7 Tahapan Penting Cara Membuat Website Perusahaan Anda

Seiring kemajuan teknologi internet dan dibarengi dengan cara promosi bisnis, kini website perusahaan menjadi faktor penting kesuksesan bisnis. Fungsi website perusahaan menjadi sangat vital dalam eksistensi dan promosi perusahaan.

Kini internet telah mengubah cara dan metode bisnis perusahaan. Bisa dikatakan jika tidak melibatkan internet dalam bisnis maka bisnis tersebut  masuk dalam kategori bisnis konvensional.

Nah, fungsi website perusahaan diantaranya untuk memperkuat branding,  berfungsi sebagai media promosi produk atau jasa yang dijual serta sangat berguna dalam berinteraksi dengan klien dan menjaring klien baru.

Bukan hanya perusahaan besar yang memiliki website, kini para pelaku usaha-usaha kecil juga bisa membuat website mereka sendiri. Karena kini membuat website sudah sangat mudah dan gampang.

Lalu bagaimana cara membuat  website perusahaan tersebut ? setidaknya ada 7 poin berikut yang harus anda perhatikan.

1. Pilih (CMS) Content Management System terbaik dan mudah dalam penggunaan

Content management system (CMS) adalah sejenis perangkat lunak berfungsi menambahkan atau mengubah konten suatu website. CMS sangat membantu mereka yang tidak memahami (Bahasa pemrograman HTML) Hyper Text  Markup Language.

CMS berfungsi sebagai alat untuk menambahkan/ mengubah konten atau tampilan website. Ada kurang lebih 5 CMS paling populer dan mudah digunakan, diantaranya;

WordPress

Blogspot

Wix

Joomla

Drupal

Sebenarnya masih banyak jenis-jenis CMS lain seperti wordpress hosted

Movable type, Gawker, Blogsmith, typepad, scoop, tumblr, diderot dan lainnya.

Jika anda sedang membuat website perusahan, saya sarankan untuk menggunakan CMS wordpress self hosted.

Kenapa wordpress ?

karena memiliki banyak sekali kelebihan, berikut beberapa kelebihan wordpress ;

Pilihan themes/ template berfariasi

Fasilitas Plugins

Struktur permalink yang ‘bersahabat’ dengan mesin pencari

Support Widget

Kode HTML dapat diubah

Link management terintegrasi

Dapat membuat page dengan mudah

WordPress dilengkapi anti spam

Tagging

Multiple Authors

Dapat memblok visitor dari IP tertentu

Kita dapat melihat pengunjung situs

Sangat Mudah Dalam Penggunaannya

Jika masih ragu dengan wordpress untuk website perusahaan anda dan ingin menggunakan CMS lain, saya merekomendasikan CMS seperti jomla dan drupal.

Anda bisa melihat grafik penggunaan CMS yang ada di dunia berikut

Cara Membuat Website Perusahaan

WordPress sudah terbukti kualitasnya, banyak perusahaan besar meggunakan CMS wordpress, di antaranya ;

Sony Music,

TechCrunch,

Xerox, dan BBC Amerika.

Perusahaan tersebut membangun website mereka dengan Content Management System wordpress. Ada dua jenis wordpress

  1. WordPress – hosted (wordpress.com)
  2. WordPress-self hosted (wordpress.org)

Pilihlah wordpress.org yang berbayar agar website Anda terlihat profesional.

2. Tentukan Nama Domain untuk Website Perusahaan

Misalnya nike.com,

Nike adalah nama brand anda, sementara com adalah ekstensi domain Anda.  Untuk ekstensi bisa bermacam-macam, biasanya perusahaan yang berada di Indonesia  akan memilih ekstensi seperti .com, .co.id, dan .id.

Nama domain biasanya menggunakan nama perusahaan, misalnya perusahaan adidas akan menggunakan nama domain adidas, pun juga jika Anda ingin membuat website perusahaan, alangkah baiknya menggunakan nama perusahaan/brand Anda.

Contohnya, Nama perusahaan Anda adalah PT Prima Sejati dan dan ingin menggunakan ekstensi .id. Anda bisa menggunakan nama primasejati.id.

3. Pilih Hosting Berkualitas

Hosting berfungsi sebagai tempat menampung dan menyimpan data-data website sehingga bisa diakses oleh user. Pilih penyedia hosting dengan server yang baik. Server adalah bentuk fisik dari hosting, berupa sistem komputer dengan RAM dan hardisk penyimpanan.

pembuatan website perusahan

Jika perusahaan anda sudah besar, Anda bisa saja membeli server sendiri dan mengelola server tersebut secara mandiri. Namun, hal ini memerlukan anggaran yang tidak murah dan pengelolaan yang tidak mudah. Anda harus siap membentuk tim tersendiri untuk mengelola server tersebut.

