10 Cara Mempertahankan Karyawan Potensial dan Terbaik Perusahaan

Di setiap perusahaan karyawan adalah aset berharga bagi mereka. Tanpa adanya karyawan, segala tugas yang ada tak akan bisa diselesaikan dengan sempurna. Oleh karena itulah, setiap perusahaan harus memiliki cara tersendiri agar karyawan yang dimiliki perusahaan tidak mengundurkan diri ataupun berpindah ke perusahaan lain.

Terlebih jika karyawan yang dimiliki perusahaan adalah yang terbaik dan memiliki potensi besar untuk memajukan perusahaan. Jika karyawan terbaik Anda keluar dari perusahaan tentunya Anda sedang mengalami kerugian besar karena bisa berimbas pada kemajuan perusahaan.

Namun, jangan khawatir karena setiap permasalahan pasti ada solusi yang bisa dilakukan.

Seperti pada pembahasan berikut yang mengupas tentang 10 Cara Mempertahankan Karyawan Potensial Perusahaan Agar Bekerja Lebih Lama. Seperti apakah pembahasannya? Ini Dia Pemaparannya!

Kenali Penyebab Karyawan Mengundurkan Diri

karyawan potensial

Sebelum membahas cara untuk mempertahankan karyawan potensial agar bisa bekerja lebih lama. Ada baiknya terlebih dahulu untuk bisa mengenali penyebab karyawan tersebut mengundurkan diri.

Dengan begitu, Anda selaku pemimpin perusahaan bisa melakukan evaluasi sekaligus solusi terhadap permasalah tersebut. Adapun penyebab-penyebab utama yang biasa terjadi pada karyawan perusahaan yang mengundurkan diri adalah sebagai berikut:

1. Adanya Konflik dengan Atasan ataupun Karyawan Lain

Dalam setiap perusahaan pasti selalu ada konflik yang terjadi baik dengan atasan ataupun sesama karyawan.

Baca juga :

Konflik yang terjadi ada yang bersifat ringan dan juga berat tergantung kepada pribadi masing-masing untuk bisa menghadapi dan menyelesaikannya.

2. Bekerja Tidak Sesuai dengan Kemampuannya

Setiap orang memiliki bakat dan minat yang berbeda, oleh karena itu setiap pemimpin perusahaan wajib mengetahui potensi yang dimiliki karyawannya agar tidak salah dalam menempatkan.

3. Waktu Bekerja Lebih Banyak dari Waktu Libur

Bila karyawan terlalu banyak diforsir untuk bekerja maka kejenuhan akan menghampiri dirinya. Dengan begitu mereka pun akan memilih untuk megundurkan diri dan memilih perusahaan lain yang lebih “bersahabat”.

4. Gaji yang Diterima Tidak Sesuai dengan Beban Kerja yang Dilakukan

Setiap karyawan yang bekerja memiliki sebuah tujuan utama agar bisa berpenghasilan. Jika penghasilan yang didapat tidak sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan, maka lambat laun karyawan tersebut akan memilih untuk mengundurkan diri dan mencari pekerjaan yang lebih layak.

5. Tidak Ada Kesempatan untuk Naik Jabatan

Karyawan yang telah mengabdi lama di perusahaan Anda layak untuk diberikan kesempatan untuk naik jabatan atau naik ke level yang lebih baik.

Jika hal tersebut tidak diterapkan di perusahaan Anda, maka bisa berakibat keluarnya karyawan terbaik dan loyal di perusahaan Anda. Mereka akan mengira tak ada pengembangan diri yang bisa dilakukan di perusahaan tersebut.

6. Perusahaan Kurang Memperhatikan Kesejahteraan Karyawan

Selain gaji yang diharapkan para karyawan, mereka pun memerlukan sebuah kesejahteraan yang layak terutama untuk keluarga mereka.

Baca juga : 12 Tipe bos yang tidak disukai karyawan

Jika hal tersebut kurang atau tidak diperhatikan maka para karyawan pun akan mngundurkan diri dan lebih memilih perusahaan yang memperhatikan kesejahteraan karyawannya.

