10 Cara Memotivasi Diri Sendiri untuk Kesuksesan Masa Depan

Cara Memotivasi Diri Sendiri. Kita semua pasti sudah mengetahui dengan sebuha ungkapan ‘’ Tidak ada Kesuksesan yang Bisa Diraih dengan Cara Instan, Semua Butuh Perjuangan dan Kerja Keras untuk Meraihnya’’.

Ya, seseorang yang ingin sukses tentunya tidak bisa hanya berdiam diri atau menunggu orang lain untuk membantu tanpa adanya usaha.

Selain harus bergerak mencapai apa yang diinginkan, terlebih dahulu harus memiliki motivasi yang kuat untuk bisa mencapai tujuan tersebut . Motivasi ini ibarat bahan bakar yang bisa menghasilkan energi untuk bergerak mencapai tujuan.

Maka, bisa Anda bayangkan bukan jika motivasi tidak ada, sangat sulit untuk bisa mencapai kesuksesan tersebut.

Bentuk motivasi itu bermacam-macam, bisa motivasi dari orang lain, keluarga, dan yang terpenting adalah motivasi yang berasal dari diri sendiri.

Andrew Carnegie berkata;

Orang yang tidak mampu memotivasi diri harus puas dengan kondisi mereka yang biasa-biasa saja. Tidak peduli seberapa mengesankan bakat mereka yang lain. 

Baca juga : 100 Kata-Kata Motivasi Inspiratif untuk Karyawan

Karena itulah, jika Anda ingin mencapai sebuah kesuksesan, maka harus memiliki motivasi yang berasal dari sendiri terlebih dahulu. Adapun cara membangkitkan motivasi tersebut bisa Anda simak pemaparannya di bawah ini.

Langkah Cara Memotivasi Diri Sendiri untuk Kesuksesan Masa Depan

1. Milikilah Mimpi yang Besar

Cara Memotivasi Diri Sendiri untuk Kesuksesan

Cara Memotivasi diri sendiri untuk bisa sukses awalilah dengan memiliki sebuah mimpi.

Bermimpilah tanpa harus takut karena tidak ada yang melarang dan juga tidak harus membayar. Jangan malu untuk memiliki walaupun itu terlihat kecil ataupun sebagian orang menganggap hal tersebut adalah hal yang sepele.

Sikap tersebut sangatlah wajar mengingat kemampuan orang berbeda-beda. Namun yan terpenting adalah Anda harus berani mewujudkan mimpi-mimpi tersebut agar bisa meraih kesuksesan sesuai dengan yang diimpikan.

Untuk memiliki mimpi ini Anda bebas membayangkan atau mencita-citakan apa yang ingin diraih. Sebagai contoh, Saat ini Anda bekerja di sebuah perusahaan ternama sebaai karyawan.

Kemudian memiliki mimpi 1-2 tahun kedepan untuk bisa memegang sebuah jabatan di perusahaan tersebut. maka dari itu, Anda harus menjadi karyawan yang harus menjalankan tahapan-tahapan pekerjaan atau aturan yang ada di perusahaan tersebut.

Contoh di atas merupakan salah satu mimpi seorang karyawan yang ingin memiliki jabatan tertentu karena memang mampu untuk menduduki jabatan tersebut. Tentunya, setiap karyawan memiliki mimpi yang berbeda dan harus melakukan tahapan yang berbeda pula.

Jika ada banyak mimpi yang ingin Anda raih, ada baiknya untuk menuliskan mimpi-mimpi tersebut kemudian buat target pencapainnya serta tahapan untuk pencapainnya.

2. Miliki Alasan yang Kuat

Setelah Anda menuliskan mimpi-mimpi yang ingin dicapai, cobalah untuk menanyakan pada diri sendiri alasan terkuat apa yang dimiliki sehingga Anda layak untuk mendapatkan kesuksesan tersebut?

Tentunya dengan memiliki alasan yang kuat ini, Anda akan melakukan hal apapun dengan baik untuk bisa mencapai kesuksesan. Hanya saja, ada sebagian orang yang tidak tahu alasan mendasar untuk bisa memperoleh mimpi tersebut.

Sehingga banyak orang yang gampang menyerah terutama ketika dihadapkan dengan sebuah kegagalan.

Alasan tersebut memang harus dari sendiri jangan sampai ikut-ikutan orang lain. Karena jika begitu dan mengalami kegagalan Anda akan menyalahkan orang lain dan tidak mau melakukan hal tersebut kembali.

Jika didasari dari keinginan sendiri pun bukan berarti tidak ada rasa malas. Namun setidaknya, Anda bisa memotivasi diri sendiri untuk bisa mencapai kesuksesan tersebut.

Alasan yang kuat pun bisa menjadi ‘’bahan bakar’’ untuk bisa terus berada di jalan benar. Anda pun tidak akan tergoyahkan dengan hal apapun.

