13 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris untuk Karyawan Super Sibuk!

Perusahaan-perusahan multi nasional ataupun perusahan asing memerlukan karyawan yang mampu berbahasa internasional, salah satunya bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional.

Sebagai seorang karyawan, tentu Anda perlu memiliki keterampilan berbahasa Inggris dengan baik. Banyak manfaat yang bisa Anda peroleh, salah satunya Anda memiliki daya saing di tempat kerja.

Perusahan dengan karyawan yang memiliki kemampuan bahasa Inggris  akan lebih mudah berkembang. Sehingga seorang karyawan yang menguasai bahasa Inggris adalah aset berharga bagi perusahaan.

Dengan kesibukan karyawan yang padat, karyawan tetap harus mengupgrade kemampuan bahasa Inggris mereka sehingga mampu bersaing.

Ada berbagai cara untuk bisa belajar bahasa inggris, salah satunya adalah dengan belajar secara otodidak. Belajar otodidak ini pun ragam caranya yang pasti bisa dilakukan disela-sela kesibukan Anda.

Belajar bahasa inggris secara otodidak adalah cara yang tepat karena memiliki waktu yang fleksibel. Belajar pun bisa dilakukan ketika Anda mendapati waktu luang.

Baca juga :

Lalu bagaimana cara belajar bahasa Inggris secara otodidak untuk karyawan ditengah tugas kantor yang menumpuk? Berikut ulasannya dalam pembahasan 13 cara belajar bahasa Inggris untuk karyawan yang sibuk;

1. Bermain Game Berbahasa Inggris

Dari usia anak-anak sampai dewasa pastinya pernah atau hobi dalam bermain game. Game yang ada di dunia ini sedikit demi sedikit mengalami perubahan yang cukup signifikan.

 

 

wawancara kerja bahasa inggris

Dimana para pelaku game telah membuat game yang sesuai dengan genre, usia, dan juga hobi.

Tentunya tak ketinggalan dengan membuat game untuk Anda yang ingin belajar bahasa Inggris. Pihak developer pun telah membuat game yang menarik seperti Games Zone, Marks English School, dan juga Road to Grammar.

Games yang dibuat tentunya dibuat dengan sederhana dan juga mudah dipahami. Setiap orang yang bermain tak akan merasakan kesulitan karena dibuat dengan menarik.

Tentunya, pihak developer berharap siapapun yang bermain game ini bisa merasakan manfaat serunya belajar bahasa Inggris.

2. Belajar Bahasa Inggris dari Sebuah Komunitas

Cara yang kedua untuk bisa belajar bahasa Inggris adalah dengan bergabung dengan sebuah komunitas. Tentunya komunitas yang dituju ada komunitas yang anggotanya sama-sama ingin belajar bahasa Inggris.

Dengan kesibukan Anda sebagai karyawan, anda bisa meluangkan waktu dengan bergabung dikomunitas belajar bahasa inggris. Usahakan bergabung dikomunitas belajar bahasa inggris yang fleksibel dan tidak mengikat waktu.

Jika tidak memungkinkan untuk masuk dalam komunitas offline karena waktu yang terbatas, bisa pula dengan mengikuti komunitas online.

Biasanya komunitas online ini akan gencar memberikan materi lewat sebuah grup di sosial media. Waktunya pun fleksibel dan keuntungannya materi yang sebelumnya dibahas masih bisa Anda ketahui karena biasanya pihak penyelenggara membuat sebuah resume yang bisa dipelajari kapanpun dan dimanapun.

Jika Anda sudah tergabung dalam komunitas, maka yang harus dilakukan adalah aktiflah dalam komunitas tersebut. Terlebih dulu bisa memperkenalkan diri dengan baik, sehingga anggota komunitas lain akan respek kepada Anda.

Selain menambah ilmu anda pun akan berkenalan dengan teman-teman  dari seluruh penjuru dunia.

Lebih baik ketika memilih komunitas, carilah komunitas bahasa Inggris yang ada native speakernya. Sehingga Anda bisa belajar bahasa Inggris dari penutur asli.

3. Belajar Bahasa Inggris dari Website Online

Cara berikutnya untuk bisa belajar bahasa Inggris ditengah kesibukan adalah dengan belajar lewat situs online.

Dengan cara berikut ini tentunya bisa Anda akses kapanpun dan dimanapun. Hanya saja, agar cepat mahir mempelajari bahasa Inggris ini Anda harus memiliki waktu khusus dalam sepekan untuk mempelajarinya.

Adapun situs website online yang bisa memfasilitasi Anda dalam belajar bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

  • Using english
  • Super teacherworksheets
  • Learn english
  • English Daily
  • English Grammar

4. Mendengarkan Musik Berbahasa Inggris

Cara lain untuk bisa belajar bahasa Inggris ditengah kesibukan adalah dengan mendengarkan musik berbahasa Inggris.

