Bakat dan Kemampuan : 13 Cara Menemukan dan Mengasah bakat

Banyak yang masih bingung dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki, bakat dan kemampuan setiap orang pasti berbeda-beda. Nah, tugas kita adalah menemukan bakat dan kemampuan yang kita miliki.

Bakat adalah keahlian atau kelebihan yang dimiliki seseorang dari lahir yang akan tambah berkembang seiring dengan latihan dan lingkungan.

Bakat jika tidak diasah maka tidak akan maksimal.

Bakat erat hubungannya dengan pekerjan yang nantinya akan kita kerjakan, misalnya anda memiliki bakat bermain sepakbola, maka anda bisa menekuni sepak bola sebagai pekerjaan. Pun juga jika anda berbakat sebagai pelukis, anda bisa menjadi pelukis atau berprofesi sebagai designer.

Pekerjan jika dilakukan sesuai bakat dan kemampuan pasti tidak akan membosankan. Biasanya pekerjan yang dilakukan akan memiliki hasil yang bagus.

Keterampilan sesorang akan berpengaruh pada karir orang tersebut. Dan akhirnya akan mempengaruhi kesuksesan dimasa depan.

Kita sering bertanya kepada diri sendiri, apa sebenarnya bakat yang kita miliki, banyak orang merasa bosan dengan pekerjaan yang mereka kerjakan dan menganggap pekerjan yang mereka lakukan tidak sesuai bakat dan kemampuan.

Baca juga : 10 Kriteria memilih pekerjaan yang tepat

Berikut ini Cara Terbaik Menemukan Bakat dan Kemampuan Anda:

1. Temukan Hal yang Paling Anda Sukai

Bakat biasanya membuat anda bisa menghabiskan waktu berlama-lama. Namun, bagi beberapa orang, mereka menyukai beberapa hal sekaligus dan mengerjakan beberapa hal sekaligus (multitasking).

Mulai sekarang, coba temukan pekerjaan yang paling anda sukai dari beberapa pekerjaan yang anda kerjakan. Prioritaskan pekerjaan tersebut.  Dengan demikian anda akan mulai mengenal bakat yang dimiliki.

Menemukan bakat dan kemampuan

Minat dan bakat biasanya terlihat dalam 3 hal,

Apa yang Anda cintai dari pekerjaan Anda ?,

Dimana Anda menghabiskan waktu paling banyak dalam pekerjaan?

Coba pikirkan, Apa kekuatan terbesar Anda ?

2). Cari Hal-Hal yang Bisa Anda Kerjakan

Maksudnya adalah, sebuah pekerjaan yang anda kerjakan menjadi sinyal atau tanda bakat yang mungkin anda miliki.

Contohnya ;

Misalnya anda pandai dalam membetulkan alat-alat elektronik yang rusak. Bisa jadi anda adalah tipe orang yang berbakat dalam hal yang berkaitan dengan teknis.

Hal yang bisa dikerjakan menjadi sinyal dari bakat yang anda miliki. Mungkin anda tidak menyadari hal tersebut.

3). Coba Tanyakan hasil atau Nilai Pekerjaan Anda pada Orang Lain

Bakat pasti akan hasil pekerjaan yang baik, sehingga akan dinilai luar biasa oleh orang lain.

Coba tanyakan kepada orang lain tentang nilai pekerjaan anda.  Tanyakan kepada mereka apakah usaha yang anda lakukan sudah maksimal?, apakah hasil sudah sesuai dan bagus hasilnya. Belum tentu jika anda merasa sudah sekuat tenaga, namun orang lain masih menilai pekerjaan yang anda lakukan masih kurang maksimal.

Proses ini penting agar anda tidak menghabiskan waktu dalam menemukan bakat anda yang sebenarnya.

4). Apa Hal yang Sering Anda Bicarakan

Dalam psikologi, jika anda mengatakan sesuatu terus berulang-ulnag, maka hal tersebut merupakan hal yang disukai oleh anda.

Apa yang sering Anda bicarakan menjadi tanda pada hal yang anda sukai.  Jika anda membicarakan suatu hal secara terus menerus dengan frekuensi tinggi, artinya anda memiliki minat tinggi dengan hal tersebut.

5). Amati Hobi Anda, jangan-jangan ini adalah bakat Anda

Jangan anggap hobi sederhana itu tidak penting dan hanya sebagai menghibur diri di sela kesibukan. Mengamati hobi anda bisa membantu menemukan bakat sebenarnya dari anda.

Biasanya hobi  dilakukan untuk mengisi waktu luang, sebagai contoh anda hobi dalam melukis, dan ternyata melukis adalah bakat terbaik dari diri anda.

6). Cari dan Amati Pengalaman yang akan dan Sudah Anda Lakukan

Dari pengalaman anda bisa mengamati berbagai hal untuk menemukan bakat anda. Dan dengan mencari pengalaman anda bisa menemukan hal baru yang belum pernah anda lakukan, dan bisa jadi hal tersebut adalah bakat anda.

