8 Cara Elegan Menjalani Profesi yang Tidak Disukai

Bekerja merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan oleh semua orang agar bisa bertahan hidup. Karena itu banyak orang yang ingin berprofesi sesuai dengan keahlian maupun harapannya.

Namun, pada kenyataannya tidak semua orang mendapatkan pekerjaan yang mereka sukai. Hal tersebut terjadi karena faktor lingkungan, latar belakang pendidikan, ataupun keadaan hidup yang semakin mendesak sehingga harus menempuh pekerjaan tidak disukai.

Akibatnya banyak pekerja yang tidak menjadi produktif dan juga bersemangat dalam menghadapi pekerjaan. Jika hal tersebut terus terjadi tentu saja akan merugikan orang lain maupun diri sendiri.

Tetapi pada dasarnya tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Sehingga ada solusi yang efektif untuk menjalani pekerjaan yang tidak disukai.

Baca juga : 10 Tips memilih pekerjaan yang sesuai

Seperti pada pembahasan berikut ini akan diulas mengenai 8 Cara Efektif Menjalani Pekerjaan yang Tidak Anda Sukai. Mau tahu seperti apakah cara megatasinya? Yuk, simak bersama pembahasannya di bawah ini!

1. Bersyukur atas pekerjaan yang didapatkan

profesi yang tidak disukai
Ilustrasi pekerjaan yang idak disukai

Cara efektif pertama untuk menjalani pekerjaan tidak disukai adalah dengan bersyukur. Bersyukur adalah sikap berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia yang diberikanNya.

Tuhan masih memberikan kesempatan kepada Anda untuk bekerja serta mencari uang yang halal untuk keluarga Anda.

Seperti diketahui bersama, di Indonesia ini angka pengangguran masih cukup tinggi. Karena itu tak ada alasan untuk membenci pekerjaan yang telah Anda dapatkan.

Justru dengan bersyukur menerima setiap ketentuan Tuhan Yang Maha Esa hidup akan semakin ringan dan mudah untuk dijalankan.

Cara bersyukur pun bisa dilakukan dengan mengerjakan ibadah sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing. Oleh karena itu, jangan lupa bersyukur setiap waktu!

2. Mengambil sisi positif dari pekerjaan yang dijalani

Di Indonesia ini banyak orang yang mengambil pekerjaan yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

Tetapi dari hal tersebut banyak pula yang kemudian hari sukses menjadi ahli bidang tertentu yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

Mengapa demikian? Karena bisa jadi orang tersebut telah menemukan passionnya di bidang tersebut dengan terus menerus berjuang tanpa kenal lelah.

Nah, jika Anda pernah mendengar kasus serupa ambilah pelajaran dari kejadian tersebut kemudian terapkan dalam kehidupan Anda.

Bisa jadi pekerjaan tidak disukai tersebut adalah jalan Anda untuk menuju sukses. Karena itu selalu ambil sisi posistif dari setiap pekerjaan yang Anda sukai.

Anggap saja pekerjaan yang sedang Anda jalani adalah sebuah tantangan baru yang harus ditaklukan untuk kemudian berguna dan bermanfaat dikemudian hari.

Mengambil tindakan positif ini memang tidak mudah namun bisa untuk dilatih. Karenanya tetap mencari lingkungan atau pertemanan yang memang positif.

3. Mengingat kembali tujuan dan alasan anda bekerja

Tidak dipungkiri bahwa setiap orang pernah berhadapan dengan fase jenuh dan lelah ketika bekerja. Jika Anda sedang mengelamainya sebaiknya perlu untuk menenangkan diri sejenak dan merenungi apa yang terjadi saat ini.

Jangan sampai ego ini terlalu mendominasi sehingga banyak hal yang dikorbankan. Agar mudah untuk mengatasinya pikirkanlah tujuan dan alasan Anda mau bekerja di tempat tersebut.

Pastinya ketika seseorang melamar kerja memiliki tujuan dan alasan tersendiri. Entah itu karena gaji yang besar, lingkungan kondusif, ingin membayar hutang, menyekolahkan anak, dan lain sebagainya.

Agar Anda selalu semangat dalam bekerja, sebelum pergi ke kantor sebaiknya meminta izin atau meminta mereka untuk mendoakan Anda agar diberikan kelancaran ketika bekerja.

Pikirkanlah tujuan dan alasan tersebut dalam-dalam dan biarkan menguasai pikiran Anda sehingga Anda terhindar dari malasnya mengerjakan pekerjaan tidak disukai.

