15 Cara Jitu Menata Ruang Kerja Agar Nyaman

Bagi seorang karyawan, ruangan kerja dikantor menjadi rumah kedua Anda untuk melakukan pekerjaan. Karena itu, untuk menghasilkan pekerjaan yang optimal Anda karyawan akan rela menata ruangan kerja dengan senyaman mungkin. Mulai dari memperhatikan kebersihan, tata ruangan kantor, dan hal lainnya yang dapat membuat enjoy ketika bekerja.

Tetapi Cara menata ruang kerja ini memang bukan hal yang mudah. Perlu dilakukan oleh yang ahli dekorasi ataupun melihat referensi dari media yang ada.

Nah, jika Anda sedang berencana untuk menata ruangan kantor menjadi nyaman berikut akan dibahas mengenai 15 Cara Jitu Menata Ruang Kerja Kantor Agar Nyaman. Seperti apakah ulasannya? Ini Dia ulasannya!

1. Memasang wallpaper di ruang kerja

Rata-rata disetiap kantor cat dinding yang mendominasi adalah warna putih atau pun warna kaku lainnya yang terkadang membuat jenuh.

Jika Anda ingin ruang kerja tampil beda bisa menambahkan wallpaper yang menarik dan bergambar namun masih dalam batas yang wajar.

Dengan adanya tampilan yang berbeda pada dinding ruang kerja biasanya akan membuat fresh dan semangat dalam berkerja.

Cara menata ruang kerja dengan memasang wallpaper ini sudah banyak dilakukan di beberapa tempat kerja. Dengan begitu ruangan kerja tak terlihat kaku serta “menakutkan”.

2. Tempatkan layar komputer dengan sesuai di meja kerja Anda

Saat ini hampir di seluruh perusahaan, instansi, dan lembaga menggunakan komputer atau laptop untuk bekerja.

Hanya saja, banyak yang menempatkan komputer tersebut dengan posisi yang tidak sesuai. Seperti meja terlalu tinggi atau posisi komputer di bawah posisi mata Anda ketika duduk.

Hal tersebut bisa mengakibatkan sakit leher atau tidak nyaman pada anggota tubuh lainnya saat bekerja.

Oleh karena itu, Cara menata ruang kerja selanjutnya adalah dengan mengubah posisi layar komputer atau meja untuk komputer atau laptop Anda.

Posisi ideal untuk menempatkan layar komputer Anda adalah dengan posisi setinggi mata Anda. Jika memang tidak memungkinkan bisa menggunakan keyboard bluetooth untuk bisa mengetik di tempat yang nyaman. Dengan begitu, tak akan ada lagi keluhan sakit leher lelah mata, dan sebagainya.

3. Atur tempat duduk senyaman mungkin

Tempat duduk atau kursi adalah fasilitas terpenting untuk Anda yang bekerja di sebuah ruangan. Karena itu ketika Anda ingin menata ruangan kerja jangan lupa untuk mengubah tempat duduk Anda dengan nyaman.

Ruang kerja yang nyaman
Ruang kerja yang nyaman

Tempat duduk yang Anda miliki bisa ditambahkan dengan bantal duduk yang pas dengan Anda. Ataupun jika tempat duduk sudah rusak Anda bisa mengajukkan untuk menggantinya dengan yang lebih baik dan nyaman menurut Anda.

Cara menata ruang kerja dalam hal tempat duduk ini wajib masuk dalam daftar list Anda ketika ingin merenovasi ruangan. Karena tanpa tempat duduk yang nyaman, Anda tak akan bisa bekerja dengan baik.

Ingat! Ketika membeli atau memilih tempat duduk, usahakan kursi yang Anda pilih memiliki busa yang pas dan posisi kursi tidak terlalu tinggi atau terlalu pendek.

4. Rapikan alat tulis dalam sebuah tempat

Tak aneh memang bila di atas meja terdapat banyak alat tulis yang meliputi pulpen, pensil, penggaris, lem, sticky notes, dan lain sebagainya. Alat tulis tersebut biasnaya selain disimpan di atas meja juga ditaruh di sebuah laci meja.

Tak heran alat tulis ini sering kali hilang karena lupa menaruhnya ataupun dipinjam orang lain. karena itu untuk membuat alat tulis lebih rapih dan tak berceceran sebaiknya disimpan di sebuah kotak penyimpanan khusus.

Dengan merapikannya di sebuah tempat khusus akan tampak lebih rapih, mudah dicari, dan tentu saja enak dipandang.

Terkadang cara menata ruang kerja yang dimulai dari merapikan alat tulis kantor ini luput dari perhatian. Oleh karenanya segera masukan list daftar belanja Anda ketika akan menata ruangan kerja dengan nyaman.

