10 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Saat Terkena Masalah

Cara menenangkan hati dan pikiran

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran. Dalam hidup memang tak selamanya berjalan mulus dan sesuai rencananya. Ada kalanya kita semua menemukan atau mengalami masalah yang terkadang membuat galau gelisah sehingga membuat suasana hati yang membuat malas untuk melakukan aktivitas apapun atau bertemu dengan orang lain.

Masalah tersebut biasanya disebabkan oleh pekerjaan,keluarga, kisah cinta, dan lain sebagainya. Sebenarnya tidak selamanya masalah tersebut buruk untuk kita, terkadang dari masalah tersebut kita belajar tentang keteguhan, kesetiaan, proses pendewasaan, serta segudang manfaat lain jika kita mampu untuk berpikir tenang.

Tetapi memang kenyataannya, masalah sering kali mempengaruhi emosi sehingga tidak bisa untuk berpikir tenang dan hati pun tidak tenang. Akibatnya, masalah pun tidak bisa diselesaikan dengan baik dan bisa berujung depresi atau frustasi.

Jika saat ini sedang mengalami masalah yang cukup besar, maka berbahagialah karena menemukan artikel ini yang mudah-mudahan bisa membantu untuk mengatasi masalah di atas atas lewat pembahasan tentang10 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Saat Terkena Masalah Besar. Dan berikut ulasannya

1. Dekatkan Diri pada Tuhan Yang Maha Esa

Cara menenangkan hati dan pikiran

Boleh jadi masalah yangg sekarang dihadapi karena memang diri kita semakin Jauh dari Tuhan Yang Maha Esa ,seperti mulai melalaikan apa yang Tuhan perintahkan. Karenanya Tuhan ‘’menegur’’ lewat masalah tersebut.

Baca juga : 10 Cara Menjadi Pribadi Berwibawa, Anda Bisa Mencobanya

Sejatinya sebuah masalah pun tidak akan pernah selesai jika kita menyelesaikan dengan cara-cara yang tidak baik apalagi cara yang sebenarnya sangat dibenci oleh Tuhan.

Karena itu, mulailah dari sekarang untuk bisa mendekatkan diri pada Tuhan dengan kembali menggiatkan untuk ibadah.

Jika Anda Muslim pasti menyakini sebuah ayat dalam Surat Al Baqarah [2] ayat 153 Allah SWT berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman jadikanlah SABAR dan SHOLAT sebagai penolongmu.

Maka dari itu ketika ada masalah dan agar hati serta pikiran tenang, bersabarlah dan sholatlah. Jangan larut dalam kesedihan yainlah setiap masalah tersebut bisa diselesaikan.
Selain itu, jangan lupa untuk berdzikir mengingat Tuhan Yang Maha Esa dalam kondisi dan situasi apapun. Jika Anda rutin melakukannya, percayalah hati dan pikiran pun akan tenang.

2. Tetaplah untuk Berpikir Positif

Setelah mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa cara berikutnya adalah dengan tetap dan selalu berpikir positif. Hal ini memang tidak mudah dilakukan, karena Anda harus melihat masalah tersebut dari cara pandang yang berbeda.

Misalnya seseorang yang tiba-tiba di PHK padahal sedang banyak tanggungan yang harus dibiayai. Secara kasat mata, siapapun yang melihat dan mendengarnya pasti akan melihat dengan iba pada orang tersebut.

Baca juga : 10 Cara Menghilangkan Sifat Egois Sehingga Disukai Banyak Orang

Tetapi bila dilihat kacamata lain, boleh jadi jika diteruskan bekerja di perusahaan tersebut tidak akan membuatnya baik dan menjerumuskan pada hal lain. Tuhan sedang menyelamatkan hambanya dengan cara tersebut.

Yakinlah rezeki lain sedang menunggu orang tersebut di tempat yang Jauh lebih baik. Maka Berpikir Positif lah.

Selain itu, jika Anda yang ‘’dipilih’’ untuk menghadapi masalah yang cukup besar, yakinlah pula bahwa kebahagiaan akan segera datang pada Anda dengan cara yang tidak terduga.

Ya, itu semua memang perlu proses, tetapi itulah dampak dari selalu berpikir positif. Jika hal ini terus dilakukan, maka hati dan pikiran pun akan senantiasa selalu tenang.

