasana tempat kerja yang monoton, maka cara penangannya bisa dilakukan dengan cara membuat suasana baru yang lebih menyenangkan dan menarik. Misalnya dengan membuat dekorasi ruangan yang lebih menarik.

10. Bertahan

Ketika anda memutuskan untuk bekerja, pasti ada satu tanggung jawab yang harus anda jalani, dan tanggung jawab ini hanya bisa ditanggung ketika anda bekerja. Nah jika memang anda mengalami masalah demikian, cara mengatasi masalah di tempat kerja pun sangat mudah.

Pastikan anda tetap mampu bertahan dengan suasana kerja yang menurut anda sebenarnya kurang menyenangkan. Kembalikan pola pikir anda dengan pemikiran yang tepat, yaitu untuk memenuhi tanggung jawab anda pun harus bekerja giat.

Jika anda sudah memiliki tekad yang kuat dan tetap bertahan, perlahan suasana yang kurang membuat anda nyaman ini bisa jadi satu tempat kerja yang begitu nyaman lengkap dengan rekan kerja yang menyenangkan.

10 cara mengatasi masalah di tempat kerja di atas semoga bisa menjadi renungan dan pembelajaran bagi anda untuk mampu menjalani kerasnya kehidupan kerja.

Yang terpenting, jangan sampai suasana kerja yang kurang baik mampu merubah anda menjadi pribadi yang kurang baik pula. Seperti ketika anda mengalami masalah dengan rekan kerja, jangan sampai masalah semacam itu menjadikan diri anda dipenuhi emosi dan marah sehingga membuat kedua belah pihak semakin bertentangan.

Yang benar adalah bagaimana cara anda mencari tahu sumber masalah dari kedua belah pihak. Setelah itu, cari solusi terbaik agar masalah dapat diselesaikan dengan baik dan tak menimbulkan masalah lain yang lebih besar.

Ingatlah jika dimana pun dan dengan siapa pun anda berinteraksi, akan sangat besar kemungkinan munculnya masalah. Hanya bagaimana cara anda mengatasinya hingga masalah atau konflik tersebut dapat diatasi dengan tepat, sehingga tak akan menjadi sebuah perkara yang mengacaukan lingkungan tersebut serta hubungan pelakunya.

Artikel Terkait :

Satu pemikiran pada “10 Cara Jitu Mengatasi Masalah di Tempat Kerja

Komentar ditutup.