5. Mengatur dan memperbaiki pencahayaan ruangan kantor

Cara menata ruang kerja berikutnya adalah dengan mengatur atau memperbaiki pencahayaan ruangan kantor. Hal ini sangat penting karena akan berdampak pada kesehatan Anda terutama kesehatan mata.

Jika Anda merasa ruangan kantor Anda sangat minim pencahayaan bisa ditambahkan dengan memasang lampu yang sesuai.

Mengatur atau memperbaiki pencahayaan pun tidak selalu harus menggunakan listrik. Barangkali ada lemari atau benda lainnya yang menghalangi pencahayaan yang masuk ke ruangan kerja Anda.

Karena itu bisa mengubah posisi lemari, tempat duduk atau meja agar pencahayaan alami dari luar bisa masuk ke ruangan kerja Anda.

Namun, jika tidak memungkinkan alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan memasang lampu meja yang kecil agar pencahayaan di meja kantor Anda bisa teratasi dengan baik.

6. Buat papan tambahan di tempat strategis

Tidak dipungkiri, sesoerang yang bekerja di dalam ruangan memerlukan banyak catatan untuk memulai pekerjaannya.

Catatan tersebut biasanya memo untuk diri sendiri, dari orang lain, dan juga atasan Anda. Karena itu agar tidak lupa menyimpan catatan penting tersebut buatlah sebuah papan yang bisa disimpan di tempat yang strategis.

Tempat strategis yang dimaksud bisa dipasang di sisi meja Anda atau dipasang di depan meja kerja Anda apabila dekat dengan dinding. Jangan lupa sebelum ditempelkan ke dinding pastikan tidak merusak dinding kantor dan sudah seizin pihak yang bertanggung jawab.

Apabila sudah ditempatkan di tempat yang strategis, papan tersebut bisa diisi dengan memo atau catatan penting untuk panduan Anda ketika melaksanakan pekerjaan.

Cara menata ruang kerja ini akan efektif dilakukan bersama-sama dan masuk dalam instruksi atasan Anda. Karena dengan begitu atka akan ada lagi kesalahapahaman dalam bekerja.

7. Menambahkan kaca pada ruangan kerja

Cara menata ruang kerja dengan ukuran  minimalis bisa dilakukan dengan menambahkan kaca di ruangan tersebut.

Dengan memasang kaca pada ruangan kerja Anda akan berefek meluasnya ruangan minimalis . Hal tersebut juga bisa menghindari kejenuhan selama bekerja karena yang dipandang tidak hanya dinding saja melainkan kaca yang memantulkan seisi ruangan.

8. Menambahkan foto keluarga

Cara menata ruang kerja selanjutnya bisa menambahkan sebuah foto keluarga. Foto tersebut bisa dijadikan sebagai unsur penyemangat dan motivasi ketika Anda bekerja.

Untuk menyimpan photo keluarga bisa disimpan di atas meja dengan menggunakan figura. Atau menempelkannya di papan kerja yang Anda taruh di dinding.

Jika hal tersebut tidak memungkinkan bisa menyimpannya di laptop atau komputer Anda sebagai dengan menyetting untuk background desktop Anda.

Menata ruang kerja tidak harus selalu tentang fisik yang ada di ruangan kerja. Karena sejatinya menata ruang kerja adalah untuk memberiikan motivasi serta energi positif ketika bekerja.

Nah, dengan menyimpan photo keluarga inilah menjadi salah satu bentuk energi positif yang bisa mempengaruhi Anda ketika bekerja.

9. Menambahkan tanaman hidup di ruang kerja

Jika Anda bekerja di sebuah ruangan terlebih harus setiap saat melihat layar komputer, sebaikanya agar tidak jenuh tambahkanlah tanaman hidup di sekitaran ruang kerja Anda.

Cara menata ruang kerja dengan menambahkan tanaman ini memang cukup unik dan masih jarang dilakukan.

Bila Anda ingin sesuatu yang baru dan menyukai hal yang menarik bisa menaruh sebuah tanaman hidup seperti bambu cina, katus, atau sukulen dengan ukuran yang minimalis.

Untuk menyimpannya bisa dilakukan di atas meja kantor Anda atau disekitaran ruangan kerja yang masih kosong.

Karena memang tanaman hidup, sesekali Anda harus bisa merawatnya agar tetap hidup dan memberikan energi positif di ruang kerja Anda.

Adanya tanaman hidup pun bisa menjadi pemandangan yang segar setelah seharian menatap layar komputer.

10. Upgrade keyboard dengan warna menarik

Mengupgrade keyboard laptop atau komputer Anda pun menjadi bagian dari cara menata ruang kerja. Saat ini untuk mengupgrade keyboard pun tidak terlalu sulit banyak penjual di toko aksesoris komputer yang sudah menjualnya.

Uniknya lapisan keyboard tersebut bisa disesuaikan dengan warna yang Anda sukai. Bila Anda penggemar animasi pun beberapa toko aksesoris sudah menjualnya.

