7 Menu Makan Siang Favorit Karyawan

Waktu istirahat yang paling ditunggu para karyawan kantor biasanya pada saat jam makan siang atau tepatnya pukul 12.00.

Waktu tersebut adalah waktu istirahat terbaik, setelah 4-5 jam berkutat dengan pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran.

Tentunya, para karyawan akan menghentikan aktivitasnya sementara untuk beribadah, tidur siang, dan makan siang.

Sebagian besar para karyawan biasanya serentak untuk makan siang di jam istirahat tersebut.

Para karyawan selain membawa bekal dari rumah, ada juga yang sengaja keluar kantor untuk mencari tempat makan yang menguggah seleranya.

Tentunya, ada banyak menu makanan yang bisa dipilih para karyawan mulai dari tempat makanan kaki lima hingga yang berada di restoran mewah.

Walaupun banyak pilihannya, rupanya, ada beberapa menu populer yang pasti disukai oleh para karyawan di Indonesia. Harganya pun beragam ada yang terjangkau ada pula diolah sedemikan rupa sehingga menjadi makanan mahal.

Namun, para karyawan sendiri lebih memilih menu-menu standar yang ternyata menjadi menu favorit di kalangan mereka. Lalu, menu apa sajakah yang dimaksud?

Yuk, simak ulasannya di bawah ini !

1. Mie Bakso dan Mie Ayam

Salah satu menu makanan favorit para karyawan adalah mie bakso dan mie ayam.

Makanan yang berbentuk bulat dicampur gilingan daging sapi disajikan dengan mie atau bihun ditambah sambal dan kecap, kerap membuat para karyawan ketagihan untuk mencoba makanan ini di siang hari.

Biasanya, makanan ini adalah makanan favorit karyawan wanita. Sambil makan mie bakso, biasanya mereka akan mengakrabkan diri untuk saling bercerita dan melupakan sejenak pekerjaannya.

Selain mie bakso, ada pula mie ayam merupakan makanan yang terbuat dari mie dan ayam yang telah dipotong dadu serta diberi bumbu yang khas.

Toping mie ayam tersebut biasanya pun menggunakan baso dan sayuran hijau sehingga makanan tersebut tidak hanya lezat tetapi juga memiliki nilai gizi yang baik untuk mereka.

Kedua makanan ini, bisa ditemukan di beberapa wilayah kota besar Indonesia baik di pinggir jalan maupun di pusat perbelanjaan.

2. Nasi Rames Warteg

Menu Makan Siang Favorit Karyawan

Menu makan siang berikutnya yang menjadi favorit karyawan adalah nasi rames warteg.

Makanan ini menjadi favorit karena memiliki harga terjangka dan beragam pilihan makanan, seperti ayam goreng, kulit, telur dadar, sayuran, sayur tumis, ikan, dan lain sebagainya.

Ketika Anda memilih makan di sini, di jamin perut akan terasa kenyang karena biasanya ada warteg yang membolehkan pelanggannya untuk menambah nasi.

Tempat warteg ini biasanya tidak terlalu besar sehingga saat jam makan siang sudah dipenuhi oleh orang-orang yang memang ingin makan di tempat tersebut.

Menu makanan di warteg selain beragam dan mengenyangkan juga banyak makanan sehat yang tetap mengugah selera.

Selain bisa makan di tempat, tersedia pula layanan untuk membungkus makanan sehinga ketika tidak kebagian tempat, Anda bisa menyantapnya di kantor.

3. Nasi Padang

Menu makan siang populer berikutnya dikalangan karyawan adalah nasi padang. Semua orang pasti menyukai makanan ini, tidak peduli latar belakang daerah, suku, ataupun agama.

Keberadaan nasi padang sendiri hampir ada di seluruh wilayah Indonesia, sehingga banyak orang yang ingin menyantapnya.

Hampir sebagian besar menu makanan di tempat ini memiliki kuah bersantan dengan rasa yang terkadang cukup pedas.

Menu favorit yang sering dibeli para karyawan, diantaranya, rendang, ikan, ayam bakar, kikil, sayur nangka, dan lain sebagainya.

