10 Tips dan Strategi Membuat Website Perusahaan yang Mudah

Website saat ini sudah menjadi kebutuhan yang penting bagi lembaga, instansi, dan juga perusahaan. Terutama untuk Anda yang bergerak di bidang bisnis, website menjadi sarana yang cukup penting untuk menyebarkan informasi mengenai profil perusahaan tersebut.

Selain profil perusahaan, Anda pun bisa memasukkan sebuah aktivitas perushaan yang memang pantas diperlihatkan sebagai branding dari perusahaan itu sendiri. Oleh karenanya, cara membuat website perusahaan ini patut untuk Anda perhitungkan agar bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Secara umum pengertian website itu sendiri adalah sebuah layanan informasi dalam bentuk digital yang bisa dilihat melalui jaringan internet. Di dalam website tersebut terdapat sebuah artikel, audio, gambar, dan juga video yang menampilkan tentang aktivitas kegiatan perusahaan.

Untuk membuat website sendiri saat ini tidak terlalu sulit, karena terdapat sebuah jasa pembuatan website yang sering disebut dengan web developer.

cara membuat website perusahaan

Jika Anda ingin membuat website perusahaan, tentunya harus ada sebuah konsep perencanaan yang matang. Karena website perusahaan berkaitan dengan sebuah citra dari perusahaan itu sendiri. Tentunya tujuan utama membuat sebuah website perusahaan untuk bisa menarik calon klien atau konsumen Anda.

Maka dari itu, membuat sebuah website perusahaan harus diketahui dan disetujui oleh orang-orang yang memiliki andil besar dalam perusahaan Anda. Jika perusahaan tersebut milik Anda tetap saja harus dibuat secara profesional.

Membuat website sendiri cenderung sulit dan harus dilakukan oleh sang ahli. Namun, bukan berarti Anda harus lepas tangan. Tetap saja harus ada peran Anda dalam pembuatan website perusahaan. Adapun tahapan cara membuat website perusahaan itu sendiri adalah sebagai berikut.

1. Konsep Website dengan Matang

Maksud dari membuat konsep ini adalah merencanakan terlebih dahulu hal-hal paa sajakah yang ingin ditampilkan dalam website. Biasanya dalam profil perusahaan terdapat visi dan misi perusahaan dan juga struktur organisasi dalam perusahaan.

Tentunya Anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada pihak atasan yang berwenang dalam pembuatan ini. Jika perusahaan 100 % milik Anda maka yang harus dimatangkan adalah dari segi pengelolaan dan juga konsep profil yang ingin ditampilkan.

2. Membuat Konten yang Menarik

Setelah merencanakan konsep dengan baik, maka tahap berikutnya adalah memikirkan konten yang akan diisi pada website tersebut. Usahakan konten yang dibuat benar-benar mudah ditemukan di mesin pencarian.

Hal tersebut sangata berguna, agar website Anda selalu menduduki halaman pertama dari mesin pencarian tersebut. karenanya selain menampilakn teks, Anda pun bisa memasukkan gambar atau video yang menarik agar website perusahaan tampil dengan bervariasi dan juga unik.

3. Memilih Desain Website yang Sesuai

Desain wesbite yang ada tentunya memiliki sebuah tema yang menarik dan unik. Namun, unik dan menariknya desain website harus tetap diperhatikan dengan sebuah konten atau jenis website yang Anda buat.

Pentingnya memilih desain yang sesuai dimaksudkan untuk menentukan banyak tidaknya pengunjung yang mengunjungi website perusahaan Anda. Terlebih pemilihan desain pun diperuntukan agar wesbite Anda sangat mudah untuk dicari dalam mesin pencarian.

Jika Anda bingung menentukan desainnya, bisa menggunakan jasa web developer untuk berkonsulitasi mengenai desain website yang pas untuk perusahaan Anda.

4. SEO Friendly

SEO atau Search Engine Optimalizm adalah cara untuk membuat website Anda berada di halaman teratas google. Selain konten dan desain yang sudah pas, ada hal lain yang harus Anda gunakan yaitu SEO Friendly.

Karenanya ketika menuliskan sebuah artikel atau membuat video yang akan ditampilkan di wensite Anda pilihlah keyword atau kata kunci yang pas dan banyak dicari. Keyword tersebut bisa Anda riset terlebih dahulu di mesin pencairan populer google.