3. Cari Teman Terpercaya untuk Bisa Diajak Sharing

Seperti yang diketahui bersama kita adalah makhluk sosial yang tentunya tidak bisa untuk hidup sendiri. Termasuk soal hati, dimana kita tidak bisa memendamnya sendiri karena memang tidak akan baik untuk fisik atau psikis seseorang.

Maka dari itu carilah teman atau sahabat yang bisa berbagi cerita tentang masalah yang dihadapi oleh Anda. Boleh jadi setelah diceritakan akan ada solusi dari masalah yang dihadapi.

Tetapi, jangan berharap pula bahwa setiap orang yang ditemui bisa memberikan solusi terbaik, kita harus yakin dan percaya bahwa Tuhan lah yang akan mempermudah dan mencari jalan terbaik untuk segala masalah yang dihadapi.

Bercerita pada seseorang pun jangan sembarangan, artinya dia dapat dipercaya oleh Anda sehingga masalah yang dihadapi pun tidak akan ‘’bocor’’ pada orang lain.

Tentunya, teman yang baik pasti tidak akan ‘’menjerumuskan’’ Anda sekalipun ia tidak memberikan solusi, pasti akan selalu menguatkan Anda untuk menghadapi masalah tersebut.

4. Memaafkan Diri Sendiri

Cara berikutnya untuk bisa menenangkan hati dan pikiran saat ada masalah Besar adalah dengan cara memaafkan diri sendiri.

Artinya jangan terlalu terpaku bahwa masalah tersebut adalah karena diri sendiri sehingga membuat depresi.

Belajarlah untuk memaafkan diri sendiri kemudian bertanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan

Ingat! Manusia memang tempat khilaf dan dari situlah kita bisa belajar dan bisa menata kehidupan lebih baik lagi.

Jika memaafkan diri sendiri belum bisa dilakukan, kedepannya dikhawatirkan akan mendapati masalah yang sama dan semakin sulit untuk bisa memaafkan diri sendiri.

Untuk bisa memaafkan diri sendiri bisa dimulai dari bersabar atas kejadian yang dihadapi, mensyukuri atas apa yang dianugerahkan pada Anda selama ini, kemudian mengikhlaskan masalah yang dihadapi.

5. Olahraga

Boleh jadi saat ini Anda terheran-heran membaca point 5 pada artikel judul ini. Tetapi Anda tidak perlu lama untuk heran akan hal tersebut karena memang poin tersebut adalah hal yang pas untuk dilakukan.

Manfaat Olahraga utamanya memang untuk membuat tubuh sehat. Selain itu, Olahraga pun bisa membuat pikiran menjadi tenang.

Setidaknya emosi negatif yang ada dalam diri akan tersalurkan dengan cara yang baik.

Tidak percaya? Yuk, mulai sekarang cobalah untuk berolahraga apapun itu jenisnya dari mulai lari, renang, fitness, aerobik, yoga, dan lain sebagainya.

Usahakan untuk melakukan olahrgaa tersebut dengan waktu rutin, misalnya 2 sampai 3 kali dalam se-minggu.

Bila terus dilakukan dengan rutin dan sungguh-sungguh rasakanlah manfaatnya dikemudian hari, salah satunya yaitu bisa membuat hati dan pikiran menjadi tenang serta energi negatif pun bisa disalurkan dengan cara yang baik. Berliburlah!

6. Rehat Sejenak dari Rutinitas

Cara berikutnya agar hati Dan pikiran tenang adalah dengan berlibur. Tujuan berlibur ini bukan untuk menambah masalah melainkan agar bisa mendapatkan semangat baru menjalani kehidupan selanjutnya.

Maka dari itu, pilihlah tempat liburan yang memang sesuai dengan keinginan Dan juga budget yang dimiliki.

Jangan sampai dengan liburan ini membuat biaya pengeluaran membengkak Dan menambah masalah baru.

Niatkan pula bahwa dengan liburan, bisa menambah energi baru yang nantinya akan berguna dikemudian hari. Bukan sebaliknya, liburan membuat tambah terpuruk apalagi lari dari tanggung jawab.

Liburan ini bisa dengan keluarga, sahabat, pasangan, ataupun solo traveller. Usahakan untuk bisa liburan ke alam yang terbuka karena disitu Anda pun bisa melihat ‘’Maha Karya’’ Tuhan yang Maha Esa.

