Aplikasi Simpel yang Bikin Ngantor Makin Hepi!

Kerja kantoran memang ga selalu ngebosenin. Ada kalanya emang, kerjaan berasa numpuk dan ga pernah kelar, tapi bohong juga kan kalo bilang ga pernah ada hal nyenengin selama kerja di kantor? Kegiatan gathering, acara di luar, dinas keluar kota (yang pastinya disempetin liburan, hehehe) sama berbagai hal lain yang ga kalah serunya, bisa selalu jadi penguat pas lagi berasa bosen banget di kantor.

Di tulisan ini, gue akan bahas satu hal, yang totally bikin hari gue di kantor makin seru. Well, bukan artinya yang dulu ga seru banget sih, cuma ga seru aja, hahaha. Tulisan ini soal kantor gue yang uda make software absensi dan cuti ala-ala kantor kekinian gitu, yang bisa banget bantuin soal absen sama ngajuin cuti ke kantor pas bener-bener dibutuhin

Absen Dimana Aja!

Aplikasi absen di mana saja dengan talenta

Kalo kalian pernah ngalamin, dan masih ngalamin, dimana yang namanya absen harus dateng ke kantor dan make alat fingerprint, mungkin tulisan ini bakal relate banget. Sejujurnya, kantor gue dulu juga make sistem absen yang kaya gitu. Awalnya sih ga masalah, tapi momen tertentu pas ada kerjaan di luar atau rapat yang lokasinya deket rumah, absen yang harus ke kantor kerasa banget bikin ribet.

Belum lagi kalo dinas di luar kota, harus ngurus ke HR dulu ijinnya, masalah absensi juga harus bikin laporan tertulis buat nunjukin gue beneran kerja di sana, masih harus pake buti dokumentasi dan segala tetek bengeknya. Kebayang kan betapa ribetnya jadi karyawan yang harus mobile ke beberapa kota dalam sebulan kalo sistem yang dipake kaya gitu?

Dan semua berubah pas kantor gue mulai pake sistem absen yang lebih modern, lebih canggih, dan yang pasti bantu banget buat karyawan kaya gue yang mobilitasnya tinggi. Kantor gue pake sistem yang bikin absen bisa dilakuin di mana aja, cukup pake aplikasi yang ada di hp gue. Canggihnya, aplikasi ini nyambung langsung ke sistem yang dipegang HR, jadi setiap gue absen bisa langsung dilacak sama HR dari jarak jauh. Konfirmasinya? Langsung pake GPS Real TIme Tracker, canggih ga tuh?

Sejak pake sistem kaya gini, urusan ngantor di luar kota, rapat yang lokasinya deket rumah, sampe urusan absen pas harus proyekan di luar kantor ga lagi pake ribet. Semua beres dengan bantuan aplikasi ini, yang ada di hp dan nyambung ke sistem di kantor.

Cuti Ga Pake Ribet

Aplikasi talenta mobile 2019

Ga cuma itu doang sebenernya yang berubah, masih ada satu lagi. Kalo gue ngomong soal ngurus cuti, berapa dari orang yang baca tulisan ini bakal mikir ‘proses yang ribet’ jadi frasa pertama yang muncul? Hahaha, hampir di semua perusahaan gak sih ngurus cuti emang selalu ribet dan habisin banyak waktu? Ga jarang kan, rencana cuti buat kapan, pas di urus eh sampe kapan baru kelar, kocak emang.

Apa alasan yang biasa lo dapet kalo ngajuin cuti dan lama di approve-nya? Bos ga di kantor? Jatah cuti habis? Jadwal cuti padet? Dan segala macem alesan lain yang selalu dateng dari bagian HR. Emang ga sepenuhnya mereka ngomong doang sih soal alesan itu, karena kan yang namanya cuti harus di acc sama beberapa layer sampe bisa dikasih.

Nah ini lagi, semenjak gue ngrasain kenikmatan pake aplikasi ini, urusan cuti juga bisa dikelarin jauh lebih cepet. Ya, aplikasinya sama kaya aplikasi yang buat absen, emang mereka fiturnya banyak gitu jadi bisa dipake buat beberapa keperluan. Ajuin cuti bisa langsung lewat aplikasi, dan real time masuk ke bagian HR dan bisa langsung diterusin ke bos-bos yang punya wewenang.

Enaknya, acc atau respon yang dikasi ga usah nunggu bos=bos itu di kantor, mereka bisa langsung kasi respon langsung lewat aplikasi yang sama yang ada di hp mereka. Baru kemarin gue urus cuti tahunan buat bulan depat, prosesnya cepet banget. Padahal kalo urus manual, tau sendiri lah bakal berapa lama baru direspon, ya kan?

Sejak kantor gue make ini aplikasi, gue sama temen-temen karyawan lain ngerasa banyak banget kebantu dari sisi mobilitas. Gimana ngga? Buat absen sama cuti, ga harus urus di kantor secara langsung, tinggal klik di aplikasi yang ada di hp, kirim, udah, tinggal tunggu respon dari HR soal cuti dan rekap absensi.

Aplikasi yang dipake di kantor gue adalah Talenta, salah satu aplikasi pengelolaan HR yang belakangan gue tau, punya banyak banget fitur yang bisa bikin gampang urusan karyawan sama kantor. Proses ribet kaya absen dan cuti yang tadinya sering bikin keki, sekarang bisa kelar dalam hitungan jam, bahkan menit. Coba deh lo usulin kantor pake aplikasi ginian, dijamin banyak urusan lo kelar cepet dan beres tanpa acara molor-molor lagi!

Scroll to Top