Tentunya bisa dimulai dari penyanyi atau musik kesukaan Anda. Dan lebih baik musik bahasa Inggris yang diputar adalah yang memiliki tempo lambat atau bisa pula dengan mendengarkan lagu-lagu genre pop bahasa Inggris.

Manfaat mendengarkan lagu-lagu bahasa Inggris sangat efektif untuk melatih pendengaran agar terbiasa dengan kosa kata bahasa Inggris.

Menurut seorang polyglot (Benny Lewis) bahwa manfaat mendengarkan lagu berbahasa inggris salah satunya memperbanyak kosakata dan kemampuan mendengarkan.

Tak hanya mendengarkan Anda pun bisa  mencoba untuk bernyanyi dalam bahasa Inggris. Karena dengan cara tersebut bisa pula melatih kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris.

Untuk mendengarkan lagu bahasa Inggris ini bisa dilakukan ketika berada di perjalanan menuju kantor, waktu istirahat, atau bisa pula ketika Anda sedang bekerja asalkan tidak menganggu pekerjaan dan sekeliling Anda pun tidak terganggu.

5. Membaca Buku Bahasa Inggris Anak

Cara selanjutnya adalah dengan membeli atau datang ke perpusatakaan dengan membca buku bahasa Inggris untuk Anak. Sekilas memang cara ini tampak unik dan juga risih apabila Anda belum memiliki anak.

Namun, tak perlu diambil pusing karena dengan cara berikut ini sedikit demi sedikit akan membantu Anda untuk belajar bahasa Inggris.

Memilih buku bahasa Inggris Anak adalah sesuatu yang tepat karena kalimat yang digunakannya angat simple serta bisa dimengerti oleh siapapun.

6. Biasakan untuk Menulis Catatan dengan Menggunakan Bahasa Inggris

Selain kemampuan listening atau mendengarkan, tahapan belajar bahasa Inggris yang patut Anda ketahui adalah menulis atau writing.

Untuk memulai tahapan ini cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan menulis catatan pekerjaan atau harian dengan menggunakan bahasa Inggris.

Contohnya saja, saat rapat atau saat seminar pelatihan kantor jika anda terbiasa mencatat, mulai sekarang cobalah untuk meyisipkan kata-kata bahasa inggris dalam setiap catatan pribadi yang Anda buat.

Loading...

Untuk menuliskannya, Anda tidak perlu memperhatikan ejaan atau spelling, cukup gunakan kosakata dalam bahasa Inggris dalam setiap catatan Anda.

Spelling dan ejaan bisa Anda cek dan perbaiki saat anda memiliki waktu luang misalnya, ketika jam istirahat kantor atau ketika Anda libur bekerja.

Bila dilakukan dengan konsisten, maka sedikit demi sedikit dapat membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan menulis berbahasa Inggris.

7. Belajar Bahasa Inggris Lewat Youtube

Youtube saat ini dikenal sebagai salah satu media yang bisa memberikan informasi apapaun dalam bentuk gambar bergerak atau video. Nah, di dalam youtube ini terdapat channel-channel menarik yang bisa Anda manfaatkan untuk belajar bahasa Inggris.

Rata-rata pengguna youtube saat ini mengenal youtube untuk menonton trailer film, video klip lagu, dan lainnya. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi ada pula yang memanfaatkan youtube untuk belajar bahasa Inggris.

Tentunya untuk menemukan channel yang pas dan sesuai dengan keinginan Anda harus mencantumkan kata kunci pada kolom pencarian. Contohnya seperti, “kursus bahasa Inggris”. Maka akan keluar beberapa channel yang terkait dengan kolom pencarian.

8. Belajar Berbicara Inggris Bersama Rekan Kerja Anda

Jika Anda ingin mahir dalam berbahasa Inggris, maka cara “cepat” yang bisa Anda tempuh adalah dengan melakukan percakapan bahasa Inggris bersama rekan kerja Anda.

Di awal pastinya akan merasa canggung dan malu. Namun, hilangkanlah perasaan tersebut karena sejatinya seorang pembelajar adalah mau berbuat apapun selama dalam koridor yang benar.

Langsung praktek dalam percakapan ini adalah sebuah metode terbaik mengasah kemampuan bahasa Inggris Anda. Jadi, muallah dari hal terkecil ataupun cukup engan beberapa kosa kata dalam satu hari.

Praktek ini bisa Anda terapkan bersama rekan kerja, sahabata, atau anggota keluarga Anda. Yang lebih ektream adalah bisa pula Anda gunakan percakapan ini ketika ada kesempatan untuk presentasi.

Bagaimana Anda berani melakukannnya?

9. Belajar Bahasa Inggris dengan Menonton Film Berbahasa Inggris

Selain mendengarkan musik, aktivitas lain yang bisa Anda lakukan untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan menonton fim berbahasa inggris.