Cara Mempertahankan Karyawan Potensial  Perusahaan Agar Bertahan Lebih Lama

 Setelah mengetahui penyebabnya, maka pihak managemen perusahaan terutama pimpinan perusahaan bisa melakukan cara untuk mempertahankan karyawan potensial. Adapun cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Ciptakan Suasana Kerja yang Nyaman

Setiap orang butuh yang namanya kenyamanan, baik itu kenyamanan untuk berteman ataupun untuk bekerja. Kenyamanan dalam perusahaan bisa dilakukan dari peraturan-peraturan perusahaan yang tidak membuat karyawan takut dan tertekan.

Selanjutnya, bisa pula dilakukan dari pihak pimpinan yang memberlakukan sebuah program yang merujuk pada kebersamaan antara sesama karyawan ataupun antara karyawan dengan atasan.

Contohnya saja, mengadakan jalan-jalan bersama karyawan, makan malam bersama, cepat tanggap ketika ada karyawan yang terkena musibah atau sakit, salaing memberi hadiah saat momen bahagia, dan lain sebagainya.

Bila hal tersebut sudah terbangun dengan baik, maka karyawan pun akan betah untuk bertahan lebih lama di tempat kerja tersebut.

Baca juga : 13 Tips agar karyawan betah dan nyaman bekerja dengan Anda

2. Memberikan Apresiasi Terhadap Kerja Keras Karyawan

Apresiasi sekecil apapun sangatlah dinanti dan ditunggu oleh para karyawan. Oleh karena itu, bila Anda selalu pimpinan perusahaan dan memberikan sebuah tugas kepada karyawan hingga mereka bisa menyelesaikannya dengan baik jangan lupa untuk memberikannya sebuah apresiasi.

Apresiasi yang diberikan bisa dengan sebuah ucapan dan kata-kata motivasi agar karyawan bisa terus berprestasi. Selain itu bisa pula memberikan hadiah yang wajar dan pantas diterima oleh karyawan Anda.

Jika proyek yang dikerjakan cukuplah besar, Anda bisa memberikan sebuah bonus atau cuti bekerja. Dengan begitu karyawan Anda merasa dihargai baik itu dari keberadaannya maupun dari kerja keras yang dilakukannya.

3. Libatkan Karyawan untuk Kemajuan Perusahaan

Perusahaan yang Anda pimpin memang seutuhnya milik Anda. Namun, perusahaan tersebut tak akan berkembang dengan baik bila tak ada tim yang membantu Anda untuk mengembangkannya lebih baik lagi.

Tim yang dimaksud jelas adanya adalah karyawan-karyawan yang Anda rekrut untuk membantu Anda mengembangkan perusahaan agar lebih baik lagi.

Karena itu karyawan bukanlah seseorang yang dapat Anda perintah dengan seenaknya. Mereka pun memiliki andil dalam kemajuan perusahaan.

Maka, ketika Anda ingin memajukan perusahaan libatkan karyawan Anda untuk berpendapat dan memberikan ide terbaiknya dalam memajukkan perusahaan.

Dengan begitu Anda akan mengetahui keinginan terbesar karyawan ketika bekerja dengan Anda. Dan cara tersebut sangatlah efektif agar karyawan Anda tidak mengundurkan diri dan tetap bekerjasaama dengan Anda untuk jangka waktu yang lama.

Selain mengetahui keinginan terbesar karyawan, apa yang disarankan oleh mereka bisa memberikan efek positif bagi kemajuan perusahaan yang Anda pimpin.

4. Berikan Kenaikan Gaji yang Sesuai untuk Karyawan Anda

Gaji setiap bulan yang diterima oleh karyawan Anda adalah sebuah pencapaian yang mereka tunggu-tunggu. Tentu saja dari gaji tersebut mereka bisa menghidupi keluarganya untuk mendapatkan kehidupan yang layak.

Karena itu, jangan pernah menggangu hak karyawan Anda dengan cara memotong gaji atau tidak memberikannya sama sekali. Karena bila hal tersebut terjadi di perusahaan, maka satu persatu karyawan di perusahaan tersebut akan mengundurkan diri.