Oleh karena itu, carilah pengalaman sebanyak-banyaknya untuk menemukan bakat terbaik dari diri anda.

Loading...

Lakukan analisis dan pengamatan terhadap pengalaman-pengalaman yang anda dapat, dan tentukan mana bakat yang paling menonjol dari diri anda.

7). Ikuti Tes Bakat untuk Membantu Menemukan Bakat Terbaik

Ini adalah cara ilmiah yang bisa anda lakukan, dan lebih menghemat waktu anda dalam menemukan bakat yang anda miliki.

Biasanya tes bakat dilakukan oleh anak-anak pada masa sekarang dalam menemukan bakat mereka. Dengan metode ini, seorang anak akan lebih cepat menemukan bakat mereka dan mengasah bakat mereka lebih dini.

Tes akan memperjelas apa sebenarnya bakat utama anda. Penentuan ini berdasarkan hasil tes yang sudah anda lakukan. Namun tidak semua orang cocok dengan metode ini.

Banyak juga yang sudah melakukan tes bakat, namun pada kenyataanya mereka tidak berhasil menemukan bakat dan minat mereka dari hasil tes yang didapatkan.

8). Terus Latih Hal yang Disukai

Sayang sekali jika Ternyata Anda memiliki bakat melukis, namun anda tidak pernah menemukan bakat anda tersebut. Bakat tidak akan menjadi bakat jika tidak dilatih.

Meskipun Anda berbakat pada suatu bidang, namun anda tidak pernah melatih sama sekali, maka bakat anda tidak akan bisa bersaing dengan orang lain.

Hasil dari pekerjaan anda tidak akan maksimal karena Anda tidak pernah melatih bahkan tidak pernah mengetahui bahwa pekerjaan ini adalah bakat terbaik bagi anda.

Baca juga : 8 Cara menjalani profesi yang tidak disukai

9). Ketahui Hal-hal yang Dibenci oleh Anda

Banyak orang membenci suatu hal karena mereka tidak bisa melakukannya. Jika demikian dapat dipastikan bahwa hal tersebut bukanlah bakat anda.

Dinamakan bakat maka hal tersebut bersifat unggul dan dominan yang bisa dilakukan oleh anda, bukan hal yang setengah-setengah anda lakukan.

10). Dengarkan Kritik dari orang lain

Dengarlah kritikan jika anda ingin sukses. Kritikan akan memperlihatkan kelemahan anda.  Tidak jarang kritikan akan membantu anda menemukan minat yang anda miliki.

Contohnya :

Anda senang melukis, namun orang lebih menyukai anda bermain musik karena anda dirasa lebih berbakat musik daripada melukis.

Kritikan akan membantu memisahkan hal yang anda inginkan dan hal yang anda bisa. Karena cukup sulit menilai diri sendiri dari pada orang lain.

Baca juga : 16 Solusi menghadapi kritikan bagi profesional

11). Bandingkan Anda dengan Orang Lain ( kemampuan sampai kekurangan)

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain tidak selalu buruk. Lakukan hal ini untuk memotivasi diri.

Dengan cara ini anda bisa mencari kekurangan dan hal negatif dari Anda sendiri. Bukan hanya sisi negatifnya, anda juga bisa melihat sisi positif diri anda.

Beberapa orang sirik dan iri dengan kemampuan orang lain dan tanpa sadar ternyata kemampuan orang tersebut adalah bakat anda.

Kita sering kagum meniru kemampuan orang lain. Lalu anda mengikuti dan sadar bahwa hal tersebut ternyata adalah bakat terpendam anda.

12). Sering-seringlah melakukan Hal-hal Baru

Melakukan hal baru sejalan dengan pengalaman baru. Melakukan hal yang baru akan membantu menemukan dan mengenal kegiatan yang belum pernah dilakukan.

Misalnya;

Anda tidak suka berenang, kemudian anda mencoba melakukannya dan membuat orang lain kagum. Ternyata  anda pandai berenang dengan beberapa kali latihan saja. Ini indikasi  anda memiliki kemungkinan bakat renang,

13). Jangan Mudah Menyerah

Minat dan bakat bisa ditemukan dengan cepat, namun juga bisa membutuhkan waktu bertahun-tahun. Bahkan banyak orang yang menemukan bakat mereka di usia mereka yang sudah tidak uda lagi.

Jadi jangan pernah menyerah dalam menemukan bakat sebenarnya dari diri anda.

Penutup

Bakat dan minat bisa ditemukan dengan berbagai cara seperti yang sudah di uraikan di atas.   Menemukan bakat dan minat akan membuak peluang kesuksesan lebih besar dalam hidup anda. Oleh karena itu, jangan berhenti mencari bakat terbesar diri anda.

Artikel Terkait :

1 Shares
Loading...