4. Berpikir positif dan terbuka

Cara selanjutnya adalah berpikir positif dan terbuka. Maksudnya jangan sampai pekerjaan tidak disukai tersebut menguasai pikiran Anda sehingga tertutup untuk hal-hal yang positif.

Walaupun Anda tidak menyukai sebuah pekerjaan, berusahalah untuk menjauh dari hal yang negatif.

Karena bisa jadi ketika Anda bersikap terbuka dan positif akan menemukan ilmu baru yang belum Anda pelajari sebelumnya.

Dengan berpikiran positif dan terbuka ini akan membantu Anda dari sifat malas, tak bersemangat dan sifat negatif lainnya yang mudah hinggap pada diri Anda.

Jika sudah bisa dilatih lambat laun Anda pun bisa bekerja tanpa landasan suka atau tidak suka, melainkan karena pekerjaan adalah kewajiban yang harus ditunaikan dengan profesional.

5. Memperdalam pekerjaan yang anda lakukan

Profesi tidak disukai

Salah satu faktor pekerjaan tidak disukai tersebut dikarenakan kurangnya memperdalam ilmu dari pekerjaan yang digeluti tersebut.

Jika faktor ini yang Anda rasalam, maka solusinya adalah mempelajari dan memperdalam kembali pekerjaan yang Anda lakukan.

Contohnya bila Anda berlatar pendidikan seorang akuntan, namun kenyataanya Anda pun harus menjadi seorang customer service maka mau tidak mau harus mempelajari dan memperdalam ilmu-ilmu yang berkaitan dengan bidang tersebut.

Misalnya Anda bisa membaca buku, rajin mengikuti training yang difasilitasi perusahaan, ataupun bertanya pada senior Anda di kantor tentang apa saja yang harus dipelajari dan dilakukan oleh seorang customer service.

Memperdalam ilmu pekerjaan yang Anda tidak sukai pun bisa dilakukan lewat browsing di internet.

Karena itu tak ada alasan untuk berkata “Tidak Bisa” atau “Tidak Suka” karena semua media dan fasilitas telah mendukung Anda untuk berubah ke arah yang lebih baik dan memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengerjakan perkerjaan yang terbaik.

Latar belakang pendidikan  dan pekerjaan yang sangat jauh berbeda bukan menjadi alasan atau penghalang lagi untuk terus berkembang.

Justru jika Anda sungguh-sungguh dan rutin untuk dilakukan Anda akan menjadi orang yang ahli dibidangnya.

Ketika Anda sudah mempelajari dan mengetahui ilmu tersebut, maka sedikit demi sedikit Anda pun akan menyukai pekerjaan tersebut.

6. Carilah teman kantor yang sejalan dengan anda

Salah satu faktor seseorang tidak menyukai pekerjaannya adalah karena tidak memiliki teman yang sejalan atau nyambung ketika berinteraksi.

Percaya atau tidak fenomena ini banyak ditemukan di tempat kerja. Sehingga walaupun pekerjaannya disukai namun lingkungannya tidak kondusif maka akan berpengaruh juga terhadap pekerjaan yang dikerjakan.

Oleh karena itu, mencari teman yang sejalan dan nyambung untuk berinterkasi adalah sebuah hal yang penting untuk menunjang karier Anda.

Bisa dibilang manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup sendiri. Carilah teman kantor entah itu satu divisi atau berbeda divisi yang memang membuat Anda nyaman.

Biasannya seseorang menjadi sejalan dan nyambung karena faktor hobi atau selera yang disukai itu sama.

Jika Anda sudah menemukan, sesekali ketika rehat kantor atau disela-sela pekerjaan Anda bisa mengajak mengobrol sejenak.

Dengan cara tersebut dapat pula membantu Anda untuk keluar dari zona pekerjaan tidak disukai.

Mereka akan menjadi penolong Anda dalam kejenuhan pekerjaan yang melanda serta akan selalu menjadi penyemangat ketika Anda berangkat kerja ke kantor.

7. Buat nyaman ruang kerja kantor anda

Ketika Anda bekerja tentunya memerlukan ruangan kantor yang kondusif untuk bisa berkonsentrasi dalam bekerja.

Bisa jadi pekerjaan tidak disukai tersebut dipengaruhi oleh ruang kerja kantor Anda yang tidak kondusif.