Anda bisa melihat dan merasakan bahwa masalah tersebut adalah hal yang kecil dan yakin bahwa Tuhan pasti akan mencarikan jalan keluar yang terbaik.

7. Melakukan Hobi yang Disenangi

Cara berikutnya agar hati dan pikiran tenang adalah dengan melakukan Hobi yang Disenangi.

Cara ini juga efektif ketika banyaknya masalah yang melanda dan menguras hati serta pikiran.

Setidaknya energi negatif yang bersemayam dalan hati bisa tersalurkan dengan baik dan tidak akan menjadi penyakit dikemudian hari.

Sekarang, coba pikiran dengan baik hobi apa yang sudah jarang atau belum dilakukan?

Nah, jika sudah terpikirkan segeralah bergegas Untuk melakukannya. Entah itu Hobi menulis. Melukis, travelling, naik gunung, menyanyi dan lain sebagainya.

Percayalah Hobi tersebut bisa membuat Anda sedikit demi sedikit mulai Untuk melupakan masalah dan bisa menyelesaikannya dengan baik.
Tak hanya itu, kita pun akan menemukan teman dan lingkungan baru yang membuat kita tak tekagum-kagum dengan rencana Tuhan.

8. Bersedekah

Sedekah saat lapang memang harus dan wajib, dan sekilas mungkin tidak ada yang istimewa dan sudah biasa didengar. Namun jika sedekah saat sempit serta banyak masalah yang menghampiri, boleh jadi itu adalah suatu hal yang berbeda dan begitu luar biasa.

Maka dari itu, ketika Anda sedang banyak masalah maka sedekah ini merupakan salah satu cara Untuk bisa membuat hati dan pikiran menjadi tenang.

Sedekah yang dilakukan pun tidak selalu tentang uang tetapi bisa makanan,pakaian layak pakai, buku-bulu , dan yang paling mudah adalah tersenyum.

Kenapa sedekah bisa membuat hati dan pikiran tenang? Karena bahagia itu menular. Cobalah rasakan langsung orang yang kita beri sedekah kemudian dengan melihat kebahagiaan di wajahnya otomatis kita pun merasakan perasaan tersebut.

Tak hanya itu, balasan dari sedekah pun bisa berlipat-lipat seperti Surat Al-Baqarah ayat 261, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui.”

Bila sedekah terus dilakukan secara rutin, lama kelamaan hati dan pikiran akan semakin tenang.

9. Jadilah Orang yang Bertanggung jawab

Ketika ada masalah cara terbaik selanjutnya yang perlu dilakukan adalah bertanggung jawab untuk menyelesaiakan masalah tersebut. Jika kita lari dalam masalah justru akan membuat hati dan pikiran tidak tenang.

Selain akan mendapatkan predikat sebagai orang pengecut, Kita pun tidak akan pernah tenang untuk bertemu dengan orang lain.

Maka sebenarnya, akan sangat baik jika seorang karyawan misalnya membuat masalah kemudian dia “menawarkan” diri pada atasan untuk menyelesaikan masalah tersebut sebelum dikeluarkan atau diganti.

Ketika karyawan tersebut mengajukan diri tentu pimpinan harus mengapresiasi hal tersebut dan mengizinkannya.

Terbayang bukan jika seseorang berbuat salah kemudian langsung dipecat, lalu bagaimana masalah di kantor bisa terselesaikan dengan baik.

10. Berprasangka Baik pada Tuhan Walaupun sedang dalam Masalah

Cara berikutnya adalah dengan berprasangka Baik pada Tuhan Walaupun sedang dalam masalah. Jangan berpikir Tuhan sedang menghukum atau benci dengan kita.

Justru disnilah saatnya untuk bisa berbaik sangka pada Tuhan karena masalah tersebut Anda bisa melewatinya sesuai dengan kemampuan kita. Karena itu tetap mendekatkan diri dengan Tuhan jangan berhenti berdoa dan terus mohon petunjuk dariNya.

Penutup

Semoga informasi Cara Menenangkan Hati dan Pikiran bermanfaat untuk Anda. Tetap semangat menghadapi kehidupan. Yakinlah, badai pasti berlalu dan Anda pun berhak untuk bahagia

Scroll to Top