Baca juga : 15 Tips negosiasi gaji saat wawancara kerja

Berikanlah gaji yang sesuai dengan jabatan atau kinerja karyawan Anda. Bila karyawan Anda adalah karyawan potensial, maka berikanlah intensif gaji yang sesuai dengan apa yang mereka lakukan. Jangan sampai, mereka keluar karena merasa tidak sesuai dengan apa yang mereka kerjakan.

Kenaikan gaji yang ditetapkan bisa Anda lakukan sesuai dengan loyalitas dan juga kapasitas kerja karyawan di perusahaan Anda.

Loading...

Dengan pemberlakukan gaji yang adil maka mereka pun bisa menjadi karyawan potensial yang loyalitasnya tidak perlu diragukan lagi.

5. Promosi Jabatan untuk Karyawan Potensial

Setiap karyawan tentunya butuh yang namanya perubahan. Perubahan yang dimaksud bisa dari segi gaji dan juga kenaikan jabatan. Karena itu pihak manajemen perusahaan harus sudah bisa melihat potensi terbaik yang dimiliki oleh para karyawannya.

Tujuannya adalah agar karyawan yang memiliki potensi lebih atau dikatakan sebagai karyawan potensial bisa menduduki sebuah jabatan terbaik dari sebelumnya.

Dengan adanya jenjang jabatan tersebut, karyawan merasa dihargai dan memiliki masa depan yang lebih baik di tempat kerja Anda. Maka bila hal tersebut diterapkan. Karyawan potensial Anda tak akan mengundurkan diri dan mencari perusahaan lain.

Penerapan promosi jabatan ini tentunya bisa diberlakukan untuk setiap karyawan yang bekerja di perusahaan Anda. Namun, karyawan yang bisa mendapatkan promosi jabatan ini harus bisa melewati prosedur-prosedur penilaian yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Tujuannya tidak lain adalah untuk mendapatkan karyawan yang benar-benar memiliki potensi luar biasa dan layak untuk menempati jabatan tersebut.

6. Berikan Karyawan Kesempatan untuk Berinovasi

Mengarahkan dan menjabarkan pekerjaan pada karyawan adalah wajib untuk dilakukan. Namun, pihak perusahaan terutama seorang pimpinan harus memberikan kesempatan bagi karyawan untuk bisa berinovasi dalam menjalankan pekerjaannya.

Inovasi yang dibuat karyawan tersebut mampu membuat mereka bertahan di perusahaan karena merasa dilibatkan dalam pengembangan dan kemajuan perusahaan.

Baca juga : 13 Tips menjadi karyawan teladan di kantor

Jika hal tersebut tidak diterapkan maka pihak perusahaan tidak akan pernah tahu, karyawan mana yang memiliki potensi yang luar biasa.

Pihak karyawan pun akan merasa tertekan dan malas untuk bekerja karena ide-ide terbaik yang dimilikinya tidak pernah mendapatkan apresiasi serta dukungan penuh dari pihak perusahaan.

Jika sudah begitu, mereka pun akan memilih perusahaan lain yang lebih terbukan akan ide-ide kreatif yang mereka miliki.

7. Dekor Tempat Kerja dengan Nyaman

Jika pada poin awal pembahasan ini membahasan tentang suasana kerja, maka di poin ini akan dibahas mengenai dekor tempat kerja karyawan dengan nyaman. Karena menurut riset yang ada,  rata-rata para karyawan mengingkan sebuah tempat kerja yang nyaman bagi mereka.

Hal tersebut sangatlah masuk akal, dimana kantor biasa dijadikan sebagai rumah kedua para karyawan yang memang lebih banyak berada di kantor daripada di rumah.

Baca juga : 15 Cara menata ruang kerja yang nyaman

Oleh karena itu, tak heran bila banyak karyawan yang mengingkan dekorasi tempat kerja sesuai dengan keinginannya.

Dengan riset yang ada inilah, maka pihak perusahaan harus bisa melihat sebuah peluang yang bisa membuat mereka nyaman untuk berada di lingkungan kantor.