Atau bisa pula mencarinya di sebuah website-website ternama yang khsusus menampilkan keyword yang paling populer.

5. Gunakan Logo atau Ikon Perusahaan yang Menarik pada website

Tanpa disadari pemilihan sebuah logo atau ikon dalam sebuah perusahaan adalah sesuatu yang penting. Biasanya yang diinat pertama kali oleh para konsumen selain tagline yang menarik adalah logo yang ditampilkan.

Maka, tak ada salahnya untuk menempatkan logo atau ikon perusahaan Anda dihalaman website. Tentunya untuk meletakkan ikon atau logo ini harus ditempatkan yang pas jangan sampai memnggangu pengunjung ketika membuka website Anda.

Loading...

6. Membuat Sebuah Inovasi pada Konten Website Perusahaan Anda

Pada dasarnya salah satu hal yang membuat pengunjung tertarik mengunjungi website adalah konten yang ditmpilkan sangat menarik. Karena itu jangan terpaku pada satu konten seperti teks saja karena akan membuat website Anda menjadi kaku.

Solusi lainnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan inovasi pada konten website itu sendiri. Contohnya dengan adanya tampilan video yang bisa terhubung langsung dengan youtube.

Selain video, Anda pun bisa menyelipkan audio. Misalnya, perusahaan Anda bergerak dibidang travel umroh dan haji. Maka bisa ditambhakan sebuah audio kalimat talbiyah yang bisa memotivasi pengunjung untuk bisa segera menunaikan ibadah haji atau umroh.

7. Pilih Domain untuk Website Perusahaan Anda

Pemilihan domain untuk website patut untuk diketahui karena bertujuan mempermudah pengunjung untuk berkunjung ke website Anda. Domain juga bisa disebut sebagai alamat website Anda agar orang lain tidak “salah alamat” mengakses informasi dari perusaan Anda.

Domain pun saat ini sudah beragam, dimulai dari.com, .co.id, .edu net, dan lain sebagainya. Biasanya untuk perusahaan bisa menggunakan .com atau pun .co.id yang menunjukkan perusahaan di Indonesia.

Ketika Anda sudah memilih domain yang pas untuk perusahaan Anda, langka berikutnya adalah memilih nama yang pas untuk website Anda.

Nama website yang disematkan pun bisa dari nama perusahaan Anda atau nama lain yang mudah diingat misalnya, beliproduk.com, grosirkerudungmurah.com, dan lain sebagainya.

8. Isi Website Perusahaan dengan Artikel atau Gambar Setiap Harinya

Jika website sudah dibuat sedemikian rupa, jangan lupa untuk mengisi website perusahaan Anda dengan artikel atau gambar setiap harinya.

Artikel yang dibuat pun harus sesuai dengan tema atau konten website Anda. Yang terpentinga harus bebas dari copy paste yang bisa merugikan performa website Anda.

Karenanya, bila Anda tak sempat menulisnya bisa menghire penulis lepas yang bisa setiap saat mengisi website Anda dengan konten-konten yang menarik dan sesuai.

9. Optimalisasi Website

Setelah website Anda dibuat dengan sempurna, maka langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengoptimalisasi website perusahaan Anda.

Hal tersebut penting untuk dilakukan untuk menambah banyak pengunjung dan secara otomatis bisa mendapatkan konsumen. Bila itu terjadi, bisnis Anda pun bisa lancar dan semakin besar.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalisasi website adalah dengan cara menemaptkan CSS dan Java scrip, mengurangi HTML, dan mengkompresi gambar.

Dengan mengoptimalisasi website, para pengunjung akan semakin sering mengakses informasi dari website Anda.

10. Memilih Web Developer yang Terpercaya dan Handal

Jangan ragu dan sungkan untuk menggunakan jasa web developer. Karena, pada dasarnya para web developer tersebut akan meringankan dan memudahkan Anda untuk membuat sebuah website.

Karenanya, pilihlah web developer yang handal dan telah memiliki banyak pengalaman untuk membuat website sebuah perusahaan.

Biasanya pihak web developer akan membantu para kliennya untuk bisa menghasilkan website perusahaan yang sempurna. Tugas Anda adalah mengelola dan menampilakn konten-konten yang menarik.

Penutup

Demikianlah Informasi mengenai 10 tahapan cara membuat website perusahaan. Bagaimana mudah bukan? Semoga bermanfaat dan bisa dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis perusahaan Anda.

Artikel Terkait :

Loading...