Sudah menjadi ketentuan umum, bahwasannya ruang kerja yang dirancang mengikuti standarisasi perusahaan yang tidak bisa diubah. Kecuali jika Anda adalah orang berpengaruh di kantor tersebut.

Namun, siapapun Anda tidak menjadi penghalang untuk membuat ruang kerja atau meja kantor menjadi nyaman.

Anda bisa mengubah tatanan letak komputer dan barang-barang lainnya yang ada di meja Anda. Ataupun jika Anda berada dalam sebuah ruangan bisa bekerjasama dengan team Anda untuk mengubah tatanan ruang kerja menjadi sangat kondusif.

Untuk mengubah ruangan tersebut bisa pula mengganti suasana cat dinding kantor dengan warna yang lebih menarik. Tetapi untuk hal ini memang harus ada izin dari pihak perusahaan serta team divisi Anda.

Jika hal tersebut tidak memungkinkan, bisa pula dengan cara sederhana yaitu memasang foto-foto orang yang Anda sayangi. Entah itu keluarga, sahabat, atau teman spesial untuk Anda.

Ketika mereka “hadir” di meja Anda secara tidak langsung akan memberikan sebuah energi positif untuk bisa menunjang aktifitas kerja Anda menjadi lebih baik lagi.

8. Cari aktivitas bermanfaat di luar kantor

Jika cara-cara di atas sudah Anda lakukan dan belum berhasil maka Anda harus menggunakan cara berikut ini, yaitu mencari aktivitas bermanfaat di luar kantor.

Cara tersebut bisa membantu Anda untuk mengatasi pekerjaan tidak disukai. Untuk melakukan aktivitas di luar kantor pun sebaiknya yang memang Anda sukai sesuai dengan hobi ataupun minat Anda.

Jika Anda menyukai traveling masuklah pada komunitas tersebut agar bisa menambah teman baru di luar kantor.

Ataupun untuk Anda yang senang dengan olaharaga carilah komunitas penyuka olaharga yang Anda senangi.

Dengan aktivitas yang Anda lakukan di luar kantor tersebut secara tidak langsung bisa membuat Anda terhindar dari stres ataupun sifat malas dari pekerjaan yang tidak disukai tersebut.

Aktivitas diluar kantor tersebut akan sangat berguna dan bermanfaat ketika Anda mengabil cuti panjang.

Anda bisa menghabiskan waktu yang banyak untuk menikmati ativitas bermanfaat di luar kantor tersebut.

Percayalah dengan begitu, Anda akan memiliki enegri baru dan ketika kembali bekerja Anda akan semangat menegerjakan pekerjaan walaupun Anda tidak menyukainya.

Baca juga : 10 Cara orang sukses menghabiskan waktu akhir pekan

Penutup

Ketika Anda memilih untuk bekerja sebenarnya Anda sedang tidak memikirkan diri sendiri. Akan ada orang disekeliling Anda yang membutuhkan uluran tangan Anda untuk dibantu.

Mereka adalah orang-orang terdekat Anda yang menaruh harapan, bahwa Anda adalah orang yang dapat diandalkan.

Karenanya, ketika rasa malas dan jenuh menghampiri pikirkan juga bagaiamana nasib orang-orang yang Anda cintai nanti.

Mencari pekerjaan yang nyaman dan sesuai dengan keinginan Anda memang adalah sebuah hak. Namun, Tuhan selalu memiliki rencana lain yang tidak diketahui.

Bisa jadi Anda meyenangi sesuatu tapi tidak baik untuk Anda. Dan bisa jadi Anda membenci sesuatu padahal itu baik untuk Anda.

Jika hari ini Anda sedang tidak menyukai sebuah pekerjaan, bisa lakukan 8 cara diatas yang telah dipaparkan. Tetaplah menjadi seseorang yang bertanggung jawab terhadap apa yang telah dipilih.

Tentunya tanggung jawab saja tidak cukup, Anda harus bisa menyelesaikannya sampai tuntas dengan menunjukkan sifat profesioanl yang Anda miliki.

Memperakttekan memang tak semudah yang duicap ataupun yang ditulis. Namun ketika Anda sudah berhasil “mengalahkan” diri sendiri untuk bersikap mau menerima dan berusaha melakukan yang terbaik.

Maka, akan selalu ada jalan yang mempermudah pekerjaan Anda.Tak ada lagi kamus dalam kehidupan Anda untuk mengerjakan pekerjaan tidak disukai. Selamat mencoba!

Terkait :

Loading...