Dan yang tak kalah menarik, seporsi nasi padang sendiri dibandrol dengan harga Rp 15,000 sampai Rp 25,000 tergantung menu yang dipilih.

Dengan harga tersebut, makan siang Anda terasa mewah dan membuat kenyang hingga bisa membuat Anda bergairah kembali untuk bekerja.

Nasi padang sendiri memiliki keunikan tersendiri, dimana jika Anda memilih untuk membungkus makanan tersebut porsi yang didapat akan semakin banyak dan semakin enak untuk disantap.

4. Nasi Soto

Soto merupakan salah satu makanan khas Indonesia dimana hampir di seluruh wilayahnya terdapat jenis makanan ini.

Karena itu, tidak heran bila terdapat banyak jenis soto, seperti soto Betawi, soto Bandung, soto Madura,soto Makassar,dan lain sebagainya.

Walaupun namanya sama yang membedakannya biasanya dari kah dan juga topping soto itu sendiri. Seperti Soto Bandung yang menggunakan kuah bening yang dilengkapi dengan lobak, daging, dan juga kacang.

Beda halnya dengan soto Betawi, kuahnya menggunakan santan dengan isian jeroan sapi, emping, dan juga tomat.

Harga yang dibanderol pun biasanya berkisar Rp 15,000 hingga Rp 30,000 untuk satu porsi soto beserta nasi.

Nah, makanan inilah yang menjadi salah satu makanan favorit karyawan saat makan siang. Kuahnya yang gurih sangat menguggah selera sehingga mereka pun bisa menikmati makanan yang lezat dan juga sehat.

Soto ini biasanya ada di tempat warteg ataupun warung tersendiri yang berada di pinggiran jalan ataupun restoran yang ada di pusat perbelanjaan.

5. Berbagai Jenis Makanan Berbahan Ayam

Untuk Anda penggemar makanan berbahan ayam, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis makanan seperti ayam bakar, goreng, penyet, geprek, tepung, dan lain sebagainya.

Pasalanya, makanan dengan bahan ayam ini memang populer dikalangan masyarakat Indonesia, khususnya untuk para karyawan.

Harga makanan ayam ini pun beragam, tergantung tempat Anda membelinya. Pilihan beragam bumbu dari ayam ini, sangat menarik perhatian seseorang sehingga menjadikannya makanan favorit mereka.

Selain harganya yang terjangkau, makanan berbahan ayam ini memang mudah untuk ditemukan.

Setiap tempat di wilayah ini pasti memiliki tempat ayam favorit yang menjadi andalan para pekerja khususnya para karyawan.

6. Gado-Gado

Menu makan siang favorit berikutnya untuk para karyawan adalah gado-gado. Makanan ini terdiri dari kentang, telur, sayuran, dan lontong serta dibumbui saus kacang yang akan meembuat orang-orang tergugah untuk menyantapnya.

Gado-gado ini tidak hanya enak tetapi juga memiliki nilai gizi lebih sehingga sangat cocok untuk Anda yang vegetarian.

Sama halnya dengan makanan favorit di atas, gado-gado pun sudah menjadi menu nusantara yang bisa didapatkan di daerah manapun.

Harganya pun cukup terjangkau, dan bisa ditemui di pinggiran jalan maupun restoran yang ada di tempat perbelanjaan.

Gado-gado ini pun akan terasa lengkap menyantapnya bila menggunakan kerupuk sehingga memakan menu ini menjadi lebih lezat.

7. Nasi Goreng

Menu favorit berikutnya adalah nasi goreng. Biasanya menu ini sangat pas disantap ketika pagi atau malam hari.

Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk para karyawan yang ternyata lebih memilih menu ini untuk disantap ketika makan siang.

Sama seperti makanan lainnya, keberadaan nasi goreng ini bisa Anda dapatkan dipinggir jalan ataupun direstoran. Karena tempat tersebut biasanya mempengaruhi pula harga yang dibanderol untuk sepiring nasi goreng.

Toping dari nasi goreng pun sudah mulai beragam, karena hal itulah makanan ini menjadi favorit semua orang termasuk para karyawan.