Bagi perusahaan kecil dan medioker, Anda bisa menyewa server pada perusahaan yang fokus pada hal ini. Anda bisa menyewa hosting dalam negeri atau luar negeri.  Harga akan lebih terjangkau dan tidak merepotkan, sehingga anda bisa fokus mengembangkan perusahaan anda.

Jika Anda perusahan yang berasal dari Indonesia, saya merekomendasikan untuk memilih penyedia hosting dalam negeri yang berkualitas namun terjangkau.

Anda bisa memilih penyedia Niagahoster.

Niagahoster kini adalah salah satu penyedia hosting terbaik di Indonesia. Mereka menawarkan beberapa paket hosting, domain gratis, (SLL gratis) dan diskon hingga 40%.

Niagahoster meyediakan bandwith unlimited, uptime lebih dari 99%, dan garansi uang kembali dalam 30 hari tanpa syarat.

Jangan khawatir, niagahoster meyediakan paket hemat namun bukan murahan. Saya primbadi sudah hampir 2 tahun lebih menggunakan layanan niagahoster dan saya puas dengan mereka.

4. Set Up / Setting Website Perusahaan Anda

Setelah anda menentukan CMS, sudah memilih domain dan sudah menyewa hosting, kini anda tinggal set up website Anda.

Anda bisa memulai dengan menginstal CMS wordpress dalam hosting. Bagi Anda yang tidak mau repot, anda bisa memanfaatkan layanan dalam hosting yang anda sewa. Biasanya sudah tersedia aplikasi instal wordpress instan.

Jika Anda memilih hosting di Niagahoster, Anda bisa mendapatkan panduan set up website dan akan  memandu Anda tahap demi tahap.

5. Mendesain Website Anda

Jika anda sudah instal wordpress, kinia website anda sudah bisa di akses, namun masih dalam tampilan bawaan. Sehingga butuh didesain sesuai keinginan Anda.

Langkah sederhana dalam mendesain tampilan website berbasis wordpress ;

  1. Login ke dasboar wordpress website anda dengan username dan password yang Anda buat di langkah ke-4
  2. Pilih menu Appearance/ Tampilan
  3. Pilih Themes (Anda bisa memilih desain theme gratis yang tersedia)
  4. Klik tombol Add New
  5. Pilih theme yang menurut Anda cocok

6. Buat Menu Navigasi dan Halaman Informasi Perusahaan

Info perusahan dalam website perusahaan sangat penting fungsinya, biasanya berupa halaman about, halaman kontak, halaman profil perusahaan, serta halaman lain yang kiranya diperlukan dalam perusahaan Anda.

Jika Anda sudah memiliki profil perusahaan, atau alamat perusahaan, tinggal anda copy dan upload di website yang baru anda buat.

Nah, halaman yang penting ini bisa Anda buat menu dibagian menu navigasi website. Sehingga pembaca akan mudah mencari informasi yang dibutuhkan dalam website perusahaan anda.

Halaman navigasi website selain memudahkan pengunjung website, juga bisa memberikan  kesan profesional pada website perusahaan Anda.

7. Buat Artikel Tentang Produk Atau Jasa yang Anda Tawarkan

Setelah proses set up dan setting website sudah selesai, masuk pada pembuatan konten website. Konten di sini bisa berupa artikel, gambar atau vidio.

Tentu konten yang ada di dalam website disesuaikan dengan jenis bisnis dalam perusahaan Anda. Misalnya konten berupa artikel ulasan produk unggulan perusahaan Anda atau artikel panduan pembelian produk.

Fungsi konten seperti artikel, gambar atau vidio akan membantu klien dan berguna juga sebagai promosi di mesin pencari Google.

Misalnya, perusahaan Anda bergerak pada jasa konsultan pemasaran perusahaan.  Anda bisa menulis artikel tentang ;

pengertian dasar pemasaran

jenis-jenis pemasaran

manfaat pemasaran

tren pemasaran

cara memaksimalkan pemasaran media sosial untuk meningkatkan pendapatan

Contoh lainya, misalnya perusahaan Anda bergerak dalam konsultasi keuangan, Anda bisa menuliskan;

Tips mengelola keuangan

Bagaimana menambah modal usaha

Bagaimana mengatur gaji karyawan

Penutup

Demikian 7 Tahapan Penting Cara Membuat Website Perusahaan Anda. Semoga dapat membantu  Anda dan perusahaan yang berencana membuat website perusahaan menggunakan jasa pembuatan website. Namun jika anda atau perusahaan anda tidak mau ribed, anda bisa menggunakan jasa pembuatan website, saya rekomendasikan di sini.

Terkait :

    None Found

Loading...