3. Miliki Target yang Jelas

Setelah Anda memiliki mimpi dan alasan yang kuat agar bisa termotivasi untuk mencapai kesuksesan maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memiliki target yang jelas.

Target ini sangat penting untuk dimiliki mengingat di dunia ini banyak sekali persaingan. Tanpa adanya target kerap kali membuat seseorang berhenti di tengah jalan dan tidak berani untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang telah dibuat.

Karena itu, buatlah sebuah target yang jelas dari setiap mimpi yang telah dibuat. Target tersebut dibuat dari mulai waktu pelaksanaan , tahapan, dan juga akhir yang akan dicapai.

Contoh nyata yang bisa dilakukan adalah, Anda seorang karyawan di perusahaan ternama bagian marketing. Di awal Anda masuk target penjualan yang ingin dicapai adalah 100 produk terjual. Nah, setelah berhasil Anda bisa menaikan kembali target penjualan 500 hingga 1000 produk setiap bulannya.

Setelah berhasil mencapai target kedua, biasanya ingin mencapai target yang lebih tinggi. Hal ini sangat wajar mengingat setiap orang memiliki perasaan tidak pernah puas dengan apa yang dicapai.

Boleh jadi, dengan perencanaan target yang berbeda-beda ini bisa mengantarkan Anda pada suatu jabatan pekerjaan yang diinginkan di perusahaan tersebut.

4. Miliki Tekad dan Keinginan yang Kuat

Cara berikutnya untuk bisa memotivasi diri sendiri demi mendapatkan kesuksesan masa depan adalah dengan memiliki tekad dan keinginan yang kuat.

Karena yang membedakan seseorang dalam mencapai kesuksesannya adalah dari tekad dan keinginan yang tertanam dalam jiwa seseorang.

Misalnya dalam sebuah pertandingan basket, ada sebuah tim kecil yang dianggap sebelah mata namun membuat berita yang ‘’menggemparkan’’ dengan bisa menggalahkan tim besar yang memang sudah diprediksi akan menang.

Boleh jadi pada saat itu, ada kesalahan perencanaan dari tim besar sehingga menyebabkan mereka harus kalah. Sedangkan tim kecil tersebut memiliki motivasi yang tinggi untuk bisa mengalahkan tim besar. Motivasi inilah yang memercikan tekad dan keingian yang kuat pada setiap pemain.

Pelajaran yang bisa diambil dari kisah di atas, bahwasannya ketika ada orang yang meremehkan dan menganggap Anda tidak bisa sukses janganlah berkecil hati atau juga putus asa.

Loading...

Namun, dari anggapan tersebut terciptalah sebuah keinginan dan tekad yang kuat yang bisa memotivasi lebih tinggi untuk mencapai kesuksesan di masa depan.

Dan rasanya, kesuksesan itu memang tidak layak diraih dengan semangat yang biasa-biasa saja melainkan dengan semangat yang luar biasa dari tekad dan keinginan yang dimiliki tersebut.

5. Memberikan Reward dan Punishment pada Diri Sendiri

Cara berikutnya untuk bisa memotivasi diri sendiri agar mencapai kesuksesan adalah dengan memberikan reward dan punishment untuk diri sendiri.

Dengan memberikan kedua hal tersebut bertujuan agar Anda semakin termotivasi dan mudah meraih kesuksesan yang diimpikan.

Contohnya, di bulan ini Anda berhasil memenuhi target bahkan melebihi target yang ingin dicapai. Maka, berikanlah reward untuk diri sendiri dengan cara membeli makanan kesukaan, jalan-jalan ke tempat yang diinginkan, membeli baju atau kebutuhan lainnya, menjalankan hobi yang disukai, dan lain sebagainya.

Reward ini selain untuk memberikan motivasi juga bisa melepas penat dan stress dari rutinitas pekerjaan yang telah dilalui.

Selain reward, Anda pun harus memberikan punishment atau hukuman terhadap diri sendiri ketika tidak mencapai target yang telah ditentukan. Hal ini juga bertujuan untuk memotivasi diri agar bisa mencapai target sesuai yang diharapkan.

Bila Anda melakukan keduanya di saat kondisi yang berbeda, maka telah berlaku adil dan displin untuk diri sendiri. Setelah itu, bersiaplah untuk bisa mencapai kesuksesan yang diimpikan.

6. Tidak Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Anda boleh menjadikan seseorang yang telah sukses sebagai idola atau role model untuk mencapai kesukesan. Tetapi, walaupun begitu Anda tidak boleh membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Semua pasti sudah mengetahui bahwa setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Untuk bisa mencapai kesuksesan dari setiap orang tentu berbeda-beda, ada yang melewatinya dnegan lurus, berbelok, atau harus berdarah-darah.

Karena itu, Jadilah diri sendiri, percayalah pada diri sendiri, serta ekspresikan diri dan kemampuan Anda untuk bisa mencapai kesuksesan tersebut.