Manfaat Makan Siang Di Luar Bagi Karyawan

Seperti yang diketahui bersama, makan siang ini banyak manfaatnya untuk karyawan salah satunya untuk memenuhi energi sebelum bekerja kembali.

Jika hal itu dilewatkan biasanya akan berakibar buruk pada kesehatan karyawan.

Selain itu, makan siang ini kesempatan bagi Anda untuk beraktivitas hal-hal yang lain sehingga ketika bekerja kembali pikiran Anda sudah fokus untuk bekerja kembali.

Oleh karenanya, ada baiknya untuk bisa makan siang di luar kantor karena memiliki manfaat lain yang sangat baik untuk Anda.

Adapun manfaat makan siang di luar adalah sebagai berikut;

1. Bisa menghirup udara segar

Untuk Anda yang tinggal di kota besar, boleh jadi menghirup udara segar ini sudah tidak berlaku dikarenakan sudah dipenuhi polusi dari kendaraan.

Tetapi, setidaknya Anda bisa merasakan atmosfer yang berbeda ketika di dalam dan di luar kantor.

Jika kantor Anda dekat dengan ruang terbuka hijau, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak ke tempat tersebut sambil berbincang dengan rekan kerja lain atau sambil mencicipi makanan yang biasanya banyak penjual di sekitar tersebut.

Mendapatkan suasana baru di luar kantor, akan membawa energi baru ketika Anda kembali bekerja.

2. Bisa Bersosialisasi dengan Rekan Kerja

Manfaat berikutnya ketika Anda makan siang di luar adalah bisa bersosialisasi dengan rekan kerja lain darii satu tim maupun divisi lain.

Ketika Anda berkumpul dengan mereka, usahakan tidak membicarakan tentang pekerjaan, melainkan bisa mengambil topik hal lain dari makanan kesukaan, tempat nongkrong yang asik, isu sosial politik, dan lain sebagainya.

Semakin sering bergaul atau mengobrol dengan mereka di luar kantor biasanya akan semakin membuat Anda betah di kantor.

Selain menambah banyak teman, boleh jadi Anda pun akan bertemu dengan jodoh yang selama ini Anda cari.

3. Meregangkan Otot-Otot

Manfaat berikutnya adalah untuk meregangkan otot-otot dari duduk yang cukup lama di depan layar komputer.

Setidaknya jam makan siang tersebut memaksa Anda untuk ‘’berolharaga’’ dengan bergerak keluar kantor.

Hal ini juga akan memaksa Anda untuk meregangkan otot-otot yang biasanya akan membuat Anda semakin rileks.

Maka, bersyukurlah dan manfaatkan waktu tersebut untuk bisa mengembalikan fungsi otot-otot tubuh Anda dengan baik

4.Konsentrasi Pada Makanan

Adakah yang bisa menjamin seseorang akan bisa khusyu makan ketika sambil bekerja

Tentunya sangat mustahil bukan, karena saat bekerja perlu untuk berkonsentrasi lebih, begitu pula jika Anda makan perlu konsentrasi untuk mengunyah makanan dan mensyukuri akan kelezatan dari makanan tersebut.

Maka dari itu, sebaiknya ketika jam makan makan siang, konsentrasilah terlebih dahulu pada makan siang Anda.

Kunyahlah dengan perlahan makanan tersebut hingga perut Anda merasakan kenyang dan energi untuk bekerja bisa kembali.

Jam makan siang adalah hak bagi karyawan untuk bisa melakukan hal apapun. Pimpinan Anda pun seharusnya bisa memahami hal tersebut. Maka dari itu, jangan sampai lewatkan dan penuhi hak tubuh Anda untuk mendapatkan makanan terbaik.

5. Mendapatkan Suasana Pemandangan yang Berbeda

Manfaat lain yang bisa dirasakan adalah, mendapatkan suasana yang berbeda. Jika di kantor, Anda akan disuguhi dengan deretan layar komputer serta meja dan kursi.

Lain halnya, ketika Anda luar beragam jenis pemandangan akan bisa dilihat dan boleh jadi bisa membuat konsentrasi Anda terpenuhi kembali.

Nah, semoga pembahasan di atas bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa makan siang dengan menu favorit yang bisa meningkatkan mood Anda ketika bekerja.