Pihak manajemen perusahaan bisa mendekor kantor dengan nyaman layaknya sebuah rumah. Ataupun bisa juga mendekor kantor yang tidak tampak seperti kantor pada umumnya.

Dengan suasana yang berbeda tersebut, karyawan Anda akan merasa betah dan nyaman karena pihak perusahaan bisa memenuhi keinginan para karyawannya termasuk dalam hal dekorasi kantor.

8. Berikan Karyawan Waktu Kerja dan Libur dengan Seimbang

Setiap perusahaan pasti memiliki target tersendiri yang harus dicapai setiap bulannya. Namun, target tersebut jangan dijadikan sebuah alasan untuk bisa memperkerjakan karyawan Anda dengan seenaknya.

Bila pihak perusahaan terus membebani karyawan dengan pekerjaan tanpa jeda atau waktu libur yang cukup. Maka bisa dipastikan bahwa karyawan Anda akan mengundurkan diri dengan alasan merasa terbebani.

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka yang perlu Anda lakukan adalah memberikan waktu libur yang sesuai. Waktu libur yang digunakan karyawan Anda tentunya sangat berarti, mengingat setiap orang memiliki rasa jenuh terhadap rutinitas yang dijalankannya selama ini.

Waktu libur yang diberikan kepada karyawan Anda akan memberikan efek semanat baru bagi karyawan Anda. Sehingga ketika mereka bekerja kembali bisa mengerjakan pekerjaan tanpa beban lain yang dihadapinya.

9. Berikan Training untuk Pengembangan Diri Karyawan

Agar karyawan Anda bisa bekerja lebih baik lagi maka yang harus dilakukan adalah memberikan pelatihan seperti training, seminar, dan lain sebagainya untuk karyawan Anda.

Dengan training yang dilakukan tersebut ilmu yang mereka miliki bisa berkembang dengan baik dan tentunya bisa memberikan efek berarti untuk kemajuan perusahaan Anda.

Training yang diikuti oleh karyawan Anda bisa disesuaikan dengan bidang atau divisi masing-masing contohnya seperti bagian keuangan, marketing, customer service, dan lain sebagainya.

Dengan pemberian fasilitas training ini, phak karyawan pun akan merasa betah karena di perusahaan tersebut tak hanya bekerja tapi bisa untuk mendapatkan ilmu yang sesuai dengan keinginannya.

10. Memperbaiki Kualitas Manajemen Perusahaan

Karyawan yang mengundurkan diri dari perusahaan salah satu alasannya karena tidak sesuai dengan manajemen perusahaan. Alasan tersebut biasanya dari personal maupun dari sistem yang dikeluarkan oleh manajemen perusahaan.

Baca juga : 35 Tips manajemen waktu agar produktif

Jika karena manajemen perusahaan ini lebih banyak diutarakan oleh para karyawan, maka mau tidak mau pihak manajemen harus melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dikeluarkan.

Tak ada salahnya bila pihak manajemen yang ingin mengeluarkan sebuah aturan, terlebih dahulu meminta angket pendapat dari karyawannya. Angket tersebut berisikan tentang kepuasan karyawan terhadap manajemen dan juga keinginan serta harapan mereka terhadap perusahaan.

Bila hal tersebut sudah diterapkan, maka pihak karyawan dan juga manajemen tak akan lagi saling beririsan. Dengan begitu kecil kemungkinan karyawan perusahaan yang akan mengundurukan diri dan beralih ke perusahaan tersebut.

Baca juga : 10 Tips menjadi atasan yang memotivasi

Penutup

Pihak perusahaan dan karyawannya sejatinya harus bisa bekerjasama. Karena tanpa keduanya, sebuah perusahaan tak akan berjalan dengan baik.

Karyawan sejatinya harus melakukan kewajiban yang telah ditetapkan perusahaan yang sesuai dengan job desknya. Begitu pula dengan perusahaan harus memenuhi hak karyawan bila kewajiban sudah ditunaikan.

Semoga informasi mengenai 10 Cara Mempertahankan Karyawan Potensial Perusahaan Agar Bekerja Lebih Lama ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Artikel Terkait :

0 Shares
Loading...