Terkadang, ‘’Rumus’’ kesuksesan seseorang itu tidak bisa diterapkan oleh orang lain karena boleh jadi beda kondisi, pengalaman, serta faktor lainnya.

Ada dua kemungkinan yang bisa didapat ketika meniru semua hal dari orang sukses, yaitu Anda menjadi lebih sukses dari orang yang diidolakan tersebut atau gagal mencapai kesuksesan tersebut.

Nah, dari kegagalan tersebut biasanya akan menimbulkan kekecewaan yang teramat dalam sehingga bisa membuat Anda berhenti ditengah jalan untuk mencapai kesuksesan.

7. Move On dari Masa Lalu yang Buruk

Jika Anda sudah mencoba beragam cara, namun belum sukses juga boleh jadi hal tersebut diikarenakan belum move on dari masa lalu buruk yang pernah dialami.

Masa lalu tersebut menimbulkan ‘’trauma’’ yang mendalam sehingga sulit untuk bangkit dan juga melangkah. Bila masih membekas sampai hari ini, boleh jadi ada perasaan masih terbebani yang menimbulkan pikiran-pikiran negatif.

Jika sudah begitu, memang diperlukan ‘’terapi’ atau bimbingan yang bisa menghilangkan masa lalu yang buruk tersebut.

Perlahan—lahan, mau tidak mau, Anda harus berusaha melupakan masa lalu yang buruk tersebut agar bisa meraih kesuksesan yang Anda inginkan.

Mak dari itu, tidak ada kata lain selain melupakan dan juga move on dari kondisi tersebut. Ingat, hidup hanya satu kali sangat disayangkan bila hati dan pikiran terus bergelayut memikirkan sesuatu yang buruk yang berimbas pada kesuksesan masa depan.

8. Bangkit dari Kegagalan

Cara Memotivasi Diri Sendiri untuk Kesuksesan

Jika Anda sudah mencoba ketujuh cara di atas tetapi masih gagal, maka bangkitlah dari kegagalan tersebut dengan berpikir bahwa ‘’Kegagalan bukan akhir dari segalanya’’.

Telah ada contoh nyata di dunia ini seorang tokoh penemu bola lampu, yaitu Thomas Alfa Edison. Ya, seperti yang diketahui bersama, Thomas melakukan percobaan eksperimen hingga 1000 kali sebelum berhasil menemukan bola lampu.

Bayangkan, semasa hiudpnya didedikasikan untuk hal tersebut hingga 1000 kali. Walaupun Ia tidak menikmati hasilnya, tetapi manfaat dari eksperimen tersebut bisa dirasakan oleh seluruh manusia di muka bumi.

Dari contoh inspirasi di atas, maka bisa diambil manfaat bahwasannya kegagalan bukan akhir segalanya tetapi awal dari segalanya.

Bila hari ini, Anda mengalami kegagalan maka jangan cepat menyerah. Temukan dulu kekurangan yang ada dalam diri, kemudian perbaiki dan bangkit dari kegagalan tersebut.

9. Temukan Mentor yang Tepat dan Menginspirasi

Cara berikut ini boleh Anda ikuti boleh tidak. Namun, bila dirunut lebih jauh dibalik orang-orang sukses pasti ada guru atau mentor yang menunjang kesuksesan mereka.

Mentor atau guru tersebut biasanya akan membantu memberikan motivasi pula sehingga Anda pun tergerak untuk melakukan sesuatu berdasarkan ‘’petunjuk’’ dari mereka.

Namun, Anda tidak perlu meniru gaya mereka dengan utuh, cukup mengambil hal-hal yang penting dana Anda perlukan kemudian amati serta modifikasi dalam hidup Anda.

Cara mencari mentor atau guru pun cukup mudah, bisa dari buku biografi, datang langsung ke seminar, workshop dan lain sebagainya.

10. Ceritakan Mimpi Anda pada Orang yang Dipercaya

Menceritakan mimpi pada orang lain ini terkadang perlu dilakukan, karena ibaratnya Anda telah memberikan ‘’janji’’ pada mereka agar mereka bisa melihat kemampuan dan juga kesuksesan Anda.

Hal ini bukan bertujuan untuk menyombongkan diri, tetapi bisa untuk memotivasi diri sehingga ada cambukan untuk bisa memenuhi ‘’janji’’ dalam bentuk kesuksesan tersebut.

Baca juga : 9 Jenis Motivasi Kerja yang Umum Karyawan Miliki

Nah, tentunya bila mimpi tersebut tidak tercapai, Anda akan merasa malu ataupun tidak bisa memenuhi janji tersebut.

Penutup

Nah, itulah dia 10 cara untuk bisa memotivasi diri sendiri guna untuk bisa mencapai kesuksesan di masa depan. Semoga bermanfaat dan bisa Anda terapkan.