Nah, dengan adanya fasilitas tersebut bisa Anda masukkan list untuk mengubah tampilan keyboard Anda agar menarik dan membuat semangat dalam bekerja.

11. Buang barang bekas yang tidak terpakai

Cara menata ruang kerja agar menjadi nyaman tentunya harus memiliki sifat “tega”. Maksud dari tega ini adalah mau mengeluarkan, membuang, atau mendaur ulang barang bekas yang ada di ruangan ataupun yang tersimpan di meja kerja Anda.

Layaknya sebuah rumah pastinya ada barang-barang bekas yang tak tega untuk membuangnya karena itu Anda harus mau mengambik sikap untuk mengeluarkannya dari ruangan Anda.

Jika di sekitaran Anda banyaknya file yang berserakan Anda bisa memilih file-file yang masih diperlukan atau pun sudah tidak terpakai.

Dari hasil “penyaringan” tersebut Anda bisa memisahkan dan menyimpannya dalam sebuah map organizer atau menyimpannya dalam kardus.

Jika barang tersebut adalah benda, maka And aahrus memeriksa kebermanfaatnya. Jika sudah rusak wajib Anda buang dan jika masih bagus bisa dibersihkan atau didaur ulang menjadi barang yang masih digunakan.

12. Menata ruang kantor sesuai tujuan

Secara tidak langsung ruang kantor dapat mempengaruhi karakter karyawannya. Mengapa demikian? Karena para karyawan banyak menghabiskan waktunya di ruangan yang sama dalam waktu yang cukup lama.

Karena itu kecenderungan mereka untuk lelah, bosan, dan jenuh akan lebih besar. Jika satu persatu karyawan mengalami hal tersebut maka lambat laun akan mempengaruhi kinerjanya.

Namun, tidak perlu khawatir karena solusi dari itu semua bisa melakukan cara menata ruang kerja dengan mengubahnya sesuai tujuan.

Mengubah ruang kantor sesuai tujuan tersebut bisa dimulai dari mengubah desain ruang kantor yang unik dan yang tak biasa.

Ketika mengubahnya Anda bisa mengambil unsur misi untuk mengubah karakter tim lebih solid atau lebih tenang. Biasanya jika ingin mengubah karakter dengan ciri tersebut bisa dengan menambahkan unsur warna hijau pada dinding, meja, atau kursi.

Bila cara di atas tidak bisa Anda terapkan, bisa mengubahnya dengan menukar ruang kerja antar divisi.

Misalnya, divisi marketing berada di bawah dan divisi keuangan berada di atas. Agar tidak jenuh dan memiliki suasana baru bisa bertukar ruangan agar tujuan yang Anda terapkan bisa tercapai.

13. Letakkan posisi telepon di tempat yang sesuai

Di setiap ruangan ataupun di setiap meja kantor pastinya memiliki sebuah telepon untuk berkomunikasi antar divisi.

Karena itu simpanlah telepon yang sering Anda gunakan di tempat yang sesuai. Yaitu yang tida terllau jauh dari ruangan atau meja Anda.

Karena bila disimpan di tempat yang tidak sesuai akan menganggu kenyamanan Anda ketika berkomunikasi.

Walaupun sudah ada media teknologi yang canggih untuk berkomunikasi, tetap saja menggunakan telepon masih diperlukan. Karenanya harus masuk dalam list cara menata ruang kerja di kantor Anda.

14. Meletakkan tempat sampah di ruang kerja

Cara menata ruang kerja selanjutnya adalah tentang kebersihan sebuah ruangan. Tentu saja agar tetap bersih harus tersedia sebuah tempat sampah di masing-masing ruangan atau pun di setiap meja kantor.

Jangan lupa untuk meletakkan tempat sampah ini harus di tempat yang sesuai dan strategis agar kebersihan ruangan tetap terjaga.

15. Pilih furniture yang sesuai dengan ruangan kerja Anda

Cara menata ruang kerja yang terakhir adalah memilih furniture yang sesuai dengan ruangan adalah hal yang wajib diperhatikan dalam pembahasan cara menata ruang kerja.

Karena banyak orang yang memilih furniture bukan kebutuhan sehinga furniture tersebut memakan tempat yang membuat ruangan menjadi tidak nyaman.

Bila ruangan Anda kecil tentu pilihlah furniture yang berukuran minimalis dan stylish. Dengan begitu kesan pada ruangan Anda terasa luas serta nyaman.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai 15 Cara Jitu Menata Ruang Kerja Kantor Agar Nyaman. Semoga dengan pembahasan di atas dapat menginspirasi Anda dalam hal cara menata ruang kerja. Dan semoga trik jitu di atas bisa meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja. Selamat mencoba!

Terkait :

Loading...