Dengan menonton film, selain karena hobi juga bisa mendapatkan manfaat dari film yang ditonton. Goalnya sendiri ama dengan belajar bahasa Inggris menggunakan cara lain yaitu menambah kosa kata bahasa Inggris.

Salah satu penyebab tak percaya dirinya berbahasa inggris karena memang tak memiliki kosa kata yang banyak sehingga sulit untuk menggunakannya.

Film yang Anda nonton bisa dimulai dari film favorit ataupun film anak-anak berbahasa Inggris. Sebaiknya, dilatih pula untuk menonton film berbahasa Inggris tanpa teks lokal.

10. Belajar Menggunakan Bahasa Inggris Ketika Presentasi

Jika dalam percakapan sehari-hari, Anda dapat menggunakan bahasa non formal lain halnya ketika sedang presentasi Anda bisa melatih kemampuan berbahasa Inggris secara formal di depan rekan kerja atau mitra Anda.

Tentunya, ini akan menjadi tantangan yang baru untuk Anda untuk belajar bahasa Inggris karena secara tidak langsung melatih Anda untuk berkomunikasi secara formal.

Untuk memulai hal ini tidak harus full presentasi menggunakan bahasa Inggris, Anda bisa memanfatkan sesi pembukaan, atau sesi tanya jawab. Dengan menggunakan contoh kata berikut ini:  “Do you have any question?”, “Good Morning”, “Do you understand”, dan lain sebagainya.

Menggunakan bahasa Inggris dalam presentasi ini selain melatih keberanian juga bisa meningkatkan performa Anda untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

 

11. Membuat Blog dengan Menggunakan Konten Bahasa Inggris

Jika Anda hobi dalam menulis atau ada ketertarikan dalam hal tulis menulis cobalah untuk memulai belajar bahasa Inggris dengan menulis di blog. Tentunya di blog tersebut, Anda harus membuat konten berbahasa Inggris.

Tak perlu yang rumit, bisa dimulai dari menceritakan tentang berbagi resep masakan tradisional yang dibuat dengan tulisan berbahasa Inggris.

Ataupun bisa memulainya dengan mencertikan kegiatan Anda sehari-hari dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali.

Ingat! Tak perlu khawatir tentang grammar dan sebagainya, tulislah kosa kata yang Anda ketahui dan belajar dari sebuah kesalahan.

12. Berperan Aktif dalam Program English Day

Biasanya dalam sebuah daerah tertentu telah diberikan sebuah kebijakan dari pemerintah kepada warganya untuk menggunakan bahasa Inggris. Contohnay saja di kota Bandung, setiap hari kamis telah diberlakukan oleh pemerintah kota tentang penggunaan wajib berbahasa Inggris.

Biasanya program tersebut hanya efektif dilakukan di sebuah instansi, perusahaan, dan juga sekolah.

Nah, moment tersebut bisa Anda adopsi untuk diterapkan di dalam perusahaan. Lebih bagus bila pimpinan Anda sudah peka tentang program pemerintah tersebut maka Anda hanya tingal turut aktif menyukseskan program tersebut.

Namun bila belum ada, Anda bisa menjadi seorang pionir yang mengusulkan pada pimpinan untuk menerapkan program berbahasa Inggris satu hari dalam sepekan.

Tentunya, program ini bisa menajdi sarana Anda untuk belajar bahasa Inggris secara konsisten.

13. Belajar Bahasa Inggris dengan Menggunakan Bahasa Gaul atau Slang

Seperti halnya bahasa Indonesia, tentunya masyarakat umum lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia yang non formal atau biasa disebut dengan bahasa gaul.

Nah, hal ini juga bisa Anda terapkan ketika belajar bahasa Inggris bisa menggunakan bahasa slang atau bahasa gaul dengan tujuan agar tidak kaku dan percaya diri untuk digunakan.

Adapun contoh-contoh bahasa slang yang bisa Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  • Let’s go home yang biasanya ditulis formal i’m going to home
  • David’s behavior was extra when he refused to accept Anna’s apology. (yang menggambarkan seseorang berusaha dengan keras untuk melakaukan sesuatu. Hal tersebut mengacu pada penggunaan kata “extra”.)

Penutup

Jangan pernah menyerah karena usaha akan sebanding dengan hasil. Begitupun keterampilan bahasa Inggris. Anda harus melakukan usaha yang sebanding dengan keinginan Anda menguasai keterampilan bahasa Inggris.

Luangkanlah waktu, sesibuk apapun Anda sebagai karyawan. Cukup luangkan beberapa menit untuk sekedar bercakap, menulis, membaca atau mendengarkan materi bahasa Inggris.

Terus tekuni sampai anda mahir. Dengan kesabaran dan konsistensi belajar, lambat laun anda pasti akan menguasai bahasa Inggris dengan baik.

Artikel Terkait :